Bila tidak
timbul niat pikiran, dari mana lagi datangnya derita! Makanya disebut
Sukhavati. Setelah kita memahami hal ini, barulah kita tahu bahwa mengapa di
negeri tersebut tidak ada kaum hawa.
Ini
merupakan pemberkatan kewibawaan tekad Buddha Amitabha, anda melatih diri di
sana dan meraih keberhasilan dalam waktu singkat, apa sebabnya? Tidak ada
kemelekatan pada perasaan (suka dan benci).
Kalau
masih ada pria dan wanita maka mudah timbul kemelekatan pada perasaan; kemelekatan
pada perasaan adalah faktor utama penyebab kemerosotan batin, kekuatan ini
begitu dahsyatnya. Begitu perasaan emosional muncul, langsung mengalami
kemerosotan batin.
Maka itu
butir tekad
ke-22 yakni “negeri tanpa wanita”, merupakan
cara Buddha Amitabha untuk menjamin para penduduk Alam Sukhavati
mempertahankan “Tiga Ketidakmunduran”, satu jurus ini sungguh efektif.
Mengapa
melatih diri di sepuluh penjuru alam begitu sulitnya? Jodoh yang menyebabkan
kemerosotan batin itu terlampau banyak. Poin ini mesti dipahami, jodoh penyebab
kemerosotan itu terlampau banyak, dan penyebab kemerosotan yang paling parah,
tak lain adalah “kemelekatan pada perasaan”.
Di Alam
Sukhavati takkan ada jodoh penyebab kemerosotan sama sekali, di sini dibahas
bagaimana cara Buddha Amitabha untuk menyingkirkan kemelekatan pada perasaan
tersebut, sehingga penduduk Alam Sukhavati takkan mengalami kemerosotan batin.
Terlahir
ke Alam Sukhavati, memiliki rupa yang sama dengan Buddha Amitabha, seluruh
penduduk Alam Sukhavati memiliki rupa yang sama, oleh karena rupa yang berbeda
merupakan salah satu faktor penyebab kemerosotan batin, insan yang memiliki
rupa yang bagus akan jadi pongah, sementara insan yang memiliki rupa yang kurang
bagus akan merasa minder alias tidak percaya diri, lihatlah dua-duanya juga
timbul beban pikiran.
Orang
yang memiliki tubuh yang sehat jadi bangga, sementara orang yang bertubuh lemah
jadi bersedih hati, semuanya ini tidak adil. Siapakah yang dapat menghapus
ketidakadilan tersebut? Buddha Amitabha memiliki kemampuan ini.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Desember 2010
Tiga Ketidakmunduran :
沒有起心動念哪來的苦!所以叫真正極樂。這是我們得搞清楚,然後你才曉得那個世界為什麼沒有女人,這個要知道。不過極樂世界此地來講,它特別的地方,它同居土沒有女人,同居土是六道,不是講實報土,實報土那都沒有話說了,同居土沒有,那方便土當然更沒有。這是什麼?這是阿彌陀佛本願威神加持,你在那個地方修行成就快,為什麼?沒有情執。有男、有女容易生情執,情執是退轉第一個因素,那個力量太大,一動感情馬上墮落。所以這一願我們能夠體會到,阿彌陀佛何以能夠保證同居土的學人圓證三不退,這一個舉動是真的起作用了,不是假的。
十方剎土修行為什麼那麼困難?退緣太多太多了。這是我們不能不知道的,退緣太多了,而退緣裡面最嚴重的就是情執。西方世界同居土裡頭,所有一切的退緣幾乎統統沒有,這個地方是特別提出來,如何能把情執忘掉,阿彌陀佛用這種方法。生到西方極樂世界,跟佛是同個身相,沒有相貌差異的,因為相貌差異也有退緣,相貌好的就覺得傲慢,相貌不好的就有自卑感,你看,都叫人生煩惱。身體健康的就很得意,身體衰弱的又很苦惱,都是不平。這個世界誰能把這樁事情做得真平等?阿彌陀佛有這本事。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二四集) 2010/12/17
Di alam
saha ini, bagaimana pun kita membicarakan tentang kesetaraan, cuma omong kosong
belaka, hanya teori tanpa bisa terlaksana dengan nyata, lihatlah di dalam
masyarakat sekarang ini, kesetaraan hanyalah menjadi sebuah slogan belaka,
sementara itu jurang pemisah antara si kaya dengan si miskin kian hari kian melebar, sehingga
menimbulkan pergolakan dalam masyarakat.
Di Alam
Sukhavati takkan ada pergolakan begini, apa alasannya? Oleh karena di sana
takkan ada perbedaan. Di Negeri Buddha Amitabha, segala harapan anda akan
terwujud, apa yang anda pikirkan langsung muncul di hadapanmu.
Hari ini
saya ingin mencicipi makanan apa, begitu niat pikiran timbul, hidangan tersebut
langsung muncul di hadapanmu, usai
makan, segala peralatan makan langsung sirna dengan sendirinya, tidak perlu
mencuci piring dan tak perlu beres-beres lagi. Lihatlah, setara!
Istana
kediaman penduduk Alam Sukhavati merupakan istana yang dilengkapi dengan
paviliun, di dalamnya adalah kosong melompong, tidak ada perabotan dan
sebagainya, kalau ada tamu yang berkunjung, tinggal pikirkan saja, mau kasih
duduk sofa model bagaimana, maka segala perabot akan muncul sesuai dengan yang
anda pikirkan; setelah tamu pulang, seluruh perabot akan sirna dengan
sendirinya.
Segalanya
adalah hasil jelmaan, jadi fasilitas yang dinikmati penduduk Alam Sukhavati
adalah adil dan merata. Di sana segala sesuatu tersedia dalam beragam bentuk
dan warna, takkan monoton, segalanya terpenuhi sesuai dengan keinginanmu.
Saya
ingin mendirikan istana kediaman yang bagaimana, di lingkungan yang bagaimana,
maka tempat hunian akan muncul sesuai dengan yang anda pikirkan, berubah
menuruti niat pikiranmu, sungguh merupakan “Segala sesuatu tercipta dari hati
dan pikiran”. Di Alam Sukhavati hal ini jadi nyata adanya.
Dengan
demikian, penduduk Alam Sukhavati senantiasa berada dalam samadhi (pikiran
terfokus), hatimu takkan galau karena keinginan tidak terpenuhi, selamanya
berada dalam samadhi (konsentrasi), sehingga memunculkan prajna (kebijaksanaan),
takkan timbul beban pikiran.
Untuk
tekad yang satu ini (tekad ke-37 yakni “terpenuhinya sandang
pangan”), kita dapat memahami, kesungguhan hati Buddha Amitabha dalam
menyelamatkan para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati menyempurnakan
KeBuddhaan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Desember 2010
我們在娑婆世界講什麼樣的平等,都是假的,有名無實,它怎麼個平等法?現在的社會,你看最顯著的,一般人常常掛在口頭上的,貧富不平等,這造成社會動亂。西方世界永遠沒有動亂,為什麼?它這個問題解決了。西方世界你想要什麼樣的享受,是隨你念頭就現前,我今天要吃什麼東西,念頭才動就擺在面前,吃完不要了,它就沒有了。用不著洗碗,用不著收拾。你看,平等!吃東西是個麻煩事情,到極樂世界去,我現在不是凡夫,不需要這個東西,飲食自然就沒有了。居住的房子有宮殿樓閣,裡面乾乾淨淨什麼家具也沒有,客人來了,指一個座位請坐,那裡座位就有了;客人走了,座位也沒有了。一切都是變化所作,所以它就真平等。那個地方也多采多姿,隨心所欲,我要想什麼樣的居住環境,它就現什麼樣,隨你念頭在變,真的是一切法從心想生,那在極樂世界完全兌現了,非常明顯。所以極樂世界不說別的,單單說凡聖同居土,六道裡面一切不善的現象它完全沒有,這才幫助你常住在定中,你的心不會亂,永遠在定中,定生智慧,不生煩惱。在這一願當中我們能夠體會到,阿彌陀佛度眾生成佛道的用心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二四集) 2010/12/17
Mari kita lihat
kalimat berikutnya, ini adalah tekad ke-23 “wanita berubah menjadi pria”, praktisi
wanita yang melafal Amituofo, saat menjelang ajalnya, Buddha Amitabha datang
menjemputnya, dia duduk di atas tahta Bunga Teratai, di atas tahta Bunga
Teratai tersebut rupanya telah berubah sama dengan rupa Buddha, ini nyata adanya,
menjelma melalui Bunga Lotus.
Bunga Lotus itu
ada yang berukuran besar dan kecil, tergantung pada dalam atau dangkalnya keterampilan
melafal Amituofo yang dimiliki masing-masing praktisi.
Bunga Teratai
tersebut bukanlah ditanam oleh Buddha Amitabha, Buddha Amitabha tidak berkebun.
Di Alam Sukhavati memang ada Kolam Tujuh Mustika, lantas dari mana Bunga
Teratai tersebut berasal?
Di sepuluh
penjuru alam, jika ada praktisi pelafal Amituofo yang membulatkan tekad terlahir
ke Tanah Suci Sukhavati, maka di atas Kolam Tujuh Mustika akan tumbuh sekuntum
Bunga Lotus, di atas Bunga Lotus terukir nama praktisi pelafal Amituofo, jadi
takkan terjadi kesilapan.
Jika anda tekun
melafal Amituofo, keyakinan dan tekad kian hari kian bulat, maka Bunga Lotus
akan tumbuh kian subur, warna dan cahayanya juga kian indah.
Pada saat si
praktisi menjelang ajal, Buddha Amitabha membawa sekuntum Bunga Lotus yang
terukir namanya, datang menjemput si praktisi, takkan terjadi kesilapan sama
sekali.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Desember 2010
我們再看底下一段,「第二十三厭女轉男願。善導大師於《觀念法門》釋此願云」,就是解釋這一願,「乃由彌陀本願力故,女人稱佛名號」,就是念佛,「正命終時,即轉女身,得成男子。彌陀接手,菩薩投身,坐寶蓮上,隨佛往生。」這是講婦女念佛往生,她在往生那一剎那,佛來接引她,她坐在蓮花上,蓮花上的身相是佛相,這是真的,蓮花化生。蓮花的光色、大小,是她自己念佛功夫的淺深,蓮花不是阿彌陀佛種的。阿彌陀佛那個世界確實有七寶蓮池,蓮花從哪來的?十方世界的念佛人真正發願求生淨土,就長一個蓮花,蓮花上有念佛人的名字,決定不會錯的。你念得勤,願力信心懇切,蓮花就長得很大,光色就很美。臨命終時佛就拿這一朵蓮花來接引你,一點不會錯。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二四集) 2010/12/17