Apakah punya
kedudukan atau tidak, apakah punya kekayaan atau tidak, itu adalah pahala. Apabila
mempunyai pahala ditambah lagi belajar ajaran insan suci dan bijak, maka satu
masa kehidupan ini pasti takkan terlewatkan sia-sia, anda akan menimbun pahala
yang tak terhingga dan tanpa batas, menjadi pejabat menggunakan kekuasaanmu
untuk membantu semua makhluk yang kesusahan.
Lihatlah di dalam
buku berjudul “Empat Ajaran Liao-Fan”, Tuan Liao-fan setelah menerima Ajaran
Buddha, jadi memahami cara memupuk berkah, memahami cara mengubah nasib.
Dia berikrar
melakukan kebajikan, saat permulaan, dia berikrar mewujudkan tiga ribu butir
kebajikan, kebajikan yang membawa manfaat bagi orang lain, dalam kurun waktu 10
tahun, dia berhasil menyelesaikannya. Saat itu dia berhasil lulus ujian tingkat
kabupaten dan bergelar Xiu Cai.
Untuk kedua kalinya
dia berikrar mewujudkan tiga ribu butir kebajikan lagi, dalam kurun waktu 4
tahun, dia berhasil menyelesaikannya, istrinya ikut membantu mewujudkannya.
Kemudian dia menjadi
Bupati di Kabupaten Baodi, kedudukan ini lumayan tinggi, oleh karena berada di
bawah pengawasan langsung Kaisar. Makanya untuk ketiga kalinya dia berikrar
mewujudkan 10 ribu butir kebajikan. Istrinya mengeluh, untuk menyempurnakan 10
ribu butir kebajikan, entah sampai kapan selesainya?
Sebagai Bupati di
Kota Baodi, Tuan Liao-fan merasa pajak ladang terlampau tinggi, sehingga petani
jadi berat bebannya, makanya dia meringankan pemungutan pajak ladang bagi
seluruh petani setempat, dengan sejenis kebajikan dapat mewujudkan 10 ribu
butir kebajikan, ini dikarenakan dia memiliki kekuasaan. Maka itu menjadi
pejabat mudah menimbun kebajikan.
Liao-fan memupuk
kebajikan, hal ini diajarkan oleh Dhyana Master Yun Gu kepadanya, nasib
seseorang diciptakan oleh dirinya sendiri. Asalkan memahami cara memperbaiki
nasib, maka tidak ada seorang pun yang tidak berhasil.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 29 September 2010
Komik “Empat Ajaran Liao-Fan” :
有沒有地位、有沒有財富那是福報,如果有福報,你再要是明白聖賢教誨,你在這一生肯定沒有白過,你會修無量無邊的福報,做官用你的職權幫助一切苦難眾生。你們看《了凡四訓》,了凡先生接受佛法之後,懂得修福、懂得改造命運。發願,我們學到這條願自在。發願行善,首先發願做三千樁好事,利益別人的好事,十年做完,十年做圓滿,那時候在讀書做秀才。第二次發願,又發三千樁善事,四年做完,他的太太幫助他做,四年做圓滿。最後他做到寶坻知縣,寶坻知縣的職位就很高了,因為它等於說直轄市,直接歸皇上管的,這個城市他做知縣,他發心做一萬樁好事。他的太太講,一萬樁好事哪一年才能做完?他自己也沒想到,感到寶坻田賦太高,就是徵收農民的稅收高了一點,他很慈悲把這個稅收降低,就這一樁事情,這個稅降低,還降得不少,全縣多少萬的農民都得好處,你看一樁事情一萬樁善事就圓滿了,他有職權。所以公門好修行,一樁事情,就是這一萬樁善事就做完了。行善是雲谷禪師教他的,人有命運,但是命運是自己造的,所以自己可以改造自己命運。你懂得道理,你懂得改變的方法,沒有不能成功的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五二集) 2010/9/29
Janganlah memiliki niat loba, orang masa kini selalu berpikiran
serakah, jika setiap hari memikirkan ketamakan, tak peduli rakus akan harta,
rakus akan rupa, berambisi mengejar popularitas, selama ada hati loba maka
terjalin dengan Alam Setan Kelaparan.
Hati kebencian terjalin dengan Neraka. Kedunguan adalah tidak tahu
membedakan betul dan salah, hitam putih diputarbalikkan, tidak jelas akan benar
dan sesat, terjalin dengan Alam Binatang.
Jika ingin kembali lagi ke Alam Manusia, maka harus mengamalkan Lima
Sila (tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berzina, tidak berdusta, tidak minum
arak).
Ajaran Konfusius menyebutnya sebagai Lima Jenis Kebajikan yakni kemuliaan
(welas asih), kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya.
Dengan hati yang tulus menangani urusan dan dalam memperlakukan
manusia, makhluk hidup dan benda mati, anda takkan kehilangan wujud manusia,
setelah meninggal dunia, lahir kembali ke Alam Manusia.
Apabila anda dapat mengamalkan kemuliaan (welas asih), kebenaran,
kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya, maka kehidupan yang akan datang
pasti akan lebih baik daripada masa sekarang ini, pahalamu akan lebih besar.
Apabila dapat mengamalkan Sepuluh Kebajikan dengan sempurna, kelak
lahir ke Alam Dewa (Surga).
Demikianlah hal ini disampaikan oleh Buddha Sakyamuni kepada kita
semuanya, karma apa yang anda ciptakan, balasan apa yang akan diperoleh. Jadi
apa yang kita terima sepanjang hidup adalah akibat perbuatan sendiri, janganlah
menyalahkan orang lain.
Kalau bernasib baik maka perbanyaklah membantu orang lain, sebaliknya
kalau peruntungan kurang bagus, janganlah menyalahkan orang lain, nasib dapat
diperbaiki yakni dengan cara menghapus kejahatan memupuk kebajikan, dalam kurun
waktu 3 tahun kemudian dapat terlihat hasilnya, dalam kurun waktu 10 tahun
kemudian pasti membuahkan hasil yang sempurna.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 29 September 2010
Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan :
不能想貪瞋痴,現在人都想這個,如果你天天想的是貪,對象不管,貪財也好,貪色也好,貪名也好,那個對象都不說,只這個貪心,貪心跟哪裡相應?跟餓鬼道相應。你走的是哪個道?鬼道。瞋恨心是地獄道;愚痴,對於事實真相不明瞭,似是而非,黑白顛倒,邪正不明,畜生道。人道是五戒,中國的五常,仁義禮智信,存心的,處事待人接物的,你不會失人身,這個人身死了,來生又到人間來了。你能秉持仁義禮智信,來生比這一生一定更好,福報更大;上品十善是天道。這是佛告訴我們,你往哪一道去,你造的是什麼業。你在這一生當中你一生所享受的,還都是你自己業力現前的,不要去怨天尤人。命好,多幫助別人,命不好,不怨天、不尤人,可以改變自己命運,斷惡修善,三年就有效果,十年那有很圓滿的成就。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五二集) 2010/9/29
Apakah kita di sini
dapat melihat Alam Sukhavati? Tentu saja dapat! Lantas kenapa sekarang kita
tidak dapat melihatnya? Oleh karena terhalang oleh khayalan, perbedaan,
kemelekatan dan beragam kekotoran batin.
Apabila kita dapat
melepaskan sebanyak satu bagian, maka kemampuan alami kita juga akan pulih
sebesar satu bagian; dengan melepaskan sebanyak dua bagian, maka kemampuan
alami kita juga akan pulih sebesar dua bagian. Asalkan bersedia melepaskan
kemelekatan, maka kemampuan alami kita dapat pulih kembali.
Jadi kemampuan gaib
itu tidaklah mengherankan, setiap orang memilikinya. Tempo dulu ketika berada
di Los Angeles, Amerika, saya pernah bertemu dengan tiga orang paranormal, yang
masih berusia muda.
Saya bertanya pada
mereka, dari mana kemampuan supernatural-nya berasal? Mereka menjawab sejak
lahir sudah ada. Saya bertanya lagi, apakah kekuatan ini bisa lenyap? Mereka
menjawab bisa.
Bagaimana bisa
lenyap? Seiring bertambahnya usia, kemampuan ini akan kian pudar. Kenapa bisa
memudar? Bentuk-bentuk pikiran semakin banyak. Ucapan mereka sungguh beralasan,
serupa dengan yang disebutkan di dalam sutra Buddha, khayalan sedikit, hatipun
suci, kemampuan alami jadi pulih kembali.
Bentuk-bentuk
pikiran terlampau banyak, kemampuan alami tidak dapat berfungsi, beginilah
alasannya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 29 September 2010
我們在這個地方能不能看到極樂世界?能!為什麼現在不能?有障礙。什麼障礙?前面跟諸位講的妄想、分別、執著,無明、塵沙、見思煩惱,這個東西障礙。我們這個能夠放下一分,我們的能力就恢復一分,放下兩分就恢復兩分,得放下!放下就能恢復。所以特異功能不稀奇,人人都有,什麼叫特異?人人都有。特異功能,我過去在美國遇到三位,是從中國大陸到美國去訪問的,好像那個時候中國派十幾個到美國去訪問,我在洛杉磯看到三個,很年輕,我就問他,你們能力從哪裡來?生下來就有。我問他,會不會失掉?會。怎麼會失掉?年歲慢慢大它就退化。為什麼退化?妄念多了。這個說得很有道理,跟佛經上講的一樣,妄念少,心地清淨,能力就恢復。我們的妄念太多,能力就沒有了,就這麼個道理。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五二集) 2010/9/29