Wednesday 21 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Desember 2010 (Bgn 4)


Praktisi sekalian hendaknya mengingat, sepanjang hayatku tidak pernah menjulurkan tangan minta duit pada orang lain. Justru orang lain yang datang mengantar dana kemari.

Tempo dulu ketika saya menetap di perpustakaan di Taipei, waktu itu ada seorang umat datang berdana uang dalam jumlah besar, Pengurus Han (Upasika Han Ying) langsung bertanya padanya : “Dari mana sumber uang ini? Apakah keluarga anda mengetahuinya?”

Ternyata uang tersebut adalah hasil pinjaman. Apakah perlu bayar bunga? Tentu saja, harus bayar bunga. Yang hebohnya lagi, dia pinjam dari lintah darat.

Pengurus Han segera berkata padanya : “Cepat kembalikan uang tersebut, vihara kami tidak boleh menerima uang hasil pinjaman”.

Untuk melakukan kebajikan, uang 1 dolar atau 2 dolar sudah merupakan jasa kebajikan yang tak terhingga, tidak perlu pergi cari pinjaman, anda malah menciptakan karma buruk, takkan ada jasa kebajikan apapun. Kebenaran itu mesti dipahami, barulah hatimu jadi suci, barulah takkan berpikir sembarangan.

Maka itu Hukum Sebab Akibat sangatlah penting, di dalam sutra Buddha diuraikan dengan jelas.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Desember 2010


同學們要記住,我一生沒有伸手問人要過錢。自動送供養來,在早年,我們在台北還有個圖書館那個時候,館長還很不錯,問你:你這個錢從哪來的?你家裡人知不知道?有一個他送的錢,好像那個時候送了五十萬,數字不小。從哪裡來的?他是借來的。要不要付利息?要付利息,還是高利貸。韓館長很不錯,說「趕緊退回去,趕快拿回去,我們這個道場不能接受你這種錢。」做好事,你一塊錢、二塊錢都是無量功德,你用這種方式來的時候,你有罪過,你沒有功德。道理要懂,你心才會清淨,你才不會有胡思亂想。所以因果確實重要,佛經講得清楚。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二二八集)  2010/12/21





 

Jika merasa Sutra Usia Tanpa Batas terlampau panjang, maka tiap hari anda boleh membaca Bab 6 saja. Bab 6 adalah mengurai tentang 48 tekad agung Buddha Amitabha.  

Setiap kali anda membaca 48 tekad agung, maka anda memperoleh satu kali pemberkatan dari kekuatan tekad Buddha Amitabha. Aliran Tantra menyebutnya dengan istilah Abhiseka (pemberkatan).

Ucapan ini disampaikan oleh Upasaka Huang Nian-zu di dalam penjelasan sutra ini, beliau adalah guru Aliran Tantra. Beliau menjelaskan makna dari Abhiseka, yang namanya Abhiseka bukanlah memercikkan beberapa tetes air ke atas kepalamu. Tindakan ini hanyalah bentuk formalitas belaka.

Apa makna pemberkatan yang sesungguhnya? Pemberkatan artinya menurunkan ajaran tertinggi kepada dirimu. Dharma agung tertinggi tiada taranya, tak lain adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”; Dharma agung tertinggi tiada taranya, tak lain adalah “48 tekad agung Buddha Amitabha”; Dharma agung tertinggi tiada taranya, tak lain adalah sepatah “Namo Amituofo”. Inilah yang merupakan Dharma agung tertinggi tiada taranya.

Setelah menurunkan Dharma tertinggi kepada dirimu, anda menerimanya, maka tiap hari anda harus serius mengamalkannya, tiap hari pula anda akan menerima Abhiseka, begini barulah merupakan pemberkatan yang nyata dan bukan semu adanya.

Jika tiap hari anda mengulang membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” sebanyak satu kali, maka para Buddha Tathagata, termasuk Buddha Amitabha, akan memberkati dirimu sebanyak satu kali, bagaimana mungkin anda tidak memiliki pahala? Bagaimana mungkin anda tidak memiliki kebijaksanaan? Bagaimana mungkin anda takkan sejahtera?

Jika tidak memiliki waktu luang yang panjang, beban kerja yang bertumpuk, maka tiap hari cukup membaca 48 tekad agung saja sudah boleh, anda mengulang membaca Bab 6 satu kali, maka Buddha Amitabha dan seluruh Buddha Tathagata akan memberi pemberkatan sebanyak satu kali pada dirimu.

Bila ternyata anda telah melepaskan segala kemelekatan, maka melafal Amituofo satu kali, anda memperoleh pemberkatan dari semua Buddha Tathagata sebanyak satu kali, bila anda melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, maka siang malam 24 jam anda terus menerus diberkati oleh semua Buddha Tathagata.

Kebenaran itu harus dipahami dengan jelas, barulah anda menyadari bahwa metode pelafalan Amituofo merupakan Dharma menakjubkan tertinggi tiada taranya, mengetahui bahwa di dalam Buddha Dharma, metode pelafalan Amituofo merupakan kebajikan terunggul, tidak ada lagi pintu Dharma yang dapat melampauinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Desember 2010


經就是一部經,一部經嫌太長了,你每天就念第六品四十八願。念四十八願,給諸位說,阿彌陀佛就四十八願加持你一次,在密宗裡面講就灌頂一次。這個話是黃老居士就是在這經裡頭講的,他是密宗的金剛上師。他解釋灌頂的意義,灌頂不是在上師面前,拿一點水在你頭上灌頂,不是這個意思,那是形式,是表法的。真正的意思是什麼?灌是傳授,佛菩薩、老師傳授給你。頂是什麼?最高的佛法,無上的大法。那是什麼?無上大法是《無量壽經》,無上大法是四十八願,無上大法是這一句洪名「南無阿彌陀佛」,這是無上大法。把這個傳授給你,你接受過來了,你天天肯照幹,你念一遍就是灌一次頂,真灌頂不是假的。你每天把《無量壽經》念一遍,就是諸佛如來,阿彌陀佛跟諸佛如來給你灌頂一次,你怎麼會沒有福報?你怎麼會沒有智慧?你怎麼會不吉祥?如果沒有那麼長的時間,工作太多,你每天把四十八願念一遍,第六品念一遍,也是阿彌陀佛跟諸佛菩薩給你灌頂一次。你果然一切放下了,每一句佛號就是一次灌頂,你這一句佛號南無阿彌陀佛、南無阿彌陀佛不斷,一天到晚佛都給你灌頂。理要懂得,事要搞清楚,你才曉得這無上無上的妙法,才曉得大乘佛法裡頭,這個法門是第一德,沒有更超過這個法門的,再找不到了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二二八集)  2010/12/21




 
 
Kenyataannya, kekuatan 48 tekad agung Buddha Amitabha memberkati di mana saja dan kapan saja, berkesinambungan tak terputus. 48 tekad agung bagaikan jaring-jaring raksasa yang mengayomi seluruh jagat raya, tiada satupun makhluk yang tidak diberkatiNya.

Tapi masalahnya apakah anda bersedia menerima pemberkatan dari Buddha Amitabha? Buddha Amitabha tidak pernah memihak, namun pemberkatanNya diberikan secara adil dan merata, tiada satupun sudut yang lolos dari kekuatan pemberkatanNya, bahkan para penghuni Neraka Avici sekalipun tak terkecuali, takkan lolos dari pemberkatanNya.

Asalkan anda bersedia menerimaNya, maka aliran listrik ini langsung tersambung; kalau anda ini ogah menerimanya, maka walaupun Buddha Amitabha sudah bersusah payah memberkatimu terus menerus, namun sayangnya anda sendirilah yang menolaknya mentah-mentah.

Kita membangkitkan keyakinan benar, tekad menyeluruh, bersukacita melafal Amituofo, maka pemberkatan ini langsung mengalir ke dalam batin kita. Jadi tidak butuh waktu berlama-lama, oleh karena pemberkatan Buddha Amitabha memang sudah tersedia, berkesinambungan tak pernah terputus, tinggal anda mau menerimanya atau tidak.

Setelah melihat karya tulis Guru Negara Xian-shou yang berjudul “Wang Jin Huan Yuan Guan”, kita jadi mengerti bahwa hari ini Buddha Amitabha yang memohon, kita yang merespon.

Buddha Amitabha memohon pada kita supaya bersedia terlahir ke Alam Sukhavati, masalahnya apakah kita mau merespon atau tidak?

Pada umumnya para makhluk yang memohon penyelamatan, Buddha yang merespon, sedangkan yang terjadi pada Buddha Amitabha adalah Buddha yang memohon, para makhluk yang merespon.

Hari ini Buddha Amitabha memohon pada kita supaya bersedia terlahir ke Alam Sukhavati, kita harus meresponNya, janganlah pernah mengabaikan uluran tangan penuh kasihNya!

Buddha Amitabha memohon, kita merespon, maka sambungan ini langsung terkoneksi, kita pun terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Desember 2010

「又龍樹大士云:以信佛因緣,願生淨土,起心立德,修諸行業,佛願力故,即便往生。」這個佛願力故就是四十八願的加持,實際上四十八願無時無處不加持,四十八願像個網一樣,覆蓋的是遍法界虛空界,沒有一個眾生加持不到的,他全加持了。現在問題在哪裡?我們接不接受。阿彌陀佛沒有偏心,平等加持,普遍加持,連地獄眾生、阿鼻地獄眾生都不例外。只要你肯接受,這個電路就接通;你要不肯接受,是在你面前,你得不到。我們自己真信、真願,肯念這句佛號,就加持上了。並沒有說我這裡發心的時候,他特別接,不是的,本來就加持的。我們在賢首國師的《妄盡還源觀》裡面,看到三種周遍,就明白了。你用三種周遍來解釋彌陀弘願的加持,全明白了。念念周遍法界,這個念,我們就是指四十八願,念念周遍法界,一切時、一切處。出生無盡,這個出生無盡是感應,今天這個感應是倒過來的,佛有感,我們去應。平常是眾生有感,佛有應;今天是阿彌陀佛有感,我們要應,這個妙!阿彌陀佛撒開這個網的時候,這他的感,我們要去應,我們一應就往生。這網多大?含容空有,你看這還得了嗎?含是包含,含虛空,容是容納,容萬有。遍法界虛空界都在四十八願當中,你看這四十八願多麼偉大。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二二八集)  2010/12/21