Wednesday 24 July 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2010 (Bgn 1)


Lihatlah di dalam Liji (salah satu dari lima klasik ajaran Konfusius), kalimat pertamanya adalah menghormati semua makhluk. Orang zaman sekarang tidak mampu melakukannya, kondisi orang masa kini sungguh memprihatinkan, tidak mengecap pendidikan kesusilaan, tidak melihat adanya teladan yang baik.

Di dalam masyarakat Tiongkok zaman dulu, pendidikan dan budaya warisan leluhur dapat berlangsung hingga beribu-ribu tahun lamanya. Penduduk dusun yang tuna aksara, tidak pernah mengecap pendidikan, tetapi dia tahu berbakti pada Ayahbunda, dia tahu menghormati guru dan senior, dia telah menggenggam prinsip yang pokok.

Lain halnya dengan sekarang ini, sudah tidak ada orang yang mendidik, tidak pernah terdengar lagi, juga tidak ada teladan yang baik. Ayahbunda zaman now sudah bertukar peranan dengan anak-anaknya, masa kini, orang tua yang berbakti pada putra-putrinya, bagaimana dunia ini tidak kacau? Bagaimana bencana tidak melanda?

Dari mana datangnya bencana? Dari sinilah bencana berasal, sikap durhaka telah memusnahkan akar ini. Pedoman tertinggi yang wajib ditaati praktisi Aliran Sukhavati adalah “Tiga Berkah Karma Suci”, yang terdiri dari 11 butir, yang pertama adalah “Berbakti pada Ayahbunda”, yang kedua adalah “Menghormati guru dan senior”, ini adalah akar.

Jiwa raga kita diperoleh dari Ayahbunda, jiwa kebijaksanaan diperoleh dari guru, jika budi kebajikan besar ini dilupakan dan diabaikan, maka semua kebajikan yang anda lakukan cuma munafik.

Tak peduli berapa besar kesuksesan yang dicapai, kalau akar sudah tidak ada, maka dengan perkataan yang tidak sedap didengar telinga, akibatnya adalah jatuh ke tiga alam rendah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2010


你看《禮記》裡,你一打開,頭一句話「曲禮曰,毋不敬」,對一切眾生恭敬。要恭敬到什麼樣的程度?所以現在人沒有法子,現在人可憐,沒有受過教育,沒有看到過好樣子。在古代的時候,中國祖宗的教誨延續了幾千年沒丟掉。鄉下人不認識字,沒念過書,他懂,他懂得孝敬父母,他懂得尊敬老人,這個根本他抓到了。現在沒有了,不但沒人教,沒聽說過,也沒有看到過。現在做父母的,已經掉過頭來孝順兒女,不是兒女孝順父母,父母孝順兒女,天下怎麼能不亂?災難怎麼能沒有?災難從哪來?就從這裡來的,這個不孝就是把根毀掉。淨宗修學所依最高指導原則是淨業三福,淨業三福第一句「孝養父母」,第二句「奉事師長」,這是根。我們的身命得自於父母,慧命得自於師長,大恩大德,大根大本。如果對這個都疏忽掉,都忘得乾乾淨淨的,其餘的全都是假的。我們生在當前這個時代,不管他將來有多麼大的成就,只要根沒有了,說個不好聽的話,果報全在三途。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七五集)  2010/10/25




 

Kondisi para makhluk di enam alam tumimbal lahir adalah sungguh memprihatinkan, makanya Buddha dan Bodhisattva dengan hati Maha Karuna, mengasihi semua makhluk, mencabut akar penderitaan para makhluk.

Manusia bagaimana yang paling menyengsarakan? Orang yang mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi adalah manusia yang paling sengsara. Orang yang mengejar ketenaran dan keuntungan adalah manusia yang paling sengsara.

Orang yang mendambakan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran) adalah manusia yang paling sengsara. Orang yang penuh dengan keserakahan, kebencian, kebodohan, kesombongan, kecurigaan adalah manusia yang paling sengsara.

Kalau kedunguan-nya sudah sampai tahap begini, maka membaca sutra juga tidak sanggup memahaminya, walaupun Buddha dan Bodhisattva yang langsung datang menjelaskan padanya, dia juga tidak sanggup memahaminya, mengapa demikian? Rintangan karma yang terlampau berat, rintangan karma ini adalah kekotoran batin dan tabiat, ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, tabiat begini sudah terlampau beratnya.

Apa yang dia dengar dan dia baca, bukanlah makna sesungguhnya dari sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, namun merupakan hasil penafsirannya sendiri.

Lihatlah di dalam “Gatha Pembukaan Sutra” tercantum bahwa “Semoga memahami makna sesungguhnya dari sutra yang dibabarkan Tathagata”. Apa yang dia pahami bukanlah makna sesungguhnya dari sutra yang dibabarkan Tathagata, tetapi hasil penafsirannya sendiri.

Untuk memahami makna yang sesungguhnya dibutuhkan hati sejati (tulus), barulah anda dapat memahami makna sesungguhnya dari sutra yang dibabarkan Tathagata, maka itu hanya insan yang memiliki hati Maha Maitri Karuna yang dapat memahaminya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2010

Gatha Pembukaan Sutra :


六道是太苦太苦,太可憐了,所以佛菩薩以大悲心,這個大悲心是憐憫心,悲是拔苦,他太可憐、太苦了。什麼人最苦?自私自利的人最苦,追求名聞利養的人最苦,貪圖五欲六塵的人最苦,充滿貪瞋痴慢疑的人最苦。苦到那個程度,給諸位說,看佛經看不懂,佛菩薩來給他講,他也聽不懂,為什麼?業障太重,這個業障就是煩惱,煩惱習氣,貪瞋痴慢的習氣太重了。他所聽的、他所讀的不是佛的意思,是他自己的意思。你看開經偈講得多好,「願解如來真實義」,他解的不是如來,他是自己的意思,他沒有如來真實義。為什麼?如來真實義要真心,你才能體會到如來真實義,所以就是真正有大慈悲心的人能懂。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七五集)  2010/10/25



 
 

Insan yang memiliki hati Karuna, akan mengasihi para makhluk yang didera penderitaan, yang berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, bahkan terhadap Raja Dewa juga tak terkecuali.   

Raja Dewa pada masa kelahiran lampaunya menimbun pahala yang besar, sehingga menjadi Raja Dewa. Timbunan pahala sebesar apapun, suatu hari juga bisa habis dinikmati, setelah pahalanya habis maka akan jatuh ke alam yang lebih rendah, umumnya jatuh ke Alam Manusia, hal ini menandakan dia masih memiliki sisa berkah.

Apabila pada masa kelahiran lampaunya melakukan karma buruk yang berat, maka hanya bisa pasrah mengikuti kekuatan karma pergi menerima balasan karmanya, jika hati lobanya berat, akibatnya jatuh ke Alam Setan Kelaparan; jika kebenciannya berat, hati pongahnya berat, mudah jatuh ke Alam Neraka. Insan zaman dulu berkata “Semakin tinggi mendaki, jatuhnya juga semakin menyakitkan”.

Kita melihat banyak kasus medis di negara barat, yang menggunakan cara hipnotis untuk menyembuhkan para pasien yang menderita gangguan mental. Salah satu kasusnya adalah seorang pasien yang dihipnotis, sanggup mengingat kembali masa kelahiran lampaunya hingga lebih dari empat ribu tahun yang lampau.

Waktu itu dia tinggal di dalam gua, tidak ada rumah, masih merupakan  zaman purbakala. Sepertinya dia sanggup mengingat masa kelahiran lampaunya hingga beberapa puluh kehidupan, sepertinya lebih dari 80 masa kehidupan, dia masih sanggup mengingat bagaimana keadaan pada zaman purbakala.

Orang ini tidak pernah terlahir menjadi hartawan, juga tidak pernah mempunyai kedudukan tinggi, kehidupannya cuma biasa-biasa saja, makanya setelah meninggal dunia, dia bertumimbal lahir lagi di Alam Manusia, juga melewati kehidupan yang susah.

Praktisi sekalian hendaknya tahu bahwa orang kaya dan punya kedudukan, lebih gampang menciptakan karma baik, tetapi juga mudah menciptakan karma buruk.

Makanya kasus hipnotis di atas adalah orang yang biasa-biasa saja, selama menjalani proses hipnotis, dia dapat menceritakan pengalamannya selama berpuluh-puluh masa kehidupan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2010


真正有悲心的人,憐憫六道裡頭所有的苦難眾生,連天王都不例外。天王是天人當中,過去生中修的福報大,做天王。福報有享盡的時候,享盡怎麼辦?享盡就往下墮落,一般多數墮落在人道,這是什麼?他還有餘福。如果他過去生中也造很重的罪業,隨業受報,他要是造餓鬼道的業很重,這貪心很重,他就會墮到餓鬼道;瞋恚心重的人、傲慢心重的人,很容易墮到地獄道。古人諺語所謂「爬得高摔得重」,就這個道理。我們也看到外國人搞催眠,我看到他報告裡頭,曾經有一個人能夠回到過去四千多年前,住在山洞裡頭,沒有房子,那上古時代的。到現在好像有幾十世他都能記得,好像八十多世的樣子,八十多世他能記得,上古時代那個樣子。這些人都不是做過大富貴的人,都不是做過大官的人,平平常常的,所以他輪迴就在人道,人間也是平常人,也過得很辛苦。諸位要曉得,做大官、發大財的,他造的業就很重,造善業也容易,造惡業也容易。平平常常這樣的人,生生世世平平常常的,在催眠當中可以看,他能夠曉得幾十世的經歷。這些跟佛經上講的都相應。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七五集)  2010/10/25