Monday 10 June 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2010


Asalkan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, maka anda pasti berhasil menyempurnakan KeBuddhaan. Pintu Dharma ini cocok buat semua kalangan, tak peduli akar kebijaksanaan bagaimana yang dimiliki, asalkan bersedia melatihnya, bersedia meyakini dan mengamalkan, maka praktisi ini bukanlah orang awam.

Janganlah melihat keadaannya sekarang seperti orang yang tidak terpelajar, buta aksara, tua renta, sesungguhnya pada masa kehidupan lampau, dia telah menanam akar kebajikan yang mendalam dan tebal.

Makanya pada masa kehidupan sekarang, begitu mendengar Ajaran Sukhavati, dia langsung dapat meyakininya, sementara itu banyak orang yang meskipun sudah membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” tapi masih setengah percaya setengah tidak.

Sedangkan lansia yang buta aksara, tidak pernah baca sutra, anda cuma mengajarinya melafal Amituofo, dia langsung percaya, sungguh mengherankan! Apabila anda menyelami Sutra Pitaka, maka anda takkan merasa heran lagi, ini dikarenakan pada masa kelahiran lampau, akar ini telah tertanam di Alayavijnana (gudang kesadaran)-nya, memiliki benih Buddha Dharma yang mendalam dan tebal, terjalin dengan Aliran Sukhavati, barulah ada fenomena sedemikian rupa, dalam satu kelahiran pasti mencapai kesempurnaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2010

Akar kebajikan = dapat meyakini dan dapat memahami
Berkah kebajikan = dapat bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan jodoh = dapat bersua dengan Ajaran Sukhavati


只要生到西方極樂世界,你一生當中必定圓滿菩提,你能證得究竟的佛果,無上菩提。這個法門人人有分,無論什麼樣的根性,真肯修,肯信肯修,這個人就不是凡人。不要看他現在好像是沒有文化,不認識字,阿公阿婆,人家過去生中善根深厚。否則他一聽一看,他為什麼就相信,為什麼許許多多人讀這部經還半信半疑?這不認識字,沒念過經,你就教他念阿彌陀佛,他就相信,這奇怪了!其實你要是深入經藏,你就曉得不奇怪,過去生中阿賴耶識裡頭有根,有佛法深厚的種子,與淨宗相應,才會有這個現象,他一生當中決定成就。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一三九集)  2010/9/10




 

Apa yang merupakan hal yang paling memprihatinkan? Yakni setiap kelahiran demi kelahiran tidak dapat bersua dengan Buddha Dharma, tidak berkesempatan mendengar Buddha Dharma, di dalam Alaya-vijnana (gudang kesadaran) tidak terdapat benih Buddha Dharma, inilah kondisi yang paling memprihatinkan, dia tidak memiliki akar kebajikan.

Andaikata dalam satu masa kehidupan ini, dapat mendengar sepatah Amituofo meskipun cuma se-kali saja, namun di dalam Alaya-vijnana telah tertanam akar kebajikan.

Maka itu, kita harus memahami kebenaran dan fakta ini, setiap saat jangan lupa untuk membantu semua makhluk yang menderita, dengan cara apa kita membantunya? Melafal Amituofo.

Terhadap serangga kecil, ketika melihat mereka, kita beranjali dan melafal Amituofo, supaya mereka juga ikut menanam akar kebajikan. Setelah melewati kelahiran demi kelahiran, kalpa demi kalpa, kelak dengan mengandalkan sepatah Amituofo ini, dia akan memperoleh penyelamatan, siapa yang telah membantunya menanam akar kebajikan? Dirimulah yang telah membantunya menanam akar kebajikan.

Praktisi Buddhis takkan melewati hari demi hari dengan sia-sia, inilah yang disebut sebagai bertekad menyelamatkan para makhluk yang tak terhingga. Terhadap para makhluk yang tidak kasat mata, yang berada di sekeliling kita, kita melafal Amituofo dan melimpahkan jasa kebajikan kepada mereka, mereka akan sangat berterima kasih.

Kita membaca sutra dan mendengar ceramah, jasa kebajikan ini juga boleh disalurkan kepada para makhluk, dalam istilah Ajaran Buddha disebut sebagai melimpahkan jasa, orang zaman now menyebutnya dengan istilah “sharing”, dengan demikian tidak ada satupun yang tidak memperoleh manfaat.

Senantiasa membangkitkan niat hati begini, setiap niat pikiran yang timbul takkan mengabaikan para makhluk, ini merupakan jasa kebajikan yang tak terhingga.

Menimbun jasa kebajikan tidak harus mengeluarkan sejumlah uang, banyak orang kaya yang malah tidak tahu cara menimbun jasa kebajikan, yang mereka akumulasi justru merupakan berkah kebajikan.

Jasa kebajikan adalah Bodhicitta-mu, jodoh baikmu, welas asihmu pada semua makhluk, takkan mengabaikan tekad hati para makhluk, ini mewujudkan jasa kebajikan-mu.

Bodhicitta kita adalah dipupuk dengan cara sedemikian rupa dalam kehidupan keseharian.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2010


我們就曉得了,最可憐的是什麼?是生生世世沒有見到佛法,沒有聽到佛法,阿賴耶識裡頭沒有佛法的種子,這叫真可憐,他沒有善根。如果在一生當中,能夠聽到一次,聽到一句阿彌陀佛,阿賴耶識裡頭就種善根。所以,我們要明白這個道理,要了解這個事實真相,念念不忘幫助一切苦難眾生,用什麼方法去幫助他?念佛。對於一切小動物,我們看見了,蚊蟲螞蟻,合掌「阿彌陀佛」,就給牠種善根了。牠多生多劫之後,憑這一句阿彌陀佛就得度,這個善根誰給牠種的?你給牠種的。學佛的人天天不空過,念念不空過,這叫什麼?眾生無邊誓願度。還有更殊勝的,我們肉眼看不見的眾生,他在我們周邊,有時候我們感覺到,我們念一句阿彌陀佛迴向給他,他們感恩。我們誦經、讀經、講經這些功德,全可以與他們大家一起分享,在佛法裡叫迴向,現在的名詞叫分享,沒有一個不得利益的。常存此心,念念不捨,無量功德。修積功德並不一定要花錢,有些很有財富的人反而他們不知道修功德,他們所修的是福德。功德是你的菩提心,是你的善緣,你對一切眾生的愛心,不捨眾生的願心,這是成就你功德。我們的菩提心,也就是在日常生活當中這樣培養出來的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一三九集)  2010/9/10


 

 
 
Baik bertindak sebagai penceramah maupun pendukung Dharma, sama-sama tidaklah gampang, jika anda tidak memahami Buddha Dharma, bagaimana anda dapat menjadi penceramah, bagaimana pula anda dapat menjadi pendukung Dharma?

Buddha Dharma tidak dapat dijelaskan dengan penafsiran diri sendiri. Sejak zaman dulu hingga sekarang, ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia, telah muncul fenomena sedemikian rupa, fenomena ini disebut sebagai abhimana (keangkuhan karena mengira diri sendiri telah mencapai tingkatan kesucian).

Kekotoran batin ini menghalangi dirimu mencapai pencerahan, mencapai tingkatan kesucian, bukan hanya ini, bahkan juga menghalangi Kusala Dharma-mu, ini merupakan masalah besar.

(Kusala Dharma = cara untuk menimbun kebajikan)

Oleh karena anda merasa diri sendiri sudah hebat, belum mencapai kesucian, tetapi merasa diri sendiri sudah mencapai kesucian, tidak paham tapi mengira diri sendiri sudah paham, anda mengajari orang lain dengan cara begini, anda telah menyesatkan para makhluk, menyesatkan orang lain harus menanggung beban karma.  

Lihatlah kisah perumpamaan Master Baizhang yang hidup pada masa Dinasti Tang dimana ada seorang Bhiksu yang salah menyampaikan jawaban,  akibatnya jatuh ke Alam Binatang menjadi rubah sebanyak 500 masa kehidupan. Mengapa bisa ada fenomena sedemikian rupa? Abhimana.

Poin penting ini juga mengingatkan diri kita  sebagai praktisi janganlah ada hati pongah, keangkuhan ini bahkan dirimu sendiri juga tidak menyadarinya.

Andaikata ada orang yang bertanya padamu, anda pasti menjawab, “Saya tidak memiliki keangkuhan, saya ini sangat rendah hati”. Anda sendiri memang tidak dapat menyadarinya.

Bagaimana caranya mengatasi keangkuhan? Dengan kerendahan hati. Bagaimana cara mengatasi iri hati? Dengan bersukacita pada kebajikan yang dilakukan orang lain.

Penyakit batin ini sangat berat, jika anda tidak berdaya mengatasinya, maka dia akan terus berkembang, menghambat kemajuan batinmu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2010

Kisah Master Baizhang dan rubah :


所以弘法、護法都不容易,你對佛法不通,你怎麼弘法、你怎麼護法?佛法決定不能以自己的意思來解釋,那就錯了。自古以來,釋迦牟尼佛在世就出現這種狀況,這個狀況在佛經上叫增上慢。這個煩惱很麻煩,它障礙你開悟、障礙你證果,不但如此,甚至於障礙你的善法,那就麻煩了。因為你自以為是,自己沒有證得,以為證得,沒有了解,以為了解,你這樣教導別人,你誤導眾生,誤導是要負因果責任的。唐朝百丈禪師,你看他公案裡有說一樁事情,錯下一個字的轉語,墮五百世野狐身。為什麼會造成這種現象?增上慢。這個地方也給我們一個很重要的提示,就是學佛決定不能有傲慢心,這種傲慢是你自己不知道。人家要問你,「我沒有傲慢,我很謙虛,沒有傲慢」,他自己確實沒有能覺察到。怎樣對治傲慢?謙虛;怎樣對治嫉妒?隨喜,菩薩都有方法。這種病很重,你沒有方法對治,它就起作用,它就來障道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一三九集)  2010/9/10

 


 

Para makhluk di enam alam tumimbal lahir menderita beragam penyakit, dari mana asal usul penyakit? Ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan dan kecurigaan merupakan akar (benih) penyakit.

Harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur adalah jodoh (faktor pendukung) dari luar yang menyebabkan dirimu jatuh sakit. Perasaan suka, marah, sedih, senang, adalah jodoh dari dalam yang menyebabkan dirimu jatuh sakit.

Setelah benih dan faktor pendukung sudah lengkap, maka akibatnya anda menderita sakit, beginilah prosesnya.

Benih atau akar penyakit itu sulit dicabut, ini merupakan kekotoran batin dan tabiat, tidak mudah dilenyapkan, kalau sudah berhasil dihapus, maka anda telah mencapai kesucian.

Terkecuali kalau dapat menghapus faktor pendukung (jodoh dari luar dan dalam), bagaimana caranya? Buddha Sakyamuni mengajarkan pada kita supaya menjadikan sila sebagai guru, menjadikan derita sebagai guru, tabah menjalani hidup susah, meskipun hidup susah namun juga takkan mengabaikan sila, menjaga kesucian jiwa dan raga, anda memperoleh pembebasan.

Orang awam bilang, dengan menyingkirkan lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), mengenyahkan tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan), maka hidup jadi tidak bahagia lagi, kalau memang demikian rupanya, buat apa lagi kita belajar Buddha Dharma?

Tujuan belajar Ajaran Buddha adalah menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan. Apa itu penderitaan? Tujuh perasaan emosional dan lima nafsu keinginan, membuat fisik dan mentalmu jadi tidak sehat, jiwa ragamu jadi tercemar.

Apa yang disampaikan oleh Sang Buddha kepada kita merupakan kebenaran yang sejati, kita harus memahaminya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 September 2010


六道眾生一身多病,病從哪來的?貪瞋痴慢疑是你的病根,財色名食睡是你得病的外緣,喜怒哀樂是你得病的內緣,因緣具足你就得病,就這麼個道理。因很難斷,這是煩惱習氣,不容易斷,斷了你證果了。如果能夠把緣斷掉,緣怎麼斷?佛教我們以戒為師、以苦為師,你能吃苦,你能夠持戒,你身心清淨,你得自在。如果真的是說放下五欲六塵、放下七情五欲,人真就沒有快樂了,那學佛幹什麼?佛所標榜的,學佛是離苦得樂。什麼東西是苦?七情五欲苦,你的身心不健康,你的身心被染污。佛教給我們都是真的東西,一點都不假,我們自己要知道,要明瞭。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一三九集)  2010/9/10