Thursday 25 July 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Oktober 2010


Melepaskan kemelekatan merupakan keterampilan sejati, kalau tidak sanggup melepaskan kemelekatan maka akan memiliki segudang beban pikiran, bagaimana bisa meraih keberhasilan dalam pelatihan diri.

Jangan takut melepaskan kemelekatan, janganlah punya pemikiran bahwa kalau hari ini saya lepaskan semuanya, bagaimana dengan hari esok? Janganlah merisaukan hari esok, jangan pula merisaukan tahun depan, sebagai seorang  anggota Sangha, tidak boleh punya pemikiran demikian.

Hari esok belum tiba, buat apa anda memikirkannya? Saya sendiri lebih percaya pada Dewa Pelindung Dharma, saya tidak memiliki apapun lagi, Dewa Pelindung Dharma senantiasa menjaga diriku.

Bagaimana kalau Dewa Pelindung Dharma ternyata tidak melindungiku? Berarti dia kehilangan tanggung jawabnya sebagai Pelindung Dharma.

Saya melatih diri dengan kesungguhan hati, maka sebagai Pelindung Dharma, dia berkewajiban dan juga merupakan tanggung jawabnya untuk menjaga diriku.

Terkecuali kalau saya masih hobi mengejar ketenaran dan keuntungan, maka Dewa Pelindung Dharma juga ogah peduli denganku, oleh karena saya masih begitu mendambakan hal berbau duniawi ini.

Tetapi hari ini saya mengerahkan segenap perhatian untuk melatih diri, kalau ternyata saya mati kelaparan, mati kedinginan, bukankah Dewa Pelindung Dharma yang harus bertanggung jawab?

Yakinlah ini ada mukjizatnya, bukanlah semu, tapi nyata adanya. Para Buddha akan memberi perlindungan, para Dewa, Naga dan malaikat bajik juga akan memberi perlindungan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Oktober 2010


放下是真功夫,放不下就壞了,放不下,你就一大堆的煩惱,你不會有成就。放下不要害怕,不要我統統都放掉了,我明天生活怎麼辦?不能想明天,不能想明年,這是一個出家修行人決定不許可的。明天還沒到,你想它幹什麼?我還相信護法神,我什麼都沒有了,護法神他照顧我,不照顧我什麼?他失職,他就要撤職查辦。我真的修道,你護法你就得負這個責任。我要是自己去搞名聞利養,那當然你可以不必護我,他可以不理我,我搞名聞利養。我今天一心求道,如果我餓死了、凍死了,你要不要負責任?有感應,真的,不是假的,諸佛護念,龍天善神保佑。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七七集)  2010/10/27