Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 4, tercantum : “Pada masa lampau kalpa yang tak terhingga, ada Buddha yang muncul di
dunia, bernama Buddha Lokesvararaja”.
Buddha Lokesvararaja merupakan Buddha
masa lampau. Beliau telah bebas dari segala rintangan dan memperoleh pembebasan
agung; dengan perkataan lain, Dia takkan terpengaruh oleh segala gangguan di
dunia.
Kita mengatakannya sebagai gangguan, dengan demikian praktisi sekalian
lebih gampang memahaminya, Sang Buddha tidak terpengaruh oleh segala gangguan,
makanya bebas tanpa rintangan.
Lain halnya dengan kita sebagai orang awam yang begitu gampang
terpengaruh oleh gangguan di dunia ini. Ketika melihat hal yang sesuai dengan
keinginan, langsung melekat padanya, dengan demikian kemelekatan ini telah
merintangi diri sendiri.
Ketika mendengar ucapan yang tidak sesuai dengan keinginan, timbul
kebencian di hati, begitu gampangnya terpengaruh oleh lingkungan luar. Siapa
yang takkan terpengaruh oleh kondisi luar? Praktisi sejati.
Apa yang dia latih? Dia melatih supaya tidak terpengaruh oleh lingkungan,
inilah yang disebut dengan melatih diri. Sebagus apapun pelatihan dirimu, kalau
masih gampang terpengaruh oleh lingkungan, maka takkan ada hasilnya, kondisi
ini datang untuk menguji dirimu, kalau masih begitu gampang terpengaruh oleh
gangguan, maka nilai ujianmu nihil.
Insan zaman dulu selalu berkata, “Meskipun angin dari delapan penjuru
berhembus, namun daku tetap tak tergoyahkan”, di dalam Buddha Dharma,
ketrampilan begini hanya merupakan tingkatan yang paling dasar, jadi belum
masuk hitungan. Minimal dalam segala kondisi dan situasi, hatimu masih tetap
tenang tak tergoyahkan, jangan mudah terpancing dan terpengaruh.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 2 Oktober 2010
「過去久遠,無量不可思議,無盡數之大劫時」,這段是講它時間長。「有佛出現於世,名為世間自在王。是乃古佛別有之名號,稱為別號」。佛是通稱,這是很久遠、很久遠的一尊佛,我們一般人稱之為古佛。「世間自在者,常在世間而不為世間所拘礙」,拘是拘束,礙是障礙,這就得大自在;換句話說,他在世間不會被世間一切法所干擾。我們講干擾大家好懂,他能不受干擾,那就自在。不像我們,我們這凡夫是動不動就被世間所障礙。你看,看到順心稱意的事情就起貪愛,這個貪愛就是被它干擾了;聽到一些不如意的言語,心裡就怨恨,你看也是被外面環境干擾,我們今天講受環境的影響。什麼人能夠不受環境影響?真修行人。他修的什麼行?就是修的不受環境影響,這叫修行。修行再好依舊受環境影響,那修行再好也沒有成就,這個環境是來考驗你的,環境一考驗,你就不及格了。古人常講「八風吹不動」,八風吹不動在佛法裡面是最低級的,不是高級,至少你要能夠在境界裡學著不動心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五五集) 2010/10/2
Para makhluk di Bumi ini yang dapat kita lihat secara kasat mata adalah
manusia dan hewan. Sesungguhnya di dunia ini juga ada Bodhisattva dan Sravaka,
meskipun Mereka berdiam di permukaan Bumi, namun dalam dimensi ruang yang
berbeda, apabila Dia tidak menampakkan diri kepada kita, kita tidak dapat
melihatNya. Sejarah mencatat banyak kejadian serupa ini.
Di dunia ini manusia dan hantu tinggal berdampingan, namun manusia
tidak dapat melihat hantu, hantu juga tidak dapat melihat manusia, ini
dikarenakan dimensi ruang yang berbeda, tetapi sama-sama tinggal di Planet
Bumi.
Dengan perkataan lain, di dalam sutra Buddha dikatakan bahwa segala
sesuatu memiliki hubungan dengan diri kita, apa alasannya? Oleh karena segala
sesuatu tercipta dari hati dan pikiran sendiri.
Andaikata niat pikiran yang membeda-bedakan dan melekat itu lebih ringan,
maka tubuh kita sehat, walaupun telah berusia lanjut namun takkan mengalami
penuaan. Mengapa demikian? Oleh karena tidak banyak beban pikiran.
Anda harus mengetahui bahwa hati yang membeda-bedakan itu adalah
beban pikiran, kalau beban pikiran ini ringan, maka proses penuaan itu akan
berjalan dengan lambat.
Sebaliknya kalau hati yang membeda-bedakan dan melekat itu sangat
berat, yakni beban pikiran ini sangat berat, maka proses penuaan itu akan
berjalan dengan cepat.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 2 Oktober 2010
地球上居住的這些眾生,我們肉眼能看得見的有人、有畜生。這個地球上也有菩薩、也有聲聞,他們雖然住在地球上,還是不同維次空間,他要不示現給我們看,我們看不到他。這歷史上有人看過,是真的不是假的。這地球上人鬼雜居,人也看不到鬼,鬼也看不到人,這都是空間維次不相同,但是都在地球上。換句話說,佛經典上所講的一切的一切,與我們自己有密切的關係,為什麼?不是別人變的,是我們自己心識所變。心能現能生,識能變,識是什麼?識就是分別執著。如果不分別、不執著,這個現象就不會變了。
所以,我們如果分別執著的念頭比較輕,沒那麼嚴重,什麼樣的現象生出來?你的身體就會很健康,你年齡雖然很大了,你不會很衰老。為什麼?因為你煩惱輕。你要曉得,分別執著是煩惱,你的煩惱輕,所以你變得很慢,不快;如果分別執著很重,就煩惱重,那變得就很快。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五五集) 2010/10/2
Lihatlah, wajah adalah cerminan hati, lingkungan berubah menuruti
perubahan hati, setelah memahami fakta ini, niat pikiran sendiri dapat
mengendalikan tubuh sendiri. Jika dapat dikendalikan dengan bajik dan bijak,
maka akan panjang umur dan awet muda.
Kapan anda bisa memahami kebenaran ini, maka sejak itu anda dapat
mempertahankan rupamu tetap awet, apabila anda memahami fakta ini pada usia 20
tahun, maka sampai usia lanjut, anda masih dapat mempertahankan penampilan
serupa dengan saat masih berusia 20 tahun, tidak berubah!
Walaupun mengalami proses penuaan, itupun akan berjalan dengan sangat
lambat. Jika pada usia 60 tahun, anda baru memahami kebenaran ini, maka
selamanya penampilanmu tetap serupa masih usia 60 tahun.
Di dalam Buddha Dharma dikatakan sebagai jalan untuk memelihara
kesehatan, jadi ada landasannya, bukan hanya ucapan yang tidak berdasar.
Yang kedua adalah lingkungan hunian kita, apabila niat pikiran kita
baik, setiap niat pikiran yang timbul terjalin dengan kebajikan sejati (kebajikan
yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati).
Apa yang dimaksud dengan kebajikan sejati? Yakni Sepuluh Kebajikan,
Enam Prinsip Keharmonisan, Enam Paramita, Sepuluh Tekad Bodhisattva
Samantabhadra, 48 Tekad Agung Buddha Amitabha, semua ini merupakan kebajikan
sejati.
Demikian pula dengan ajaran insan suci dan bijak Tiongkok zaman dulu,
juga merupakan kebajikan sejati. Andaikata niat pikiran, ucapan dan tindakan
kita terjalin dengan kebajikan sejati, maka lingkungan Bumi ini takkan ada
bedanya dengan Alam Sukhavati, bencana apapun takkan timbul.
Buddha Sakyamuni memperkenalkan pada kita bahwa Alam Sukhavati adalah
tempat berkumpulnya insan berkebajikan tertinggi. Makanya segala keistimewaan
di Alam Sukhavati adalah sempurna tanpa cacat sama sekali.
Di Bumi ini, bencana menyerang bertubi-tubi, sedangkan di Alam
Sukhavati tidak pernah terdengar istilah bencana. Apakah ada perbedaan antara
Bumi ini dengan Alam Sukhavati? Tidak ada bedanya sama sekali; hanya saja hati
penghuninya yang tidak sama, pola pikir yang tidak sama, karma yang diciptakan
tidak sama sehingga buah karma yang diterima jadi berbeda.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 2 Oktober 2010
Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati :
你看,相由心生,境隨心轉,明白這個道理,了解事實真相,自己可以控制自己。真能控制得好,控制得高明,就長生不老,活上一、二百歲還像年輕人一樣,這都是真的不是假的。你什麼時候明白這個道理,你就能永遠保持這個樣子,如果你二十歲明白,你活上兩百歲還是二十歲的樣子,不變!變得很緩慢。你六十歲明白這個道理,那你永遠保持六十歲的樣子,妙不可言。這佛法裡講的養生的大道,它有理論依據,它不是隨便說的。第二個我們居住的環境,環境也受我們意識的影響,意識是什麼?能變,環境是所變。我們的心態好、念頭好,起心動念都與性德相應,性德是什麼?佛法裡面講的十善業道是性德。佛法裡面講的六和、六度、普賢菩薩十願、阿彌陀佛四十八願,全是性德;我們中國老祖宗給我們講的,五倫五常、四維八德也是性德。如果我們起心動念、言語造作,都能夠與性德相應,我們地球上這個環境,就跟極樂世界沒兩樣,什麼災難都沒有。釋迦牟尼佛為我們介紹西方極樂世界,他說那個世界「皆是諸上善人俱會一處」,不是普通的善,上善。所以極樂世界美好,一絲毫缺陷都沒有。我們這個世間災難頻繁,到極樂世界聽都沒聽說過。其實我們地球,跟極樂世界有什麼差別?毫無差別;差別在居住這個環境的人,人心不一樣,思想不一樣,他造的業不一樣。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五五集) 2010/10/2