Sejak dulu hingga sekarang, tak peduli di dalam maupun di luar Negeri
Tirai Bambu, masyarakat masih condong untuk mempercayai yang namanya medium roh
(tatung), apakah fenomena begini bagus atau tidak? Sulit dikatakan.
Kalau memang ternyata yang merasukinya adalah makhluk halus yang
bajik, anda mungkin boleh percaya pada ucapannya, tetapi semua ini juga
terpulang kembali pada akar kebajikan-mu.
Yang celakanya kalau ternyata yang merasukinya adalah Mara, siluman dan
setan jahat lainnya, maka ini pasti adalah gadungan alias menyamar jadi Bodhisattva
atau Dewa tertentu, maka anda sudah masuk ke dalam jebakannya.
Maka itu Buddha Sakyamuni membabarkannya dengan jelas di dalam ajaran
sutra Mahayana, para Buddha dan Bodhisattva serta Arahat pasti takkan
menggunakan kemampuan gaib untuk menyampaikan Dharma kepada para makhluk,
mengapa demikian?
Apabila anda menggunakan kemampuan gaib untuk menuntun para makhluk,
sementara itu Mara, siluman dan setan jahat lainnya juga memiliki kemampuan
gaib, umat Buddha jadi kebingungan dan tidak tahu membedakan mana yang
merupakan Buddha tulen dan Mara. Mara juga dapat menyamar jadi Buddha tiruan
dan Bodhisattva gadungan.
Maka itu mengapa Buddha Sakyamuni melarang penggunaan kemampuan gaib
dalam membimbing para makhluk, oleh karena dari tingkatan Arahat ke atas, juga
memiliki kemampuan gaib, tetapi tidak boleh menggunakannya, lantas apa yang
digunakan untuk menyelamatkan para makhluk? Dengan menyampaikan ceramah Dharma.
Untuk bergerak di bidang pengajaran, Mara tidak punya bakat begini,
Mara hobinya main sulap, ketika anda memintanya menceramahkan kebenaran,
dia tidak sanggup menjelaskannya keluar, hal ini harus dipahami.
Inilah alasan mengapa sepanjang hayatNya, Buddha Sakyamuni tidak
menampilkan kemampuan gaib.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 3 November 2010
自古以來,不管是中國、外國,對於靈異都有很容易相信這種趨向,這是好還是不好?很難說。如果真的是聖賢菩薩,你易信,那是你有善根;如果是妖魔鬼怪,是假的、冒充的,那你就上大當。所以佛在大乘經教裡講得很清楚,諸佛菩薩跟阿羅漢決定不用神通做佛事,為什麼?如果你用神通來接引眾生,妖魔鬼怪都有這個能力,佛魔就不能夠辨別,魔會變成佛菩薩,變假的。所以佛不許用神通,因為什麼?阿羅漢以上都有神通,不用。用什麼?講經教學。這個魔不行,魔不會,魔會變把戲、變魔術,你叫他講出一番大道理,他講不出來,這個要知道。所以釋迦牟尼佛一生在世,沒有顯神通這個事情。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一八四集) 2010/11/3
Siapa yang tidak peduli pada berkah dan petaka? Peruntungan diri
sendiri? Ketika mendengar ada orang pandai yang memiliki kemampuan menerawang
masa depan, semua orang berbondong-bondong menuju ke tempat prakteknya, begitu
penasaran-nya, entah yang satu ini tulen atau tiruan? Tidak ada orang yang
dapat memberimu jaminan.
Terhadap persoalan begini, Buddha Sakyamuni menyampaikannya dengan
jelas, memberitahukan padamu kebenaran, asalkan anda memahaminya dan melatih
diri sesuai dengan petunjuk yang tercantum di dalam sutra, maka anda tidak
perlu bertanya lagi, bagaimana nasibku kini dan kelak, juga tidak perlu
mendengar dan terpengaruh pada isu yang dihembuskan orang lain.
Tanyakan saja pada niat pikiran sendiri yang muncul, mengapa
demikian? Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran, beginilah
kebenarannya. Selama hati-mu benar, ucapan-mu benar, tindakan-mu benar, maka
sepanjang hidupmu senantiasa sejahtera, petaka pun menjauh dan sirna.
Sebaliknya apabila hati tidak benar, ucapan dan tindakan tidak benar,
petaka pun takkan terhindarkan, apa alasannya? Di dalam sutra disebutkan dengan
jelas, “Wajah adalah cerminan hati, lingkungan berubah menuruti perubahan
hati”, jadi semua ini berasal dari niat pikiran sendiri.
Hati yang melafal Amituofo, tentu saja terjalin dengan Alam
Sukhavati, anda melafal nama Buddha kelak menjadi Buddha, anda melafal nama
Bodhisattva kelak menjadi Bodhisattva, bagaimana niat pikiranmu beginilah
jadinya anda kelak, inilah kebenarannya.`
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 3 November 2010
吉凶禍福誰不關心?聽信有人知道未來會發生什麼事情,總得要打聽打聽,這到底是真是假?沒有人給你做保證。佛對於這個事情講得很清楚、很明白,告訴你這些原理原則,只要你真正參透了,掌握到了,你就不必再問,也不必聽信任何人造謠生事。問自己的起心動念,為什麼?一切法從心想生,這個有道理。我們的心正、言正、行為正,你這一生就吉祥如意,你不會有災難。如果心不正,言行不正,災難就不能避免,為什麼?這經上講得很清楚,「相由心生,境隨心轉」,都是自己心。你念佛的心,就到極樂世界作佛去了,你念菩薩你就成為菩薩,念什麼就現什麼,感應不可思議,這是真理、真實的事,不是假的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一八四集) 2010/11/3
Segala kejadian di dunia ini, tidak ada yang bukan merupakan “Apa yang
ditabur itulah yang dituai", semuanya merupakan hasil perbuatan diri sendiri.
Maka itu berkah dan petaka, tidak perlu ditanyakan pada orang lain, kalau masih
hobi menilik nasib, ini namanya kepercayaan takhayul. Lebih baik tepuk dada
tanyakan saja pada hati sendiri, inilah jawaban yang paling jitu dan akurat.
Ada orang yang bertanya padaku : “Master, banyak paranormal yang
datang mengunjungi anda, setelah itu dengan memperalat reputasi anda, melakukan
hal-hal yang tidak terpuji”.
Saya tidak tahu-menahu tentang hal ini, semua orang bebas berkunjung
ke vihara ini, setiap bersua dengan diriku pasti minta foto bersama, saya juga
tidak berdaya menolak permintaan mereka.
Usai itu dengan mengandalkan selembar foto tersebut, ada oknum yang
mengaku-ngaku dekat dengan diriku, padahal saya tidak mengenalnya sama sekali.
Apabila dia memperalat
reputasi-ku guna mempromosikan dirinya sendiri supaya bisa meraup lebih banyak
keuntungan dan ketenaran, untuk memperluas koneksi dan memperkuat pengaruhnya, itu
adalah urusannya sendiri.
Hukum negara semestinya mengurus masalah ini, biarlah pihak berwenang
yang mengurusnya, kita tidak boleh main hakim sendiri.
Maka itu siswa Buddha wajib mendengar ceramah Dharma, janganlah malah
mendengar dan percaya pada rumor.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 3 November 2010
世出世間一切法沒有一樣不是自作自受,大乘經上告訴我們的。所以吉凶禍福不要問別人,問別人是迷信,問自己是決定正確。
也有人問我,他說:法師,有很多通靈的人,到我這兒來跟我接觸,之後打著我的名義在外面做不好的事情。這事情我不知道,這道場是十方道場,什麼人來我總不能說我不接見,沒這個道理。接見照一張照片這平常事情,這都不能拒絕的,他跟我有什麼關係?沒有關係,什麼關係都沒有。他要拿我們這個名義到外面去宣傳,去壯大他的聲勢,那是他的事情。這是國家法律應當要管的,我們管不到,這平常事。所以佛門弟子最重要的是要聽經,不要聽信謠言,要聽經。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一八四集) 2010/11/3