Saturday 8 June 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 September 2010 (Bgn 2)


Orang masa kini sulit diselamatkan, apabila anda menggunakan hati yang baik padanya, hati yang tulus padanya, dia langsung mencurigai ada niat apa yang terselubung dibaliknya? Makanya dia langsung mewaspadai dirimu. Apakah anda boleh menyalahkannya? Manalah boleh.

Mengapa demikian? Oleh karena di dalam masyarakat sekarang ini, semua orang telah kehilangan keyakinan hati, bukan saja terhadap orang lain tidak percaya, curiga berlebihan, bahkan terhadap diri sendiri juga tidak percaya. Makanya para makhluk sulit diselamatkan!

Bodhisattva dalam membangkitkan niat mulia, terlebih dulu menyelamatkan diri sendiri, setelah berhasil menyelamatkan diri sendiri barulah dapat mengamati kemampuan masing-masing individu, sehingga memiliki upaya kausalya, terhadap semua makhluk takkan ada niat terselubung.

Jadi ketika dia bertanya padamu kenapa begitu baik padanya? Anda juga tidak perlu menjelaskan padanya, dia juga tidak mungkin memahaminya. Kalau anda bilang padanya bahwa semua makhluk merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, dia pasti takkan percaya dan menuduhmu bicara sembarangan, memangnya siapa yang satu kesatuan denganmu? Mustahil dia bisa menerimanya, bayangkan sekarang kamu jadi serba salah.

Lantas satu kesatuan itu hanya bisa disampaikan kepada siapa? Praktisi yang tercerahkan, dia baru bisa mengerti. Kalau anda membahas tentang satu kesatuan dengan para makhluk di enam alam samsara, bagaimana dia bisa menerimanya? Bukan saja manusia tidak dapat menerimanya, bahkan para makhluk surgawi juga sulit menerimanya.

Maka itu Bodhisattva menjelma di enam alam tumimbal lahir, menyesuaikan dengan keadaan yang ada, takkan memiliki metode pengajaran yang tetap dan kaku, sangat fleksibel, poin ini mesti kita teladani.

Kita harus membangkitkan Bodhicitta, di dalam Bodhicitta terdapat hati Maitri Karuna, yang merupakan motivasi untuk menyelamatkan para makhluk; tanpa adanya hati Maha Karuna, maka motivasi ini takkan ada, tidak ingin melakukannya lagi.

Oleh karena adanya hati Maha Karuna, walaupun para makhluk mencurigai niat baikmu, sering-sering membuatmu frustasi, tetapi janganlah putus asa, hendaknya makin serius dan tekun melakukannya. Inilah motivasi dari hati Maha Maitri Maha Karuna.

Kemuliaan ini takkan bisa dirasakan orang yang tidak mendalami Buddha Dharma, dia hanya tahu orang yang ber-Maitri Karuna begitu bodohnya, tidak tahu mementingkan diri sendiri, cuma tahu berbuat demi kepentingan orang banyak, orang begini terlampau bodoh.

Untunglah Leluhur Tiongkok mengucapkan sebuah kalimat “Orang bodoh kaya berkah”, memang benar, dia telah menimbun pahala.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 September 2010


現代人不好度,你要是以善心、真心去對待他,他馬上就懷疑你有什麼企圖?你有什麼用心?立刻就提防。你能怪他嗎?不能。為什麼?今天整個社會一切眾生都失掉信心,不但對別人不相信、懷疑,對自己也不相信。眾生難度!菩薩在今天發心頭一個是先度自己,自己度了你才能觀機,你才有善巧方便,對一切眾生沒有企圖、沒有目的。你要問為什麼?也不必跟他講,他不懂。你跟他講同體,他根本不相信,你胡說八道,誰跟你同體?不能接受,你這多難。

  同體要跟什麼人說?開悟的人說,他明白了。六道眾生跟他談同體,他怎麼會接受?不但人間困難,天上也不容易,為什麼?一直到第二十八層天這些天眾,身見沒破,邊見、戒取見、見取見統統都在,哪有那麼容易?所以菩薩示現在六道,見人說人話,見鬼說鬼話,沒有一定的形式,也沒有一定的教學方法,真的叫隨機應變,非常的靈活,這些都是我們應當要學的。我們要發心,要發菩提心,這些統統都是菩提心裡面的,所以菩提心是因。菩提心裡面的大悲心,是度眾生根本的動力;沒有大悲心,這動力就沒有了,不想幹了。因為有大悲心,所以縱然眾生對你懷疑,對你有許許多多挫折,你還是不放棄,還是非常認真努力的去做。這是什麼?這是大慈悲心在推動。這是不學佛、沒有深入佛法的人他不會知道,他知道這個人很傻,不知道為自己,光知道為眾生,這人太傻了。好在在中國老祖宗有一句話說「傻人有傻福」,不錯,他還真修了福報。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一三六集)  2010/9/7





 

Ajaran Buddha menyebut Maitri Karuna, orang awam menyebutnya sebagai cinta kasih, cinta kasih itu satu makna dengan Maitri Karuna, tetapi di dalamnya ada sedikit perbedaan.

Cinta kasih individu, mengutamakan perasaan emosional tanpa menggunakan kebijaksanaan, sedangkan Maitri Karuna mengutamakan kebijaksanaan tanpa menggunakan perasaan emosional. Inilah letak perbedaannya.

Di dalam Maitri Karuna terdapat cinta kasih sejati atau cinta kasih universal, sedangkan orang duniawi membahas cinta kasih adalah cinta munafik, bukan nyata adanya, penuh kepura-puraan.

Lihatlah di dalam masyarakat sekarang ini, pria dan wanita menjalin hubungan, melanjutkan ke jenjang pernikahan sebagai bukti cintanya, katanya kalau tidak cinta bagaimana bisa menikah? Tapi kenyataannya pagi menikah malamnya minta cerai, bagaimana bisa dibilang cinta?

Makanya orang duniawi bilang I love U, jangan sampai dikelabui, itu cuma khayalan semu, bukan nyata adanya, usai itu muka berpaling tidak kenal lagi.

Hanya cinta kasih universal yang dimiliki oleh Buddha dan Bodhisattva merupakan yang sejati, yang selamanya takkan berubah, inilah yang disebut Maitri Karuna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 September 2010


佛家講慈悲,我們一般人講愛心,愛心跟慈悲是同一個意思,可是裡頭有一點不同,愛心裡頭有情沒有智,慈悲裡頭有智沒有情,不一樣就在這個地方。所以慈悲是真的真愛,世間人講愛是虛情假意,不是真的,假愛。你們看現在的社會,男女結合、結婚這是愛,他不愛他怎麼會結婚?結婚沒有幾天又離婚了,那是假的,不是真的。所以世間人講你愛我,千萬不要受騙,假的不是真的,過幾天就翻臉了。只有佛菩薩那個愛是真的,永恆的,永遠不會變的,叫慈悲。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一三六集)  2010/9/7





 

Lihatlah ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, menampilkan peragaan selama 80 tahun, sejak lahir ke dunia hingga memasuki Parinirvana, guna diperlihatkan kepada kita semuanya.

Apa yang Beliau peragakan sepanjang hayatNya? Yakni Maha Maitri Maha Karuna, demi mengasihi semua makhluk. Setelah kita memahaminya, barulah bersedia meneladaniNya, belajar padaNya.

Insan yang bersedia meneladaniNya, memiliki akar kebajikan yang mendalam dan tebal, umumnya kita bilang orangnya jujur, patuh dan tekun. Orang begini setelah menerima dan meyakini Buddha Dharma, dia langsung mengamalkannya, makanya pencapaiannya lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya.

Sebagian besar praktisi tidak mampu menerima dan meyakini Ajaran Buddha secara menyeluruh, suka menambah-nambah pengertian sendiri ke dalamnya, terhadap ajaran yang dibabarkan Buddha Sakyamuni, masih ada keraguan.

Terutama saat sekarang ini, dimana Buddha Sakyamuni telah memasuki Parinirvana tiga ribu tahun lamanya, kita selalu berpikir, Sang Buddha membabarkan Dharma pada tiga ribu tahun yang silam, apa masih cocok diterapkan pada zaman modern ini?

Kita selalu berpikir, kita hidup pada era tehnologi ini, harusnya kita lebih cerdas dibandingkan orang zaman dulu, makanya walaupun telah menerima Ajaran Buddha sebagai keyakinan diri, namun nilai rapor kita merah semuanya.

Sampai pada suatu hari ketika diri kita tercerahkan, barulah sadar bahwa kita telah menempuh banyak jalan berliku-liku, melangkah di jalan yang sesat, ini namanya “Tidak mendengar nasehat orang tua, makanya menderita kerugian besar”, masih lumayan, anda masih cepat sadar dan sempat kembali ke jalan yang benar.

Banyak orang yang tersesat di jalan yang salah dan tidak berhasil menemukan jalan keluar. Hanya sedikit orang yang lumayan beruntung, sempat menemukan jalan keluar dari kesesatan, terhadap Ajaran Buddha Sakyamuni, membangkitkan keyakinan sepenuhnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 September 2010

Dasar perhitungan tiga ribu tahun :



你看釋迦牟尼佛當年在世,給我們表演了八十年,從出生就表演給我們看,一直到他老人家圓寂。我們學佛久了明白了,他老人家在演戲,演給我們看的,演什麼?演大慈大悲。住世八十年表演慈悲,為的什麼?為的是愍有情,我們能體會,你才能曉得效法他,向他老人家學習,學習確實那是我們的善根福德因緣。他有非常好的、妙的方法,真正善根深厚,我們一般講老實、聽話、真幹,這是善根淳厚,他要接受佛法,他成就比別人都快。一般根性的不能完全接受,總夾著自己意思在裡面,對於老師,就釋迦牟尼佛他的教誨,總會產生懷疑。

尤其我們相去已經三千年了,我們總會想到他老人家講的三千年前的社會,現在這辦法還行嗎?還能用嗎?我們都自以為聰明,現在是什麼社會,所以縱然是景仰接受也打很大的折扣。真正到哪一天悟入了,才知道自己走了很多彎路、走了很多誤區,這就不聽老人言,吃虧在眼前,還算不錯,你還走出來。有許多人走不出來就彎下去了,不知道跑哪裡去了,那個佔大多數。少數算是很幸運,還走出來,走出來之後,對佛的教誨那佩服得五體投地。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一三六集)  2010/9/7







Sutra menyebutkan, “Ajaran semua Buddha adalah serupa”, jadi bukanlah Buddha Sakyamuni sendirian saja yang mengajarkan Dharma pada kita, namun semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, juga menyampaikan ajaran yang sama, yakni sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan).

Melatih sila adalah menaati peraturan, jadi bagaimana Buddha mengajari kita maka bagaimana pula kita mengamalkannya, jangan mengubahnya sesuka hati. Sang Buddha merupakan sosok yang telah berpengalaman, dari status orang awam melatih diri hingga berhasil mencapai KeBuddhaan, Beliau sangat memahaminya dengan jelas; sedangkan kita, apapun tidak tahu, belum pernah menempuh jalan ini, cuma bisa menduga-duga dan coba-coba saja.

Jadi kalau anda tidak sudi menuruti bimbingan Sang Buddha, anda masih suka mengandalkan peruntungan dan faktor kebetulan, siapa tahu masih ada metode instan, mari kita coba-coba mencarinya, mungkin Buddha Sakyamuni masih belum menemukan metode baru tersebut, beginilah pemikiran calon ilmuwan zaman muktahir.  

Tidak tahu bahwa ajaran yang telah disampaikan oleh Buddha Sakyamuni sudah sedemikian sempurnanya, lihatlah Sang Buddha tidak perlu memakai mikroskop, teropong bintang dan segala macam peralatan tehnologi lainnya, juga tidak perlu ilmu kalkulasi muktahir, cuma dengan melatih samadhi saja, sudah dapat menembus dimensi ruang dan waktu, mengetahui asal usul alam semesta dan sebagainya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 September 2010


經上講的「佛佛道同」,不是釋迦牟尼佛一個人這樣教給我們,十方三世一切諸佛都是這個講法,持戒、修定、開智慧。持戒是什麼?守規矩,佛怎麼說你就怎麼做就對了,不能打折扣,不能夠改變。他是個過來人,凡夫修成佛的過來人,他清楚;我們無知,這條路沒走過,在摸索。那你不依別人指點,你還投機取巧,這裡頭可能還有捷徑,我們再去找找,也許佛沒有發現,我們都有這種想法了,這是什麼?這是現在講科學觀。不知道人家那個方法是對的,你看人家不用現在這個科學,最先進科學儀器,不用這個東西,也不用那些高深的數學,他都不需要,他就修禪定。我們就不相信禪定,我們相信科學,科學看得見,禪定看不見。修禪定的人知道,真正得定,時空維次就突破,從甚深禪定裡面看到宇宙的源起,這宇宙怎麼來的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一三六集)  2010/9/7