Segala
kejadian yang tidak menyenangkan yang menimpa diri kita, hendaknya ditanggapi
dengan hati yang bersyukur, apa alasannya? Mengeliminasi rintangan karma.
Sebaliknya
apabila timbul kebencian di hati, bukan saja menghapus rintangan karma, malah bertambah
berat. Lihatlah semua ini hanya ada dalam sebersit niat pikiran saja.
Orang
lain menfitnah diriku, menghina diriku, mencelakai diriku, semuanya ini guna
mengeliminasi rintangan karmaku, makanya menerimanya dengan senang hati,
merupakan hal yang bagus!
Ketika
anda menikmati pahala, ini disebut mengeliminasi karma baik. Setelah karma baik
dan karma buruk sudah habis dieliminasi, barulah hati yang suci akan muncul ke
permukaan.
Siapakah
yang berhasil mengikis rintangan karma baik dan karma buruk hingga bersih?
Arahat telah mengikisnya sampai bersih, barulah dapat keluar dari enam alam
tumimbal lahir.
Setelah
anda melakukan karma baik, melekat pada rupa, tidak dapat keluar dari enam alam
tumimbal lahir, harus menghabiskan berkah di tiga alam bajik. Setelah melakukan
karma buruk, harus menjalani siksaan di tiga alam rendah.
Jadi
tak peduli melakukan karma baik maupun karma buruk, tetap saja tidak dapat
keluar dari enam alam tumimbal lahir.
Lihatlah,
ketika anda menikmati berkah, apakah tidak menciptakan karma buruk? Kita
melihat orang-orang kaya di dunia ini, tidak usah membahas yang lainnya, cuma
untuk urusan makan dan minum saja, setiap hidangan harus ada daging hewaninya.
Sutra
Buddha menyebutkan, memakan dagingnya setengah kati kelak harus membayarnya
setengah kati juga, utang nyawa bayar nyawa, utang uang bayar uang, jadi bukan
hal yang bagus.
Buddha
Sakyamuni memiliki pahala yang sangat besar, bila tidak meninggalkan
keduniawian, Beliau akan menjadi raja, namun beliau memilih meninggalkan keduniawian
dan hidup berpindapatra, punya berkah tapi tidak dinikmati, mengapa demikian?
Mengeliminasi.
Maka
itu berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, terus terang saja,
hanya untuk mengeliminasi baik karma baik maupun karma buruk.
Mengeliminasi,
jangan lagi menciptakan karma baru, barulah bisa terhapus dengan bersih; jika
sambil menghapus sambil menciptakan karma baru, maka selamanya takkan ada
tuntasnya.
Lantas
apakah kita masih perlu menciptakan karma baik? Tentu saja harus, hanya saja
melakukan kebajikan itu jangan melekat pada rupa.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 14 Desember 2010
我們在這一生當中所遇到一切不如意的事情,都要用感恩的心,為什麼?業就消掉了。如果用怨恨的心,不但不消,還得加重。你看就這一念之間。別人毀謗也好、侮辱也好、陷害也好,統統是消業障,不能不接受,好事,不是壞事!你這一生享福受的報,那也叫消業障,消什麼業障?消你善業的業障。業有善惡,享福就是消你修的善業,受罪就是消你不善的罪業,統統都在消業。業消盡了,你的清淨心就現前。什麼人消盡?阿羅漢消盡了,善惡業都消盡,才能出得了六道輪迴。你做了好事,著了相,出不了六道輪迴,要在三善道受報;做了壞事,三惡道受報,都出不去,這個不能不知道。你看看你享福,享福要不要造業?我們以人間來說,大富大貴人家,不說其他的,單單講飲食,餐餐都有眾生肉。佛經上講得好,吃牠半斤要還牠八兩,欠命的要還命,欠債的要還錢,所以不是好事。釋迦牟尼佛福報大,不出家是國王的身分,他出家,他托缽,有福不享,為什麼?消掉了。所以六道說個實實在在的話,就是來消業的。消,不再造了,才能真消得掉;一面消一面又造是永遠都消不掉,這個道理要懂。那我們要不要斷惡修善?要,斷惡不著斷惡的相,業就消掉,修善不著修善的相,要非常認真努力去做,同時又要能跟大三空三昧相應,業障就消掉了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二一集) 2010/12/14
Mengeliminasi,
jangan lagi menciptakan karma baru, barulah bisa terhapus dengan bersih; jika
sambil menghapus sambil menciptakan karma baru, maka selamanya takkan ada
tuntasnya.
Lantas
apakah kita masih perlu menciptakan karma baik? Tentu saja harus, hanya saja
melakukan kebajikan itu jangan melekat pada rupa. Bagaimana caranya?
Seperti
yang diucapkan Konfusius bahwa tinggal di dalam rumah sendiri, mulut
melontarkan ucapan yang baik, dapat mempengaruhi hingga ribuan li jauhnya.
Betapa besar dampak positifnya.
Seorang
insan mulia yang berhati baik, ucapan baik, perbuatannya baik, tinggal di
lingkungan ini, bukan saja masyarakat sekitar bisa memperoleh pengajarannya,
bahkan orang-orang yang berada di kisaran seribu li jauhnya, juga dapat
merasakan dampak positifnya. Apalagi orang-orang yang berada di dekatnya!
Seorang
praktisi pelafal Amituofo, dalam hatinya hanya ada sepatah Amituofo, ucapan
yang keluar adalah Amituofo, perbuatannya terjalin dengan 48 tekad agung Buddha
Amitabha, maka pengaruh yang ditimbulkannya bukan saja menjangkau hingga ribuan
li, sutra memberitahukan pada kita, seluruh jagat raya akan ikut merasakan
dampak positif ini.
Begitu
sebersit niat pikiran timbul, seluruh semesta alam langsung menerima getaran
ini, apalagi orang-orang yang berada di sekitar kita. Sebutir niat pikiran
jelek muncul, seluruh alam semesta langsung mengetahuinya, apalagi orang yang
berada di dekat kita, yang paling dekat adalah tiga alam rendah. Maka itu jangan
sampai timbul niat pikiran buruk.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 14 Desember 2010
消,不再造了,才能真消得掉;一面消一面又造是永遠都消不掉,這個道理要懂。那我們要不要斷惡修善?要,斷惡不著斷惡的相,業就消掉,修善不著修善的相,要非常認真努力去做,同時又要能跟大三空三昧相應,業障就消掉了。
怎麼修法?這經教上前面說得很多,後面還有很多。佛菩薩慈悲,不斷的在提醒我們,就包括世間善人也不例外,世間善人所說的,你真正能往深處去體會,世法就變成佛法。譬如孔子說,「君子居其室」,住在自己房子裡頭,口出一句善言,「則千里之外應之」,能夠有這麼大的影響。君子心善、言善、行善,居住在這個地方,這一個地方受他教化,千里之外都受影響,何況靠近的!我們往深處體會,一個念佛的人,心裡只有阿彌陀佛,口念阿彌陀佛,行阿彌陀佛四十八願,他的影響不止千里,這經上給我們講,遍法界虛空界。我們讀《妄盡還源觀》就明白了,念頭才動就周遍法界,就出生無盡、含容空有,一個道理。如果「居其室,出其言不善,則千里之外違之」,何況在周邊。不善的念頭、不善的思想,在佛法裡都是遍法界虛空界,近的,六道三途;千里之外,遠的,法界虛空界,所以心不能不善。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二一集) 2010/12/14
Niat
pikiran terbaik, tak lain adalah sepatah Amituofo. Apa alasannya? Amituofo
adalah kebajikan sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa
sejati), Amituofo adalah jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) setiap makhluk.
Master
Dhyana Zhong Feng di dalam buku sutra yang disusunnya, yang berjudul “Kebaktian
pembacaan Amitabha Sutra berkesinambungan selama tiga sesi”, mengatakan bahwa
“Hatiku adalah Buddha Amitabha, Buddha Amitabha adalah hatiku”, ini nyata
adanya.
Tetapi
persoalannya, bagaimana dengan praktisi pelafal Amituofo zaman now? Di hati
mereka tidak ada Buddha Amitabha. Mereka memuja terlalu banyak Buddha dan
Bodhisattva, akibatnya tidak dapat terfokus.
Insan
yang menempatkan Buddha Amitabha di dalam hatinya, seperti yang dikatakan di
sini bahwa, orang awam dapat membawa serta karmanya terlahir ke Alam Sukhavati,
saat menjelang ajal, Buddha Amitabha pasti datang menjemputnya.
Dengan
perkataan lain, meskipun orang awam yang masih diliputi oleh kekotoran batin,
asalkan memiliki keyakinan hati yang kokoh, maka kapan saja dia ingin beranjak
pergi dari dunia fana, Buddha Amitabha segera datang menjemputnya terlahir ke
Alam Sukhavati.
Apa
alasannya? Setiap lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan
demi lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha, setiap saat terjalin
dengan Buddha dan Bodhisattva, beginilah kebenarannya.
Serupa
dengan ucapan Master Ouyi yang menyebutkan bahwa, berhasil tidaknya seseorang
terlahir ke Alam Sukhavati, adalah tergantung pada ada tidaknya keyakinan dan
tekad yang dimiliki.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 14 Desember 2010
善中之善,無比殊勝的大善就是阿彌陀佛。為什麼?阿彌陀佛是性德,阿彌陀佛是自性。中峰禪師在《三時繫念》裡面講,「我心即是阿彌陀佛,阿彌陀佛即是我心」,這是真的,一點都不假。可是現在念佛人怎麼樣?念佛人心裡沒有阿彌陀佛。心裡面有其他的佛菩薩是偏中正,心裡面只有阿彌陀佛是正中正,這個認識不容易,幾個學佛的同學能有這樣的認知?真有這樣的認知,心裡才真有阿彌陀佛;真有阿彌陀佛的人,就像此地所說的,具縛凡夫能帶業往生,能感佛菩薩隨時來接引。也就是說,你雖然是具足一切煩惱,煩惱一品也沒斷,你有這種認識,你有這種堅定的信心,想什麼時候往生佛就來。為什麼?一念相應一念佛,念念相應念念佛,你跟佛菩薩念念感應道交,這麼個道理。理上講得通,那事上就沒有問題。這才叫真正的斷疑生信。蕅益大師所說的,能不能往生極樂世界,全在信願之有無,你真信、真願。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二一集) 2010/12/14