Saturday 22 June 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 September 2010 (Bgn 3)


Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita, dari mana asal sumber penyakit? Dari tiga racun yakni ketamakan, kebencian dan kedunguan. Menurutku masa kini sudah berkembang menjadi lima racun yakni ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan dan kecurigaan.

Di dalam diri kita ada lima racun, lima racun ini adalah benih sebabnya, ketika benih sebab ini bertemu dengan faktor pendukung, muncullah buah akibatnya, yakni jatuh sakit.

Faktor pendukung atau jodoh itu terbagi atas jodoh internal dan jodoh eksternal. Jodoh internal mencakup suasana hati atau perasaan emosional, yakni dendam, benci, gelisah, marah, jengkel; jodoh eksternal adalah harta, rupa, popularitas, makanan, tidur, bagaimana anda tidak jatuh sakit?

Jadi dari ketiga komponen di atas (lima racun, jodoh internal, jodoh eksternal), asalkan bisa menghancurkan salah satunya saja, maka anda takkan jatuh sakit. Tentu saja yang paling efektif adalah melenyapkan jodoh internal, dengan begini anda selamanya takkan menderita sakit.

Jadi walaupun anda memiliki lima racun (keserakahan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan kecurigaan), tetapi tanpa faktor pendukung internal (dendam, benci, gelisah, marah, jengkel), anda juga takkan jatuh sakit.

Jika anda memiliki faktor pendukung internal (dendam, benci, gelisah, marah, jengkel), tetapi menjauhi kegemaran akan harta, rupa, popularitas, makanan, tidur, dengan begini anda juga takkan jatuh sakit.

Selama tiga komponen tersebut berpadu, masalah pun timbul, seseorang dapat menderita sakit, beginilah aturannya. Sang Buddha mengajarkan kita supaya mencabut benih sebabnya, yakni lima racun, tamak, benci, dungu, angkuh dan curiga, takkan mencurigai atau meragukan ajaran insan suci dan bijak, hal ini sangat penting, apa alasannya?

Oleh karena kebijaksanaan kita dapat terbuka atau tidak, tergantung pada hal ini. Tanpa adanya ajaran insan suci dan bijak, dari mana kebijaksanaan kita dapat berkembang? Tanpa adanya kebijaksanaan, persoalan takkan berdaya diatasi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 September 2010


佛告訴我們,人會生病,病的因是什麼?佛講三毒,我現在講五毒,貪瞋痴慢疑,五毒。你裡頭有五毒,這個五毒是因,因遇到緣,果報就現前,果報就是疾病。緣,有內緣、有外緣,內緣屬於自己情緒上的,怨恨惱怒煩,你有這個東西;外緣,財色名食睡,你怎麼會不生病?這三樣斷一樣就不會生病。當然最上層的是從內的因,貪瞋痴慢疑斷掉,你永遠不會生病;有貪瞋痴慢疑,沒有怨恨惱怒煩,你也不會生病;有怨恨惱怒煩,沒有、遠離財色名食睡,你也不會生病。這三個東西一交叉進來,麻煩就來了,你就得病,道理在此地。佛教導我們把因斷掉,因就是貪瞋痴慢疑,疑是對聖賢教誨,對聖賢人不懷疑,對聖賢的教誨、對聖賢的典籍不懷疑,這個很重要,為什麼?我們能不能開智慧要靠這個。這沒有聖賢教誨,我們智慧從哪開?沒有智慧,問題就解決不了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一四五集)  2010/9/16




 

Sekarang di dunia ini orang yang memiliki berkah itu jumlahnya sangat banyak, orang yang menikmati berkah, dari mana berkah itu berasal? Pada masa kelahiran lampau memberi persembahan kepada Tri Ratna, berdana kepada para Dewa dan Manusia serta satwa, beginilah berkah tersebut ditimbun.

Pada masa kehidupan sekarang menikmati berkah, apabila tidak meneruskan memupuk berkah, maka cepat lambat timbunan berkah ini akan kandas.

Lain halnya dengan insan zaman dulu, saat menikmati berkah takkan lupa menanamnya kembali, sehingga pahalanya takkan habis dinikmati, diwariskan kepada generasi demi generasi turun temurun.

Orang sekarang sungguh memprihatinkan, setelah pahala habis dinikmati, cobalah amati dengan seksama orang-orang berkecukupan di sekitar kita, kekayaannya tidak dapat diwariskan pada generasi kedua, cuma satu generasi saja sudah ludes.

Bahkan ada pula yang satu generasi saja tidak sanggup bertahan, saat muda hidup bergelimangan harta, menjelang usia tua jatuh bangkrut dan hidup melarat, apa sebabnya? Berkahnya sudah habis dinikmati, saat menikmati berkah tidak menimbunnya kembali.

Jadi saat menikmati berkah jangan lupa menanamnya kembali, terutama bagi yang tidak punya pahala maka harus lebih giat menimbun berkah.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 September 2010


現在世間有福的人很多,享福的人,福從哪裡來的?都是過去供養三寶,布施諸天人民、蜎飛蠕動,都是這麼修來的。現在享福,如果不明白這個道理,不再修福,福享完就沒了。不像從前,從前你看三教,儒釋道三教盛行於世,人人都學,人人都懂,修福的人他有種福,他的福報享不盡,一代一代都傳下去。現在人可憐,福報享盡就完了,有很多很多人你細心去觀察,傳不到第二代,一代就完了。還有很多人連一代都不到,現在很興盛,晚年就不行了,倒閉了、破產了,連自己這一生都保不住,什麼原因?福享盡了,沒有繼續修。所以享福要懂得修福,沒有福,更要懂得修福。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一四五集)  2010/9/16

 


 

Mengundang anggota Sangha memberi ceramah Dharma, jasa kebajikannya sungguh besar, apa alasannya? Oleh karena setelah mendengar ceramah Dharma, banyak orang yang memperoleh manfaat, bagi yang memiliki akar kebijaksanaan yang tajam, begitu mendengar ceramah langsung tercerahkan. Bagi yang memiliki akar kebijaksanaan yang menengah dan rendah,  setelah mendengar ceramah Dharma, jadi memahami kebenaran.

Setelah tercerahkan dan memahami kebenaran, dia pasti akan menerapkannya ke dalam kehidupan keseharian, yakni memperbaiki diri dan kembali ke jalan yang benar.

Membantu satu orang menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, jasa kebajikan ini sungguh tak terbayangkan!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 September 2010

為什麼我們請法師講經有功德?請法師講經,多少人在這聽講,這聽講人受益,根利的,聽講人開悟了,其次的,聽講人明理了,道理懂得了。開悟、明理,他肯定會落實在生活上,落實在生活上是什麼?改過自新。幫助一個人破迷開悟、離苦得樂,功德已經不得了;要幫助無量無邊的眾生破迷開悟、離苦得樂,這個功德多大?數不盡!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一四五集)  2010/9/16