Metode
pelatihan diri terdiri dari 84 ribu pintu Dharma, manakah yang paling
terunggul? Tak lain adalah melafal Amituofo merupakan metode terunggul tiada
taranya.
Anda
melafal sepatah Amituofo, serupa dengan telah melatih 84 ribu metode, seluruh
pintu Dharma telah anda latih, satupun takkan ketinggalan, ini nyata adanya.
Bagaimana kita tahu ini nyata adanya? Setelah anda membaca banyak sutra
Mahayana, maka anda akan memahami kebenaran ini.
Tempo
dulu saya pernah mendengar dari para Bhiksu dan praktisi senior terdahulu, mereka
juga bilang begini padaku. Waktu itu saya jadi ragu, apa benar melafal Amituofo
itu sampai begitu istimewanya, atau cuma pujian belaka, mana yang benar yah?
Waktu
itu saya sampai berpikir, manalah ada hal yang segampang itu? Tetapi setelah
melewati kurun waktu 60 tahun belajar ajaran sutra berkesinambungan tak
terputus, saya berani memastikan, ucapan tersebut adalah fakta yang
sesungguhnya, tidak semu sama sekali.
Tanpa
ketekunan belajar sepanjang enam dekade ini, saya juga akan meragukan ucapan
tersebut, jadi membangkitkan keyakinan itu tidaklah mudah! Alangkah berharganya
sepatah Amituofo, sungguh tak terbayangkan. Sudah ada di depan mata, sayangnya manusia
tidak tahu mengapresiasinya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 18 Desember 2010
下面這兩句話說得好,「蓋發心乃諸善中王,持名是萬行之首」,這個行就是修行,萬行就是八萬四千法門,無量法門,這修行的法門,這法門哪個是第一?阿彌陀佛名號是第一,你念這一句阿彌陀佛,等於說你把八萬四千法門,無量法門統統都修了,一個都不漏,這是真的不是假的。怎麼知道是真的?你大乘經念多了就明白。我以前聽老一輩的法師大德跟我講,我都有懷疑,我以為什麼?這是讚歎的話,哪裡是真的?我也不相信,這法哪有那麼簡單?通過六十年的學習,我肯定了,這句話是真的不是假的。沒有六十年的學習,我也在這個話上打問號,不容易!這句佛號多麼寶貴,不得了!就在眼前,可惜人不識貨。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二五集) 2010/12/18
Setelah
Upasaka Huang Nian-zu meninggal dunia, saya berkunjung ke Beijing.
Murid-muridnya menyampaikan padaku, Upasaka Huang Nian-zu pernah berkata bahwa
apabila beliau tidak terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka pahala yang akan
diperolehnya pada masa kehidupan mendatang adalah berlimpah ruah!
Saya
percaya pada ucapan Upasaka Huang Nian-zu, sekaligus merupakan peringatan keras
bagi diriku, supaya semakin membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.
Saya
takkan menikmati berkah di dunia ini, menikmati berkah justru menciptakan karma
buruk. Apa yang beliau maksudkan dengan “berkah yang berlimpah ruah”? Menjadi
raja dunia manusia, ini bukanlah hal yang bagus.
Lihatlah
sepanjang sejarah Tiongkok, kaisar mana yang tidak menciptakan karma buruk? Makanya
jangan punya cita-cita jadi kaisar. Andaikata jadi raja itu adalah pilihan yang
baik, maka Pangeran Siddhartha (Buddha Sakyamuni) juga takkan meninggalkan
tahtanya dan pergi melatih diri.
Mengapa
Beliau tidak memilih jadi raja? Inilah kebijaksanaanNya! Sepanjang hidup,
menyampaikan kebenaran kepada khalayak ramai, begini barulah merupakan
kenikmatan hidup tertinggi.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 18 Desember 2010
「缺此往生正因,雖行眾善,則廣而不專,博而未精,未契彌陀本願,難於今生現證,故唯受人天禮敬而已。」這句經文,黃念祖老居士在北京也點醒我,這個話不是他直接跟我說的,是他給他的學生說的。老人往生之後,我在北京訪問的時候,他們告訴我的,他說他的老師,就是黃念祖老居士,說什麼?跟他們講:淨空法師,如果他不往生淨土,他來生的福報是不得了不得了!這樣讚歎的。是不是真的?我相信是真的。我要不要往生?我要往生,我決定不去享這個福,享福造罪孽。那個「不得了不得了」的福是什麼?人間的帝王,不是好事情。你看歷代帝王,哪個帝王不造業?不能幹。帝王要是最好的,釋迦牟尼佛早就做帝王了,他為什麼不幹?聰明,真有智慧!一生,你看講經教學,那真是人生最高的享受。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二五集) 2010/12/18