Tuesday, 16 July 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Oktober 2010 (Bgn 2)


Pintu Dharma yang paling praktis dan mudah, yang paling menakjubkan, lihatlah, dengan menggunakan sepatah “Amituofo” menyelamatkan semua makhluk.

Siapa yang tidak bisa melafal Amituofo? Bahkan bocah usia 3 tahun juga tahu melafal Amituofo, lihatlah, betapa gampangnya, asalkan anda yakin dan bertekad.

Bertekad mengikhlaskan alam saha ini, bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Jika masih mendambakan dunia ini, mana bisa mencapai Alam Sukhavati.

Lantas saat sekarang kita masih berada di dunia ini, apa yang dapat kita lakukan di sini? Menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, yakni mengerahkan segenap tenaga dan pikiran guna mengabdi menolong para makhluk yang kesusahan (dengan cara menyebarluaskan Buddha Dharma).

Hidup sehari di dunia, menjalankan misi sehari, inilah yang disebut sebagai jasa kebajikan. Hal ini akan membantu meningkatkan tingkatan Bunga Teratai-mu ketika terlahir ke Alam Sukhavati nantinya.

Meskipun mendedikasikan diri demi menolong para makhluk, namun di hati tetap suci, hati adalah Hati Buddha, takkan ada niat mengejar ketenaran dan keuntungan, jangan ada niat begini, juga jangan memikirkan apa yang dinamakan keberhasilan dan kegagalan. Tidak ada yang berhasil, juga tidak ada yang gagal, bukan demi diriku, jadi saya mana ada berhasil atau gagal?

Apabila pekerjaan kita berhasil terwujud, maka para makhluk memiliki pahala; kalau gagal terlaksana, berarti pahala masih belum mencukupi, jadi tidak ada kaitannya dengan diri sendiri, tidak ada diri sendiri!

Senantiasa memikirkan bahwa saya adalah penduduk Alam Sukhavati, sekarang sedang bertamasya ke alam saha, setiap saat harus angkat kaki, pulang kembali ke kampung halaman, alangkah bebas terasa! Di alam saha ini, jangan punya rencana menetap untuk jangka panjang, kalau ada rencana jangka panjang maka hanya bisa berputar terus di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Oktober 2010


最巧妙的方便法門,你看,用「阿彌陀佛」四個字做接引的方便,接引的手段,接引的方法。阿彌陀佛這句話誰不會念?三歲小孩都會念,你看這多方便,只要你相信,只要你發願。願捨棄這個娑婆世界,願生淨土。這個世間不能放下、不能捨棄,淨土去不了,真的要放下。在這個世間幹什麼?積功累德。什麼叫積功德?全心全力為苦難眾生服務,我還在這個世間一天,我就幹一天這個,這叫功德,幫助你品位上升。雖然為一切眾生服務,心是清淨的,心是佛心,決定沒有一絲毫名聞利養,不能有這個念頭,也不要想什麼成功失敗,沒有成功失敗,不為我,我哪有成功失敗?做好了,眾生有福;做得不好,他福報欠缺一點,與自己毫不相關,沒有自己!常常想著我是極樂世界的人,到這來觀光旅遊的,隨時可以走,你說你多自在!這個地方可不能久住,久住就搞輪迴了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六五集)  2010/10/13




 
 
Jangan meremehkan para lansia, ketika bersua hendaknya memberi hormat, oleh karena kita tak sebanding dengan mereka, kekuatan kebijaksanaan mereka melampaui kita, cobalah amati dengan kepala dingin, maka anda akan mengerti.

Kita mana bisa sebanding dengan mereka? Melihat mereka menuju pada Jalan pencapaian KeBuddhaan, bolehkah kita tidak bersujud pada mereka? Bolehkah kita tidak menghormati mereka?

Hari ini kita melafal Amituofo, tangan menghitung tasbih, penampilan ini memiliki makna yang sangat mendalam, bukan saja menyelamatkan diri sendiri, namun juga dapat menyelamatkan orang lain, memberi teladan kepada orang banyak.

Ketika orang lain melihat tanganmu memegang tasbih, mereka langsung bisa menebak bahwa anda adalah praktisi pelafal Amituofo, lama kelamaan, dia juga akan ikut melafal Amituofo, anda telah mempengaruhinya, inilah kegunaannya.  

Menasehati orang lain supaya ikut melafal Amituofo, tidak harus menggunakan penjelasan panjang lebar, dengan memperagakan penampilan saja sudah bisa menasehati orang lain supaya ikut melafal Amituofo.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Oktober 2010


絕不能輕視阿公阿婆,我們見到阿公阿婆也頂禮,不如他,他的慧力比我們強,你冷靜去觀察就明白了。我們怎麼能跟人比?看著人家成佛去了,我們能不禮拜嗎?能不尊敬嗎?「《淨影疏》曰:起行之願,名為願力」。這個願推動你在真幹。我們今天念佛,手上拿著念珠,古大德教我們,口念佛不間斷,手掐念珠也不間斷。這裡頭有很深的意思,不但是自行,是化他,給一般大眾做一個好榜樣。人家一看到,這個人念佛,看久了,他也想念佛,你就傳染給他了,真正用意在此地。勸人念佛,不必用言語,你做出這個樣子就是勸人念佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六五集)  2010/10/13


 

 

Untuk apa saya bertekad mencapai KeBuddhaan? Demi menyelamatkan semua makhluk. Untuk menyelamatkan semua makhluk, terlebih dulu mesti menyelamatkan diri sendiri, kalau diri sendiri belum mencapai keberhasilan, bagaimana bisa menyelamatkan orang lain.

Untuk meraih keberhasilan, terlebih dulu harus menyempurnakan etika moral diri sendiri, melenyapkan kekotoran batin. Bagaimana caranya melenyapkan kekotoran batin? Mengamalkan sila dan melatih samadhi (konsentrasi).

Ajaran Buddha berkembang hingga hari ini, telah mengalami keterpurukan, apa alasannya? Orang yang belajar Buddha Dharma itu masih ada, demikian pula praktisi yang mendalami ajaran sutra jumlahnya tidaklah sedikit, tetapi sila sudah diabaikan.

Praktisi zaman dulu berkata, apabila sila sudah diabaikan, maka Buddha Dharma akan ikut sirna; bila kesusilaan telah diabaikan, maka ajaran Konfusius akan musnah; bila Hukum Sebab Akibat telah diabaikan, maka ajaran Tao juga akan lenyap.

Dari kesimpulan di atas, hari ini ketiga ajaran tersebut sudah tidak ada lagi. Apabila kita ingin meraih keberhasilan pada satu masa kehidupan ini, dapat terlahir ke Alam Sukhavati, maka tiga akar tersebut (mengamalkan sila, mewujudkan moralitas, yakin pada Hukum Sebab Akibat) adalah sangat penting!

Tak peduli apakah tujuannya adalah demi diri sendiri atau demi melestarikan Buddha Dharma, maka mesti menerapkan tiga akar tersebut dalam kehidupan keseharian.

Orang masa kini menekankan pada pengamalan nyata, banyak teori tidak ada gunanya, orang lain tidak percaya, jadi mesti memperlihatkan bentuk tindakan nyata, barulah dapat membuat mereka tergugah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Oktober 2010


我發心成佛為的是什麼?就是為這個,不為自己,是為度眾生。要度眾生,得先成就自己,自己沒有成就,你就度不了眾生。要成就自己,先要成就自己德行,「煩惱無盡誓願斷」,這是成就德行,你有煩惱可不行。怎麼斷煩惱?持戒修定,這才能斷煩惱。所以佛教,今天在全世界,佛教衰了,衰到極處,什麼原因?學佛的人有,研究經教的還不少,戒律沒有了。古德說得好,戒律沒有了,佛法就沒有了;禮沒有了,儒就沒有了;因果沒有了,道就沒有了。從這個話來講,今天儒釋道都沒有了。我們要想在這一生有一點成就,真正能往生西方極樂世界,這三個根重要!無論是為自己,還是為正法久住,都要把它做出來,這三個根要做出來。現在人要用身教,言教沒用,不相信,要做出來給他看,才能感動人,所以這一條重要。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六五集)  2010/10/13