Di
dalam “Klasik Tiga Aksara” tercantum, “Pada mulanya sifat dasar manusia adalah
bajik”. Apa maksudnya dengan bajik? Jika masih rakus akan lima nafsu keinginan
(harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur), ini disebut tidak bajik. Lima nafsu
keinginan adalah tabiat.
Lihatlah
kalimat berikutnya adalah “Sifat manusia adalah sama, tapi tabiatnya berbeda”. Jadi
sifat dasarnya adalah sama, jiwa sejati kita serupa dengan Buddha dan
Bodhisattva; hanya saja tabiat tiap orang berbeda-beda, Buddha dan Bodhisattva tidak
memiliki tabiat.
Sejak
kapan kita memiliki tabiat? Sejak jiwa sejati kita tersesat, tabiat pun ikut
bermunculan, kurun waktu ini tak berdaya dihitung lagi, kalpa yang tak
terhingga.
Dari
sini dapat diketahui bahwa kita telah tersesat untuk waktu yang terlampau lama,
kelahiran demi kelahiran berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir,
bahkan niat pikiran untuk mengakhiri samsara juga tidak sanggup dibangkitkan,
bisa anda bayangkan, sudah berapa mendalamnya tabiat ini, betapa sulit
dilenyapkan!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 19 Desember 2010
我們《三字經》上講,「人之初,性本善」,那個善是什麼意思?這五種欲望都沒有那是善,有就不善。財色名食睡是什麼?是習性。你看「性相近,習相遠」,本性大家是一樣的,跟佛也是一樣,跟佛菩薩都一樣,我們的本性;習性就不一樣了,佛菩薩沒有習性,這個諸位要曉得,他沒有習性。習性其來已久,什麼時候來的?自從我們迷了本性那一天,習性就跟著來了,這個時間算不清,這不能不知道,佛家常講無量劫,這個話是真的。由此可知,我們迷得多久,生生世世六道輪迴,連求出六道這個念頭都生不起,你就想到這個習氣有多深,多難斷!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二六集) 2010/12/19
Yang
dimaksud dengan keterampilan melatih diri yang sesungguhnya, bukanlah tiap hari
melafal berapa banyak nama Buddha, berapa kali melakukan namaskara, berapa
banyak mengulang membaca sutra, bukan begini maksudnya, tetapi seluruhnya
terletak pada melepaskan kemelekatan, berapa besar kesanggupan anda
menyingkirkan kekotoran batin dan tabiat.
Dari mana
kita menilai kemajuan keterampilan kita? Dari beban pikiran yang semakin
ringan, kebijaksanaan berkembang, dari sinilah kita dapat menilainya.
Tahun
demi tahun bentuk-bentuk pikiran semakin berkurang, kebijaksanaan semakin
meningkat, inilah yang disebut keterampilan, yang artinya anda melatih diri
hingga memiliki keterampilan.
Praktisi
sekalian hendaknya tahu bahwa melafal Amituofo dan membaca sutra hanyalah jodoh
pendukung, metode atau cara, anda menggunakan metode ini. Ketika metode ini
efektif, maka hasilnya adalah kerisauan berkurang dan kebijaksanaan berkembang.
Ketika kekotoran
batin tidak ada lagi, seluruhnya merupakan kebijaksanaan, maka kuucapkan
selamat pada dirimu, Anda telah mencapai KeBuddhaan, minimal juga sudah menjadi
Bodhisattva Dharmakaya, menemukan kembali jiwa sejati, menemukan kembali jiwa
sejati mencapai KeBuddhaan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 19 Desember 2010
佛法裡面修學的功夫,真正的功夫不是別的,不是我們每天念多少佛號,磕多少個大頭,念多少部經,不是這個意思,完全在放下,你的煩惱習氣放下多少。功夫從哪裡看?從煩惱輕、智慧長,從這裡看。你每年煩惱確實輕了,今年比去年輕,去年比前年輕,一年比一年輕,智慧一年比一年增長,這叫功夫,這是你修學真有功夫了,這個諸位要知道。我們念佛念多少,念經念多少,這些是助緣、是方法,你用這些方法。但是方法要能收到效果,效果就是智慧增長,煩惱輕、智慧長,這是效果。沒有煩惱,全是智慧,那恭喜你,你就成佛,至少你是法身大士,在我們中國佛教裡面常講,明心見性,見性成佛,這個時候煩惱真的沒有了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二六集) 2010/12/19
Ketika
anda melatih diri hingga sampai pada tahapan tertentu, di dalam kehidupan
keseharian dapat melihat dengan jelas, segala sesuatu berubah menuruti
perubahan niat pikiran.
Baik
Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, jika terpisahkan dari ketulusan dan
menghormati, maka tidak ada yang dapat anda pelajari.
Maka itu
mengapa penduduk Alam Sukhavati bisa meraih keberhasilan dalam waktu singkat, sebaliknya,
mengapa melatih diri di alam manusia ini lambat majunya?
Oleh
karena penduduk Alam Sukhavati memiliki ketulusan dan tahu menghormati semua
makhluk, makanya manfaat belajar yang mereka peroleh bisa sempurna.
Master
Yin Guang berkata, “Dengan membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat
memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan
dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat”.
Penduduk
Alam Sukhavati memiliki sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat, sedangkan
manusia di Planet Bumi ini, satu bagian pun tidak punya, makanya mengapa masa
kini belajar Ajaran Buddha terasa begitu sulit.
Orang
yang belajar Ajaran Buddha itu jumlahnya sangat banyak, tetapi yang berhasil
itu jumlahnya sangat sedikit, apa sebabnya? Tidak punya ketulusan hati, tidak
punya hati yang menghormati, alasannya terletak di sini.
Apabila
kita ingin memperoleh manfaat yang lebih banyak, maka bangkitkan lebih banyak
ketulusan hati, bangkitkan lebih banyak perasaan hormat, dengan sendirinya anda
akan berhasil mempelajarinya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 19 Desember 2010
你修行到某個階層,在生活當中能看得出來,真的境隨心轉。世出世法離開真誠恭敬,你什麼都學不到。所以極樂世界那些往生的人,他們在極樂世界成就為什麼那麼快,在我們這個世間修行為什麼這麼慢?你會發現十方諸佛剎土那裡面的住眾,他們對人那種真誠恭敬都比不上極樂世界。極樂世界的人對一切眾生真誠恭敬做到極處,所以他們的學習、所得的利益是圓滿的,不是一分、二分的。印光大師所說,「十分誠敬得十分利益」,那是極樂世界的人;他方世界去看,大概是有八分恭敬、九分恭敬。我們現在這個地球上的眾生,一分恭敬都沒有了,所以現在學佛非常困難。
學佛的人很多,成就的人很少,原因在哪裡?沒有真誠心,沒有恭敬心,道理在此地。我們要想能多一點利益,你就多一點真誠、多一點恭敬,你真的就學會了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二六集) 2010/12/19