Buddha
Sakyamuni membabarkan 84 ribu pintu Dharma, bukan menyuruhmu belajar semuanya, kalau
dipelajari seluruhnya nanti anda bisa jadi stres, tidak memahami makna
sesungguhnya dari sutra yang dibabarkan Tathagata.
84
ribu pintu Dharma menunjukan bahwa di dunia ini ada 84 ribu jenis akar
kebijaksanaan manusia, beginilah maksudnya.
Setiap
orang memiliki penyakit batin yang berbeda-beda, makanya Buddha Sakyamuni
menyediakan aneka resep obat (metode) untuk menyembuhkan beragam penyakit batin
para makhluk.
Tetapi
kita harus tahu mencocokkan penyakit batin yang kita derita dengan resep obat
yang tepat. Kalau obatnya cocok maka penyakit langsung sembuh.
Penyakit
batin yang diderita setiap orang adalah tidak sama, makanya resep obatnya juga
tidak sama. Inilah yang dimaksud dengan 84 ribu pintu Dharma.
Dari
84 ribu pintu Dharma, jika menginginkan penyakit bisa sembuh, cuma boleh
menggunakan satu macam resep obat saja, barulah bisa sembuh, kalau mencoba
sekaligus beragam resep, atau campur aduk, maka nyawa pun bisa melayang, mati
keracunan.
Demikian
pula dalam belajar Buddha Dharma, jika melatih metode yang tidak cocok dengan
akar kebijaksanaan diri sendiri, maka juga bisa menderita keracunan, sehingga
jiwa kebijaksanaan Dharmakaya pun bisa melayang.
Ibarat
sebuah toko obat yang menjual obat-obat yang bermutu tinggi, tetapi kalau anda
mengonsumsi sekaligus obat-obatan tersebut, maka tamatlah riwayatmu.
Anda
pergi ke toko obat, lalu membeli sekaligus 30 jenis obat, setelah
mengonsumsinya, namamu tinggal kenangan.
Makanya
anda butuh berkonsultasi dengan dokter, penyakit apa yang diderita, obat mana
yang cocok, jangan salah minum, kadarnya juga harus tepat, jangan sampai
overdosis.
Demikian
pula dengan Buddha Dharma, harus menggunakan obat Dharma yang cocok guna
mengatasi kekotoran batin dan tabiat kita.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Desember 2010
佛開八萬四千法門,不是叫你統統學,那你就學傻了,你完全學錯了,你不懂如來真實義。八萬四千法門是說世間八萬不同根性的人,是這麼個意思。每個人得的病不一樣,對症下藥,藥到病除,病就好了。每個人害的病不一樣,處方怎麼可能一樣?這叫八萬四千法門。八萬四千法門,你要想病好,只能用一種藥,就能好,你用多種藥的話,那你命就早完了,中毒死了。佛法也是毒藥,這個要知道,佛法要錯學了法門是毒藥,斷送你的法身慧命,這個要知道。就像藥店裡一樣,藥都是好藥,可是那些好藥你統統拿來吃必死無疑。你到中藥鋪去,你隨便去買個三十種、四十種你來吃,你看看你要不要命。所以得醫生給你處方,你害什麼病、用什麼藥,不能用錯,還得分量恰當,不能多不能少,這種常識我們有;佛法也是如此,法藥,對治我們煩惱習氣的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二三一集) 2010/12/24
Samadhi adalah menfokuskan pikiran, pikiran adalah
majikan, takkan terpengaruh oleh kondisi luar, takkan tergoyahkan oleh kondisi
luar, inilah yang disebut sebagai samadhi.
Samadhi
bukanlah duduk bersila menghadap ke tembok, anda jangan keliru, apakah samadhi
begini berguna tidak? Tidak berguna, samadhi adalah belajar menghadapi
permasalahan, serumit apapun sebuah persoalan, pikiran tetap terfokus tak
tergoyahkan.
Melihat
segala sesuatu dengan jelas dan dimengerti, ini adalah Prajna (kebijaksanaan),
pikiran terfokus tak tergoyahkan adalah kekuatan samadhi, barulah anda dapat
mengatasi persoalan.
Seperti
permasalahan yang dihadapi dunia sekarang ini, barulah anda mampu mengatasi
konflik, barulah anda mampu membantu masyarakat memulihkan kestabilan dan
perdamaian.
Berdana
materi, dengan jumlah uang yang kecil melakukan kebajikan terbesar. Apa yang
dimaksud dengan kebajikan terbesar? Yakni menolong negara, menolong rakyat,
menolong dunia, menolong Planet Bumi.
Untuk
melakukannya butuh kebijaksanaan, tanpa kebijaksanaan, anda bisa saja
mempergunakan bermiliar-miliar dolar, bahkan berpuluh-puluh miliar dolar, guna membangun
rupang Buddha raksasa, membangun vihara bak istana, sehingga uang tersebut
tertanam di dalam tanah, tidak ada manfaatnya.
Saya
selalu menyampaikan bahwa pada abad 21 ini, untuk menyebarluaskan Buddha Dharma
bukan lagi dengan membangun vihara, tetapi membangun stasiun televisi, menggunakan
jaringan internet, harus dengan cara begini untuk menyampaikan Buddha Dharma.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Desember 2010
禪定就是一心,心有主宰,不會被外面環境干擾,不會被外面環境動搖,那叫禪定。禪定不是盤腿面壁修定,那你搞錯了,那個定管什麼用?不管用,禪定是應付事情,應付再複雜的事情,心裡如如不動。看得清清楚楚,那是般若智慧,如如不動就是定功,你才能解決問題。像現在這個世間,就是你才有能力化解衝突,你才有能力幫助社會恢復安定和平。所以它前五是事上講的,最後一個是理上,是智慧,智慧完全表現在前面五個。布施,用財布施,最少的錢做最大的事情。最大的事情是什麼?救國家、救民族、救世界、救地球。得智慧才行,沒智慧不行。你要不會用,你今天拿幾十億、拿幾百億去建個大佛像、蓋個寺廟,埋在土裡頭,不起作用,錢埋在地下。
我在這幾十年當中說,我講經時候提到過好幾次,二十一世紀的道場不是寺院,是電視台,是網路、是電視台,要用這個方法教學。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二三一集) 2010/12/24
Saya
selalu menyampaikan bahwa pada abad 21 ini, untuk menyebarluaskan Buddha Dharma
bukan lagi dengan membangun vihara, tetapi membangun stasiun televisi,
menggunakan jaringan internet, harus dengan cara begini untuk menyampaikan
Buddha Dharma.
Yang
paling penting adalah menghasilkan orang-orang berbakat, yang kelak dapat
menjadi staf pengajar atau penceramah. Seorang guru saja tidaklah cukup,
minimal juga harus 10 orang, semakin banyak semakin bagus; kalau bisa
menghasilkan 60 orang maka dunia ini bisa terselamatkan.
Seorang
guru hendaknya dapat menjalani pelatihan diri dengan disiplin, lantas anda
menawarkan diri jadi pendukung Dharma, anda pun berbaik hati mau memanjakan si
guru supaya jangan hidup begitu susah, makanya kasih dia makan enak, pokoknya
semuanya serba nyaman deh.
Alhasil
berkat jasa anda, si guru mulai terbiasa hidup enak makan enak, hatinya pun
mulai berubah, ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, kecurigaan, semua
kekotoran batin pun bermunculan.
Anda
ini betul-betul orang baik deh, mengantar guru-guru ini ke tiga alam
penderitaan. Padahal mulanya dia berniat baik, melatih diri dan bercita-cita jadi
Buddha dan Bodhisattva, tapi anda berjasa mendorongnya kembali ke dalam enam
alam tumimbal lahir, tambah lagi sedikit jurus, kali ini anda berhasil
menjatuhkannya ke tiga alam rendah.
Makanya
sebagai pendukung Dharma, hendaknya mendukung pelatihan diri si guru, bukanlah
memanjakan dirinya. Seorang praktisi harus bersabar menahan hidup susah, tidak
apa-apa hidup susah sedikit, hendaknya menjalani dengan tabah.
Hendaknya
mendukung pelatihan diri guru supaya bisa melepaskan kemelekatan, jangan ada
lagi yang dicemaskan dan dikhawatirkan, supaya guru bisa menfokuskan pikiran
dalam melatih diri.
Rumah
mungil asalkan dapat berteduh dari angin dan hujan, maka sudah boleh, makanan
asalkan dapat mengganjal perut, maka sudah harus tahu berpuas diri.
Makan
sehari satu atau dua kali sudah cukup. Apalagi sekarang dunia sedang menghadapi
ancaman krisis pangan, kita harus memelihara kebiasaan jangan rakus.
Makanya
sekarang malam hari saya tidak makan lagi, orang lain bertanya padaku, apakah
ini dikarenakan saya menjalankan Sila Uposatha? Bukan. Lantas apa alasannya?
Oleh
karena dunia sedang berada dalam ancaman krisis pangan, makanya sekarang saya
membiasakan diri makan sehari dua kali saja. Kalau memang bencana tersebut
terjadi, maka sehari saya cuma makan satu kali saja.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Desember 2010
我在這幾十年當中說,我講經時候提到過好幾次,二十一世紀的道場不是寺院,是電視台,是網路、是電視台,要用這個方法教學。最重要的,最重要是培養師資,這些都不難,老師太難了。一個老師不夠,至少要有十個,不能再少,多多益善;能夠有五、六十個,世界就有救了。老師還都要修苦行的,你說我來護法,我讓老師住得也好、吃得也好,樣樣都好,老師嬌生慣養以後統統變心了,都搞成貪瞋痴慢。你很好,你把這些老師,他本來是佛菩薩,統統把他搞到六道輪迴裡面去,再加一點功夫,送到三惡道去了,這大有可能!所以會供養的,要叫老師吃苦,要叫老師徹底放下,無牽無掛,一心在道。住小房子,能遮避風雨可以了,吃很簡單的東西,一天一餐就夠了,頂多兩餐。現在糧食危機,我們能省一點,這是我們對糧食危機應對的方法。所以我現在晚上不吃了,人家問我,你是不是持午?不是的。為什麼?因為糧食危機,我現在就要做準備,真糧食危機爆發的時候,我一天吃一餐。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二三一集) 2010/12/24