Di dalam Liji (salah satu dari lima klasik ajaran Konfusius) tercantum, "Saat
bertemu masalah jangan menghindar begitu saja, saat melihat uang jangan diambil
begitu saja" (Kalimat ini memotivasi manusia saat berada dalam kesusahan
tetap harus mempertahankan kejujuran).
Ketika keuntungan dan kekayaan terpampang di hadapanmu, hendaknya
berpikir sejenak, apakah saya pantas mengambilnya? Kalau tidak pantas, bukan
milikmu, maka janganlah mendambakannya.
Ketika mendengar ramalan bencana, apakah saya harus buru-buru kabur guna
menyelamatkan diri? Permukaan air laut mengalami kenaikan dari waktu ke waktu,
kelak Kota Hong Kong diprediksi akan tenggelam.
Mendengar kabar buruk ini, apakah kita harus panik dan pindah ke daratan
yang lebih tinggi, guna menghindari ramalan bencana ini? Saya beritahukan pada kalian, “Bertemu masalah
jangan menghindar begitu saja”, jika bencana melanda Hong Kong, saya akan tetap
berada bersama Hong Kong menghadapi kemusnahan.
Sudah bertahun-tahun saya memberi ceramah di sini (Hong Kong), hidup
sehari berceramah sehari, permukaan air laut mengalami kenaikan, buat apa kita
panik?
Saya selalu mengatakan pada praktisi sekalian bahwa kita cuma hidup pada
satu hari ini saja, manfaatkan waktu untuk melatih diri dengan serius, jangan
memikirkan hari esok yang belum tiba, buat apa anda merisaukannya?
Jangan mengenang hari kemarin, yang berlalu biarlah berlalu, buat apa punya
hobi bernostalgia dan sentimentil? Jadi jangan pikirkan hari esok dan hari
kemarin, yang penting adalah hidup pada hari ini, maka itu genggamlah erat-erat
sepatah Amituofo, oleh karena sepatah Amituofo inilah yang mengantar dirimu
pada jalan menuju pencapaian KeBuddhaan.
Insan suci dan bijak mengajarkan kita sebagaimana mestinya, Buddha dan
Bodhisattva juga mengajarkan hal yang serupa pada kita, lagi pula Buddha
Sakyamuni menyampaikan pada kita, “Lingkungan berubah menuruti perubahan hati”,
asalkan penduduk Hong Kong membangkitkan niat pikiran yang baik, ucapan yang
baik dan tindakan yang baik, semua orang baik tinggal di kawasan ini, maka
bencana takkan datang melanda.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 3 November 2010
中國古人有兩句話說得很好,《禮記》裡的,「臨難毋茍免,臨財毋茍得」,利益、財富現在面前,要想一想,我應不應該得到?不應該的不取。災難來了,我應不應該避免?想一想。說是將來海水漲上來,香港也被淹沒,我們是不是要找個高一點地方去住,避開?我告訴大家,臨難毋茍免,我跟香港共存亡,哪裡有好地方請我,我不去,我在這裡講經教學,活一天講一天經,海水還沒漲上來,著什麼急?常常告訴同學,真正肯修的,我們生命只有今天這一天,不要想我還有明天,你在那裡打妄想,明天還沒到,你想它幹什麼?想過去、想未來都是錯誤的,過去已經過去了,你想它幹什麼?未來還沒有來,不必去想它,只要今天抓緊你就能成佛。古聖先賢的教訓,佛菩薩是這樣教訓我們的。又何況佛說得好,「境隨心轉」,我們這個地區人心善良,行為善良,這些善人居住在這個地方,這個地方就不會遭難。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一八四集) 2010/11/3
Pintu Dharma Tanah Suci ibaratnya adalah jenjang pendidikan
Universitas, sedangkan aliran Tantra ibaratnya jenjang pendidikan pasca
sarjana. Jadi untuk mencapai KeBuddhaan mesti menamatkan jenjang pendidikan
terakhir, yakni melatih metode Tantra.
Maka itu siapakah yang boleh belajar metode Tantra? Master Zhangjia
memberitahukan padaku, tingkatan Bodhisattva
Dharmakaya ke atas, yang telah menemukan kembali jiwa sejati mencapai
KeBuddhaan, Mereka-lah yang cocok melatih metode Tantra.
Dengan perkataan lain, sosok yang
pelatihan dirinya sudah setara dengan pencapaian Master Huineng (guru sesepuh
ke-6 aliran Zen), insan yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi, barulah
cocok belajar metode Tantra.
Bagi praktisi pemula yang baru
mengenal aliran Tantra, pertama-tama adalah mengambil Visudhi Trisarana. Usai
itu guru akan mengajarimu mengulang sebuah mantra. Ini adalah untuk menjalin
jodoh dan bukan melatih metode Tantra.
Dari mana kita harus memulai belajar
metode Tantra? Dari metode yang paling dasar, ibaratnya sebelum anda mengikuti
program pasca sarjana, terlebih dulu anda mesti menamatkan jenjang pendidikan
Srata-1 terlebih dulu.
Tantra itu diibaratkan program
Srata-3 atau Doktor, sedangkan Aliran Sukhavati diibaratkan Srata-1 atau
Srata-2. Saya mengikuti Master Zhangjia belajar Ajaran Buddha selama tiga
tahun, saya menghormati metode Tantra.
Ketika saya hendak diajari metode
Tantra, saya bilang pada mereka, guruku bilang saya tidak punya jodoh begini,
tidak memiliki akar sedemikian rupa, metode ini tidak boleh sembarangan dilatih.
Yang dilatih dalam metode Tantra adalah tidak timbul niat pikiran.
Metode Tanah Suci melatih tidak
membeda-bedakan, tidak melekat, sedangkan metode Tantra melatih tingkatan yang
paling tertinggi yakni tidak timbul niat pikiran.
Upasaka Huang Nian-zu adalah
praktisi aliran Tantra, merupakan guru vajra dalam aliran Tantra, semasa
hidupnya beliau pernah memberitahukan padaku, sejak berdirinya Republik Rakyat
Tiongkok (1 Oktober 1949) sampai sekarang, praktisi yang berhasil melatih
metode Tantra cuma ada 6 orang saja.
Upasaka Huang Nian-zu juga berkata,
jumlah praktisi yang berhasil melatih metode Tanah Suci, anda takkan berdaya
menghitungnya, oleh karena di dalam metode
Tanah Suci, boleh membawa serta karmanya terlahir ke Alam Sukhavati. Bagaimana
dengan aliran Tantra? Tidak bisa membawa serta karma.
Jadi hanya Bodhisattva Dharmakaya
yang layak melatih metode Tantra, oleh karena metode ini menekankan pada tidak
timbul niat pikiran, ketika enam indra (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan
pikiran) melakukan kontak dengan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), diri sendiri tetap berada dalam
kondisi samadhi (terfokus tak tergoyahkan), tidak gampang.
Pada era sekarang ini, banyak beredar
produk tiruan, saya baca di berita, banyak tamu terhormat yang hadir di sebuah
pesta jamuan, ternyata bir (minuman beralkohol) yang disajikan di dalam pesta
adalah produk oplosan.
Demikian pula sekarang juga banyak
beredar obat-obatan palsu, dokter gadungan,
apa saja juga ada yang berupa tiruan, imitasi, gadungan, samaran.
Sama halnya pula di dalam ajaran,
baik non esoteris maupun esoteris, juga terdapat yang tiruan, kalau kita tidak
dapat mengenalinya dengan jelas, bagaimana bisa berhasil?
Maka itu hendaknya mengenali dengan
jelas, memahaminya, bagaimana seharusnya kita mempelajari dan melatih sebuah
metode, diri sendiri harus sangat jelas dan tidak ambigu.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 3 November 2010
Tingkatan Bodhisattva:
淨土宗好比學校裡是大學部,密宗好比是佛教裡的博士班研究院。成佛必須要最後那一關要通過密,沒有密那樣淨不能成佛。所以密宗,真正修密的是什麼人?這章嘉大師告訴我的,《華嚴經》上講初住以上,明心見性,見性成佛,初住以上他們修的。換句話說,這個密宗的等級,跟中國南傳的就是能大師所傳的禪宗等級是相等的,平等的,上上根人,中下沒分,所以這個要知道。我們初學的人,大師給我們傳授三皈,教我們一個咒,那叫什麼?結緣皈依,那不是真正學密。真正學密從哪裡學起?從顯教學起,就是你修學要從大學部,你要拿到學士,拿到碩士,再去念博士班,是這樣的,密是博士班,我們這個淨宗是學士、碩士,它那是博士班。我跟大師三年,我對於密宗尊敬、景仰,他們教我,我說我老師說的我沒有這個緣分,沒這個根性,這個東西不能隨隨便便修的。所以這一定要懂得,那是真正修不起心、不動念。我們淨土宗是修不分別、不執著,它那是最高的不起心、不動念,這是說出密宗的殊勝。
黃老居士他學過密宗,他是密宗的金剛上師,告訴我,新中國成立,他說到現在,那個時候還不到六十年,說這個話總十幾年前,中國修學密宗成就的總共只有六個人。你看修密的人有多少?他說總共成就的,那就是新中國成立以後,到我們見面的時候,總有四十多年才只有六個人。他說淨土宗成就的,那你沒法子計算,淨土宗是帶業往生。密宗呢?密宗不帶業。一個帶業淨,一個不帶業淨,不一樣,差別很大!所以對密宗的時候一定要尊重,它不是假的,它是真的。所以在別教來講,登地的菩薩他就學密了,密裡頭主要就是修不起心、不動念,六根接觸六塵境界自己是在定中,不容易。現在就是在這個時代,這什麼都變成假的了,我在新聞裡面看到的,很多很有身分地位的人,宴會裡面喝的酒是假酒,害病醫藥是假藥,那可能一定有假醫生,什麼都是假的。顯教裡頭有假的,密教裡頭大概也有假的,我們要不認識清楚那怎麼會成就?總得要把它認清楚、搞明白,我們自己應該怎麼樣學習,自己清楚。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一八四集) 2010/11/3