Wednesday 17 July 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Oktober 2010 (Bgn 3)


Andaikata kita memiliki satu bagian keterampilan melatih diri, maka Buddha Amitabha akan menganugerahkan pemberkatan yang sebanding, yakni satu bagian, jadi bila anda memiliki dua bagian keterampilan, maka Buddha Amitabha akan menganugerahkan pemberkatan sebanyak dua bagian.

Lantas bagaimana kalau kita memiliki niat keserakahan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, apa juga ada yang datang memberkati? Juga ada yang memberkati, siapakah yang datang memberkati? Yakni Mara.

Mara juga datang memberkati, anda memiliki niat jahat satu bagian, Mara datang menambahnya jadi dua kali lipat, anda memiliki niat jahat dua bagian, Mara juga memberi pemberkatan sebanyak dua bagian. Celaka! Hal ini tidak boleh tidak diketahui.

Jadi bukan saja tidak boleh berbuat jahat, bahkan sebutir niat jahat pun tidak boleh ada. Niat jahat adalah akar atau sumber dari tindakan jahat, saat permulaan anda memiliki niat jahat, kemudian diwujudkan dalam bentuk tindakan. Kalau niat jahat saja tidak ada, mustahil anda akan berbuat jahat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Oktober 2010


「增上者,有強力勢,能使它法增長上進曰增上」。我們自己有一分功夫,淨宗這個法門要知道,阿彌陀佛就加持你,他加持給你的,跟你的功夫是成正比例,你有一分,他就加持一分,你有兩分,他就加持兩分,加持總是跟你相對的、同等的,這是什麼?這是感應的道理,彌陀加持你有沒有心?沒有,絕對沒有起心動念,這是感應,我們有感,他就有應。我們要是起貪瞋痴慢、自私自利,起這個念頭,也有感應,也有加持,誰來加持?六道裡魔來加持,他加持也是相應的,你有一分,他加持你一分,麻煩!不能不知道。所以不但惡事不能幹,惡的念頭最好都不要有。惡念是惡行的根,你先有念,而後才有行,惡念的根斷掉,你就不會做惡事了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六五集)  2010/10/13




 

Orang yang memiliki akar kebijaksanaan seperti kita hanya bisa mengandalkan tiap hari belajar ajaran sutra Mahayana. Para ilmuwan barat berpendapat bahwa cara belajar terbaik adalah dengan mengajar, ucapan ini sangat bagus!

Pepatah Tiongkok mengatakan “Belajar mengajar saling melengkapi atau mengajar dapat meningkatkan kemampuan belajar”, bukan saja membantu orang lain, pada waktu yang sama juga membantu diri sendiri meningkatkan kualitas batin.

Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini selama 49 tahun, tiada sehari pun terpisah dari kegiatan belajar mengajar, menampilkan teladan buat kita semuanya.

Apabila kita ingin memberi ceramah, tetapi tidak ada orang yang datang mendengar, maka kita sendiri yang jadi pendengarnya.

Tempo dulu ketika saya menetap di Amerika, kondisi di Amerika beda dengan Tiongkok, di Tiongkok, tiap hari memberi ceramah, ada yang datang mendengar, sedangkan di Amerika tidak bisa, kalau bukan hari libur, mereka tidak berdaya hadir mendengar ceramah.

Makanya kalau memberi ceramah di Amerika, seminggu cuma ada dua hari, yakni hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan hari Senin sampai Jumat, mereka harus sibuk bekerja, tidak punya waktu untuk datang mendengar ceramah.

Makanya di Amerika, tidak berdaya memberi ceramah tiap hari, seminggu cuma ada dua hari, lantas apa yang harus dilakukan, masih ada lima hari tapi tidak ada kesempatan?

Waktu itu belum ada perekam video, hanya ada perekam suara, jadi tiap hari kami berceramah di depan mesin perekam suara, usai itu memutar ulang untuk didengar diri sendiri, sehari pun tidak boleh dilewatkan dengan sia-sia, barulah anda dapat maju.

Orang zaman dulu mengatakannya sebagai menuntut ilmu, di dalam Buddha Dharma mengatakannya sebagai melatih diri, “Tidak maju berarti mundur”, jadi tidak boleh tidak mengejar kemajuan, tiap hari mesti melangkah menuju pada kemajuan, barulah dapat bertahan agar tidak mengalami kemunduran.

Maka itu diri sendiri mesti memiliki upaya kausalya, diri sendiri mesti serius melakukannya, harus menganggap hal ini sebagai misi terbesar yang mesti diwujudkan dalam kehidupan ini, terutama menyebarluaskan Pintu Dharma Tanah Suci.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Oktober 2010


這樁事情,像我們這種根性的人,如果不是天天學習大乘經教,不行。我們看到這些外國科學家的報告,他們也說了一句話,最好的學習方式是教學,這話說得好!中國古人講「教學相長」,不但幫助別人,同時幫助自己提升。釋迦牟尼佛當年在世,講經說法四十九年,沒有一天離開教學,做出樣子給我們看。我們要是想教學講經,沒有人聽,沒有人聽,自己聽。早年我在美國,美國環境跟中國不一樣,在中國每天講經都有聽眾,在美國不行,它要不是假期的話,它沒有聽眾。所以在美國講經,一個星期只有兩天,星期六、星期天放假,大家可以來聽;平常的時候工作他很忙,沒有時間來聽經。所以在美國講經,沒有法子天天講的,一星期講兩天,那怎麼辦,還有五天都沒有機會?我們有方法,那個時候沒有錄像的,錄音,我們有一個小的錄音機,擺在面前,對它講,講完之後放出來自己聽,一天都不能空過,你才能保持進步。古人說讀書,佛法裡面講修行,「不進則退」,不能不精進,天天要往前進,才能保持住不退轉。所以自己要有方便,自己要真正幹,要把這樁事情當作是自己一生最大的一樁事情去做,尤其是淨宗法門。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六五集)  2010/10/13