Manusia
di dunia selalu bermimpi bertemu dengan sanak keluarganya yang telah meninggal
dunia, apa sebabnya? Oleh karena memang ada di dalam hatinya. Kenapa dia tidak
memimpikan Buddha dan Bodhisattva? Oleh karena merasa asing, tidak akrab dan
jauh dari hatinya.
Lantas
bagaimana kalau memimpikan sanak keluarga? Masalah ini cukup berat, apa
alasannya? Sudah meninggal dunia, masih ingin berkumpul jadi satu keluarga. Jika
dia jatuh ke Alam Setan Kelaparan, memangnya anda ingin ke sana supaya bisa
berkumpul lagi dengan keluarga anda?
Bila
dia jatuh ke Neraka, memangnya anda juga ingin ke sana supaya bisa berkumpul
lagi dengan keluarga anda? Ini adalah masalah besar. Makanya sekarang mesti
menuntaskan masalah diri sendiri terlebih dulu, barulah kita memiliki kesanggupan
menyelesaikan masalah kerabat kita.
Setelah
anda berhasil mencapai KeBuddhaan, sanak keluargamu akan memohon penyelamatan
darimu. Ketika niat pikiran mereka timbul, anda langsung menerima sinyal
tersebut, anda jadi mengetahui bagaimana keadaan mereka sekarang, anda juga
mengetahui bagaimana cara menyelamatkan mereka.
Apakah
dia memiliki niat untuk keluar dari enam alam tumimbal lahir? Apabila dia
memiliki maksud sedemikian rupa, maka anda dapat membantunya supaya terlahir ke
Tanah Suci Sukhavati; sebaliknya jika dia belum memiliki keinginan mengakhiri
samsara, maka anda dapat membantunya supaya tidak jatuh ke tiga alam rendah,
yang pasti adalah anda telah mempunyai kesanggupan guna menolongnya.
Maka
itu mesti menyempurnakan diri sendiri terlebih dulu, barulah anda dapat
membantu sanak keluargamu, membantu semua makhluk yang berjodoh denganmu.
Hal
yang paling bermanfaat bagi semua makhluk adalah memberi teladan dengan
pengamalan nyata, guna diperlihatkan kepada semua makhluk, baik yang berjodoh
maupun tidak berjodoh, mereka juga akan tergugah, menjalin jodoh baik dengan
dirimu.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Desember 2010
我們世間人心裡頭作夢,常常夢到自己家親眷屬,那是什麼?他心裡頭真有。他夢不到佛菩薩,對佛菩薩還很生疏,還很遙遠;夢裡有家親眷屬,這個問題很嚴重,為什麼?死了以後還跟他們團聚。他們到鬼道,那你到鬼道去團聚;他到地獄道,你到地獄道去團聚,這個是麻煩事情。所以我們要解決自己的問題,我們才能解決我們自己親人的問題。你成佛了,哪些眾生來找你?是你過去生中生生世世的家親眷屬。他跟你有緣,他起心動念你統統曉得,起心動念發出來的信息你完全收到,你知道他現在環境什麼樣子,你知道應該用什麼方法幫助他。他有沒有出離的念頭?有出離的願望,你就能幫助他求生淨土;還沒有這個念頭,你幫助他遠離惡道,真能幫得上忙。所以一定是先成就自己,你才能成就家親眷屬,成就有緣的人,成就一切眾生。對一切眾生真正的成就,就是示現榜樣,做出一個好榜樣給大家看,有緣、沒有緣全看到了,他會受感動,也就跟你結了緣。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二四集) 2010/12/17
Jasa
kebajikan dari melafal Amituofo adalah tak terbayangkan, anda takkan berdaya
membayangkan bagaimana besarnya jasa kebajikan tersebut, semua Buddha yang
tersebar di sepuluh penjuru dari tiga masa, serentak membabarkan jasa kebajikan
ini, meskipun telah melewati kalpa yang tak terhingga, namun juga belum usai
membabarkan jasa kebajikan ini.
Tetapi
hari ini, kita malah menganggap sepele sepatah Amituofo ini, yah cuma sepatah
Amituofo, jasa kebajikannya juga begini saja, takkan ada apa-apanya, mengapa
kita meremehkannya? Karena tidak memahami kebenaran!
Ditaruh
di depan matamu, tapi anda masih tidak menyadari inilah mustika, tidak tahu
betapa besarnya manfaat dari melafal Amituofo, anda telah membiarkannya lewat
begitu saja.
Suka
tidak? Suka. Mau tidak menuju ke Alam Sukhavati? Mau. Tetapi anda tidak menaruh
urusan ini pada urutan pertama. Mulut memang bilang mau ke Alam Sukhavati, tetapi
terhadap dunia ini, masih begitu mendambakannya. Mulut melafal Amituofo, tetapi
pikiran terus berkeluyuran di luar.
Ini
merupakan fenomena umum dari para praktisi pelafal Amituofo, makanya bagaimana
mungkin keterampilan mereka bisa efektif? Alasannya terletak di sini.
Praktisi
yang memahami jasa kebajikan dari melafal Amituofo, saat menjelang ajalnya,
Buddha Amitabha datang menjemput, bersama para Suciwan lainnya yang merupakan
orang-orang yang berjodoh denganmu.
Buddha
Amitabha akan muncul di hadapanmu, anda akan merasa bersukacita, keterampilanmu
telah mengundang kehadiran Buddha. Begitu bersua dengan Buddha Amitabha, Beliau
akan memancarkan cahaya menerangi dirimu, jasa kebajikan (dari melatih diri)
yang selama ini anda timbun, akan meningkat jadi dua kali lipat.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Desember 2010
執持名號的功德是無法想像的,你說這個功德有多大,十方三世一切諸佛共同來演說,說無量劫都說不完。我們今天沒有把這句佛號看作那麼大的功德,什麼原因?不知道。在面前不知道它是寶,不知道它有這麼大的好處,所以疏忽了。喜不喜歡?喜歡。願不願意去?願去,但是這些都沒有擺在第一位。願意到極樂世界,這個世界還不想離開;願意念佛,可是雜念還很多。這是一般念佛人普遍的現象,念佛功夫為什麼不得力?原因都在此地。
真正知道這功德,臨欲終時,阿彌陀佛來接引,與諸大眾,前面跟諸位說過,全是自己有緣的人。佛來了,你看到了,看到當然生歡喜心,功夫成就真把佛念來了。見到佛,佛一定放光照你,佛光一照,你自己所修的功德就提高一倍。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二四集) 2010/12/17
Terlahir di Alam Sukhavati “Selamanya
terbebas dari wujud yang keluar dari kandungan, penuh dengan kotoran dan nafsu
keinginan”. Tubuh manusia merupakan pabrik yang tidak pernah berhenti
memproduksi kotoran, tidak ada hari cutinya.
Makanya mengapa orang zaman dulu
menggambarkannya sebagai kantong kulit pembalut kotoran. Di dalam kantong kulit
tersebut, isinya adalah benda-benda yang jorok, tidak ada satupun yang bersih.
Harus benar-benar mengenali kantong
kulit pembalut kotoran ini, barulah anda takkan melekat dan terlampau peduli
dengannya lagi, takkan menghabiskan banyak waktu untuk terlampau merawatnya, barulah
bisa memperoleh kebebasan.
Terlahir ke Alam Sukhavati, “Menjelma
melalui Bunga Lotus yang segar dan menakjubkan, sempurna akan kemampuan gaib
dan bercahaya”.
Jadi terlahir ke Alam Sukhavati
adalah menjelma melalui Bunga Lotus, bukan seperti di dunia fana ini, dimana
bayi yang lahir akan pelan-pelan tumbuh secara bertahap barulah jadi orang
dewasa.
Di Alam Sukhavati, praktisi
akan menjelma melalui Bunga Lotus dan langsung memiliki rupa yang sama dengan
Buddha Amitabha. Seberapa tinggi Buddha Amitabha, maka setinggi itu pula rupa
penduduk Alam Sukhavati.
Setelah menjelma melalui Bunga
Lotus, dia akan sempurna akan segala kemampuan gaib, tubuhnya memancarkan
cahaya, begini barulah disebut sebagai Bodhisattva Avaivartika.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Desember 2010
極樂世界「永離胞胎穢欲之形」,我們在六道裡受的這個身,這個身不乾淨。所以古人形容這個身體叫臭皮囊,這個皮袋裡面東西都是骯髒東西,都不是乾淨東西,這形容得很好。要真正了解這是個臭皮囊,你就不會愛惜它,不會那麼樣用心去保養它,你會得自在。生到極樂世界,「純處鮮妙寶蓮華中,自然化生,具大神通,光明赫奕」。所以蓮花化生不是像小孩慢慢長大的,不是的,阿彌陀佛身相多大,他就多大,他跟彌陀身相是完全相同的。如果由小慢慢長大的話,那就有生有滅了。極樂除了常寂光土,我們不說它,其他三土它是平等法界,這是非常稀有、非常難得。你看化生就具有大神通,就放光明,真的,這才叫阿惟越致菩薩。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二四集) 2010/12/17