Friday 2 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2010


Buddha Sakyamuni menyampaikan bahwa Alam Sukhavati merupakan tempat berkumpulnya insan berkebajikan tertinggi. Mungkin kita jadi berpikir, bagaimana dengan para makhluk yang berasal dari tiga alam penderitaan yang terlahir ke Alam Sukhavati dengan membawa serta tabiat jeleknya?

Yang dimaksud tabiat jelek adalah Sepuluh Kejahatan. Apakah dia dapat terlahir ke Alam Sukhavati dengan membawa serta tabiat jeleknya ini? Benar, tetapi sesampainya di Alam Sukhavati, tabiat buruknya tidak bisa efektif. Mengapa demikian?

Oleh karena tidak ada faktor pendukung atau jodoh yang bisa memancing tabiat buruknya. Tabiat buruk adalah benih sebab, benih sebab ini harus bertemu dengan faktor pendukung barulah bisa efektif. Namun di Alam Sukhavati tidak ada jodoh yang dapat memancingnya melakukan kejahatan.

Yang juga berarti, di Alam Sukhavati, semua jodoh yang dijumpainya adalah jodoh yang baik, di Alam Sukhavati tidak ada orang jahat. Di dalam lingkungan suci ini, kita dapat membayangkannya, setiap hari selain mendengar pembabaran Buddha Dharma, adalah melafal Amituofo, hati setiap insan di sana adalah suci dan bercahaya, penuh sukacita dalam Dharma, maka itu bagaimana lingkungan Alam Sukhavati tidak menakjubkan!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2010

Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan baca di :


佛說得好,極樂世界那邊的居民皆是上善之人俱會一處,不但是善,上善,也就是說善到極處,每一個生到西方極樂世界都是上善。也許我們懷疑,這也是釋迦牟尼佛給我們講的,三惡道的眾生,地獄眾生,帶著極重的業習,這習是習氣,十惡的業習,他往生到極樂世界,極樂世界也是那麼美好嗎?是的,一點也沒錯。這不是跟一般經教上所講的有出入,不一樣?這個道理我們要懂,他帶十惡的業習在極樂世界不起作用,為什麼?沒有緣,帶著習氣是因,因要遇到緣才會起作用,才發作,它沒有緣。也就是說極樂世界,他所遇到的緣都是善緣,極樂世界沒有惡人。那個環境裡面,我們能想像得到,除了聽經聞法之外,就是念阿彌陀佛,每個人心地清淨光明,法喜充滿,這個依報環境怎麼能不妙!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一八九集)  2010/11/8


 

 
 
Di dunia fana ini, meskipun sejak kecil telah mengecap pendidikan kesusilaan, juga memiliki pembinaan diri yang cukup lumayan, namun lingkungan hunian kita ini adalah dunia yang penuh dengan kekeruhan dan kejahatan.

Berada kelamaan dalam dunia yang keruh ini, siapa yang takkan terpengaruh? Tempat keruh ini adalah faktor pendukung atau jodoh.

Setelah kita memahami tentang hal ini, di Alam Sukhavati, tiap hari anda berinteraksi dengan ajaran sutra Mahayana, jauh dari kejahatan. Bukan saja tidak ada kejahatan, bahkan istilah jahat saja tidak pernah terdengar di sana.

Di sini kita sebut istilah membunuh, mencuri, berzina, berbohong, di Alam Sukhavati tidak pernah terdengar ada orang yang mengucapkan kata-kata ini. Kalau ada orang lain yang mengatakan padamu, maka akan memancing tabiat jahat yang ada di dalam dirimu, jadi di Alam Sukhavati, anda takkan pernah mendengarnya, apa yang anda dengar hanyalah tentang kebajikan.

Maka itu di dunia fana ini, meskipun dia memiliki pembinaan diri yang cukup lumayan, apabila selama 3-5 hari tidak membaca sutra, tidak melafal Amituofo, maka kekotoran batin dan tabiatnya langsung muncul ke permukaan, bisa dibayangkan pencemaran batin di dunia ini, betapa dahsyat kekuatannya!

Maka itu hari ini kita berada di dalam lingkungan buruk sedemikian rupa, yang harus kita pelajari adalah seperti apa yang dikatakan Konfusius sebagai setia dan memaafkan, yakni melapangkan hati, memaafkan para makhluk yang kondisinya memprihatinkan ini.

Sedalam apapun dia menanam akar pendidikan kesusilaan, bila tidak membaca sutra, tidak mendengar ceramah Dharma, tidak melafal Amituofo, maka takkan berdaya melampaui pengaruh tabiat buruk dari lingkungan luar, kekuatan godaan tersebut sungguh terlampau dahsyat.

Maka itu kita selalu melihat kasus dimana praktisi yang pintar berteori, waktu masih menjadi praktisi pemula, tabiatnya masih baik-baik, tetapi kenapa sekarang berubah jadi buruk?

Cobalah amati dengan seksama, sesungguhnya dia berubah jadi jahat tidaklah mengherankan. Kalau dia tidak berubah jadi jahat berarti dia adalah jelmaan Buddha dan Bodhisattva.

Terkecuali kalau tiap hari dia melafal Amituofo, tiap hari mendengar ceramah Dharma, tiap hari membaca sutra, tiap hari dengan cara begini untuk memperkokoh daya kekebalan batinnya, orang begini masih dapat bertahan untuk tetap teguh tak tergoyahkan. Tetapi begitu dia mengabaikan ajaran sutra dan tidak mau belajar lagi, maka benteng pertahanannya pun runtuh.

Insan zaman dulu berkata, “Tiga hari tidak membaca buku ajaran insan suci dan bijak, tabiat pun berubah jadi jelek”, apalagi kalau menjauhi Buddha Dharma Mahayana!

Praktisi zaman dulu juga berkata, “Seorang praktisi tidak boleh sehari pun terpisah dari ajaran sutra”. Terutama kita yang hidup pada zaman sekarang ini, harus memahami dan mengamalkannya dengan kesungguhan hati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2010


我們這個世間,縱然從小讀聖賢書,有深厚的功底,我們生活的環境是一個大染缸,什麼染缸?五逆十惡的染缸,長期在這個染缸裡面,他能不受影響嗎?這個染缸是緣。我們就明白了,在極樂世界你所染的,是大乘經教,是無量的性德,裡面沒有惡。不但沒有惡的事情,這佛說過,連惡的名詞都沒有,你都聽不到。我們這裡講的殺盜淫妄,極樂世界沒有人講這個字。如果有人講,會把你的習氣勾引出來,沒人講,你聽不到,你所聽到全是善的,盡善盡美,那樣的環境。所以在我們這個世界,功底再深的人,如果三天、五天不讀經、不念佛,他的煩惱習氣就會現行,你說環境這種染污的力量有多大!所以在今天這個環境裡面,我們要學習的,孔老夫子所說的忠恕,也就是要把心量拓開,原諒這些可憐的眾生。根底再深厚,如果不讀經、不聽經、不念佛,抵不住外面習氣的影響,敵不過,那個誘惑的力量太大了。所以我們往往看到,書念得不錯,過去行為不是這樣,現在怎麼會變壞了?你再細心去觀察,他變壞是應該的。他要不變壞,他就是佛菩薩再來的,他不會變。那還有一種不是佛菩薩再來的,天天念佛,天天聽經,天天讀經,這也就是每天用這些東西加強他的免疫力,他能抵抗得了,這些外頭奇奇怪怪的病毒他抵抗得了,經教一丟掉那就不行,他就沒這個力量。連過去儒家都講「三日不讀聖賢書,面目可憎」,何況大乘佛法!古德常說,「道也者,不可須臾離也」,一時一刻不能離開。特別是我們今天這個環境不能不知道。我們自己曉得,自己真幹。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一八九集)  2010/11/8




 

Di dalam Buddha Dharma disebutkan istilah keterampilan melatih diri, apa yang dimaksud dengan keterampilan? Melepaskan kemelekatan, inilah yang dimaksud dengan keterampilan.

Dari mana keterampilan itu berasal? Pastinya bukan berasal dari berapa kali anda melakukan namaskara pada rupang Buddha,  berapa kali anda telah mengulang membaca sutra, berapa kali Amituofo yang sudah anda lafal, keterampilan melatih diri tidak ada kaitannya dengan segala aktivitas begini, oleh karena semua ini hanyalah buat penampilan luar semata.

Keterampilan yang sesungguhnya adalah dilihat dari berapa banyak kemelekatan yang sanggup anda lepaskan. Dengan demikian barulah anda memahami bagaimana cara melatih diri.

Orang yang memahami cara melatih diri, dia akan menumpukan perhatiannya untuk senantiasa belajar melepaskan kemelekatan. Dia akan menggunakan sepatah Amituofo untuk menyingkirkan segala bentuk pikiran, tak peduli itu adalah niat pikiran yang baik atau buruk, semuanya juga harus disingkirkan,  di dalam hati hanya boleh ditaruh sepatah Amituofo, takkan ada lagi niat pikiran kedua.

Orang begini cepat lambat pasti meraih keberhasilan, mengapa demikian? Oleh karena keterampilan melatih dirinya dapat efektif, dia memahami cara melafal Amituofo.

Orang yang tidak tahu cara melafal Amituofo, mulutnya sibuk melafal Amituofo, pikirannya juga ikut sibuk berkhayal, bentuk-bentuk pikirannya begitu banyak. Walaupun sudah bertahun-tahun melafal Amituofo, namun tak kunjung tampak hasilnya.

Hal ini serupa dengan yang dikatakan praktisi senior zaman dulu sebagai “Mulut melafal Amituofo tapi pikiran terpencar, meskipun melafal hingga tenggorokan pecah juga sia-sia saja”.

Master Shandao berkata bahwa Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, sepuluh ribu orang yang melatihnya, sepuluh ribu pula yang terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi kenapa sekarang malah dibilang meskipun melafal hingga tenggorokan pecah juga sia-sia saja?

Ini dikarenakan anda tidak tahu cara melafal Amituofo! Syarat untuk terlahir ke Alam Sukhavati bukanlah dinilai dari seberapa banyaknya lafalan-mu, jadi walaupun anda melafal banyak-banyak tapi pikiran tidak terfokus, juga tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2010


佛法裡面講功夫,什麼叫功夫?放下就是功夫,你放不下,哪來的功夫?絕對不是說你拜多少佛,念多少部經,念多少萬聲佛號,與這個都不相干,這都是表面功夫。真正功夫是你放下多少。所以你就曉得會用功的人,什麼叫會用功?會用功是時時刻刻在放下,這叫會用功。用這句佛號把所有一切雜念,善念也好,不善念也好,統統把它打掉,心裡就留這句佛號,不留雜念,不留就是放下了。這種人可喜,這種人,我們知道他早晚必定成就。為什麼?他功夫真的得力,這念佛,他會念。口念阿彌陀佛,雜念還很多,不會念,那個念了沒用的,古大德所謂「口念彌陀心散亂,喊破喉嚨也枉然」。念佛,這大家都知道,善導大師說萬修萬人去,為什麼喊破喉嚨也枉然?不會念!念佛往生條件我們明白了,條件不是念佛多少會往生的,念得再多,心散亂,也不能往生。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一八九集)  2010/11/8