Hari
ini kita membaca sutra disertai dengan segudang keraguan, tetapi sesampainya di
Alam Sukhavati seluruh keraguan ini akan sirna dengan sendirinya, mengapa
demikian?
Oleh
karena setibanya di Alam Sukhavati, segala khayalan, perbedaan dan kemelekatan takkan
ada lagi. Bukannya sudah lenyap tapi tidak bisa efektif lagi, apa sebabnya?
Anda
memperoleh pemberkatan kewibawaan 48 tekad agung Buddha Amitabha. Begitu
memperoleh pemberkatan ini, anda langsung berubah menjadi Bodhisattva
Avaivartika.
Bodhisattva
Avaivartika tidak timbul niat pikiran, perbedaan dan kemelekatan. Sebaliknya
apabila anda masih bisa timbul niat pikiran, perbedaan dan kemelekatan, maka
anda bukan sedang berada di Alam Sukhavati, oleh karena di Negeri Buddha
Amitabha takkan ada fenomena begini.
Bodhisattva
Avaivartika, merupakan sosok yang telah menemukan kembali jiwa sejati,
menemukan kembali jiwa sejati mencapai KeBuddhaan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Desember 2010
我們今天在這個世界上,讀的佛經疑惑很多,到極樂世界這些疑惑全沒有了,為什麼?因為你到極樂世界,你的妄想分別執著也沒有了。並沒有斷,它不起作用,為什麼不起作用?你得到阿彌陀佛四十八願本願威德的加持。一加持你,你就變成阿惟越致菩薩,阿惟越致菩薩不起心不動念、不分別不執著。如果你還會起心動念、分別執著,你不是在極樂世界,在極樂世界不可能有這種現象。阿惟越致,在我們這個世間講,禪宗裡面所說大徹大悟、明心見性、見性成佛,這個佛是天台大師所講的分證即佛,《華嚴經》上說的圓教初住菩薩。從初住到等覺這四十一個位次,這四十一個位次在哪裡修行?在實報土,他們證得的身是法性身,他們居住的土是法性土。如來性德所顯,這個要知道。所以你六根接觸到的全是自性,這叫見性。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二七集) 2010/12/20
Penduduk
Alam Sukhavati, ketika enam akar (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh, pikiran)
melakukan kontak dengan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan,
bentuk-bentuk pikiran), takkan timbul niat pikiran, takkan membeda-bedakan dan
takkan melekat.
Sementara
itu terhadap segala keraguan, kita ini sebagai orang awam, praktisi pemula
tidak sanggup menghindarinya. Maka itu terhadap keraguan yang timbul di hati
praktisi, kita harus menjelaskannya pada mereka.
Jika
tidak dijelaskan maka keraguan tersebut akan merintangi keyakinan hatinya,
menghambat kebijaksanaannya, bahkan menghalangi upayanya terlahir ke Alam
Sukhavati.
Fungsi
ajaran sutra adalah untuk membantunya menghapus keraguan menumbuhkan keyakinan.
Makanya ketika kita merasa keterampilan melatih diri kita telah mengalami
kemajuan, ajaran sutra dapat menjadi alat pembuktian atau pengesahan-nya.
Ketika
kita melatih diri sampai mencapai kondisi batin tertentu, kita tidak tahu
apakah kondisi batin tersebut adalah benar atau semu, maka ajaran sutra dapat
menjadi alat pembuktian.
Anda
bilang anda sudah ikut paket wisata dan melancong ke Alam Sukhavati, lalu ngopi
bersama Buddha Amitabha, apabila pengalaman-mu tidak tercantum di dalam “Sutra
Usia Tanpa Batas”, maka sudah dipastikan anda melakukan pembohongan besar.
Tempo
dulu, sekitar 30 tahun yang silam, ketika saya berkunjung ke Hong Kong, Master Chang
Huai memperlihatkan sebuah buku padaku, berjudul “Perjalanan Berkeliling Alam
Sukhavati”, yang dikarang oleh seorang praktisi non awam.
Dalam
bukunya dia mendongeng, dia pergi berwisata ke Alam Sukhavati, di sana dia
melihat bidadari.
Master
Chang Huai bertanya padaku, sesungguhnya di Alam Sukhavati mana ada kaum hawa,
bagaimana si penulis bisa melihat ada bidadari? Saya menjawab, mungkin dia
salah alamat, tempat yang ditujunya pasti bukanlah Alam Sukhavati. Apa
alasannya?
Ajaran
sutra merupakan alat pembuktian, apabila kondisi batin yang anda capai tersebut
adalah sesuai dengan ajaran yang tercantum di dalam sutra, maka pencapaianmu
tidak perlu diragukan lagi.
Sebaliknya
apabila kondisi batin yang anda capai tersebut tidak ada tercantum di dalam
sutra, maka anda telah melakukan pembohongan besar. Anda bilang berjumpa dengan
bidadari, padahal di dalam sutra sudah jelas tertera bahwa di Alam Sukhavati
tidak ada kaum hawa.
Tampaknya
anda sudah salah ambil paket wisata, anda sudah salah alamat, tempat yang anda
tuju pasti bukanlah Alam Sukhavati. Hal ini mesti dipahami.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Desember 2010
西方極樂世界人,你想想看,六根接觸六塵境界,不起心不動念、不分別不執著。所以這些疑問都是我們現在這些凡夫,初學佛、初學淨土,免不了有這種妄念、妄想。但是這個妄念要解釋清楚,不解釋清楚障礙他,障礙他的信心,障礙他的智慧,障礙他往生。所以經教的作用是幫助我們斷疑生信,這是我們現前境界;功夫成就的時候,經教為我們做證明,我們證得這個境界是真的還是假的,經教做證明。你見到西方極樂世界,你見到阿彌陀佛,如果跟《無量壽經》上講的是一樣的,真的,一點不假;如果見到阿彌陀佛、見到極樂世界,跟經上講的不一樣,那是假的,那不是真的。早年我在香港講經,大概總有三十年前,暢懷法師拿一本書給我看,《極樂世界遊記》,是個出家人寫的,他到極樂世界去參觀、去遊玩,他說極樂世界有女人。暢懷法師拿這個書問我,他說這個不對,極樂世界沒有女人,他怎麼會看到有女人?他來問我。我說他去的不是真的極樂世界,是假的。為什麼?經是證明,經典兩種作用,沒開悟的人是幫助我們破迷起悟,已經開悟的時候幫助你證果,你所證入的境界跟經講的相應就是真的,那就是正確的,不是錯誤的。如果你入的那個境界,到西方極樂世界,不對,極樂世界有女人,你走錯了地方,那不是阿彌陀佛的極樂世界。這不可以不知道的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二七集) 2010/12/20
Bodhisattva
Mahasthamaprapta mengatakan “Mengingat dan melafal Amituofo, baik pada waktu
sekarang maupun yang akan datang, pasti bersua dengan Buddha Amitabha”, Beliau menggunakan
metode ini sehingga meraih keberhasilan.
Di dalam
hati cuma ada sepatah Amituofo, demikian pula di mulut cuma ada lafalan
Amituofo. Sepatah Amituofo merupakan niat pikiran paling bajik, murni
kesuciannya dan murni kebaikannya.
Baik
mulut maupun hati juga murni kesuciannya dan murni kebaikannya. Dengan demikian
perbuatan tubuh jasmani juga akan murni kesuciannya dan murni kebaikannya.
Alhasil
takkan ada orang yang dapat merintangi dirimu, praktisi sekalian mesti
memperhatikan poin yang satu ini, yang dapat merintangi diri sendiri cuma satu
orang saja, yakni “diri sendiri”.
Mara,
Siluman dan setan jahat lainnya juga tak berdaya merintangi diri kita, musuh
kerabat penagih utang juga tak berdaya. Lantas siapa yang dapat dirintangi
mereka? Yakni orang yang masih memiliki khayalan, perbedaan dan kemelekatan.
Selama
anda sanggup melepaskan khayalan, perbedaan dan kemelekatan, maka tidak ada
orang yang dapat merintangi dirimu. Segala rintangan yang timbul, cobalah
pikirkan dengan seksama, bukankah semuanya adalah jodoh duniawi.
Di dalam
enam alam tumimbal lahir, asalkan anda bersedia melepaskan kemelekatan, anda takkan
memiliki kekhawatiran lagi, segala rintangan, rintangan karma dengan sendirinya
akan sirna. Mengapa demikian?
Oleh
karena di dalam jiwa sejati, tidak ada hal begini, anda telah menemukan kembali
jiwa sejati, di dalam jiwa sejati tidak ada hal-hal sedemikian rupa.
Makanya
semua itu adalah khayalan semu, bukan nyata adanya. Tetapi bila anda menanggapi
yang semu itu sebagai nyata, maka dia akan benar-benar eksis, sehingga mengundang
banyak problema dan beban pikiran, serupa dengan mimpi buruk, tampak
seolah-olah nyata adanya. Setelah kita terbangun (mencapai pencerahan), barulah
menyadari segala fenomena dalam alam mimpi bukan nyata adanya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Desember 2010
大勢至菩薩說得好,「憶佛念佛,現前當來必定見佛」,他用這個方法,就是我們所說的,憶佛,心裡只有阿彌陀佛,口裡只有阿彌陀佛,阿彌陀佛最善,純淨純善;心、口純淨純善,你的身之所行當然是純淨純善。這樁事情沒人能障礙,這諸位同修要知道,只有自己障礙自己,妖魔鬼怪障礙不了,冤親債主也障礙不了。妖魔鬼怪、冤親債主能障礙誰?障礙有妄想分別執著的人,他障礙他,你把妄想分別執著放下,他對你沒法子障礙。所有一切障礙,你仔細想想全是世緣,六道裡頭的,把這個東西放下之後,你自己沒有罣礙了,一切障礙、業障自然就消除。為什麼?自性裡頭沒有,你見性了,自性裡頭沒有。所以那都是假的,都不是真的。可是你要是認假為真,它就真有,它就真惹麻煩,就像作惡夢一樣,就真有;真的覺悟、醒悟過來,沒有了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二七集) 2010/12/20