Praktisi Aliran Sukhavati hendaknya mengetahui
bahwa siswa Buddha Amitabha dihormati oleh seluruh Bodhisattva, Arahat, Dewa,
bahkan juga raja mara.
Siluman, mara dan setan jahat lainnya ketika melihat siswa Buddha
Amitabha, mereka tidak berani melukaimu, bahkan segera bersujud memberi
penghormatan padamu.
Tetapi perlu diketahui bahwa kalau anda ini bukan siswa Buddha
Amitabha yang tulen, tapi adalah praktisi gadungan, maka para setan jahat ini
malah akan memandang rendah padamu, kadang kala juga akan bercanda denganmu
sejenak, mempermainkan dirimu.
Mengapa demikian? Oleh karena anda ini adalah praktisi munafik. Tiap
hari membaca “Amitabha Sutra”, juga rajin melafal Amituofo, namun di dalam hati
penuh dengan ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, tetap saja
mengutamakan kepentingan dan keuntungan diri sendiri, sibuk mengejar ketenaran
dan keuntungan.
Oleh karena anda ini adalah praktisi ecek-ecek, siluman, mara dan
setan jahat lainnya pun mengajak anda bercanda dan mempermainkan dirimu.
Sebaliknya apabila niat pikiran, ucapan dan tindakanmu terjalin
dengan “Sutra Usia Tanpa Batas”, yang berarti terjalin dengan Buddha Amitabha,
maka siluman, mara dan setan jahat lainnya akan segan dan menghormati dirimu,
dengan sendirinya juga akan melindungimu.
Mengapa para setan jahat malah berbalik mendukung pelatihan dirimu?
Oleh karena mereka ikut bersukacita, mereka memuji dan menghormati dirimu. Maka
itu hendaknya menjadi praktisi sejati!
Jadi tidak perlu pergi meramal nasib, menanyakan hari baik dan hari
buruk, apa yang boleh dilakukan dan apa yang tabu harus dihindari, semua ini
tidak perlu ditanyakan.
Asalkan niat pikiran benar, ucapan benar dan tindakan benar, terjalin
dengan Buddha Amitabha, maka dimanapun anda berada maka wilayah tersebut akan
menjadi tanah penuh berkah, oleh karena anda adalah insan penuh berkah, yang
dilindungi oleh semua Buddha, Dewa, Naga serta para makhluk bajik pelindung
Dharma. Kebenaran ini tidak boleh tidak dipahami.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Oktober 2010
諸位淨宗同學,你們如果真正明瞭之後,你要曉得,一切的菩薩、聲聞、緣覺跟諸天,乃至於魔王,妖魔鬼怪更不必說,見到阿彌陀佛那還得了!見到真正阿彌陀佛的學生,魔王不會傷害你,已經在那裡跪下來給你頂禮了,你沒看到,那是真的不是假的。如果你不是阿彌陀佛的真弟子,是冒牌的,他瞧不起你,他有時候跟你開個玩笑,作弄作弄你,為什麼?你是假的。天天也念《彌陀經》,也念阿彌陀佛,心裡面貪瞋痴慢,還是自私自利,還是名聞利養,是假的不是真的,妖魔鬼怪會跟你開玩笑。如果你是真的,起心動念、言語造作跟《無量壽經》都相應,就是跟阿彌陀佛相應,他尊敬你,你不必求他保佑,他自然要保佑你。為什麼?他歡喜,他讚歎,他恭敬你。得如法才行!搞真的,不能搞假的。這是正法當中的正法,不必再問什麼一切吉凶禍福,都不要去問,心正、行正,跟阿彌陀佛完全相應,你所在的地方,這個地方就是福地,因為你是有福之人,諸佛護念,龍天善神擁護,這道理不能不懂。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五四集) 2010/10/1
Kalimat berikutnya adalah “Kini dengan buah pencerahan ini menjadi
benih terlahir ke Alam Sukhavati”, benih kita terlahir ke Alam Sukhavati adalah
sepatah Amituofo.
“Budi kebajikan ini tak terungkapkan dengan kata-kata”, jadi bukan
dengan kata-kata maka dapat mengungkapkan keluar, jasa kebajikan dari sepatah
Amituofo ini, bahkan para Buddha Tathagata juga tidak mampu mengungkapkannya
sampai habis.
Buddha Amitabha melatih diri selama 5 kalpa, sebelumnya telah melatih
diri selama kalpa yang tak terhingga. Maka itu sepatah Amituofo merupakan nama
kebajikan yang sejak semula telah sempurna di dalam Jiwa KeBuddhaan setiap
makhluk.
Mengapa ada orang yang melafal Amituofo tetapi tidak efektif? Oleh
karena tidak memahami makna dari sepatah Amituofo, sehingga tidak membangkitkan
rasa hormat sama sekali.
Maka itu Master Yin Guang berkata, “Dengan membangkitkan satu bagian
rasa tulus dan hormat maka memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan
sepuluh bagian rasa tulus dan hormat maka memperoleh sepuluh bagian manfaat”.
Sama halnya pula dengan melafal Amituofo, apabila punya rasa hormat
terhadap Buddha Amitabha, barulah bisa memperoleh manfaat.
Bila anda bertanya, berapa besar jasa kebajikanmu dari melafal
Amituofo, maka pertama-tama amatilah berapa besar ketulusan dan perasaan
hormatmu. Tanpa ketulusan dan perasaan hormat, maka seperti yang dikatakan oleh
insan zaman dulu sebagai “Melafal Amituofo sampai tenggorokan pecah pun cuma
sia-sia saja”. Mengapa demikian? Oleh karena tidak punya hati!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Oktober 2010
底下講,「今則以此果覺,作我因心」,我們求生西方極樂世界的因就是念阿彌陀佛。「此恩此德,匪言可喻」,不是言語能說得出來的,這一句阿彌陀佛的功德,即使諸佛如來都說不盡。五劫修行成就了,五劫之前有無量劫的修行。這是性德的名號,這一句名號圓滿稱性。為什麼一般人念的時候沒有感應?他迷惑,他只是依樣畫葫蘆,什麼意思完全不懂,一點恭敬心都沒有。名號是法,法要得其人,法就如法;法不得其人,法不起作用。得什麼人?真誠恭敬的人。所以印光大師講得好,「一分誠敬得一分利益,十分誠敬得十分利益」,用在我們持名念佛亦復如是。我對淨宗、對阿彌陀佛有一分恭敬心,我念的名號得一分功德,我有十分恭敬心,我就得十分功德。你要問你自己念佛的功德多少,首先看你有沒有誠敬心,沒有誠敬心,一天念十萬聲也沒有功德,古人說得好,「喊破喉嚨也枉然」。為什麼?沒有心!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五四集) 2010/10/1
Saya menasehati praktisi sekalian, yang paling penting adalah
menempatkan Buddha Amitabha di dalam hati, hatiku adalah Buddha Amitabha,
Buddha Amitabha adalah hatiku, jasa kebajikan ini sungguh tak terbayangkan.
Mulut anda melafal Amituofo, tetapi hatimu memikirkan emas, dolar,
saham, bagaimana lafalanmu bisa efektif? Hatimu penuh dengan loba, mendambakan
harta, rupa, ketenaran dan keuntungan, maka masa depanmu, walaupun anda melafal
Amituofo, namun kelak juga jatuh ke tiga alam rendah. Maka itu ada praktisi
yang melafal Amituofo hingga akhirnya sampai ke Neraka, lihatlah betapa
memprihatinkannya.
Hal ini dikatakan oleh Master Guan Ding yang hidup pada era Dinasti
Qing, saat pemerintahan Kaisar Qianglong, ada praktisi yang sepanjang hidupnya
melafal Amituofo, sampai akhirnya jatuh ke Neraka.
Waktu itu saya masih berusia muda, baru saja belajar ajaran sutra,
berguru pada Upasaka Li Bing-nan. Ketika saya membaca artikel ini, saya
bertanya pada Guru Li, bukankah melafal Amituofo adalah perbuatan baik, kenapa
akhirnya malah masuk Neraka?
Ternyata melafal Amituofo ada seratus jenis buah akibatnya, jenis
yang pertama adalah jatuh ke Neraka, jenis yang terakhir adalah terlahir ke
Alam Sukhavati.
Artikel ini terlampir pada halaman terakhir buku berjudul “Penjelasan
Surangama Sutra Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta Melafal Nama Buddha Dengan
Sempurna Tanpa Rintangan” karya Master Guan Ding.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Oktober 2010
我勸大家,最重要的是把我們的心,阿彌陀佛放在心上,我們的心就是阿彌陀佛,阿彌陀佛就是我的心,這個功德就不可思議了。你現在口裡念阿彌陀佛,心裡什麼東西?心裡面是黃金、美鈔、鈔票,那怎麼會相應?全是假的,這道理不能不懂。你心裡裝的還是貪心,貪財、貪色、貪名、貪利,那你將來前途,縱然是念佛,你將來前途到哪裡去?還是到三惡道。你這種心跟佛經對照一下,是餓鬼、是地獄,念阿彌陀佛,最後念到地獄裡面去了,真冤枉。這個話也不是我說的,清朝乾隆時代灌頂法師講的,一生念佛的,最後墮地獄了。那個時候我年輕,剛剛學經教,跟著李炳南老居士,我還沒出家。我讀到這篇文章的時候,我就去問老師,我說念佛是好事情,念佛縱然是不能往生,也不會墮地獄,怎麼會念佛墮地獄?念佛一百種果報,第一個就是墮地獄,最後一個是生極樂世界。這篇文字,在灌頂法師的《大勢至菩薩圓通章疏鈔》最後一頁,諸位看就能看到,最後一頁,他提出念佛一百種果報,頭一個墮地獄,最後一個往生極樂世界。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五四集) 2010/10/1
Jika di hatimu ada Buddha Amitabha, maka setiap lafalan Amituofo akan
terjalin dengan Buddha Amitabha, orang begini pasti mencapai KeBuddhaan, oleh
karena hatinya adalah Buddha.
Maka itu mesti membersihkan hati kita dari loba, jangan ada niat
mementingkan kepentingan dan keuntungan pribadi, jangan ada hati enam alam
tumimbal lahir.
Contohnya kelak saya hendak terlahir di Surga (Alam Dewa), kalau bisa
saya mau jadi Raja Dewa, sekarang Raja Sakra penguasa Surga Trayastrimsa bersedia
menyerahkan tahtanya kepada diriku, apakah anda boleh menerima rezeki nomplok
ini? Tidak boleh!
Begitu anda menerimanya, langsung masuk perangkap, mengapa demikian?
Tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir. Maka itu terhadap ketenaran
dan keuntungan duniawi, lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas,
makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk
pikiran), hendaknya dilenyapkan hingga sebersih-bersihnya, jangan sampai
menyentuhnya.
Di dalam hati cuma ditaruh sepatah Amituofo, jangan belajar beragam
metode, terlampau rumit jadinya.
Lihatlah masih banyak umat Buddha, salah satunya baru saja saya
jumpai kemarin, di rumahnya ada altar Buddha, selain memuja rupang Buddha, juga
memuja rupang setan dan malaikat.
Dia bertanya padaku, apakah boleh rupang Buddha dan rupang malaikat
dipuja bersamaan pada satu altar? Saya bilang padanya, mana boleh! Sebaiknya
dipisah saja!
Terkecuali Dewa Pelindung Dharma, masih boleh, kalau bukan Dewa
Pelindung Dharma, maka harus dipisahkan, tidak boleh dipuja secara bersamaan.
Yang paling bagus adalah cuma memuja rupang Buddha di rumah,
sedangkan rupang setan dan malaikat yang sudah dipuja sebelumnya, boleh diantar
ke kelenteng untuk dipuja umat di sana, ini adalah cara yang paling bagus dan
paling tepat.
Dari kelenteng mana rupang malaikat tersebut berasal, maka dipulangkan
kembali ke kelenteng tersebut, begini barulah betul.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Oktober 2010
你心裡是阿彌陀佛,你聲聲佛號都跟阿彌陀佛相應,這個人念佛成佛,他心是佛;心不是佛,念什麼也不行。所以先要把心喚出來,不要有貪心,不要有自私自利的心,不要有六道輪迴的心。我將來想生到天,在天上最好做個天王,現在忉利天天王讓位給你,你幹不幹?比忉利天更高的大梵天王,最高的摩醯首羅天王,他說他讓位請你去做,幹不幹?不能幹,一幹就上當,為什麼?出不了六道輪迴。摩醯天王了不得,摩醯天王是四禪天的天王,大梵天是初禪天的天王。所以對於這個世間名聞利養、五欲六塵,把它放得乾乾淨淨,邊都不沾它,心裡面只放一尊阿彌陀佛,不要搞太多、太雜了。你看很多我們佛門的弟子,我昨天還碰到,家裡面供的有佛,有小佛堂供的佛,還供的有鬼神。問我鬼神跟佛供在一起行不行?我說不行,最好分開。護法神可以,不是護法神一定分開,不能供在一起。最好的是自己家設佛堂供佛,原先供的鬼神可以請到神廟去,送到神廟裡面去供養,這是最好的、最正確的方法。這個神從哪個廟裡來的,還送回哪個廟裡去,這樣就如法。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五四集) 2010/10/1