Apabila
kemelekatan pada perasaan emosional sedemikian kuatnya, mendambakan ketenaran
dan keuntungan duniawi, tidak sanggup menyingkirkan kemelekatan pada perasaan
emosional (perasaan suka dan benci), semua ini merupakan rintangan,
bentuk-bentuk pikiran, yang merusak keterampilan melafal Amituofo kita.
Setelah
memahami hal ini, maka kita harus melatih diri dengan serius, dalam waktu
keseharian ketika bertemu kesulitan, umpamanya jatuh sakit, dengan melafal
Amituofo dapat menyembuhkan penyakit.
Selain
menyembuhkan penyakit, segala permasalahan rumit, ketika beban pikiranmu bertambah
berat, tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Maka jalan yang perlu ditempuh
adalah untuk sementara waktu lepaskanlah segala hal yang memusingkan tersebut, bangkitkan
ketulusan melafal Amituofo selama 10 atau 20 menit, dengan sendirinya
kebijaksanaan akan muncul ke permukaan, anda segera mengetahui solusinya. Maka
itu sungguh menakjubkan tak terungkapkan dengan kata-kata!
Rekan-rekan
praktisi yang belajar berceramah, ketika sedang mempersiapkan materi ceramah,
kadang kala bertemu dengan bagian yang sulit dipahami, ada kalimat sutra yang
sulit dijelaskan keluar, maka buat sementara waktu, jangan memusingkan hal ini
dulu, oleh karena makin dipikir makin pusing, anda juga takkan menemukan
solusinya.
Lebih
baik melepaskannya buat sementara waktu, lalu pergi melakukan namaskara pada
Buddha selama 10-20 menit, mendadak akan menemukan solusinya. Kami memiliki
banyak pengalaman dalam hal ini.
Kalau
tidak mau melakukan namaskara, juga boleh melafal Amituofo selama 15-20 menit,
tujuannya supaya bisa mencapai samadhi (pikiran jadi tenang dan terfokus),
dengan tercapainya samadhi maka prajna (kebijaksanaan) pun terbuka, dengan
kebijaksanaan maka masalah pun teratasi.
Cara ini boleh
digunakan di segala bidang, segala waktu dan segala tempat. Cara yang begitu
bagus, cara yang begitu mudah, namun sedikit orang yang mau memercayainya,
jarang ada orang yang tahu menggunakannya.
Kami
sendiri selama bertahun-tahun juga memelihara kebiasaan ini, tiap hari kami
harus membaca dan belajar, ketika menemukan poin yang sulit, yang tidak
dipahami, apa yang akan kami lakukan?
Taruh
dulu di satu sisi, pergi melafal Amituofo sambil berjalan mengelilingi ruang
kebaktian beberapa putaran, usai itu kembali membuka buku, sekarang jadi sudah
paham, masalah pun teratasi. Cara ini cukup efektif, pengalaman kami bukan cuma
se-kali atau dua kali saja, namun sudah banyak kali, sungguh efektif!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 1 Desember 2010
如果情執深的,留戀這個世間名聞利養,執著的情執放不下,這都是障礙,有這些夾雜,我們念佛的功夫就被破壞了。我們明瞭,就得要真幹,在日常生活當中遇到困難,剛才講疾病,念佛能好。除疾病之外,一切疑難雜症,你煩心的事情來了,不知道怎麼解決法。很簡單,你暫時把事情放下,你老老實實去念個十分鐘佛,念個二十分鐘佛,智慧就生了,你就知道解決問題的方法。所以妙,妙不可言!學講經的同學,在備課的時候遇到困難,這段經文不知道怎麼講法好,不要再去想,愈想愈麻煩,你想不出來的。乾脆放下,去拜佛,拜個十分鐘、二十分鐘,突然靈感來了,問題解決了。這我們經驗很多。不拜佛,念佛也行,念個十五分鐘、二十分鐘,這是什麼?他心定了,定生慧,慧就能解決問題。這個方法應用起來非常廣泛,一切時、一切處統統可以運用。這麼好的方法,這麼簡單的方法,就是很少人相信,很少人會用。我們這麼多年來養成習慣,天天讀書,讀書實在遇到困難,念不懂的時候怎麼辦?放下來,念佛,繞幾圈,你再回頭來,再看,懂了,問題解決了。這是我們遇到很多,不是一次兩次,很多次,有感應!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二一一集) 2010/12/1
Pada
masa bertahtanya Kaisar Qianlong (Kaisar Dinasti Qing ke-6, memerintah dari
tahun 1735-1799), hiduplah Master Ciyun Guanding, yang menguasai metode
berbagai aliran, sepanjang hayat menghasilkan banyak karya tulis, salah satunya
berjudul “Penjelasan Amitayurdhyana Sutra”.
Di
dalam buku tersebut tercantum, pelaku Pancanantariya Karma dan Sepuluh
Kejahatan, karma buruk yang paling berat, dimana seluruh sutra yang dibabarkan
oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun, tidak berdaya menyelamatkan dirimu, syair
pertobatan yang disusun oleh para guru sesepuh juga tidak berdaya menyelamatkan
dirimu, maka satu-satunya jalan terakhir
yang bisa digunakan untuk menyelamatkan dirimu, adalah menfokuskan pikiran
melafal Amituofo berkesinambungan, hanya cara inilah yang dapat menyelamatkan
dirimu.
Barulah
anda sadari bahwa jasa kebajikan dari melafal sepatah Amituofo melampaui jasa
kebajikan dari membaca sutra, melampaui jasa kebajikan mengikuti ritual
pertobatan. Segala ritual pertobatan juga tak sebanding dengan melafal sepatah
Amituofo, banyak orang yang tidak mengetahuinya.
Setelah
anda memahaminya, maka sewaktu melakukan pelimpahan jasa kepada mendiang, atau
kepada leluhur, daripada menyelenggarakan segala macam upacara ritual,
upacara-upacara pertobatan, lebih baik melafal Amituofo!
Semua
sahabat Dharma berkumpul di satu tempat dan melafal Amituofo bersama-sama, jasa
kebajikan yang dihasilkan, alangkah besarnya! Banyak orang yang tidak mengetahui hal ini.
Bila
memaksakan diri menyelenggarakan ritual pertobatan, maka usahakan durasi waktu
melafal Amituofo lebih banyak dan lebih panjang, lafalan Amituofo semakin
banyak semakin bagus.
Lihatlah
di dalam “Kebaktian pembacaan Amitabha Sutra berkesinambungan selama tiga sesi”,
durasi waktu melafal Amituofo menempati porsi yang lebih banyak dan lama, hal
ini sungguh beralasan!
Buku
sutra “Kebaktian pembacaan Amitabha Sutra berkesinambungan selama tiga sesi”
disusun oleh Master Dhyana Zhong Feng, di dalamnya juga tercantum ceramah dari
Master Zhong Feng sendiri, isi wejangannya sangat bagus, dapat memberi manfaat
baik bagi yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia, setelah mendengar
ceramah beliau, bisa jadi tercerahkan, inilah manfaat melafal Amituofo
membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, yang secara keseluruhan
terjalin dengan sutra Aliran Sukhavati.
Setiap
lafalan Amituofo dapat mengeliminasi 8 miliar kalpa dosa berat samsara, dosa
kita masih tetap begitu beratnya, dari sini dapat diketahui, sejak kalpa tanpa
awal, karma buruk yang kita ciptakan sudah terlampau banyak!
Perbanyak
melafal Amituofo, dengan demikian dapat mengeliminasi rintangan karma, bahkan
juga sangat unggul, saat menjelang ajal dapat terlahir ke Alam Sukhavati, maka
itu melampaui membaca seluruh sutra dan mengikuti ritual pertobatan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 1 Desember 2010
Pancanantariya Karma dan Sepuluh
Kejahatan :
清朝乾隆年間,慈雲灌頂法師,這也是在那個時代的大德,通宗通教,顯密圓融,著作等身,他一生當中著作四十多種,日本《卍大藏經》裡面收了有二十多種。他老人家有《觀無量壽經》的註解,叫《觀經直指》,我們在早年,學習《觀無量壽經》讀過他這個註解。這裡頭有一句很重要的話,造作五逆十惡,具諸不善,極重的罪,釋迦牟尼佛四十九年所教的、所說的這些經教都救不了你,祖師大德編的這些懺儀也救不了你,你說這個罪多重!灌頂法師說,最後還有一個方法能救你,什麼方法?一心專念南無阿彌陀佛,能救你。你就曉得這一句名號比誦經的功德大,比拜懺的功德大,什麼樣的懺儀都比不上這句佛號,這很多人不知道。你要是知道了,如果超度亡人,或者是超度祖先,做這些法會,去拜懺,不如念佛!同參道友集合起來,念一天佛的功德多大,這很多人不知道。懺儀當中佛號愈多愈好,你看看中峰禪師《三時繫念》裡面,念佛的時間佔很長,他很有道理!中峰的開示太好了,真正能得冥陽兩利,聽他的開示會覺悟,這都是念佛求生淨土,與淨宗經教完全相應。念念中消除八十億劫生死之罪,我們的罪業還是這麼重,由此可知,無始劫以來,我們造作的不善業太多了!佛要多念,就是消業障,而且非常殊勝,超過一切經懺。命終之後,即得往生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二一一集) 2010/12/1
Kini
tenaga penceramah kian lama kian berkurang jumlahnya, apa sebabnya? Tidak ada
yang mendukung, sungguh tidak mudah! Era sekarang ini sudah berbeda dengan
waktu dulu, tempo dulu penceramah masih dihormati masyarakat, mereka akan
menjagamu dengan penuh perhatian. Lain halnya dengan zaman sekarang, masyarakat
memandang sebelah mata padamu, tidak ada yang sudi mendukung seorang
penceramah, makanya hidupmu jadi sangat sulit.
Ini
merupakan fakta sesungguhnya, makanya sekarang orang jadi enggan berkarir jadi
penceramah. Seperti pengalaman-ku sendiri, praktisi sekalian pasti sudah
mengetahuinya, guruku menasehatiku supaya meneladani Buddha Sakyamuni,
membulatkan tekad melangkah di jalan ini, meskipun harus bertemu dengan banyak
kesulitan, sampai-sampai......menghadapi kondisi yang bagaimana? Sampai-sampai
tidak ada lagi vihara yang sudi menerima kehadiranmu.
Berkunjung
ke vihara orang lain, sembahyang dan memuja rupang Buddha di sana, makan satu
kali saja, masih boleh-bolehlah, tetapi kalau sudah perut kenyang lalu minta
lagi menginap sehari di sana, ini pasti tidak diperbolehkan, orang takkan sudi
menerima dirimu.
Lain
halnya kalau vihara itu menyelenggarakan upacara-upacara ritual, contohnya
ritual pertobatan dan ritual lainnya, anda ikut menyukseskan acaranya, maka
kehadiranmu akan disambut dengan senang hati, mereka akan menyukaimu.
Tetapi...kalau
anda bilang padanya, saya datang kemari ingin memberi ceramah Dharma, takkan
ada orang yang mau menghiraukan dirimu, tidak ada seorang pun yang mau menerima
dirimu.
Makanya
selama ini saya memberi ceramah, siapa yang mengundangku? Vihara milik umat
awam. Di luar negeri banyak umat berkeluarga yang mendirikan “Pure Land
Learning Society”, mereka-lah yang mengundangku memberi ceramah di berbagai
belahan dunia.
Di
Hong Kong, mulanya kami juga ingin mendirikan sebuah “Pure Land Learning
Society”, namun sayangnya papan nama ini sudah keburu dipakai orang lain, di
Hong Kong sudah ada yang mendirikan “Pure Land Learning Society”, alhasil kami
terpaksa menggunakan nama lainnya, yakni “HK Buddhist Education Foundation”.
Di
Hong Kong, “Pure Land Learning Society” sudah berdiri sejak 20 tahun yang
silam, saya yang menasehati mereka supaya mendirikan vihara tersebut.
Maka
itu, tanpa kehadiran pendukung Dharma, maka takkan muncul seorang penceramah
atau Dharma Master. Tak peduli apakah dia adalah anggota Sangha maupun umat
awam, juga butuh ada orang lain yang jadi pendukungnya.
Seorang
pendukung Dharma adalah jelmaan Bodhisattva, kalau bukan jelmaan Bodhisattva,
dia tidak paham untuk mendukung Dharma Sejati (Ajaran Buddha yang murni), jasa kebajikan dari menjadi pendukung Dharma
adalah sangat besar adanya, apakah Buddha Dharma dapat berlangsung dan lestari
di dunia ini adalah tergantung pada peranan pendukung Dharma.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 1 Desember 2010
現在弘法的人愈來愈少,什麼原因?沒人護法,不容易!在這個時代,跟從前不一樣,從前弘法,社會大眾尊敬你,照顧你很周到;現在弘揚佛法,人家瞧不起你,沒人護持你,你的生活都非常困難。這是真的,不是假的,所以現在沒有弘法的人。我自己親身的經歷很多同修都知道,老師教我學釋迦牟尼佛,發心走這個路子,走得真是很辛苦,走到什麼程度?寺廟裡不收你。到人家寺廟去拜拜佛、吃一餐飯還可以,想在寺廟裡住一天,不行,不收你。這個寺廟裡有法會、有經懺佛事,你參與,歡迎你,你說我到這裡來講經,沒人要你,沒有一個會接受你。所以我這一生活動,誰請我?居士道場請我。在國外講經,居士們成立很多淨宗學會,都是淨宗學會來邀請我。這個地方,本來香港要成立淨宗學會,這個招牌別人拿去了,香港有個淨宗學會,所以這裡只好改名,改成香港佛陀教育協會。香港有個淨宗學會,那個淨宗學會也是我勸他們大家,應該有二十年前的樣子,我勸他們成立的。所以非常不容易,我們看到這一條感觸非常深。沒有人護持就不會有法師出現,無論在家出家都需要有人護持。護持的人是菩薩,不是菩薩他不懂,護持的功德非常大,佛法能不能常住世間靠護持。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二一一集) 2010/12/1