Saturday, 6 July 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Oktober 2010 (Bgn 1)


Baik dalam Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, tidak boleh tidak memiliki pahala. Apa tujuan Buddha Dharma di dunia ini? Demi membantu semua makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, jika tidak punya berkah maka akan sengsara, makanya Ajaran Buddha selalu menasehati manusia untuk memupuk berkah.

Baik di dalam Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, siapakah yang memiliki pahala terbesar? Praktisi sekalian pasti dapat mengetahuinya, tiada seorang pun yang memiliki pahala yang sebanding dengan pahala yang dimiliki Sang Buddha. Buddha merupakan sosok yang telah sempurna akan berkah dan kebijaksanaan.

Sedangkan dalam Dharma duniawi, insan suci dan bijak zaman dulu berkata “Hati lapang berkah pun besar”. Kalau berhati sempit, meskipun punya pahala besar, tapi dia tidak dapat menikmatinya untuk jangka panjang, ini merupakan kebenaran yang pasti, cobalah amati dengan seksama, anda akan mengerti dengan sendirinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Oktober 2010


世出世間法不能沒有福報,佛法在世間為什麼?為幫助一切眾生離苦得樂,沒有福就苦了,所以佛總是先勸人修福。世出世間法裡面,誰的福報最大?學佛的同學都知道,天上天下無如佛,沒有能跟佛相比的,佛是福慧圓滿了,究竟圓滿。世法裡面,古人有一句話很值得我們玩味的,古聖先賢說「量大福大」。你看量小的,縱然有大福,他享不長,這個一定的道理,你細心觀察,你就明白了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一五八集)  2010/10/5


 

 

Pada masa Dinasti Qing, ketika Kaisar Qianlong bertahta (1735-1799), Upasaka Peng Ji-qing mengatakan bahwa bersua dengan Buddha Dharma adalah sebuah jalinan jodoh, yang merupakan “Hari yang langka dan sulit ditemukan selama kalpa yang tak terhingga”, kini anda telah berjodoh bertemu dengan ajaran agung ini.

Buddha Dharma beredar di dunia ini, sampai sekarang masih belum musnah, buku sutra ada di hadapan kita, tetapi cobalah renungkan, kalau saya lihat sepertinya populasi  penduduk Hong Kong tidak sampai 3 juta jiwa, berapa orang yang berjodoh bersua dengan Buddha Dharma? Barulah anda menyadari bahwa hal ini tidaklah gampang.  

Satu persen dari 3 juta jiwa adalah 30 ribu jiwa, apakah 30 ribu orang ini merupakan praktisi Buddhis? Sepertinya jumlahnya tidak mencapai 30 ribu orang, yang berarti satu persen pun tidak sampai.

Maka itu barulah kita sadari bahwa ucapan praktisi zaman dulu tidaklah semu. Total populasi dunia adalah sekitar 6,5 miliar jiwa, dari jumlah ini berapa orang yang merupakan pengikut ajaran Buddha?

Menurut perkiraan organisasi keagamaan internasional, jumlah umat Buddha di dunia adalah 600 juta orang. Dari jumlah ini, yang benar-benar bersua dengan Ajaran Buddha yang murni, menurutku tidak sampai satu persen.

Meskipun telah bertemu dengan Ajaran Buddha yang murni, tetapi yang bersua dengan Ajaran Sukhavati lebih sedikit lagi jumlahnya, bila dipilah setingkat demi setingkat, maka pada akhirnya cuma tersisa beberapa orang saja, barulah anda menyadari mengapa dikatakan “Merupakan kesempatan yang sulit untuk dapat mendengar Buddha Dharma”, yang juga disebut sebagai jalinan jodoh yang langka, setelah mengetahui hal ini, barulah kita memahami betapa berharganya jodoh yang kita miliki hari ini, sungguh tidak mudah diperoleh.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Oktober 2010


前清乾隆時代,彭際清居士說了一句話,遇到佛法這個緣分,他說「無量劫來希有難逢的一天」,你碰到了。佛法住在這個世間,現在並沒有毀滅,經典擺在我們面前,可是你想想,香港我看不止三百萬人,幾個人看到?你就知道不容易。香港人能夠看到佛經的人有沒有三萬人?我看沒有,三百萬人的都市,能夠接觸到佛法的只有三萬人,恐怕都沒有。三萬人是百分之一,三百萬只有三萬人,沒這麼多。所以才知道古人講的話是真的不是假的。現在全世界人口,一般估計的是六十五億人,六十五億人裡頭學佛的人有多少?世界宗教組織告訴我們,他們有個估計,全世界信仰佛教的,大概六億人。六億人裡頭,真正接觸到正法的,我看百分之一都不到;遇到正法的,能夠遇到淨土的就更少了,你一層一層淘汰,到後來沒幾個人,你才曉得什麼叫佛法難聞,什麼叫稀有因緣,知道之後才曉得我們緣分的珍貴,不容易遇到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一五八集)  2010/10/5




 

Menimbun berkah itu harus dilakukan di dalam pintu Buddha. Kita tidak boleh tidak mengenal Buddha Sakyamuni, jika tidak mengenaliNya dengan jelas, maka anda telah menganut kepercayaan takhayul, dengan demikian tidak ada berkah apapun yang anda timbun, ini sangat penting.

Mengapa demikian? Oleh karena yang anda puja setiap harinya adalah rupang ukiran, ini bukanlah Buddha sejati. Lantas dimanakah Buddha sejati berada? Di dalam hati nurani setiap insani. Orang Tiongkok mengatakannya sebagai hati nurani, Buddha Dharma menyebutnya sebagai jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).

Langkah pertama yang harus dilakukan seorang praktisi Buddhis adalah belajar ajaran sutra, menemukan kembali benih KeBuddhaan yang ada di dalam diri sendiri, mesti mengupayakan Jiwa KeBuddhaan ini menjadi majikan kita dalam menjalani kehidupan keseharian, jangan biarkan kekotoran batin yang menjadi majikan. Jika membiarkan kekotoran batin jadi majikan, maka kita akan keranjingan menciptakan karma buruk.

Apabila kekotoran batin, tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan), lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur), keserakahan, kebencian, kedunguan, semua ini kalau dibiarkan jadi majikan, maka masalah pun jadi besar.

Maka itu biarkan hati sejati (ketulusan hati) menjadi majikan, bila tidak sanggup membangkitkan ketulusan hati, minimal kita juga harus mematuhi ajaran yang dibabarkan oleh Sang Buddha, oleh karena ajaranNya secara keseluruhan mengalir keluar dari hati sejati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Oktober 2010


修福要在佛門修。我們對佛不能不認識,你要認識不清,你搞迷信,那你就沒有修到福,這個很重要。為什麼?你拜的是假佛不是真佛,泥塑木雕的那個佛,那個佛沒有用處。真佛在哪裡?真佛就是你的良心,我們中國人講良心,佛法講本性,中國古人也講本性,本性本善那就是佛。我們要從佛的經教裡,把我們自己心裡面的那個佛找出來,要讓這個佛在我們生活當中當家做主,不要讓煩惱當家做主,煩惱當家做主就造罪業了,這個很重要。煩惱,七情五欲、貪瞋痴慢這些東西做主,那個麻煩就大了。所以要真心做主。至少我們真心沒有找出來、沒發現,我們要依佛陀的教誨,因為他的這些教誨全是真心裡頭的流露,昨天我們講得很清楚,真心流露!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一五八集)  2010/10/5