Thursday, 25 July 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2010


Apa yang dimaksud dengan keuntungan? Harta kekayaan merupakan keuntungan. Apakah harta berlimpah memiliki kemampuan serba guna? Tidak.  Apa alasannya? Apakah dapat membantu memulihkan kesehatanmu? Apakah dapat membantu memperpanjang usiamu? Apakah dapat membantumu meraih kehidupan yang bahagia?

Buddha Dharma mengatakan menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, apakah dengan harta berlimpah dapat membantumu mewujudkan hal ini? Anda memiliki kedudukan yang tinggi, apakah dengan demikian maka anda dapat menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan?

Yang saya ketahui, ada beberapa hartawan yang saya kenal, tiap malam kalau tidak menelan pil tidur, maka tidak berdaya terlelap, dapat dilihat hidupnya tidak bahagia.

Padahal usianya masih belum melampaui usiaku, masih kecil beberapa tahun dari usiaku, tetapi kelihatannya dia lebih tua 10 tahun dibandingkan denganku, dia tak sebahagia diriku.

Manusia hidup di dunia ini, hal apa yang paling membahagiakan? Kehidupan yang bahagia. Hal ini membutuhkan pencerahan diri sendiri, harta kekayaan tidak bisa membuatmu bahagia, jadi buat apa saya menghendakinya!

Kedudukan tinggi tidak dapat membuatku bahagia, saya juga tidak menghendakinya. Di Australia, ada seorang sahabatku bernama Kevin Michael Rudd, ketika dia terpilih menjadi Perdana Menteri Australia, mengundangku ke Canberra (ibu kota Australia) untuk menjadi tamunya.

Ketika kami bersua, tangannya memegang sebuah gelas berukuran besar yang berisikan kopi kental, dia memberitahukan padaku, dalam sehari entah berapa gelas kopi kental yang dihabiskannya, supaya tetap bersemangat, setiap malam dia hanya tidur lima jam saja.

Saya bilang padanya : “Ternyata anda begitu menderita, Tuan Perdana Menteri. Tampaknya dari segala bidang pekerjaan, profesi anda yang paling menyengsarakan. Sebaliknya dalam masyarakat masa kini, bidang pekerjaan yang paling membahagiakan adalah seperti profesiku ini”. Mendengar ucapanku, beliau langsung tertawa lepas.

Setelah menjabat lebih dari setahun kemudian, beliau berhenti dari jabatannya. Kami masih menjalin komunikasi, saya memujinya : “Sekarang anda telah menjadi Konfusius Australia”. Dia jadi bingung : “Bagaimana maksudnya?”

Saya jelaskan padanya : “Tempo dulu Konfusius sempat menjabat sebagai petinggi Negara Lu (zaman dahulu kala wilayah Tiongkok terpecah menjadi negara-negara kecil), baru tiga bulan saja sudah dilengserkan, apa sebabnya?

Anda ini insan baik, hendak berbuat baik, tetapi rekan-rekan kerja-mu menganggap kebijakan anda malah berseberangan dengan kepentingan dan keuntungan mereka, tentu saja mereka berupaya melengserkan dirimu”.

Saya melanjutkan perkataanku : “Anda ini ibaratnya adalah Konfusius. Lihatlah Konfusius setelah diberhentikan dari jabatannya, beliau menekuni bidang pendidikan, menjadi seorang guru”.

Makanya saya berharap sahabatku, Rudd, dapat mendedikasikan dirinya dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia, mempererat toleransi antar umat beragama, mempersatukan kelompok etnis, menekuni pekerjaan mengembangkan pendidikan multikultural, hal ini sungguh bermakna, dia sangat cocok bergerak dalam bidang pekerjaan ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2010


什麼是利益?財富是利益。是不是萬能的?不是的。為什麼?對你的健康有沒有幫助?對你的壽命有沒有幫助?對你生活當中心情有沒有幫助?佛法講離苦得樂,你有財富就能夠離苦得樂嗎?你有崇高的地位,你能夠離苦得樂嗎?我所知道的,有幾位確實是大富大貴,億萬財富,每天晚上睡覺吃安眠藥,可見得他不快樂。年齡還沒有我大,還小我幾歲,看起來比我老十年都不止,他沒有我快樂。人生在世,最幸福的是什麼?快樂人生。這要他自己覺悟,財富不能帶給我快樂,我要它幹什麼!高官顯爵不能帶來快樂,我也不要它。你說現在做官,那官能做嗎?澳洲陸克文跟我是好朋友,他選上總理的時候,約我到坎培拉去作客,我就訪問他。跟我見面,手上拿了比我這個杯子還大,濃咖啡,告訴我,一天要喝好多杯,提精神,每天晚上睡覺只有五個小時。看了之後我就告訴他:很辛苦,總理。我說:現在這個社會上,中國人講三百六十行,現在不止三百六十行,各行各業裡最辛苦就是幹你這行的,太辛苦了。我說:反過來說,在現在這個社會,最快樂、最幸福是幹我這行的。他就笑起來了。你看做了一年多,下來了。我跟他有聯繫,我稱讚他,我說:你是現代澳大利亞的孔子。他說:怎麼說?我說:孔老夫子當年做魯司寇,三個月就被人家擠下來,為什麼?你是好人要做好事,可是你那些同僚,對他們利益上就產生衝突,他當然把你排斥掉。我說:你是孔子。你看排斥了孔子,孔子下來之後教書、教學,所以我希望他能夠把後半生貢獻給世界和平工作,這個好。團結宗教、團結族群,從事於多元文化的教育工作,這個非常有意義,他很適合幹這個工作。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七六集)  2010/10/26




 

Manusia memiliki hati nurani, hanya saja tidak ada yang mendidik, tidak ada yang menyadarkan-nya. Maka itu tak terpisahkan dari Bodhicitta, Bodhicitta dapat diartikan sebagai tulus, suci, setara, tercerahkan, maitri karuna.

Setiap niat pikiran yang timbul tak terpisahkan dari Bodhicitta. Terhadap orang lain, terhadap urusan, terhadap makhluk hidup dan benda mati, hendaknya bersikap tulus. Orang lain bersikap munafik padaku, saya tetap akan tulus padanya, takkan ada ruginya.

Jangan takut dirugikan juga jangan takut dikelabui. Anda menggunakan hati yang tulus dalam berinteraksi dengan orang lain, meskipun ditipu orang lain, namun anda harus mengetahui bahwa kualitas batinmu telah meningkat, sementara si penipu makin merosot batinnya, jadi mana mungkin anda menderita kerugian?

Terutama jika anda memahami Hukum Sebab Akibat, apa yang ada di dalam garis hidup, tetap akan jadi milikmu, sebaliknya apa yang tidak ada di dalam garis hidup, janganlah mendambakannya. 

Dia berhasil menipu sejumlah uang dari diri-ku, ini menunjukkan kalau di dalam garis hidupnya memang ada; tetapi oleh karena dia melakukan penipuan, akibatnya harta yang telah ditetapkan di dalam garis hidupnya jadi raib, alhasil setelah berhasil menipu uangku, kondisinya selalu apes, kalau bukan jatuh sakit maka ditimpa musibah.

Makanya orang yang memahami kebenaran ini, buat apa menghalalkan segala cara untuk melakukan penipuan?

“Yi Jing (salah satu dari lima klasik ajaran Konfusius)” menyebutkan, “Pelaku kebajikan memiliki berkah berlimpah yang dapat diwariskan kepada keturunannya, sebaliknya pelaku kejahatan pasti ditimpa banyak musibah”, ini membahas tentang Sebab Akibat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2010


人有良心,不是沒有良心,沒有人教,沒有人喚醒他。所以,不捨菩薩業。「不離菩提心」,菩提心,我們很具體的來說,就是真誠、清淨、平等、正覺、慈悲,就這十個字,起心動念沒有離開,這就是菩提心。對人、對事、對物真誠,別人對我虛偽,我對他真誠,絕不吃虧。不要怕吃虧上當,決定不吃虧、不上當。你用真誠心對人,縱然是被別人騙了,你要曉得,我們是往上升,他是往下墜落,你怎麼會上當?哪有這個道理!尤其你懂得因果,命裡有的就是有,命裡沒有的求不到。他騙了我的,騙去沒有事,說明他命裡有;騙了我,他命裡沒有,騙到手就出事情,不是生病就是災難,他就會碰到。所以懂得這個道理的人,何必用不正常的手段?錯的。《易經》裡面說得好,「積善之家必有餘慶,積不善之家必有餘殃」,這講因果。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七六集)  2010/10/26




 

Bagaimana cara kita membalas budi Buddha? Melatih diri sesuai dengan ajaran sutra, inilah cara untuk membalas budi Buddha. Apa yang diajarkan Buddha Sakyamuni kepada praktisi Aliran Sukhavati?

Di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”, Sang Buddha mengajarkan pada kita, “Membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”.

Membangkitkan Bodhicitta adalah membangkitkan ketulusan hati, setiap saat tidak melupakan Bodhicitta, setiap niat pikiran terjalin dengan ketulusan.

Tetapi masalahnya : “Saya sih orangnya tulus, tapi orang lain malah hobi mengelabuiku”. Hendaknya menyingkirkan pemikiran begini, jangan takut dikelabui, asalkan menggunakan hati yang tulus, maka anda terjalin dengan Buddha dan Bodhisattva.

Jangan takut ditipu orang lain, insan zaman dulu berkata, menderita kerugian adalah berkah, makanya makin dirugikan makin berlimpah berkahnya. Makin besar kerugian yang diderita maka makin besar pula pahalanya. 

Makanya janganlah takut dirugikan, kalau tidak sudi rugi sejengkal pun, tetapi maunya bisa meraup keuntungan non-stop, orang begini tidak ada pahalanya, berkah pun berubah jadi dosa.

Hal ini mesti dipahami, jangan takut, berkah pasti menyongsong, pasti memperoleh manfaat yang bagus.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2010


我們要怎樣報佛恩?如教修行就是報佛恩。佛教我們什麼?這個要知道。在淨宗法門裡面,教導我們的,《無量壽經》上所教的,「發菩提心,一向專念」八個字。發菩提心就是真誠心,念念不捨菩提心,念念與真誠相應。對人、對事、對物不要怕,「我都是真的,人家都來騙我」,把這個放棄、放下,不要去顧慮這個,你用真誠,你跟佛菩薩感應道交。不怕別人欺騙我,古人講得好,吃虧是福,既然吃虧是福,吃的虧愈多,福不就愈多嗎?吃的虧愈大,你福報不就愈大嗎?不就這個道理嗎?你為什麼不肯吃虧?不肯吃虧,想佔一點便宜,福報就沒有了,福就變成罪。這個要懂,不要害怕,決定有福,決定有好處。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七六集)  2010/10/26