Monday 22 July 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Oktober 2010 (Bgn 1)


Apa yang dimaksud dengan kesucian? Secara sederhana dapat dijelaskan  sebagai tidak berbuat jahat, yakni mengamalkan Sepuluh Kebajikan. Dalam kehidupan keseharian, niat pikiran yang timbul, dalam menangani urusan, memperlakukan orang lain, makhluk hidup dan benda mati, apabila terjalin dengan Sepuluh Kebajikan, maka boleh dikategorikan sebagai kesucian. Inilah penjelasan secara sederhana.

Bila ditinjau lebih mendalam, menjauhi kekotoran batin, cakupan ini sudah meluas. Dengan perkataan lain, dalam menjalani aktivitas keseharian, ketika enam indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) melakukan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), takkan timbul niat pikiran, takkan membeda-bedakan dan takkan melekat.

Ke manakah kita harus melatih diri? Melatih diri ada dalam kehidupan keseharian, senantiasa memperhatikan niat pikiran sendiri yang muncul, apakah niat pikiran kita akan menyakiti orang lain atau makhluk hidup lainnya.

Tidak membunuh, melakukan pembunuhan memiliki cakupan yang sangat luas, kalau niat pikiran kita yang muncul adalah ingin membuat susah orang lain, mempersulit orang lain, cari gara-gara, bagaimana supaya orang lain jadi apes, meskipun kita tidak menghilangkan nyawanya, tetapi kita telah menyakiti dan melukai hatinya, ini juga termasuk ke dalam cakupan melakukan pembunuhan.

Lantas bagaimana kalau kita melihat orang lain berbuat jahat? Apakah kita harus tampil sebagai ksatria pembela kebenaran? Itu bukan urusan kita, biarkan pihak berwenang yang mengurusnya, ada hukum dan undang-undang yang akan mengurusnya, ada Hukum Karma yang akan mengurusnya. Kalau kita main hakim sendiri, maka kita sudah salah, hal ini mesti dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Oktober 2010


「清淨者,無惡行之過失、離煩惱之垢染曰清淨」。這是把清淨的標準說出來,什麼是清淨?你沒有惡行。我們不往深處講,我們淺說,清淨是什麼?十善業道。在你日常生活當中起心動念、待人接物,你沒有十惡,那就符合是清淨,這是淺說。再深一層,離煩惱之垢染,這範圍就大了,這個煩惱裡面有見思煩惱、有塵沙煩惱、有無明煩惱。當然法藏比丘是行菩薩道,前面我們讀過,古來祖師大德都認為他初發心的時候已經是地上菩薩,所以這個清淨包括無明煩惱。換句話說,他在日常生活當中,六根接觸外面六塵境界,確確實實做到不起心、不動念、不分別、不執著,這是法身菩薩清淨的標準。比第一句深,第一句說無惡行,我們初發心的都包括在裡頭。修行在哪裡?在日常生活、在起心動念,起一個念頭,要知道這個念頭對一切眾生有沒有損害。不殺生,不殺生的範圍很廣,如果我們起心動念要找別人麻煩,要是讓他受到一點傷害,並沒有殺他,受到傷害,都是屬於這個範圍,都不可以。他做壞事呢?做壞事用不著我們管他,有管他的人去管他,有法律去管他,有因果去管他。我們管他就錯了,這要懂得。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七二集)  2010/10/22
 



 

Masa kini merupakan era yang penuh dengan keruwetan, pola pikir manusia telah bertentangan dengan etika, moral dan Hukum Sebab Akibat, nilai kehidupan manusia telah berubah.

Coba tanyakan pada generasi muda, apa yang paling penting dalam kehidupan manusia? Dia pasti akan memberitahumu satu kata saja yakni “Duit” yang paling penting.

Hal ini sungguh berbeda dengan masyarakat Tiongkok zaman dulu, apa yang paling penting dalam kehidupan manusia? “Berbakti” merupakan yang paling penting.

Untuk apa saya datang ke dunia ini? Untuk mengharumkan nama keluarga dan membanggakan Leluhur, inilah yang merupakan nilai kehidupannya`.

Saya harus memberikan lebih banyak kontribusi bagi masyarakat, agar Leluhurku memiliki reputasi yang baik, agar semua orang merasa bangga pada Leluhurku, karena telah menghasilkan generasi penerus yang berguna bagi orang banyak.

Sekarang sudah berbeda, semua orang sibuk mengejar uang, bahkan Ayahbunda pun sudah tidak diakui lagi. Makanya masyarakat diliputi kekacauan, semua orang memandang berat pada uang, fenomena ini tidak dapat ditemukan sepanjang perjalanan sejarah. Lantas kenapa masyarakat begini bisa muncul pada saat sekarang? Mungkin merupakan sebuah petanda, peringatan keras, yakni dunia ini sedang menuju pada kemusnahan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Oktober 2010


今天這個時代,每一個朝代不一樣,現在這個時代是太麻煩了,人的思想違背了倫理、道德、因果,人的價值觀變了。現在你要去問問這些年輕人,你問他,人生在世什麼最重要?他會告訴你一個字,「錢」最重要。在中國古時候不是的,人生在世什麼最重要?「孝」最重要。我來到這個世間,是幹什麼的?榮宗耀祖,光大門楣,他這麼個價值觀。我要在社會上多做好事,讓我的祖宗有面子,讓大家讚歎我的祖宗,這一家出了這麼一個好的後代,不一樣。現在要錢,連父母都可以不要,這成什麼話?所以社會動亂,一切都向錢看,這是很奇怪的一個社會,在古今中外歷史裡找不到的,怎麼出現這種社會?大概凡是這種社會出現,那就是一個警告,是什麼?世界快要毀滅了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七二集)  2010/10/22



 
 

Manfaat berdana (murah hati) adalah begitu banyaknya. Lihatlah saya sendiri, selama bertahun-tahun berkelana di seluruh pelosok dunia, tidak pernah bawa duit, berapa harga selembar tiket pesawat terbang, saya tidak tahu sama sekali, setiap kali bepergian, orang lain yang membelikan tiket buatku.

Sampai di tempat tujuan, ada yang menjemput dan mengurus segala keperluanku, lihatlah alangkah leluasanya!

Selama menetap di Hong Kong, saya tidak memiliki tempat tinggal, rumah yang saya huni adalah berasal dari seorang lansia yang sebaya denganku. Putranya adalah seorang pengusaha properti, membangun rumah baru, lalu lansia ini pindah ke rumah baru.  

Dia tidak bersedia menjual rumah lamanya, katanya sudah berpuluh-puluh tahun menetap di rumah lama, juga tidak bersedia menyewakannya keluar, takut dirusak orang lain.

Alhasil ketika saya berkunjung ke Hong Kong, dia langsung membiarkan saya tinggal di rumah lamanya, lihatlah betapa bebasnya. Dia hanya menyerahkan kunci rumah kepada diriku, sedangkan segala tagihan bulanan  ditanggung olehnya. Walaupun sudah lama menetap di rumah ini, saya juga tidak tahu berapa besarnya biaya perbulan.

Ketika saya meninggalkan Hong Kong, tinggal menyerahkan kembali kunci rumah kepada dirinya, itu adalah hak miliknya. Betapa bebasnya, makanya bila anda memiliki sebuah rumah, maka rumahmu adalah bebanmu, banyak hal yang harus dipusingkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Oktober 2010

布施好處太多了。你看我這麼多年走遍全世界,身上沒有錢,那個機票多少錢一張不知道,從來都不曉得,上飛機人家把機票送過來。走到哪裡都有人招待,你說多自在!這就是老師教給我的「人生最高的享受」。在香港住房子,我沒房子,房子是一位老居士的,跟我同年一個老居士她的房子,她兒子做房地產,蓋了新房子,她搬到新房子住。舊房子也捨不得賣,住了幾十年,也捨不得出租,怕人把她的房子住壞了,我到香港來,就無條件給我住,你看多自在。只給我一把鑰匙,所有一切開銷她付,我都不知道,住這麼多年了,多快樂!我走了房子還給她,是她的不是我的,這叫真自在,你有房子你有累贅,那個麻煩可多了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七二集)  2010/10/22