Sunday 11 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Desember 2010 (Bgn 1)


Hendaknya menghapus niat pikiran berseteru, di dalam jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) tidak ada yang disebut dengan konflik. Selama ini tabiat jelek kita telah bertentangan dengan jiwa sejati, sehingga menciptakan banyak karma buruk.

Apabila kita telah tercerahkan, maka dapat terbebas dari enam alam tumimbal lahir dan melampaui Dasa Dharmadhatu, terlepas dari segala kekotoran batin dan tabiat.

Apabila masih juga tersesat dan tidak tercerahkan, maka terus berputar di dalam enam alam tumimbal lahir, melanjutkan apa yang disebut sebagai “setiap kelahiran demi kelahiran saling balas membalas tiada usainya”, inilah yang namanya cari susah sendiri!

Anda menghabisi nyawanya, dia pasti mencarimu balas dendam, dendamnya tidak mungkin bisa terurai. Anda merebut ketenaran dan keuntungannya (dengan cara curang), dia pasti berupaya merebutnya kembali dari tanganmu. Utang nyawa dibayar nyawa, utang uang dibayar uang, setiap kelahiran demi kelahiran, beginilah cerita lama, sungguh merepotkan.

Fakta ini telah dibuktikan oleh para ahli medis barat, mereka menggunakan metode hipnotis untuk menyembuhkan pasien yang menderita depresi, selama proses hipnotis berlangsung, ingatan mereka kembali ke masa silam, masa kelahiran lampau, mengungkapkan keluar segala budi dan dendam, barulah menyadari betapa rumitnya hubungan antar manusia. Dengan demikian penyebab depresi pun berhasil ditemukan.

Dengan metode penyembuhan hipnotis ini, para ilmuwan barat membuktikan adanya tumimbal lahir, Hukum Sebab Akibat adalah nyata adanya. Semua ini bukanlah dongeng yang diciptakan oleh para ilmuwan, oleh karena mustahil mereka dapat mengarangnya keluar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Desember 2010

Dasa Dharmadhatu :


消除對立的這種念頭,自性裡頭沒有對立,自性裡頭沒有矛盾,自性裡面沒有衝突。我們平常這些習性都是違背了性理,違背了自性,違背自性就是造惡,隨順自性就是修善,全在日常生活起心動念之處。真正覺悟,解脫!永遠脫離六道輪迴,脫離十法界,脫離了煩惱習氣。如果是迷而不覺,出不了六道輪迴,這裡頭還有一個虛幻的現象,冤冤相報沒完沒了,真找麻煩!你殺了他,他要報仇,他的怨恨沒有消掉,你奪了他的名利,他要討回,殺人償命,欠債還錢,世世代代找麻煩。這樁事情在最近這半個世紀,西方人很盛行的催眠,在催眠術裡面,他回到過去世,回到再過去世,把過去生中那些恩怨都說出來,才曉得現在人際關係裡頭為什麼這麼多麻煩,原因都找出來了。催眠在西方證明有輪迴、有因果報應,這是真的,這不是假的,不是催眠人編造出來的,他編不出這個故事來。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二一三集)  2010/12/3




 

Di dunia ini, semua orang yang kita kenal, baik jodoh baik maupun buruk, seluruhnya ada kaitannya dengan masa kelahiran lampau. Termasuk kadang kala ketika berjalan dan berpapasan dengan orang lain, dia menganggukkan kepala pada kita, atau melotot pada kita, semua ini juga ada kaitannya dengan benih karma masa kelahiran lampau. Kalau tanpa sebab, tidak mungkin ada kejadian begini.

Ini adalah bentuk jalinan jodoh yang tipis, mungkin sepanjang hidup cuma berpapasan satu kali saja, jika jodohnya tebal maka berkumpul menjadi satu keluarga, kerabat atau sahabat.

Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, hubungan antar manusia dapat dikategorikan dalam empat kelompok, yakni balas budi, balas dendam, tagih utang, bayar utang.

Manusia hendaknya dapat mengurai tak peduli itu adalah jodoh baik maupun jodoh buruk yang dijalinnya sejak kelahiran-kelahiran lampau. Jangan menjalin jodoh buruk dengan orang lain, dalam menjalin jodoh baik jangan mengharapkan pamrih, kalau tidak, maka kelak dia akan kembali mencari dirimu untuk balas budi.

Orang lain berutang padaku, maafkanlah dirinya, jangan lagi berharap dia melunasinya padamu. Utangku pada orang lain, hendaknya melunasinya, mengakhiri ikatan jodoh tersebut.

Hendaknya menjalin jodoh dengan Buddha Amitabha, jodoh ini pasti membawa manfaat terunggul bagi diri kita.
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Desember 2010


我們在這個世間,跟我們認識的,跟我們有往來的、有關係的,無論這個關係是善、是不善,統統都跟前生前世有關係。沒有關係,這一生當中不認識,就是在一起同一個車、同一條船都不認識,都不講話的。你遇到一個人,陌生人跟你點個頭,或者瞪你一眼,前世都有因,如果沒有因,不可能發生這個事情。那是一個因緣很薄的,可能一生當中就碰到一次,緣分很厚的就變成一家人,變成你親戚朋友。佛告訴我們,人與人的緣分四種緣,報恩、報怨、討債、還債。大乘經裡面,佛對於這些事情講得很多,幫助我們覺悟。在人生,在這一生當中,要把過去生中的緣,不管是善緣惡緣,都要把它化解開。記住,不跟任何人結惡緣,結善緣不求報,否則他來生還來報恩,到你家來。別人欠我的,原諒他,不要了;我欠別人的,應當要盡心盡力的要還他,把這個緣了了。要跟佛結緣,特別要跟阿彌陀佛結緣,這個緣對我們是決定有利益的,阿彌陀佛幫助我們一生證得究竟圓滿的佛果,這是其他法門裡頭沒有的,我們不能不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二一三集)  2010/12/3



 

Sutra Mahayana mengurai ajaran Buddha Sakyamuni dengan lebih jelas dan terperinci, hendaknya kita mempelajarinya dengan seksama, memulainya dengan perasaan hormat barulah anda dapat memahaminya.

Namun sekarang membangkitkan perasaan hormat ini justru merupakan hal yang paling menyulitkan. Masa kini kita menderita krisis perasaan hormat dan ketulusan hati. Meskipun Buddha dan Bodhisattva yang datang langsung membimbing diri kita, manfaat yang bisa kita peroleh juga sangat terbatas. Apa sebabnya?

Master Yin Guang berkata, “Dengan membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat”, seberapa besar ketulusan dan rasa hormatmu, maka sebanyak itu pula manfaat yang bisa anda petik.

Kalau tidak punya ketulusan dan rasa hormat, maka manfaat apapun tidak bisa anda peroleh, apa yang anda pelajari, apa yang anda dengar, semuanya hanyalah pengetahuan umum belaka, sedikitpun tidak mirip dengan Buddha dan Bodhisattva.

Belajar Ajaran Buddha adalah meneladani Buddha, jadi harus mirip dengan Buddha dan Bodhisattva. Jika niat pikiran yang muncul masih saja mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, mustahil bisa mirip!

Tetapi asalkan anda mau gigih berusaha memperbaiki diri, maka cepat lambat anda pasti meraih kemajuan batin, saat permulaan pasti akan berjalan lambat, apa alasannya?

Saat permulaan anda masih belum terampil, lama kelamaan setelah terampil dan mahir, maka kemajuan batin anda akan lebih cepat, oleh karena anda makin menyelami makna Ajaran Buddha, makin mahir dalam melepaskan kemelekatan.

Apa yang anda selami? Benar-benar memahami bahwa segala sesuatu di dunia ini adalah semu, kosong (atyanta-sunyata) dan tidak bisa diperoleh. Anda telah memahaminya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Desember 2010

Atyanta-sunyata :


大乘經教講得很透徹、講得很細緻,我們應當細心去體會,要從真誠恭敬裡面你才求得。這一點在現前非常非常困難,現在缺乏的,真誠的恭敬,即使諸佛菩薩來給我們講經教學,我們所得的都很有限。什麼原因?印光大師講得好,「一分誠敬得一分利益,十分誠敬得十分利益」,你有幾分誠敬你就得幾分利益。你沒有誠敬,你什麼利益都得不到,你所得到的,聽得很多,很勤奮的來學習,你所得到的全部是常識,現在的好的名詞叫佛學,你不是學佛,你跟佛菩薩不一樣,不像。學佛要學得很像才行,真像個佛菩薩,你做得不像。起心動念還沒有把自私自利放下,難,真難!但是,只要你能夠鍥而不捨,你會有進步,開頭進步很慢,為什麼?這個關口很不容易突破,突破之後,進步就快了,像幾何上所說的加速度,因為你真的明白了,明白了才真肯放下。明白什麼?真正明白萬法皆空,真正明白一切法無所有、畢竟空、不可得,你真的明瞭了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二一三集)  2010/12/3