Manusia
setelah meninggal dunia akan memasuki periode Antarabhava (Periode peralihan
antara selesainya satu masa kehidupan ke masa kehidupan berikutnya), umumnya
disebut sebagai roh atau arwah.
Tubuh
Antarabhava ini memiliki bentuk tetapi tidak nyata alias transparan. Makanya
dia melayang mengikuti hembusan angin, gerakannya sangat cepat, tidak ada
rintangan ruang baginya, sejauh apapun tempat tersebut, begitu niat pikiran
timbul, langsung tiba di tempat tujuan.
Tubuh
Antarabhava ini akan melayang pergi mencari calon Ayahbunda-nya, masa kehidupan
berikutnya. Namun bukanlah bisa dilakukan dengan sesuka hati, kalau memang bisa
dilakukan semaunya, maka dia pasti akan memilih bertumimbal lahir di keluarga
hartawan, tempat yang ideal.
Dia pasti
takkan memilih bertumimbal lahir di keluarga kaum papa, juga takkan jatuh ke
Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan, mustahil bukan? Maka itu dalam memilih
calon Ayahbunda-nya, dia hanya bisa pasrah mengikuti kekuatan karma yang menggiringnya.
Umpamanya
dia melakukan perbuatan dungu yang akibatnya jatuh ke Alam Binatang dan menjadi
piggy. Maka dia akan tertarik masuk ke dalam kandungan induk babi, ketika dia
melihat induk babi, dia akan merasa sangat gembira, melihat induk babi bagaikan
wanita jelita, timbul perasaan cinta dan sayang padanya, dia jadi tertarik dan
masuk ke dalam kandungan induk babi.
Dia tak
berdaya sama sekali, setelah sadar, menyesal pun sudah terlambat, dia harus
menjalani satu masa kehidupan tersebut sebagai piggy.
Maka itu kita
harus memahami dengan jelas, berputar-putar di dalam lingkaran enam alam
tumimbal lahir, entah sudah berapa banyak kita melakukannya, lahir mati, mati
lahir, inilah yang kita lakukan selama ini, episode berulang yang tidak ada
ujung pangkalnya, sejak kalpa tanpa awal inilah yang kita lakukan, kelahiran
demi kelahiran, menempuh perjalanan yang begitu melelahkan dan tanpa istirahat
sama sekali, kita tak berdaya memungkiri fakta ini.
Masih
untung pada satu masa kehidupan ini kita dapat bersua dengan Ajaran Buddha,
setelah memahami kebenaran, jangan lagi melakukan perbuatan bodoh tersebut,
lantas ke manakah kita harus menuju? Melafal Amituofo membulatkan tekad
terlahir ke Alam Sukhavati, sampai di Alam Sukhavati, menjelma melalui Bunga
Lotus.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Desember 2010
人死了以後叫中陰身,靈魂是中陰。中陰有形沒有質,它不是物質,它有形狀,透明的有形狀,沒有物質的身體。所以它隨風飄的,速度很大,孔子稱它為遊魂,它沒有空間的障礙,再遠的地方它一念就到了。所以一般眾生死了以後這個中陰身,中陰身自己去找父母,他又去找個身體。找身體不由自己的意思,如果有自己的意思,一定會找富貴人家,一定找好地方。不會到窮苦人家裡去,也不會到畜生道、到餓鬼道,他怎麼會到那裡去?所以他自求父母是業力在做主宰,沒有他自己選擇的。他去投個豬胎,他所看那個豬他非常喜歡,看那個母豬是美人,他起了愛心,他就墮到那邊去了。鑽到那個豬肚子裡面坐胎了,他一點辦法都沒有,後悔莫及,他就得要忍受那一生。所以說是「投身母腹糞穢之處,結成濁染罪業之體」,這是講六道眾生。我們自己一定要清楚,幹這種事情,我們不知道幹了多少次,無始劫以來就幹這個事情,生生世世,我們自己不能不承認這是事實真相。這一生當中學佛了,搞清楚、搞明白了,不想再幹了,那我們到哪裡去?念佛到極樂世界去,到極樂世界去蓮花化生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二四集) 2010/12/17
“Praktisi
yang terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal memperoleh penjemputan
dari Buddha Amitabha, dalam waktu satu petikan jari, menjelma melalui Bunga
Teratai, hanya butuh waktu sekejab saja sudah terlahir ke negeri penuh
kedamaian dan kebahagiaan”.
Selamanya
menikmati kedamaian dan kebahagiaan, di sana tidak ada lagi penderitaan!
Kebahagiaan di Alam Sukhavati bukanlah maksudnya tiap hari berdendang dan
bergoyang ria, di sana tidak ada pentas dan panggung pertunjukan.
Kebahagiaan
yang dimaksud adalah sukacita yang mengalir karena mendengar pembabaran Dharma.
Sebagian orang tidak memahami kebahagiaan begini, makanya sedikit pula orang
yang berkeinginan terlahir ke Negeri Teratai tersebut.
Lihatlah
ada orang yang bercita-cita ke Alam Sukhavati karena mau jadi pejabat di sana,
sayangnya di Alam Sukhavati tidak ada kekaisaran. Di dalam sutra tidak
disebutkan, tidak ada tercantum.
Ada
pula yang yang bercita-cita ke Alam Sukhavati karena mau jadi konglomerat,
sayangnya di Alam Sukhavati tidak ada aktivitas bisnis, juga tidak ada pasar
modal.
Coba
baca Sutra Usia Tanpa Batas, dari awal sampai akhir, apa kegiatan yang
dilakukan penduduk Alam Sukhavati? Cuma ada kegiatan belajar dan mengajar. Di sana
cuma ada dua peranan saja, yakni Guru dan murid. Buddha Amitabha adalah Guru
Pembimbing, para Bodhisattva adalah siswa sekaligus teman sekolah kita.
Jadi
tujuan kita ke Alam Sukhavati adalah untuk melatih diri, setelah tamat sekolah
dan meraih gelar Buddha, lalu berjelajah ke sepuluh penjuru alam guna
menyelamatkan semua makhluk, saat itu anda sudah punya kemampuan.
Kesimpulannya
adalah Buddha Amitabha mendirikan sebuah universitas terunggul di jagat raya
ini. Beliau sendiri bertindak sebagai Dekan, para Buddha Tathagata menjadi Dosen,
bayangkanlah, betapa bahagianya menuntut ilmu di sana, penuh sukacita dalam
Dharma, kebahagiaan ini adalah tak terhingga dan tanpa batas!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Desember 2010
「何如往生之善士」,這就是念佛往生的人。你看「臨終蒙佛接引,一彈指間,化生蓮花之中,逕生安樂之國」。永遠平安,永遠享樂,那個世界沒苦!再告訴你,極樂世界的樂不是天天唱歌跳舞,極樂世界沒有舞場,沒有舞廳,沒有劇院,沒有。什麼樂?聽經學教之樂,學習當中的快樂。這個快樂一般人不懂,所以一般人很少人想到極樂世界去的。你看到極樂世界去,想去做官,那地方沒有官做,極樂世界沒有聽說有總統、有國王,沒有,這經上都沒有說過。想去發財極樂世界沒有企業家。你們看遍這個經教,諸佛如來、釋迦牟尼佛介紹,極樂世界是什麼樣的一個社會?你看清楚,它只有兩種,一個老師,一個學生,佛是老師,菩薩都是學生,都是同學。到那裡去是修行的,成就自己學業的,成就之後到哪裡去?到十方世界教化眾生,那個時候你就可以表演。這要認清楚極樂世界,換句話說,阿彌陀佛在遍法界虛空界裡辦了一所大學,佛教大學。他是校長,許許多多等覺菩薩那都是老師,諸佛如來到那邊去也常常給大家講課,法喜充滿,其樂無窮!那個地方是法樂。我們世俗這些娛樂一概沒有,名字都沒有,哪裡會有這些事實?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二四集) 2010/12/17
Kita
begitu melekat pada tubuh fisik ini, makanya saat menjelang ajal kita sulit untuk
berpisah dan meninggalkan tubuh kasar ini. Setelah alayavijnana (kesadaran atau
roh) meninggalkan tubuh kasar, dia akan memasuki periode Antarabhava (periode
peralihan antara selesainya satu masa kehidupan menuju masa kehidupan
berikutnya), umumnya berkisar 49 hari, alayavijnana akan pergi bertumimbal
lahir.
Namun ada
pula yang sampai begitu lama, masih belum pergi bertumimbal lahir, ini
dikarenakan kemelekatan pada perasaan (suka dan benci), dia menganggap jasad
yang terbaring kaku tersebut adalah dirinya, makanya dia tidak sudi
meninggalkan jasadnya tersebut (meskipun sudah membusuk).
Di area
pemakaman dimana jasadnya terkubur, arwahnya akan terus berada di kuburan
tersebut menjadi setan penjaga mayat, dia tidak sudi beranjak pergi, sungguh
kasihan.
Kemelekatan
ini serupa dengan tempurung yang keras, dengan terlahir ke Alam Sukhavati
berarti telah melepaskan tempurung tersebut. Yang juga berarti telah lolos dari
enam alam tumimbal lahir.
Negeri
Teratai merupakan tempat hunian yang penuh kedamaian. Bunga Teratai
melambangkan kesucian, muncul dari dalam lumpur namun tak ternodakan sama
sekali.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 17 Desember 2010
下面跟我們解釋蓮花,「是蓮華者,乃卸凡殼之玄宮,安慧命之神宅」。這個意思好,講得太好了。凡是凡夫,殼在此地是個比喻,我們對六道這個身堅固的執著,所以你沒辦法離開。在六道輪迴捨身,中陰他馬上就找個身,在佛經上講四十九天他又投胎了,決定大多數。極少數時間長,時間長是什麼?都是情執,他認為那屍體是他,他不願意離開。埋葬那個墳墓,他的靈就在那個墳墓上叫守屍鬼,他不肯離開,真可憐。這個執著就好像堅固的甲殼一樣,往生那就把它卸掉脫離了,這凡夫之殼六道輪迴離開,永遠離開了。安慧命之神宅,極樂世界是我們到那邊去安居,這蓮花,蓮花是我們安身立命之處。蓮花代表清淨,出污泥而不染。蓮池大師這幾句話說得很清楚、很明白。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二四集) 2010/12/17