Terhadap dunia ini
takkan ada perasaan mendambakan sama sekali, hidup sehari di dunia ini, hal
utama yang mesti dilakukan adalah meningkatkan kualitas batin sendiri,
sedangkan misi membantu makhluk lainnya yang menderita adalah urusan kedua. Hal
ini mesti dipahami dengan jelas.
Bila anda
menempatkan misi membantu semua makhluk di urutan pertama, sementara pelatihan
diri sendiri di urutan kedua, anda hanya bisa memupuk berkah kebajikan, Alam
Sukhavati gagal dituju, masa kelahiran berikutnya cuma bisa menikmati pahala
Alam Dewa dan Manusia.
Saat menikmati
pahala pasti ikut menciptakan karma buruk, lihatlah di dunia ini, orang yang
punya kedudukan tinggi, yang punya harta berlimpah, siapa yang tidak
menciptakan karma buruk?
Tidak usah bilang
jauh-jauh, tiap hari hidangan yang dia santap adalah daging hewani, sutra
Buddha menyebutkan dengan jelas, “Memakan dagingnya setengah kati kelak harus
membayarnya setengah kati juga”, utang nyawa bayar nyawa, utang uang bayar
uang, lantas apa yang harus dilakukan?
Makanya kita
melimpahkan seluruh jasa kebajikan kepada para musuh kerabat penagih utang,
menyesali perbuatan kita terhadap mereka, tempo dulu kita tidak mengetahuinya,
sekarang setelah belajar Ajaran Buddha barulah mengerti, memohon maaf pada
mereka, saat menjelang ajal jangan datang mengganggu, setelah saya berhasil
terlahir ke Alam Sukhavati dan mencapai KeBuddhaan, kembali lagi menyelamatkan
mereka. Setelah syarat ini disepakati bersama, maka kita harus giat melatih
diri, musuh kerabat penagih utang akan menerimanya.
Jika sebaliknya
anda menawarkan syarat tersebut, tetapi dibaliknya masih ada niat terselubung,
demi kepentingan pribadi, mengejar ketenaran dan keuntungan, mengandung
ketamakan, kebencian, kedunguan, maka para musuh kerabat penagih utang takkan
memaafkan dan melepaskan dirimu, mengapa demikian? Anda masih berani mengelabui
diriku.
Banyak praktisi
yang tiap hari melakukan pertobatan, mengikuti ritual-ritual pertobatan, tetapi
mengapa masih bertemu dengan banyak rintangan, masih diserang kesengsaraan
bertubi-tubi, bahkan masih ada yang kesurupan, apa sebabnya? Oleh karena anda
ini munafik, musuh kerabat penagih utang pun dikelabui, anda cuma praktisi
ecek-ecek.
Sebaliknya bila
anda melatih diri dengan serius, musuh kerabat penagih utang pun jadi salut
padamu, apa alasannya? Dia tahu anda pasti meraih keberhasilan, pasti bersua
dengan Buddha Amitabha, setelah bersua dengan Buddha Amitabha, para musuh
kerabat ini juga ikut menikmati kesuksesan ini, makanya mereka takkan cari
masalah denganmu, mereka akan melindungi dirimu.
Setiap hal yang
masuk akal pasti dapat diterima oleh semua orang, kita tidak boleh tidak
memahaminya, pasti harus melatih diri dengan serius.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Oktober 2010
Perbedaan jasa kebajikan dan berkah
kebajikan :
對於這個世間沒有一絲毫的貪戀,住在這個世間一天,第一樁大事提升自己的境界,幫助苦難眾生是第二樁大事,這你要搞清楚。你要把幫助一切苦難眾生擺在第一樁大事,自己修學功夫擺在第二,不錯,你在那裡修了不少大福德,西方極樂世界去不了,你來生享人天福報,幹這個去了。享人天福報的時候,你造不造業?你看看現在這個世間,做大官的、發大財的,他造不造業?不說別的,天天在飲食上吃眾生肉,佛經上講得很清楚,「吃牠半斤,還牠八兩」,欠命要還命,欠債要還錢,這怎麼辦?所以我們在這個世間所修學的一切功德,統統迴向給冤親債主,對他們懺悔,以前無知,現在學佛才明白,求他們原諒,往生的時候不要來干擾,我生到極樂世界成佛之後,回過頭來度他們。我們的條件談妥,真用功,他接受。如果你談這些條件,你自己還有私心,還搞名聞利養、還搞貪瞋痴慢,這些冤親債主不饒你,為什麼?你跟我說的話全是假話,你來騙我。學佛的人天天拜懺、天天懺悔,為什麼業障還那麼重,還那麼多病苦,甚至於還有附身,那就是什麼?你講全是假的,你不是真幹。你真幹,他佩服你,為什麼?他知道你真的能成就,你真能見阿彌陀佛,你一見阿彌陀佛我們都沾光了,他不會找你麻煩,他會保護你。這個道理,人同此心,心同此理,我們不能不曉得,一定要真幹。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五七集) 2010/10/4
Kini saya melatih diri di dunia ini, masih belum punya keberhasilan,
makanya saya harus menempatkan pelatihan diri sendiri di urutan pertama. Buddha
Sakyamuni mengatakan bahwa “Diri sendiri masih belum terselamatkan, mustahil
dapat menyelamatkan orang lain”.
Anda ingin menyelamatkan orang lain, terlebih dulu selamatkan diri
sendiri, jika diri sendiri belum terselamatkan, anda takkan berdaya
menyelamatkan orang lain.
Saya pergi ke Alam Sukhavati dulu, barulah kemudian kembali lagi.
Terlahir di Alam Sukhavati adalah
menyelamatkan diri terlebih dulu, barulah saya memiliki kesanggupan guna
membantu orang banyak.
Asalkan dapat mencapai Alam Sukhavati, hari pertama tiba di sana, hari
kedua sudah boleh kembali ke dunia ini, memperoleh pemberkatan kewibawaan tekad
Buddha Amitabha, anda kini telah bergelar Bodhisattva Avaivartika, para makhluk
dapat terselamatkan dengan wujud yang bagaimana, maka anda dapat menjelma ke
dalam wujud tersebut.
Jadi bukannya harus menanti hingga tamat belajar di Alam Sukhavati,
barulah boleh kembali menyelamatkan orang lain, bukan begini, tetapi begitu
terlahir ke Alam Sukhavati dan bertatap muka dengan Buddha Amitabha, anda
langsung memiliki kemampuan sedemikian rupa, hal ini sungguh tak terbayangkan,
merupakan Dharma yang sulit dipercaya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 4 Oktober 2010
我現在在這個世界上我沒有成就,所以要把自己成就擺在第一,佛說了「自己未度,而能度人,無有是處」,沒這個道理。你想度眾生,先要度自己,自己沒得度,你度不了別人。我到極樂世界在那裡打個轉再回來,那就行了,到極樂世界就是自度,我才有能力幫助大家。只要一到極樂世界,頭一天到,第二天就回來,得阿彌陀佛本願威神加持,你是阿惟越致菩薩,應以什麼身得度,你就能現什麼身。不是等到西方極樂世界畢業、成就了,不是,只要入學,你就有這個本事,這不可思議,難信之法。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五七集) 2010/10/4