Thursday, 18 July 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Oktober 2010 (Bgn 2)


Apakah orang yang menjalankan disiplin sila disebut sebagai melatih diri? Dia sendiri menganggapnya sebagai melatih diri, “Lihatlah orang lain tak sebanding denganku, saya begitu disiplin dalam menjalankan sila”, begitu melihat orang lain yang tidak menjalankan sila, dia jadi murka dan benci, merasa diri sendiri begitu hebat, mempertebal kekotoran batin.

Sesungguhnya pengamalan sila bertujuan untuk mencapai samadhi (konsentrasi), sekarang dia begitu disiplin dalam menjalankan sila, bagaimana hasil yang diperolehnya? Kekotoran batin bertambah tebal, tabiat pongahnya semakin menjadi-jadi, memandang rendah pada orang lain.

Maka itu makna dari melatih diri, kita harus memahaminya dengan jelas, melatih diri itu hendaknya membantumu mengurai kekotoran batin, membantumu menghapus tabiat jelek.

Tak peduli metode manapun yang anda pilih, hendaknya dapat membantu meringankan khayalan, perbedaan dan kemelekatan, begini barulah disebut sebagai melatih diri.  

Tujuan melatih diri itu tak lain adalah memulihkan hati yang suci, setara dan tercerahkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Oktober 2010


持戒,有很多人戒律持得很好,他是修行嗎?他自己認為是修行,「你看別人都不如我,我的戒持得好」,對那些不持戒的人,他看到就討厭,自己認為很了不起,增長煩惱。你看持戒本來是得定開智慧的,他持戒持得不錯,結果他得的是什麼?他得的是煩惱,得的是貢高我慢,得的是輕慢別人,錯了!所以修行兩個字,咱得要認清楚,能真正幫助你化解煩惱的、幫助你消除習氣的,這才叫修行。無論用什麼方法,佛家講八萬四千法門,你得會用,用這個方法確實,也就是把妄想分別執著減輕,這叫真修行。修行的目的沒有別的,恢復自己的清淨心、平等心、覺心。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六六集)  2010/10/14


 


 
 
Mari kita simak kalimat berikutnya, “Mengamalkan sila, samadhi dan prajna secara benar, barulah disebut sebagai melatih diri”. Poin penting yang ditekankan di sini adalah “secara benar (sesuai dengan ajaran yang tercantum di dalam sutra)”.

Melatih sila, samadhi dan prajna juga dapat menyimpang dari jalur yang benar,  menyimpang ke arah yang sesat, alhasil kebijaksanaan yang terbuka adalah kebijaksanaan sesat; samadhi yang dicapai adalah samadhi sesat, masalah pun jadi besar!

Mara juga memiliki kekuatan samadhi, jadi jangan sampai belajar Ajaran Buddha hingga menyimpang ke jalan Mara. Apakah ada orang semacam ini? Ada, bukan saja ada, bahkan jumlahnya banyak sekali.

Sejak dulu sampai sekarang, praktisi pemula dengan membawa sebutir niat baik datang belajar Buddha Dharma, namun akhirnya malah berjalan menyimpang ke jalan Mara.

Lantas bagaimana cara mencegahnya? Selamanya melangkah di jalan yang benar, takkan menyimpang ke jalur sesat, maka membutuhkan ajaran sutra Mahayana.

Apabila anda bersikukuh pada pemahaman sesat diri sendiri, mencari-cari apakah ada cara yang lebih “sakti” daripada ajaran yang tercantum di dalam sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas), maka masalah pun bermunculan.

Kalau anda berhasil menemukan cara yang lebih bagus daripada yang diungkapkan di dalam sutra, maka anda sudah mencapai KeBuddhaan, bukan lagi orang awam; andaikata anda sudah jadi Buddha, maka ketahuilah, ajaran semua Buddha adalah sama, “Semua Dharma adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah”.

Anda mengatakan metode hasil kreasimu lebih “sakti” daripada yang dibabarkan Buddha di dalam sutra, maka bisa dipastikan ini adalah ajaran sesat. Apa alasannya? Apa yang dibabarkan oleh Buddha telah sempurna adanya, anda tidak boleh menambah atau menguranginya, ajaran semua Buddha adalah sama.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Oktober 2010


你看下面說的,「如理而行戒定慧,曰修行」。特別重要的是如理這兩個字,你要是不如理,修戒定慧都會走錯路,戒定慧都有偏邪,開的是邪慧,得的是邪定,那個麻煩就大了!說老實話,魔也有定功,千萬不要學佛學到魔道去了。有沒有這種人?有,不但有,而且很多。自古以來,開頭是好心學佛,最後學到魔。如何防止?永遠在正道上,沒有偏邪,那就要靠大乘經教。如果你要用自己的意思,我要想個什麼方法,比這經上所講的還要好,那就問題出來了。你講的方法比經典講得好,那你就成佛了,你不是凡夫;如果真的成佛,佛佛道同,「是法平等,無有高下」,你說你的方法超過佛,肯定是邪道。為什麼?真正成佛跟佛是平等的,沒有超越的。佛所證的像個圓一樣,你不能增、不能減,佛佛道同。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六六集)  2010/10/14




 

Hari ini kita berharap dapat terbebas dari enam alam tumimbal lahir dan sepuluh alam Dharma (Dasa Dharmadhatu), maka yang namanya tabiat itu mestilah dihapus, jika masih ada secuil tabiat, maka akan membuat dirimu melakukan kesalahan yang berat.

Lantas bagaimana caranya melatih keterampilan ini? Dalam kehidupan keseharian, menangani urusan, memperlakukan orang lain, makhluk hidup dan benda mati, di sinilah kita melatihnya.

Ketika kita melatih diri dengan kesungguhan hati, barulah menyadari betapa besarnya budi kebajikan para makhluk terhadap diriku! Tanpa peranan mereka, ke mana lagi saya harus melatih diri.

Setiap hari saya berhadapan dengan segala situasi dan kondisi, apa yang harus dilatih? Mengamati niat pikiran sendiri yang timbul, niat apa yang muncul di benakku, apakah masih mengutamakan kepentingan pribadi, apakah masih punya maksud mengejar ketenaran dan keuntungan.

Ketika kita berhadapan dengan kondisi yang serba lancar (segala sesuatu berjalan sesuai dengan keinginan), jodoh baik, jangan ada kemelekatan sama sekali, oleh karena dalam keadaan begini paling mudah membuat kita melekat dan tidak ingin kehilangan.

Sebaliknya ketika kita berada dalam lingkungan buruk, berhadapan dengan orang-orang jahat, bahkan tidak ada satupun orang baik, apa yang dapat kita latih di sini? Tidak timbul kebencian.

Dengan perkataan lain, jodoh baik membantu kita melatih diri memutuskan hati loba; jodoh buruk membantu kita melatih diri memutuskan kebencian dan kedunguan. Di sinilah kita belajar menyingkirkan tiga racun yakni ketamakan, kebencian dan kedunguan.

Dengan melenyapkan tiga racun ini, maka segala kekotoran batin akan ikut luluh, oleh karena tiga racun ini adalah tiga akar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Oktober 2010

Dasa Dharmadhatu baca di :


我們今天求出世間的大道,一心想在一生當中真正擺脫六道十法界,這習氣不能有,有一點點習氣會造成你嚴重的過失。

這功夫在哪裡練?就在日常生活當中,處事待人接物,在這裡頭去練。真正修行他才知道,眾生對我的恩德多大!沒有他們,我到哪裡修。我每天面對的境界,修什麼?看自己的起心動念,我起的是什麼心,動的是什麼念頭,還有自私自利,還有名聞利養,不行!完全失敗了。前面講了,順境(環境好)、善緣(人緣好),不能有一點貪戀的心,這最容易生貪戀;環境不好,人都是壞人,沒一個是好人,練什麼?不生怨恨。換句話說,順境善緣幫助我們放下貪痴,這是三毒煩惱;逆境惡緣幫助我們放下瞋痴,貪瞋痴,從哪裡斷?從這裡斷。貪瞋痴斷了,所有一切煩惱都斷了,因為它這是三個根。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六六集)  2010/10/14