Friday 21 June 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2010 (Bgn 2)


Kini sila sudah diabaikan, oleh karena sila sudah diabaikan maka Ajaran Buddha pun telah berubah kadar keasliannya. Ada yang berubah jadi kepercayaan, ada pula yang berubah jadi ilmu pengetahuan, contohnya mata kuliah di perguruan tinggi, saya sendiri juga pernah jadi dosennya, pernah mengajarkan mata kuliah ini, menjadikan Ajaran Buddha sebagai ilmu pengetahuan, umumnya disatukan dengan ilmu filsafat, yang dinamakan Filosofi Ajaran Buddha.

Kita juga melihat vihara-vihara telah berubah jadi objek wisata, ada pula yang telah berubah jadi Ajaran Buddha beraroma bisnis. Tetapi yang paling parahnya adalah Ajaran Buddha yang telah menjurus pada sekte sesat.

Dengan memakai Ajaran Buddha sebagai topeng, mendadani sekte sesatnya, seolah-olah adalah Ajaran Buddha yang murni, padahal yang diajarkan di dalamnya adalah sesat. Inilah fenomena umum yang kita lihat pada masyarakat era kini.

Di luar Negeri Tirai Bambu, oleh karena kebebasan masyarakat dijunjung tinggi, makanya muncul banyak sekte sesat, tidak serupa dengan zaman dulu dimana peraturan masih ketat, yang merupakan bentuk perlindungan yang diberikan oleh negara terhadap kehidupan rohani para penduduknya.

Ajaran Buddha yang murni adalah ajaran yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, kini semakin langka terlihat. Jalinan jodoh kami dalam belajar Ajaran Buddha boleh dikatakan sangat unggul, bersyukur dapat bersua dengan kalyanamitra sejati, yang membimbing kami mengenal ajaran Buddha Sakyamuni, menasehati kami supaya meneladani Buddha Sakyamuni, bimbingan ini sungguh tepat adanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2010


現在我們看起來戒沒有了,戒沒有了就是佛沒有了,現在佛教都變了。社會上形態很多,一般變成宗教,也有變成學術,像許多大學裡頭用佛經開課,我也學過、我也教過,把佛經當作一門學術來研究,通常都放在哲學課程裡面叫佛經哲學,這變成學術了。近代我們看到佛教變成旅遊觀光的,觀光旅遊的佛教,還有變成企業的佛教。問題最嚴重的邪教的佛教,打著佛教的旗號,其實是假的不是真的,這個現在在社會上到處都能看得到。在國外,因為社會是民主、自由、開放,不像古時候社會制度不相同,對於言論的管轄很嚴格,這都是國家保護人民的精神生活。

真正的佛教是釋迦牟尼佛的教育教學,很少看到。我們學佛機緣可以說無比的殊勝,我們遇到了真善知識,指導我們認識釋迦牟尼佛,向釋迦牟尼佛學習,這個指導非常正確。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一四四集)  2010/9/15




 

Apa status Buddha Sakyamuni? Beliau adalah seorang Guru Pembimbing yang bergerak di bidang pendidikan, sepanjang hayatNya menekuni karir ini.

Ajaran Buddha berkembang hingga masa kini, di dalamnya telah mengandung banyak tata cara upacara, ritual-ritual, semua ini tidak ada pada era Buddha Sakyamuni.

Bahkan dalam hal melatih diri, sekarang kita melihat ada kegiatan Retret Zen, Fo-Qi (kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari berturut-turut), ketika Sang Buddha membabarkan Dharma di dunia ini, adakah diselenggarakan kegiatan semacam ini? Mana ada.

Semasa hidupNya, Buddha Sakyamuni tidak pernah menyelenggarakan kebaktian umum melafal Amituofo meskipun cuma sehari saja, tidak ada, juga tidak ada kegiatan Retret Zen, tidak ada.

Hal ini serupa dengan ucapan insan zaman dulu sebagai “Guru membimbing memasuki pintu ajaran, melatih diri adalah urusan masing-masing individu”.

Jadi seorang guru hanya menyampaikan teori padamu, menjelaskannya padamu, setelah memahaminya, maka melatih diri dan mencapai pencerahan adalah urusan masing-masing individu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2010


釋迦牟尼佛是什麼身分?他不是宗教,他是教育,一生從事於教學的工作。現在佛教裡面,所有這些儀規、這些佛門的法事,在釋迦牟尼佛當時完全沒有,連修行,現在我們常常看見的禪七、佛七,有沒有?沒有。世尊當年在世,從來沒有跟大家在一起念一天佛,沒有,也沒有跟大家在一起做個七天禪七,沒有。真正是古德所說的,「師父領進門,修行在個人」,他只是給你上課,只是給你解答問題,你統統都明白了,怎麼樣修行證果是你自己的事情。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一四四集)  2010/9/15

 


 
 
Sutra dan sastra Aliran Tanah Suci tidaklah banyak, yang paling pokok adalah lima sutra dan satu sastra, isi dari lima sutra tidaklah banyak, bila digabungkan juga tak lebih dari satu buku, sangat cocok buat orang masa kini.

Masa kini telah memasuki masyarakat industri, setiap orang sibuk dengan pekerjaan masing-masing, waktu luang menjadi sangat sedikit, untuk mempelajari sutra atau sastra lainnya, butuh waktu yang panjang, tentunya bukanlah hal yang gampang.

Bagaimana caranya memanfaatkan waktu yang sangat sedikit untuk belajar, tetapi dapat memperoleh hasil yang efektif, Pintu Dharma ini merupakan harapan bagi setiap insan. Maka itu Sang Buddha merupakan sosok yang menakjubkan, dapat menuruti kehendak para makhluk, membabarkan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

Tiga persyaratan penting yang harus dipenuhi adalah berdiam dalam kediaman Buddha Amitabha, mengamalkan apa yang diamalkan Buddha Amitabha, merenungkan apa yang direnungkan Buddha Amitabha.

Apa yang direnungkan oleh Buddha Amitabha? Buddha Amitabha merenungkan para Buddha, bagaimana cara Beliau merenungkan para Buddha? Yakni merenungkan semua makhluk di seluruh semesta alam sesungguhnya adalah Buddha! Inilah yang direnungkan oleh Buddha Amitabha.

Apa yang diamalkan oleh Buddha Amitabha? Yakni mengerahkan segenap tenaga dan pikiran demi berdedikasi kepada semua makhluk, dengan perkataan hari ini adalah menyelamatkan para makhluk, membantu semua makhluk untuk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan.

Menjauhi penderitaan maksudnya adalah selamanya terbebas dari enam alam tumimbal lahir, selamanya terbebas dari Dasa Dharmadhatu. Memperoleh kebahagiaan maksudnya adalah mencapai KeBodhian tertinggi tiada taranya. Inilah pengamalan yang diamalkan oleh Buddha Amitabha.

Berdiam dalam kediaman Buddha Amitabha maksudnya adalah berdiam dalam Nitya-sthita (tanah suci tingkatan tertinggi di Alam Sukhavati). Sutra Intan menyebutkan, “Dalam menyelamatkan para makhluk takkan melekat pada niat pikiran apapun”, tidak melekat pada niat pikiran apapun adalah Nitya-sthita.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2010

Lima Sutra dan satu sastra Aliran Sukhavati :

Dasa Dharmadhatu :

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :


五經分量都不大,五經合起來也只有一本書,非常適合現代人。現代進入工業化社會,每個人工作繁忙,休閒的時間很少,學習其他的經論要相當長的時間,這有困難。如何每天用很少的時間來學習,而且能夠收到很大的效果,這個法門就是這些人心目當中所嚮往的。所以佛是很了不起,能夠隨順一切眾生,像《楞嚴經》上所講的,「隨眾生心,應所知量」,開啟這樣的一個法門,這個法門就是念佛法門。念佛法門在前面講的,這三個條件很重要,就是我們要能夠住彌陀之所住,行彌陀之所行,念彌陀之所念。彌陀所念的是念佛,他是怎麼念佛?遍法界虛空界所有一切眾生本來是佛,這是真的不是假的,我們哪一個不是本來佛!這彌陀所念。彌陀所行,全心全力為一切眾生服務,我們用今天的話來說,普度眾生就是為一切眾生服務,幫助一切眾生破迷開悟,離苦得樂,離苦是永遠脫離六道輪迴、永遠脫離十法界,那個樂是證無上菩提,彌陀所行。彌陀所住的,前面跟諸位報告過,住常寂光,《金剛經》上所說的「應無所住而生其心」,無所住就是常寂光。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一四四集)  2010/9/15

 


 
 
Sepanjang sejarah Tiongkok, para Kaisar begitu naik tahta, segera menganugerahkan gelar anumerta kepada Ayahbunda dan Leluhurnya, mengapa demikian? Sebagai bentuk penghormatan kepada Leluhur dan gurunya, ini merupakan dua hal yang sangat penting dalam budaya tradisional Tiongkok.

Sama halnya pula dalam Ajaran Buddha, berbakti pada Ayahbunda, menghormati guru, terhadap keberhasilan seseorang, budi kebajikan dua sosok ini merupakan yang paling besar.

Walaupun prestasi anda melampaui Ayahbunda, melampaui guru, tetapi juga tidak boleh meremehkan Ayahbunda dan guru, dengan demikian ketika anda mendidik orang lain, barulah mereka mau mendengarkanmu, salut padamu.

Sebaliknya bila pencapaianmu melampaui Ayahbunda, lantas jadi meremehkan Ayahbunda, oleh karena Ayahbunda sudah tak sebanding denganmu, sekarang anda sudah lebih hebat, orang begini banyak sekali, akibatnya masyarakat juga akan meremehkan dirimu, oleh karena anda durhaka pada Ayahbunda dan kurang ajar pada guru.

Kedudukan atau popularitas anda di dalam masyarakat melampaui guru, lalu tidak mau menanyakan pendapat guru lagi, inilah yang disebut sebagai mengkhianati guru, merupakan durhaka besar.

Sebesar apapun kesuksesan anda, orang lain menghormatimu juga cuma untuk sesaat saja, namun sepanjang perjalanan sejarah, takkan ada orang yang menghormatimu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 September 2010


在中國,你看看帝王,歷代帝王他得到政權,做了皇帝,一定是追封他的父母、祖父做太王,這是什麼?敬祖宗,敬老師,這是中國傳統裡最重要的兩樁事情。佛法教學也不例外,孝養父母,奉事師長,一個人的成就,這兩個人的恩德最大。成就超過父母、超過師長,但是也不敢輕慢父母跟師長,這是教訓天下人,天下人才真的服你,真的佩服你。如果你超越父母,不孝父母,因為父母不如你,你本事比父母大,這種人很多,那社會上人瞧不起,不孝父母、不敬師長。你在社會上地位或者是名譽超過老師,對老師不再過問、不再提了,這是什麼?背師叛道,大不孝。無論成就多大,當時有人恭維你,在歷史上不會有人尊敬你的。像這些事情我們都得懂得。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一四四集)  2010/9/15