Friday, 9 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 November 2010 (Bgn 1)


“Bhiksu Dharmakara bertekad supaya namaNya tersohor sampai ke sepuluh penjuru, tujuannya hanya demi menuntun semua makhluk, terlahir ke Alam Sukhavati, menyempurnakan KeBuddhaan”.

Kalimat ini sangatlah penting, Buddha Amitabha sama sekali tidak punya niat pikiran untuk mengejar ketenaran dan keuntungan, para Buddha di sepuluh penjuru juga ikut mempromosikan Buddha Amitabha, sehingga Buddha Amitabha jadi tersohor, lantas apa keuntungan yang diperoleh Buddha Amitabha? Nihil, kebenaran ini harus kita pahami.

Hari ini di dunia fana ini, kita juga sibuk-sibuk mempromosikan Buddha Amitabha, menyebarluaskan Pintu Dharma Tanah Suci, sehingga satu tekad hati dengan semua Buddha.

Tetapi masalahnya orang-orang awam tidak percaya kalau anda satu tekad hati dengan para Buddha, pasti ada udang di balik batu, pasti punya maksud  terselubung, pasti ada manfaat yang bisa diperoleh, barulah anda mau capek-capek.

Jika tidak ada manfaat yang bisa diperoleh, mana mungkin anda mau melakukannya? Apa manfaat yang bisa diperoleh? Pasti adalah ketenaran dan keuntungan.

Bila anda bilang tujuanmu bukanlah demi mengejar ketenaran dan keuntungan, dia pasti akan curiga, apa otak orang ini masih beres? Apa sudah kurang waras? Kalau tidak ada popularitas-nya, kalau tidak ada laba-nya, jadi buat apa capek-capek?

Maka itu perkataan insan zaman dulu sungguh beralasan, hal yang baik banyak rintangan-nya.

Hari ini terhadap pelaku kejahatan, masyarakat menganggukkan kepala, memang begitulah adanya, sudah lumrah. Sedangkan terhadap pelaku kebajikan, mereka akan menggeleng-gelengkan kepala, tidak masuk akal, timbul kecurigaan berlebihan.

Maka itu, kalau bukan benar-benar membangkitkan Bodhicitta, menumpukan segenap perhatian untuk belajar ajaran sutra, bagaimana batinnya tidak mengalami kemerosotan?

Maka itu hari ini, para penceramah yang mundur hatinya, kami juga menganggukkan kepala, memang begitulah adanya, sudah lumrah, tidak menguasai ajaran sutra secara mendalam; apabila benar-benar telah menguasai ajaran sutra, telah memahaminya, maka dia takkan mungkin mundur hatinya, rintangan apapun juga takkan dihiraukannya. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 November 2010


「法藏求願名聞十方者,只為普攝十方一切眾生,往生極樂,究竟成佛。」這一段話很重要,阿彌陀佛決定沒有名聞利養的這種念頭,十方世界諸佛給他宣揚,是不是他出了名?阿彌陀佛得什麼好處?沒有,這個道理我們要懂。我們今天在這個世間來宣揚,宣揚這個法門,跟佛的心願是相同的。可是這世間人不相信,你一定得好處,沒好處,你怎麼幹這個事情?什麼好處?一定是名聞利養。你說沒有名聞利養。他懷疑,這個人頭腦是不是有問題?是不是有神經病,不正常?沒有名利的事情他為什麼要幹?由此可知,古人說了一句話很有道理,好事多磨。今天在這個社會上幹壞事的人,人家點頭,有道理;幹好事的人,搖頭,沒道理,重重疑慮。所以要不是真正發菩提心,真正在經教上有相當的修養,能不退心嗎?所以今天弘法利生退心的人,我們也點頭,有道理,經教不夠透徹;真正透徹、明白了,他就不會退心,什麼樣障礙他也不在乎。世出世間性相、理事、因果都明白了,就沒事了。不然障緣太多太多了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二0九集)  2010/11/29


 

 

Hari ini, para penceramah yang mundur hatinya, kami juga menganggukkan kepala, memang begitulah adanya, sudah lumrah, tidak menguasai ajaran sutra secara mendalam; apabila benar-benar telah menguasai ajaran sutra, telah memahaminya, maka dia takkan mungkin mundur hatinya, rintangan apapun juga takkan dihiraukannya. 

Bahkan Buddha Sakyamuni sendiri, ketika membabarkan Dharma di dunia ini, di dalam organisasi Sangha terdapat Kelompok Enam Bhiksu (enam orang Bhiksu yang mendukung Devadatta), di luar ada enam guru sekte luar, semua peragaan ini diperlihatkan untuk kita semuanya.

Buddha Sakyamuni adalah sosok yang sedemikian agungnya, namun untuk membabarkan Dharma di dunia ini juga banyak sekali rintangannya, apalagi diri kita yang masih merupakan orang awam, yang diliputi kekotoran batin dan tabiat, mustahil tidak punya rintangan sama sekali.

Maka itu kita mesti mengenali sosok Buddha Sakyamuni, mengenali ajaran sutra, barulah keyakinan hati dapat dibangun dengan kokoh, memiliki kebijaksanaan untuk membedakan dengan jelas benar dan sesat, membedakan betul dan salah, membedakan baik dan jahat, dengan demikian barulah dapat memperoleh kesejahteraan menjauhi petaka, melindungi diri sendiri, memberi manfaat bagi para makhluk, memperoleh manfaat dari ajaran sutra.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 November 2010


今天弘法利生退心的人,我們也點頭,有道理,經教不夠透徹;真正透徹、明白了,他就不會退心,什麼樣障礙他也不在乎。世出世間性相、理事、因果都明白了,就沒事了。不然障緣太多太多了。

連釋迦牟尼佛當年在世示現,你看裡面有六群比丘,外面有六師外道,佛這些示現都是給我們看的。釋迦牟尼佛是何等人物,在這個地球上弘法利生障礙都那麼多,何況我們是博地凡夫,煩惱一品沒斷,一點沒有障礙是不可能的事情。所以我們認識世尊、認識經教,我們的信心才能夠建立,有智慧能夠辨別,辨別邪正、辨別是非、辨別善惡,這才能趨吉避凶,能保住自己,能利益眾生,這都是得經教之利。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二0九集)  2010/11/29

 


 
 
Setiap praktisi pelafal Amituofo dilindungi oleh para Buddha. Siapa yang memiliki pahala yang sedemikian besarnya sehingga dilindungi oleh semua Buddha? Yakni Praktisi Pelafal Amituofo sejati, semua Buddha juga akan melindungimu, rintangan Mara apa lagi yang perlu anda takuti?

Apa yang dimaksud dengan rintangan Mara? Niat pikiran benar tidak dapat melampaui niat pikiran sesat, niat pikiran sesat mengundang rintangan Mara, niat pikiran baik mengundang perlindungan dari para Buddha. Bila niat pikiran sesat melampaui niat pikiran benar, maka Buddha takkan datang, melainkan Mara yang datang, beginilah kebenarannya.

Apabila niat pikiran benar melampaui niat pikiran sesat, Mara akan mundur, Buddha akan datang.

Lihatlah berapa banyak rekan praktisi pelafal Amituofo yang mengalami kerasukan, ini telah merupakan fenomena umum. Ada dua alasan mengapa dia bisa mengalami kerasukan, yang pertama adalah untuk memohon pelimpahan jasa, yang kedua adalah datang cari masalah; anda berutang nyawa padanya, sekarang dia datang menagihnya, anda berutang uang padanya, sekarang dia datang menagihnya, dia datang tagih utang, dia datang untuk balas dendam, kita tak berdaya menghindarinya.

Mengapa demikian? Sejak kalpa tanpa awal kita tidak mendengar Buddha Dharma, juga tidak mendengar ajaran insan suci dan bijak, berapa banyak makhluk hidup yang kita lukai dan sakiti? Cuma buat urusan makan dan minum saja sudah bukan main parahnya, utang piutang yang begitu rumitnya, setelah belajar Ajaran Buddha barulah memahaminya.

Para musuh kerabat penagih utang ini, kita tak berdaya menghindarinya, tidak bisa lolos darinya, setiap kelahiran demi kelahiran saling balas membalas tiada usainya.

Satu-satunya cara adalah melakukan negosiasi dengan mereka, memohon pada mereka supaya jangan merintangi upaya kita melatih diri, setelah saya meraih keberhasilan, terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, pasti kembali lagi guna menyelamatkan mereka.

Selama hati kita tulus, mereka pasti percaya dan menerimanya, dengan ketulusan hati dapat menggugah para makhluk, sehingga mereka bukan saja takkan merintangi-mu, bahkan datang menjadi pendukung Dharma bagi dirimu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 November 2010


凡是念佛的人,諸佛都護念。諸位想想,這還得了!什麼人有這麼大的福報感得諸佛來護念?給諸位說,真正念阿彌陀佛的人,一切諸佛都護念你,你還怕有什麼魔障嗎?魔障是什麼?你念佛的正念抵不上你的邪念,邪念招魔障,正念感諸佛,我們的邪念勝過正念,所以佛沒有來,魔來了,就這麼個道理。如果我們的正念超過邪念,魔就退了,佛就來了。看看我們佛門,別的我們去得少,咱們念佛同修你看看多少眾生附身的,這個事情很普遍、很多,真的不是假的。冤親債主附身,附身的目的有兩種,一種是求超度,一種是來找麻煩;你欠他命,他來要命,你欠他債,他來討錢,報怨、報仇的,這是我們無法避免的。為什麼?無始劫來我們沒有聞到佛法,也沒有聽到聖賢教誨,你傷害多少眾生?光是飲食就不得了,帳就算不清楚,學佛之後才明白。這些冤親債主我們沒法子迴避,躲不過,生生世世沒完沒了。唯一的方法,要跟他們交涉,跟他們談判,請他們不要障礙我們修行,我成就之後,往生就成佛了,我成佛之後決定來度你們。我們的心誠,他就相信了,至誠能感動這些眾生,他不但不障礙你,他還來做你的護法。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二0九集)  2010/11/29