Selanjutnya
kita akan membahas tentang Trayo rasayah atau tiga kelompok makhluk. Para
makhluk memiliki akar kebijaksanaan yang berbeda-beda, Buddha mengelompokkan
mereka ke dalam tiga kelompok besar.
Yang
pertama adalah yang pasti bertumimbal lahir lagi, inilah yang disebut sebagai
Kelompok Sesat. Perbedaan Kelompok Benar dan Kelompok Sesat terletak pada jiwa
sejati sebagai patokannya. Kelompok Benar pasti menemukan kembali jiwa sejati,
menemukan kembali jiwa sejati mencapai KeBuddhaan.
Mencapai
KeBuddhaan merupakan tujuan kita melatih diri, jadi belajar Buddha Dharma
bukanlah untuk mengejar ketenaran dan keuntungan, poin ini mesti dipahami.
Sudah
jadi praktisi, tapi masih juga sibuk mengejar ketenaran dan keuntungan, orang
begini sungguh kasihan. Memanfaatkan nama baik Buddha Sakyamuni dan Buddha
Amitabha untuk mengelabui umat Buddha. Akibatnya pasti jatuh ke Neraka Avici.
Penampilan
luarnya seolah-olah demi mendukung Dharma Sejati, namun kenyataannya membangun
vihara bak istana raja, satu persatu vihara berdiri, kian lama kian megah, semua
orang berlomba-lomba di sana.
Buddha
Sakyamuni sendiri sepanjang hayatNya, bahkan gubuk pun tidak dimiliki, apa yang
telah Beliau ajarkan pada kita?
Master
Yin Guang telah meninggalkan kita sekitar 26 tahun lamanya, beliau mengatakan
vihara masa kini cukup dibangun berukuran kecil saja, asalkan bisa memuat 20
orang maka sudah boleh.
Praktisi
yang serius melatih diri dapat berkumpul dan melafal Amituofo bersama-sama di
vihara mungil tersebut. Inilah nasehat Master Yin Guang kepada kita semuanya.
Kita
mengetahui bahwa Master Yin Guang sebagai Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang
ke-13 merupakan jelmaan dari Bodhisattva Mahasthamaprapta, jadi beliau takkan
sembarangan memberi saran kepada kita.
Vihara
mungil lebih mudah diurus dan tidak butuh biaya besar, jadi tidak perlu keluar
menggalang dana, cuma memerlukan dukungan dari 2-3 orang donatur sudah cukup.
Asalkan
kalian merupakan praktisi tulen, maka pasti ada donatur yang siap mendukung
dirimu, dengan demikian hatimu pun jadi tenang dan terfokus.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 21 Desember 2010
Baca
artikel terkait :
Trayo
rasayah (Tiga kelompok makhluk)
這個下面為我們解釋什麼叫正定,一切眾生根性千差萬別,佛把它歸納不外乎三大類。第一大類,一定是搞輪迴,這叫邪定,這不是正定。這個邪跟正是以自性為標準,正定一定明心見性,見性成佛。這是我們修學的目標,修學佛法不是搞名聞利養,這點一定要知道。學佛人要搞名聞利養就可憐了,拿著釋迦牟尼佛、阿彌陀佛的招牌,這金字招牌,幹些什麼事情?欺騙眾生、欺騙信徒。我說的話不好聽,但是跟你說真話,果報在哪裡?阿鼻地獄。美其名為護持正法,幹什麼事情?塔廟堅固,蓋寺廟,像皇宮一樣,一個比一個莊嚴,大家在那裡比賽。釋迦牟尼佛一生連個小茅蓬都沒有,他是怎麼教我們的?印光大師教導我們,這是現代人,他老人家往生,到現在差不多是六十多年,所以是現代人。告訴我們,真正修行人,這淨宗的,淨宗祖師,可以建個道場,建多大?小小道場,容納二十個人就夠了。真正修行人志同道合在一起,不超過二十人,印光大師的教誨。這是我們現在知道,他是西方大勢至菩薩再來的,那能說錯嗎?二十個人居住的小茅蓬夠了,為什麼?維持很容易,不需要向外化緣,你有二、三個護法護持你就夠了。你們是真修行人,願意護持你的人大有人在,你的心不就定了嗎?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二八集) 2010/12/21
Anda
mendirikan vihara yang sangat besar, tiap hari harus pusing memikirkan biaya
pengeluaran yang sangat besar, ke mana harus mencari uangnya? Alhasil hanya
bisa mengelabui umat. Hati pun jadi tidak benar.
Hatinya
mana mungkin ditaruh di atas pelatihan diri? Hatinya tidak suci, orang begini masuk
dalam kategori Kelompok Sesat. Memikirkan segala cara untuk mengelabui umat, mencari
keuntungan dari uang hasil jerih payah umat. Sudah begini, umat masih dengan
sikap menjunjung mempersembahkannya kepada dirimu, anda mengambilnya untuk
menciptakan karma buruk.
Sekarang
masih ada orang-orang begini, bahkan tidak sedikit jumlahnya, di dalam maupun
di luar Negeri Panda juga ada, memperalat reputasi-ku pergi mengelabui duit
umat.
Saya
telah membuat pernyataan penjelasan berulang kali, supaya praktisi sekalian
jangan terjebak, jangan sampai dikelabui, saya berharap kalian jangan
mempersembahkan dana uang kepada diriku, saya tidak menghendaki apapun.
Usiaku
sudah senja, kalian perlu mengetahuinya, setiap hari saya cuma berharap supaya
Buddha Amitabha segera datang menjemput diriku. Hari ini saya masih juga belum
angkat kaki, masih ada urusan, ceramahku masih belum selesai, kalau begitu
tunggu lagi hari esok, hari esok menjelang, saya juga masih belum angkat kaki,
maka saya akan berceramah lagi sehari.
Setiap
hari saya berharap Buddha segera datang menjemputku, saya tidak punya keinginan
menetap lebih lama di dunia fana ini, jadi buat apa lagi saya berniat membangun
vihara?
Praktisi
sekalian hendaknya mengetahui bahwa ada orang yang memperalat reputasi-ku lalu
pergi menggalang dana untuk mendirikan vihara, bahkan di dalamnya masih sengaja
disediakan satu unit tempat kediaman pribadi untuk ketua vihara, katanya khusus
buat diriku, mempersilahkan diriku tinggal di dalamnya, itu semuanya cuma
tipuan belaka, tidak ada satupun yang benar.
Coba
pikirkan dengan akal sehat, apakah saya boleh tinggal di dalamnya? Kalau saya
pindah dan tinggal di sana, dia bisa kaya raya, jadi konglomerat dadakan, saya takkan
sudi ke sana. Apa alasannya?
Jika dia
adalah praktisi tulen, saya akan senang hati tinggal di sana; sedangkan dia cuma
praktisi gadungan, dia tidak punya niat terlahir ke Alam Sukhavati, cuma tahu mengejar
ketenaran dan laba, mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadinya.
Maka itu
umat Buddha yang berhati mulia, janganlah sampai ditipu orang-orang begini. Memperalat
namaku, atau sengaja berfoto dengan diriku, mereka berkunjung kemari lalu minta
berfoto denganku, apakah saya boleh menolak?
Orang
yang berfoto denganku, bukan berarti saya mengenalnya, makanya tidak boleh
dijadikan bukti.
Atau memamerkan
tulisan kaligrafi-ku, banyak orang yang datang berkunjung, lalu minta saya
menulis beberapa kata untuk dibawa pulang dan dijadikan kenang-kenangan, saya
juga tidak boleh menolaknya. Lalu barang begini dijadikan bukti kalau dia dekat
denganku, kemudian pergi menipu orang, umat Buddha terlampau mudah dikelabui!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 21 Desember 2010
Baca
artikel terkait :
Trayo
rasayah (Tiga kelompok makhluk)
你建那麼大的道場,天天想著開銷那麼大,錢到哪裡找?只好騙信徒,所以心就不正。他心哪裡在道上?他心不清淨,這種人是邪定聚。想盡方法去欺騙信徒,把信徒辛辛苦苦的錢賺過來,還得恭恭敬敬供養你,你拿去造孽。現在還有,有不少人,我知道國內、國外都有,拿著我的名號去騙人。我做過好幾次的聲明,希望大家不要上當、不要受騙,我希望大家不要拿金錢來供養我,我什麼都不要。現在這麼大的年歲,你們要知道,我每天都在想著阿彌陀佛趕快來接我走。我今天沒走,今天還有事情,經沒講完,那等明天吧,明天沒有走,好,再講一天。我天天在盼望,我沒有意思留在這個世間,我要蓋道場幹什麼?諸位一定要曉得,拿著我的名義去建什麼道場,裡頭還留一套房子,方丈室要叫我去住,都是騙人的,沒有一個是真的。你想想看,我能去住嗎?我去住他就發財了,我不會去住的。為什麼?他有道,我去住;他沒道,他不想求往生,他只曉得搞名聞利養、搞自私自利。所以這是許許多多好同修,都是非常善良的佛門弟子,別讓這些人欺騙。拿我的名義,跟我照一張照片,你說人家到我這來要跟我照相,我能說拒絕他嗎?這不可以的,這不能做憑據的。說我寫幾個字,很多人找我寫幾個字留了做紀念,我也不能不寫。拿著這個就做憑據,就可以騙人了,佛教徒太好騙!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二八集) 2010/12/21
Hari
ini kita membahas tentang Kelompok Sesat, saya beritahukan pada kalian, orang
yang berperilaku tidak terpuji itu jumlahnya sangat banyak, bahkan orang yang
berada dekat denganku, yang telah mengikutiku selama bertahun-tahun, juga bisa
berubah.
Mengapa
bisa begini? Di dalam dirinya, kekotoran batinnya sangat berat, tidak sanggup
menyingkirkan kepentingan dan keuntungan pribadi. Sementara godaan di luar
kekuatannya sangat dahsyat, bagaimana dia tidak bisa tergiur? Makanya ketika
dia beranjak pergi meninggalkan diriku, juga memperalat reputasiku untuk menipu
orang.
Saya
memaafkan dirinya, saya merasa kasihan padanya, saya tahu dia bukan orang suci,
dia cuma orang awam, orang awam mana bisa menahan godaan.
Hari
ini godaan akan Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur), dan
enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran),
melampaui lebih dari seratus kali lipat, bila dibandingkan pada era Master Yin
Guang!
Saya
belajar Buddha Dharma sudah 60 tahun lamanya, memberi ceramah sudah 53 tahun
lamanya, sepanjang hidupku dapat menjauhi segala godaan tersebut, apa
rahasianya?
Rahasianya
adalah tiap hari membaca sutra, tiap hari memberi ceramah. Memberi ceramah
adalah menasehati orang lain, yang terpenting adalah menasehati diri sendiri,
menasehati orang lain sebanyak tiga bagian, menasehati diri sendiri sebanyak
tujuh bagian.
Di
mana tempat berjodoh, ke sanalah saya menuju, tidak punya vihara tempat
menetap, menjalani kehidupan berkelana, mengapa demikian? Meneladani Buddha
Sakyamuni.
Tetapi
diriku sudah cukup beruntung, masih ada tempat hunian buat berteduh. Sedangkan
Buddha Sakyamuni beristirahat di bawah pohon, Beliau tidak butuh tempat hunian.
Mengenai
urusan makanan dan minuman, Sang Buddha tiap hari harus keluar berpindapatra,
sedangkan kita sekarang ada yang datang mempersembahkan dana makanan, tidak perlu keluar berpindapatra.
Jadi
bila dibandingkan dengan Buddha Sakyamuni, kondisi kehidupan kita sekarang ini
sudah nyamannya bukan main, maka itu janganlah melampaui batas.
Kalau
melampaui batas, maka bersalah pada Buddha Sakyamuni, juga bersalah pada semua
makhluk.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 21 Desember 2010
Baca
artikel terkait :
Trayo
rasayah (Tiga kelompok makhluk)
今天講到這裡邪定聚,我告訴大家,心行不正的人很多很多,甚至在我身邊跟我很多年的都會變質。為什麼?裡面煩惱重,他自私自利沒有放下,身見沒破。外面這個社會上誘惑的力量多大,他能禁得起嗎?所以離開我之後,也拿著我的名義到處去騙人。我原諒他,我憐憫他,我了解他不是聖人,他是凡夫,凡夫禁不起誘惑。今天這個世界財色名食睡、五欲六塵的誘惑,比印光大師那個時候超過百倍都不止!我在這一生當中,學佛六十年,講經五十三年,能夠逃避這些誘惑,祕訣是什麼?祕訣是天天讀經、天天講經。講經是勸別人,最重要是勸自己,勸別人三分,勸自己七分。哪裡有緣就到哪裡去,居無定所到處流浪,為什麼?釋迦牟尼佛,我們第一個祖師就是流浪漢,他老人家一生流浪。我還比他好一點,無論在哪裡流浪,還有個房子住。釋迦牟尼佛都住在樹下,他還不需要房子,飲食每天出去托缽。我們現在飲食還有人供養,不需要出去托缽。比世尊已經好太多了,不可以過分,過分就對不起釋迦牟尼佛,也對不起四眾同修。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二八集) 2010/12/21