Anda tidak sanggup membangkitkan keyakinan terhadap
Ajaran Sukhavati, ini namanya tidak berjodoh, tetapi setelah mempelajarinya,
anda pasti akan melatihnya, menyadari dan menyesali kesalahan diri sendiri
selama ini.
Selama kalpa yang tak terhingga tidak berjodoh bersua
dengan Pintu Dharma Tanah Suci, hari ini telah berkesempatan bertemu dengannya,
maka hari ini pula harus berhasil meraih keberhasilan.
Bila hari ini tidak meraih keberhasilan, maka selama
kalpa yang tak terhingga masih harus kenyang akan siksaan, berputar-putar di
dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, usai menjalani siksaan (di tiga alam
rendah), kemudian kembali lagi jadi manusia, lihatlah apakah ada jodoh bersua
dengan Pintu Dharma ini.
Orang Tiongkok zaman dulu berkata “Melakukan kesalahan
besar membawa penyesalan seumur hidup”, makna ini sungguh mendalam,
memperingatkan diri kita supaya menggenggam erat kesempatan ini, bila
terlewatkan sia-sia maka akan membawa penyesalan seumur hidup.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 September 2010
你沒有接觸到,那是沒有緣,接觸到之後你不能夠認真修行,自己的過失,對不起自己。無量劫來沒遇到,今天遇到了,今天就能成就;今天不能成就,那還得無量劫去受罪,在六道輪迴去打滾,罪受完又會回到人間,看看有沒有緣分遇到這個法門。中國古人講「一失足成千古恨」,這話意思很深,警告我們機會要掌握住,失掉之後真的是千古恨。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五三集) 2010/9/30
Kita harus belajar, ketika para makhluk diancam bencana, bila ada
praktisi sejati hadir di tengah-tengah diri kita, hendaknya kita memohon
bimbingannya, bagaimana cara untuk mengurai bencana.
Seperti Master Le Guan di dalam karya tulisnya, menceritakan tentang kisah
Jinshan Huofo (Buddha Hidup Jinshan). Dikisahkan ada seorang umat Buddha yang
merasa penasaran dengan nasibnya sendiri, sehingga suka meramal ke mana-mana.
Jinshan Huofo melihat kondisi orang ini sungguh memprihatinkan, lalu
berkata pada umat yang mengunjunginya, mereka (tukang ramal) bisa meramal
nasib, saya juga bisa lho.
Master Le Guan yang ikut hadir di sana bertanya, benarkah? Huofo
bilang, tentu saja. Kemudian Jinshan Huofo memberitahukan semua hadirin,
tahukah kalian siapa peramal terunggul di dunia ini? Semua orang jadi kebingungan
dan merasa penasaran.
Jinshan Huofo menjawabnya sendiri, Buddha Sakyamuni, bukan saja dapat
menilik nasibmu seorang, bahkan juga dapat meramal nasib seluruh sanak
keluargamu, nasib satu negara dan nasib seluruh dunia, tidak ada satu hal pun
yang tidak diketahuiNya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 September 2010
Kisah Buddha Hidup Jinshan
baca di :
Kutipan Ceramah Master Chin
Kung 23 Juli 2010
我們要學,眾生在有災難的時候,真正有這些高明的人,我們向他請教怎樣來化解災難。就像樂觀老法師所說的金山活佛的故事。有位老居士不知道自己的命運,到處去算命、去看相。金山活佛看到這個樣子,他是無問自說,他說,他們會看相,我也會看相;他們能算命,我也會算命。這是不問自說,但是樂觀法師在旁邊也加了一句「活佛,你真的會看相嗎?你真會算命嗎?」增加別人的信心。活佛說,真的,一點都不假。然後告訴大家,天下算命看相第一把手是誰你們知道嗎?大家茫然。釋迦牟尼佛,不但會看你一個人的命,還會看你一家的命、一國的命、全世界的命,他沒有一樣不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五三集) 2010/9/30
Umpamanya kekotoran batin masih belum dilenyapkan, saat menjelang
ajal beruntung sekali, pikirannya masih jernih dan jelas, tidak pikun, bertemu
dengan kalyanamitra yang menasehatinya supaya melafal Amituofo bertekad
terlahir ke Alam Sukhavati, begitu mendengarnya, dia langsung menerima dan
mengamalkannya.
Dia mulai melafal satu kali hingga sepuluh kali, kemudian napasnya
berhenti dan dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Lihatlah orang ini,
begitu pergi langsung menuju pencapaian KeBuddhaan, setelah mencapai KeBuddhaan
barulah kembali lagi ke dunia ini guna menyelamatkan para makhluk, dia dapat
menampilkan diri sebagai seorang Buddha.
Apakah anda berani percaya? Kita pasti menggelengkan kepala, mustahil,
saya tidak memercayainya. Kenapa tidak sanggup membangkitkan keyakinan? Oleh
karena kita menggunakan hati awam untuk mengukur kebijaksanaan Tathagata.
Inilah letak kesalahan kita. Pintu Dharma ini terlampau istimewa.
Perumpamaan yang saya ungkapkan tadi, apakah benar ada kejadian
nyatanya? Ada, bukan saja ada, bahkan jumlahnya banyak sekali. Tetapi kita juga
tidak boleh mengandalkan faktor keberuntungan, apa alasannya?
Oleh karena saat menjelang ajal, kita tidak bisa menjamin pikiran kita
masih jernih dan tidak pikun. Maka itu manusia tidak boleh menciptakan karma
buruk, takutnya saat tua nanti jadi pikun, kalau sudah pikun maka sudah sulit
terlahir ke Alam Sukhavati. Meskipun ada yang membantunya melafal Amituofo juga
tidak bisa membantu apa-apa.
Maka itu untuk terlahir ke Alam Sukhavati harus memenuhi tiga syarat
yakni yang pertama adalah pikiran masih jelas dan tidak pikun, yang kedua
adalah mendengar Pintu Dharma Pelafalan Amituofo; yang ketiga adalah meyakini
dan mengamalkannya, dengan demikian barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Dari tiga persyaratan ini, kurang salah satu saja tidak boleh, makanya
Pintu Dharma ini sungguh istimewa.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 September 2010
譬如一品煩惱沒斷,臨命終時他很幸運,頭腦清楚,沒迷惑,遇到一個懂得淨土的人,勸他念阿彌陀佛求生極樂世界,他一聽立刻接受,立刻就真念,跟著念,一念、十念,斷氣了,他真的到極樂世界去了。你看這樣的人,一去他就成佛了,他再回來度眾生,他能現佛身。你敢相信嗎?我們肯定搖頭,我不能相信。為什麼不能相信?我們是以凡夫心測如來智,我們的過失在這裡。這法門太奇怪、太稀有了。
我剛才舉的這個例子有沒有?有,不但有,而且還很多,可是我們不能僥倖,因為什麼?我們不能保證在臨命終的時候頭腦清楚,不能保證這個。所以人不可以造罪業,為什麼?造罪業就怕晚年得痴呆症,那就一切都完了,一得痴呆症就難了,有人助念都幫不上忙。所以往生最終是三個條件,第一個頭腦清楚;第二個是聽聞佛法,聽到淨土法門;第三個深信不疑,立刻他就幹,他就念佛,他就求生,這樣的條件才能去。這個條件可不容易,三個缺一個都不行,所以這個法門特殊,非常非常特殊。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五三集) 2010/9/30