Sunday 18 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2010 (Bgn 2)


Di alam saha ini, ketika kita mulai membangkitkan niat melafal Amituofo, maka di Kolam Teratai di Alam Sukhavati akan tumbuh sekuntum Bunga Teratai, maka itu Alam Sukhavati juga dinamakan Negeri Bunga Teratai.

“Seluruh wanita, kalau bukan karena kekuatan dari nama Buddha Amitabha, meskipun melewati ribuan kalpa atau bahkan puluhan ribu kalpa, atau kalpa yang banyaknya bagaikan butiran pasir di Sungai Gangga, maka selamanya takkan memiliki peluang untuk terbebas dari wujud wanita”.

Mengapa dikatakan demikian? Kemelekatan pada perasaan yang terlampau mendalam. Pria mudah bertumimbal lahir jadi wanita, tetapi wanita yang ingin bertumimbal lahir jadi pria adalah begitu sulitnya.

Lantas adakah wanita yang berhasil bertumimbal lahir jadi pria? Ada. Pada era sekarang ini, dimana proses penyembuhan penyakit depresi menggunakan metode hipnotis, pasien dapat mengingat dan menceritakan masa kehidupan lampaunya. Pasien wanita ini menceritakan kisah masa kehidupan lampaunya yang lahir dengan wujud seorang pria.

Ada wanita yang gampang beralih bertumimbal lahir jadi pria, ada pula yang begitu sulit, apa alasannya? Bila kemelekatan pada perasaan agak tawar, maka dia lebih gampang beralih bertumimbal lahir jadi pria, sedangkan bagi yang kemelekatan pada perasaan agak berat, maka akan sulit sekali beralih.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2010


我們這裡開始發心,蓮池裡蓮苞就生出來,所以極樂世界也稱為蓮花世界。「又一切女人,若不因彌陀名號力者,千劫萬劫,恆河沙等劫,終不可得轉女身」。這是什麼道理?情執太深。男轉女身容易,女轉男身難,有沒有轉的?有轉的。特別是近代催眠術在西方很發達,人在催眠的當中說出過去世,過去世做過女身;女子催眠的時候,過去世中她做過男身,有,不是沒有。有人很容易轉,有人很難轉,什麼原因?情執淡的人就容易轉,情執深的人就很難轉。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二二四集)  2010/12/17


 

 

Segala sesuatu di dunia ini tidak ada satupun yang bersifat mutlak, namun berubah mengikuti perubahan niat pikiran, makanya kita harus tahu untuk mengalihkan pikiran sesat menjadi pikiran benar.

Apa yang dimaksud dengan pikiran sesat? Munculnya niat pikiran, perbedaan dan kemelekatan adalah pikiran sesat, tiga alam rendah merupakan manifestasi dari pikiran sesat, enam alam tumimbal lahir juga merupakan manifestasi dari pikiran sesat, sama halnya pula Dasa Dharmadhatu juga merupakan manifestasi dari pikiran sesat.

Melafal Amituofo adalah pikiran benar, kita tidak memiliki niat pikiran apapun, hanya sepatah Amituofo saja, inilah pikiran benar. Pikiran benar ini lebih unggul dari segala pikiran benar yang ada di dalam Dasa Dharmadhatu. Mengapa demikian? Oleh karena pikiran benar ini dapat membawamu terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, begitu terlahir ke Alam Sukhavati, anda telah menjadi Bodhisattva Avaivartika, alangkah unggulnya, betapa sulit diperoleh!

Kuncinya ada pada melepaskan kemelekatan. Terhadap dunia ini, saya takkan melekat lagi, saya sudah melihat dengan jelas, kini daku telah mengerti, ternyata saya cuma singgah sebagai tamu sementara saja di sini, dunia fana ini bukanlah kampung halamanku.

Segala sesuatu yang ada di dunia ini, saya tidak membutuhkannya, cuma datang melancong beberapa hari saja, usai itu harus angkat koper dan angkat kaki. Sambil berwisata menikmati panorama, kita juga boleh sambil mempromosikan Alam Sukhavati kepada orang banyak.

Kita jadi staf marketing Buddha Amitabha, beriklan ria, agar setiap insan juga mengenal dan mengetahui adanya Alam Sukhavati, alangkah bebas dan leluasanya, alangkah elegannya!

Ketika liburan usai dan kita harus angkat koper pulang, maka harus melepaskan segala-galanya, tidak ada yang bisa dibawa serta, bahkan tubuh jasmani ini saja tidak bisa dibawa serta, apalagi harta benda lainnya?

Maka itu sepatah Amituofo ini, merupakan pikiran benar bagi praktisi Aliran Sukhavati; apabila niat pikiranmu bukan yang “satu” ini, maka anda telah melakukan kekeliruan.

Di mana saja dan kapan saja, dalam segala kondisi baik suka maupun duka, mesti mempertahankan pikiran benar ini, jangan sampai pikiran benar ini raib. Dengan demikian barulah memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati, apakah anda tidak merasa bersukacita? Pasti penuh dengan kebahagiaan dalam Dharma.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2010

Dasa Dharmadhatu :


一切法都沒有定法,都是隨著念頭在轉,如何我們能把邪念轉變成正念,就好了。什麼是邪念?起心動念、分別執著全是邪念,三途是邪念變現出來的,六道也是邪念變現出來的,十法界還是的。

念阿彌陀佛是正念,我們什麼念頭都沒有,只有一個阿彌陀佛,這正念。這個正念比四聖法界的相似正念還高,為什麼?這個正念在你一生當中決定得生淨土,一生淨土你就是阿惟越致菩薩,多殊勝、多難得!

關鍵在哪裡?關鍵在放下。我對這個世間不再執著了,我真的搞清楚、搞明白了,我到這個世界來是觀光旅遊的,這不是我的家。這裡頭林林總總,一樣我都不需要,來住旅館玩幾天而已,就回去了。順便把我們自己居住的極樂世界,給大家介紹介紹,你們想去的話,行,都可以去。替阿彌陀佛做廣告、做宣傳,把極樂世界介紹給大家,多自在,多瀟灑!一定捨得乾乾淨淨,連身都不執著,還能執著身外之物嗎?所以這一句阿彌陀佛,是我們淨宗人的正念;你的念頭不是這一念,你就錯了。一切時、一切處、一切境緣之中,要保住這個正念,不要讓正念失掉,你往生就有把握。往生有把握,你能不歡喜嗎?肯定法喜充滿。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二二四集)  2010/12/17



 
 

Masih mengenai tekad ke-23, “wanita berubah menjadi pria”, praktisi wanita yang melafal Amituofo, apakah mesti bertekad ketika terlahir ke Alam Sukhavati berubah menjadi pria? Tidak perlu.

Buddha Amitabha telah mengikrarkan tekad ini, dalam hati kita mesti membangkitkan kesucian hati, jangan merisaukan persoalan ini, saat menjelang ajal, bukankah akan berubah dengan sendirinya?

Buddha Amitabha telah mengikrarkan tekad ini, praktisi wanita menjelang ajalnya, apabila tidak berubah jadi pria, maka sesampainya di Alam Sukhavati masih tampil dengan wujud wanita, bukankah dengan demikian telah merusak tekad Buddha Amitabha! Hal ini takkan mungkin terjadi. Maka itu tidak perlu menaruh persoalan ini di dalam hati.

Anda harus memahami, mengapa seluruh penduduk Alam Sukhavati memiliki rupa yang sama, inilah alasannya. Apabila anda bersikeras, sesampainya di Alam Sukhavati, saya masih ingin tampil dalam wujud wanita, saya suka jadi wanita, maka Buddha Amitabha terpaksa mendirikan satu lagi Alam Sukhavati khusus buat kaum hawa. Selama pria dan wanita melatih diri dan berkumpul di satu tempat, maka untuk meraih kemajuan batin adalah begitu sulit adanya.

Maka itu kita harus memahami Alam Sukhavati dengan jelas, barulah kita menyadari betapa besarnya budi kebajikan Buddha Amitabha kepada diri kita, demi masa depan kita, memikirkan segala sesuatu guna mewujudkan pelatihan diri kita dengan sempurna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2010


「由於淨信發菩提心,厭離女身,願生極樂。信深願切,必起念佛之勝行。蒙佛本願加威,於命終時,即轉女成男,往生極樂。是為厭女轉男願。」這第二十三願,女身念佛,要不要像這個願中要發這個願?阿彌陀佛已經有這個願,我們心裡要清淨,不想這些事情,臨命終時不自然就轉了嗎?阿彌陀佛有這個願在,妳臨終時候要不轉,到極樂世界還是女身,阿彌陀佛那願不就全破壞了!決定沒有的,所以根本不要把它放在心上。妳就曉得,到西方極樂世界為什麼是同樣的身,同樣的相好,同樣的身體,同樣的相好,道理在此地。如果妳還要堅持我到極樂世界還要女身,我喜歡女身,那阿彌陀佛得另外給妳建個極樂世界,純是女身的極樂世界,要不然成就不容易。所以這是我們了解,對極樂世界真的認識清楚,我們才知道阿彌陀佛對我們有多大的恩德,為我們的前途、為我們修行證果想得太周到了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二二四集)  2010/12/17