Kemarin Upasika Zou datang mengunjungiku, beliau merupakan salah seorang praktisi lokal (Hong Kong). Dia
memberitahu padaku, orang Hong Kong yang meyakini Ajaran Buddha jumlahnya
terlampau sedikit!
Penduduk Hong Kong begitu padat, tetapi apa yang ada di dalam pikiran
mereka? Ingin kaya, ingin meraup keuntungan, anda sampaikan padanya Ajaran
Buddha, dia tidak berdaya menerimanya.
Maka itu permukaan air laut yang terus mengalami kenaikan, kelak akan
menenggelamkan sebagian besar daratan termasuk kota-kota besar di dunia, salah
satunya adalah Hong Kong, mengapa demikian?
Loba mengundang bencana air. Apakah
kita dapat menghindari bencana air? Tentu saja dapat, asalkan kita bersedia
menghapus hati loba, maka di wilayah ini takkan ada musibah banjir.
Tetapi siapa yang percaya? Tidak percaya! Kalian ini omong
sembarangan, kalian ini percaya takhayul. Materialistis lebih penting dari
segalanya, orang sekarang lebih percaya pada materialisme, uang adalah
segalanya, selain duit apapun tidak mau tahu lagi.
Gagasan begini telah menjadi fenomena umum di seluruh pelosok dunia,
maka itu banyak prediksi yang mengatakan kenaikan permukaan laut akan
menenggelamkan daratan.
Mengapa permukaan air laut bisa mengalami kenaikan? Oleh karena
manusia mengejar nafsu keinginan tanpa henti-hentinya, inilah yang mengundang
kenaikan permukaan air laut.
Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran, Planet Bumi ini juga
muncul dari hati dan pikiran kita sendiri, makanya niat pikiran buruk
mendatangkan bencana.
Asalkan kita bersedia memperbaiki niat pikiran, maka bencana pun
mereda, masalahnya anda percaya atau tidak? Jika percaya maka hasilnya pasti
efektif!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 3 Oktober 2010
昨天鄒女士到這來看我,這是本地(香港)的一位大德,她告訴我,香港人真正相信佛的太少太少了!香港人不少,他天天想什麼?想發財,想賺錢,你跟他講佛法的道理他聽不進去。她來到我們這裡參加六和敬學習,現在才找到不到十個人,不容易找!所以好多信息告訴我們,將來大災難的時候這個地方會被淹沒,為什麼會被淹沒?貪婪感得來的是水災,不就這個道理嗎?我們能不能免掉水災?可以,我們把貪心斷掉,這個地方就不會有水患。可是誰相信?不相信!你們在胡說八道,你們在迷信。現實重要,他們相信現實,現實就是賺錢第一,一切都向錢看,除了錢之外什麼也不知道。現在像這種觀念在全世界太普遍,所以很多預言講海水會上升,大地會淹沒。海水為什麼上升?全世界人個個都貪婪而沒有止境,這還得了!這就感得海水上升。因為整個地球也是我們念頭變現出來的,不善的念頭就帶來災難。所以,念頭只要一轉,災難就沒有了,問題你信不信?真要相信,靈得很!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五六集) 2010/10/3
Di dalam sutra Mahayana selalu disebutkan bahwa ketika membabarkan
Dharma, Buddha Sakyamuni menampilkan berbagai kekuatan gaib, ini dikarenakan
ada sebagian hadirin yang harus melihat kemampuan gaib barulah dia dapat
percaya, kalau tidak melihat kemampuan gaib maka dia tidak percaya, sehingga
dalam keadaan terpaksa, demi membantunya membangkitkan keyakinan hati barulah
menampilkan kemampuan gaib.
Sang Buddha juga mengungkapkannya dengan jelas, hal ini adalah dalam
kondisi terpaksa, mesti berupaya menghindari penggunaan kemampuan gaib dalam
menyampaikan ajaran. Mengapa demikian? Oleh karena Mara juga dapat menampilkan
kemampuan gaib, Dewa juga dapat menampilkan kemampuan gaib, siluman dan setan
jahat lainnya juga dapat menampilkan kemampuan gaib. Jadi apabila menggunakan
kemampuan gaib untuk memberi ceramah Dharma, maka hal ini akan menyesatkan
manusia, Mara dan Buddha tidak dapat dibedakan.
Tetapi dalam hal memberi ceramah Dharma, siluman, Mara dan setan
jahat lainnya tidak punya kemampuan begini, mereka tidak sanggup menyampaikan
kebenaran, mereka pintarnya cuma menampilkan kemampuan gaib.
Maka itu dalam membimbing dan menyelamatkan para makhluk, Sang Buddha
menggunakan cara berceramah dan menghindari menampilkan kemampuan gaib,
sedangkan Mara justru sebaliknya. Inilah alasannya mengapa Buddha tidak
menggunakan kemampuan gaib dalam menuntun para makhluk.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 3 Oktober 2010
大乘經裡面常常看到,佛在教學當中示現神力,那就是有一類的眾生,他必須看到他才相信,他要沒有看到他就不能相信,佛在這種情形之下,要幫助他生起信心才用神通。佛也說得清楚,這是在不得已的狀況之下,盡量不以神通做佛事。為什麼?魔能現神通,天人能現神通,這些妖魔鬼怪也能現神通,如果用神通做佛事會把人迷惑了,魔、佛混淆了,不能辨別。但是講經教學,這些妖魔鬼怪他們都不行,他們沒有這個能力,他們會變把戲,他們不能講經。所以,佛用講經教學,魔就不能得其便。這是佛為什麼不用神通,很少用神通,道理在此地。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五六集) 2010/10/3
Sutra Mahayana sering menyebutkan bahwa “Buddha tidak menyelamatkan
orang yang tak berjodoh”, mengapa demikian? Tidak berjodoh, dia tidak percaya
pada ucapanmu, anda juga tak berdaya, dia tidak sanggup membangkitkan keyakinan
hati, maka itu harus punya jodoh.
Jodoh yang dimaksud bisa berupa jodoh baik maupun jodoh buruk, jadi
bukanlah masalah, tak peduli jodoh baik atau jodoh buruk, semuanya merupakan
orang yang berjodoh denganmu, asalkan berjodoh, maka dia pasti dapat
menerimanya, bersukacita berinteraksi denganmu.
Maka itu insan yang belajar Buddha Dharma mesti menjalin jodoh dengan
semua makhluk, Ajaran Buddha menyebutnya sebagai jodoh Dharma, menjalin jodoh
Dharma.
Mungkin ada orang yang setelah mendengar perkataan ini timbul
keraguan, andaikata jodoh Dharma yang dijalin terlampau luas dan terlampau
banyak, bagaimana kelak setelah mencapai KeBuddhaan? Bukankah sungguh
merepotkan? Tiap hari umat berdatangan meminta bimbinganmu, apa tidak
melelahkan? Bukankah ini namanya cari masalah sendiri?
Patut diketahui bahwa setelah mencapai KeBuddhaan, kondisi batin
sudah berbeda, dalam menyelamatkan semua makhluk takkan merasa keletihan sama
sekali, mengapa demikian? Menyelesaikan setiap tugas namun tidak menaruhnya di
hati.
Sedangkan kita orang awam ini, baru bekerja sedikit saja sudah merasa
capek, mengapa demikian? Oleh karena timbul niat pikiran di benakmu, hari ini
saya sudah melakukan banyak pekerjaan, capek sekali rasanya, makanya segala
sesuatu tercipta dari hati dan pikiran.
Andaikata anda dapat melupakan hal ini maka takkan merasa kelelahan
sama sekali, dalam sehari menyelesaikan banyak pekerjaan, namun takkan
menaruhnya di hati, kalau menaruhnya di hati maka masalah pun bermunculan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 3 Oktober 2010
佛經上常講「佛不度無緣之人」,為什麼?沒有緣,他不相信你,你對他沒有辦法,生不起信心,所以總得有緣。緣有善緣、有惡緣,都不要緊,無論是善緣、惡緣統統都跟你有緣,只要有緣,他就會接受,就會樂意跟你往來。所以學佛的人要與一切眾生廣結善緣,佛法講結法緣,廣結法緣。也許有人聽到這個話懷疑,廣結法緣,法緣太多了,將來成佛不太麻煩了?多少人來找你,累不累?那不是自找麻煩嗎?要曉得,到成佛那個境界的時候不一樣,普度一切眾生,你沒有感覺到有累的念頭,為什麼?作而無作,無作而作。我們凡夫做事情多了覺得累是什麼?因為你起心動念,你覺得我今天做很多事累了,就累了,所以從心想生。你要把這個忘掉的話就一點都不累,一天做了很多工作好像沒做一樣,你沒把它放在心上,放在心上就麻煩了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五六集) 2010/10/3
Dalam kondisi seperti sekarang ini, saya selalu menasehati praktisi
sekalian, dengan akar kebijaksanaan yang kita miliki, bila ingin meraih
keberhasilan pada satu masa kehidupan ini, hanya ada satu cara yakni melafal
Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, selain ini takkan ada cara
kedua lagi.
Jika ingin terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, bagaimana caranya?
Pertama-tama mesti menempatkan Buddha Amitabha di dalam hati. Segala sesuatu
muncul dari hati dan pikiran, dalam hatiku cuma ada Buddha Amitabha, selain
Buddha Amitabha, apapun tidak ada di dalam pikiranku.
Hatimu adalah hati Buddha Amitabha, ucapanmu adalah ucapan Buddha
Amitabha, tindakanmu adalah tindakan Buddha Amitabha.
Baik pikiran, ucapan dan tindakan kita adalah sejalan dengan Buddha
Amitabha, mana ada alasan tidak terlahir ke Alam Sukhavati! Anda pasti terlahir
di sana. Akar kebijaksanaan yang rendah bukanlah merupakan masalah, sesampainya
di Alam Sukhavati akan jadi bijaksana.
Sampai di Alam Sukhavati, siapa yang membabarkan Dharma padamu? Buddha
Amitabha. Untuk apa kita ke Alam Sukhavati? Untuk menuntut ilmu. Satu tujuan
yakni belajar pada Buddha Amitabha, satu arah yakni Alam Sukhavati.
Mesti menyingkirkan segala keruwetan di dunia ini, jangan taruh di dalam
hati, kalau diingat terus akan jadi rintangan. Dalam berinteraksi dengan orang
lain, mesti meneladani Buddha Amitabha, memperlakukan setiap orang dengan hati
yang suci, memperlakukan setiap orang dengan hati yang setara, memperlakukan
setiap orang dengan hati tulus dan ber-maitri karuna.
Manusia masa kini memiliki pikiran, ucapan dan tindakan yang kurang terpuji,
hendaknya memaklumi dan memaafkan dirinya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 3 Oktober 2010
在我們現在這種環境當中,我常常勸同學,我們這種程度、這種根性,在這一生要想成就,只有一個方法,念佛求生淨土,決定沒有第二個方法。真正想往生淨土,要怎麼修?首先就是要把阿彌陀佛放在心上。一切法從心想生,我心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有,那你就對了。你心是佛心,阿彌陀佛的心,你的言就是阿彌陀佛的言,你的行就是阿彌陀佛的行。我們心同心、願同願、行同行,哪有不往生的道理!你決定得生。根性劣沒有關係,到極樂世界就聰明了。到極樂世界誰給你講經說法?阿彌陀佛。我們到西方極樂世界去幹什麼?去求學的。一個目標,親近阿彌陀佛,一個方向,極樂世界。得要把這個世間拉拉雜雜統統放下,不要放在心上,放在心上就是障礙。你就做這個工作,你的一生肯定往生,萬修萬人去。但是對這個地方一切眾生就要像阿彌陀佛一樣,以清淨心對他們、以平等心對他們、以真誠的慈悲對他們,現在眾生心行不善要原諒他,別怪他。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五六集) 2010/10/3