Friday, 16 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Desember 2010


Apabila masih ada keraguan di hati sendiri, maka segalanya akan terasa mustahil. Terhadap kekuatan tekad Buddha Amitabha, kita takkan sanggup membangkitkan keyakinan mendalam, maka itu segalanya akan terasa begitu sulit.

Di dalam metode pelafalan Amituofo, faktor yang paling penting adalah tidak adanya keraguan sama sekali, barulah lafalan Amituofo jadi efektif. Dengan jasa kebajikan ini barulah kekuatan tekad Buddha Amitabha jadi muncul ke permukaan.

Mengapa ada sebagian kecil praktisi pelafal Amituofo bisa memperoleh manfaat yang begitu unggul? Yang paling nyata adalah ketika tubuhnya diserang penyakit kritis, sejenis penyakit kanker, dimana dokter sudah menyerah, usianya divonis tinggal tiga bulan saja.

Seperti pengalaman nyata para pasien yang terangkum dalam kisah yang berjudul “Shan Xi Xiao Yuan”, ada sebanyak 40 lebih perumpamaan, mereka telah divonis mati, usia cuma tersisa tiga bulan saja.

Para pasien ini melepaskan segala kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, hingga tiga bulan kemudian, penyakitnya sembuh, kembali ke dokter guna memeriksakan diri, sel kanker tidak tampak lagi. Apa sebabnya?

Tidak ada keraguan, pikiran terfokus, melafal berkesinambungan, serupa dengan yang tercantum di dalam “Surangama Sutra Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta Melafal Nama Buddha Dengan Sempurna Tanpa Rintangan”, yang mengajarkan kita cara melafal Amituofo, yakni “Mengendalikan enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”, penyakit pun jadi sembuh.

Mengapa ada orang yang menderita penyakit kritis, setelah melafal Amituofo tak kunjung sembuh?  Oleh karena dia tidak memiliki keyakinan hati, curiga pada diri sendiri memiliki rintangan karma yang terlampau berat, karma buruk yang diciptakan pada masa kelahiran lampau terlampau banyak, sehingga menyalahkan diri sendiri.

Menyalahkan diri sendiri juga bukan merupakan hal yang bagus, bila dilakukan secara keterlaluan, malah menciptakan rintangan bagi diri sendiri. Meskipun Buddha ber-Maitri Karuna, mungkinkah bersedia mengampuni diriku? Dalam benaknya tiada henti-hentinya muncul keraguan, takut kalau-kalau Buddha tidak bersedia mengampuni segala dosa-dosanya.

Lihatlah, bukankah ini namanya cari masalah buat diri sendiri?  Di pihak Buddha sesungguhnya tidak ada masalah apapun, tetapi dirimu sendiri yang terus menerus menciptakan beban pikiran baru, menciptakan setumpuk kerisauan, merintangi diri sendiri, di sinilah letak persoalannya.

Setelah kita memahami hal ini, mesti menyingkirkan segala kesalahan tersebut, menyapu debu batin ini hingga sebersih-bersihnya, barulah kita dapat melewati satu masa kehidupan ini dengan lancar dan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan, barulah dapat mewujudkan jasa kebajikan terunggul tiada taranya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Desember 2010


如果我們自己對自己懷疑,這怎麼可能?對阿彌陀佛願力也不能深信,這個事情就難了。念佛法門裡頭最重要的,一絲毫懷疑都沒有,這個持名的奇勛才能夠顯示得出來,這個勛是功勛,我們一般講功德,而阿彌陀佛的願力就現前。為什麼有一些念佛的人,少數,不是多數,大概在幾百萬念佛人當中才有那麼一、二個,有這種殊勝的效果?最明顯的,身得了重病,癌症這一類的,醫生宣布沒法子治,壽命頂多就三個月了。像過去「山西小院」四十多個人那個例子,他們已經被醫生宣布,等於說宣布死刑,你的壽命只有三個月。他萬緣放下,一心念佛,念到三個月,病好了,再去檢查,沒有了。什麼原因?不懷疑、不夾雜、不間斷,也就是大勢至菩薩在《圓通章》裡面教我們念佛的方法,「都攝六根,淨念相繼」,他病就好了。為什麼有些人生重病念佛念不好?他沒有信心,第一個,懷疑自己業障太重,過去造的罪業太多,自責。自責不是好事,過分的自責也造成自己的障礙。佛雖然慈悲,能原諒我嗎?懷疑,能原諒我嗎?怕佛不原諒他。你看這不都是自己給自己找麻煩嗎?佛那邊根本什麼事也沒有,都是自己想出一大堆的問題,障礙自己,錯在這裡,我們不能不知道。知道之後,一定要把這些過失消除,消得乾乾淨淨,我們這一生才能夠順利得生,才能夠成就無比殊勝的功德。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二二二集)  2010/12/15