Saturday 22 June 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 September 2010


Di dalam enam alam tumimbal lahir pasti takkan ada rasa aman, baik jiwa maupun raga juga tidak memperoleh perasaan tenteram, ini merupakan hal yang sangat menyengsarakan.

Kita hidup di dunia ini, cobalah amati dengan seksama, baik kaya maupun miskin juga tidak memperoleh ketenangan. Apakah orang kaya memiliki rasa aman? Dia tidak dapat hidup tenang, usahanya begitu banyak, tiap hari harus terbang ke sana kemari, bergelut dengan kesibukan, sibuk sampai tua, sakit dan mati, tidak mengetahui insan zaman dulu mengucapkan sebuah kalimat “Untuk siapa bersusah payah, untuk siapa pula sibuk tak menentu”, memang demikian rupanya.

Saya pernah bersua dengan seorang hartawan, yang hidup bergelimangan harta, dia memberitahukan padaku, setiap malam harus menelan obat tidur barulah bisa lelap. Tanpa obat tidur, dia tidak berdaya tenang dan tertidur, bayangkan kondisinya alangkah memprihatinkan, betapa tersiksanya!

Apa gunanya memiliki harta kekayaan berlimpah? Hanya memperoleh sebuah popularitas semu di dunia ini, mendapat gelar orang terkaya di sebuah wilayah, cuma begini saja.

Kenyataannya apa yang bisa dia peroleh? Apapun tidak didapatkan, fisik sakit-sakitan, mental penuh dengan tekanan. Jiwa raga yang bebas dan tanpa beban, tidaklah gampang diperoleh, hanya dengan melepaskan segala kemelekatan barulah bisa didapatkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 September 2010


六道裡頭決定沒有安穩,身心都得不到安穩,這是很痛苦的事情。我們在這個世間,你細心去觀察,富貴貧賤都得不到安穩。富貴人他能安穩嗎?他不能,定不下來,事業很多,天天奔波,忙忙碌碌,忙到老死,不知道古人講的一句話說「為誰辛苦為誰忙」,確實是如此。我見過大富貴人,擁有億萬財富,他告訴我,晚上睡覺要吃安眠藥,不吃安眠藥他沒法子睡覺,你說他多可憐、他多辛苦!要那麼多財富有什麼用?不過在這個世間得一個虛名而已,某個地區首富,得這麼個虛名。實際上他能得到?什麼都得不到,身體也不好、精神也不好。自在安樂不容易得到,得放下才能得到,擁有就得不到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一四七集)  2010/9/24