“Sutra Usia
Tanpa Batas” menyebutkan “Kelak semua makhluk berhasil memperoleh penyelamatan
dengan mengandalkan metode ini”, maka itu Ananda memohon pada Buddha Sakyamuni
untuk membabarkan sutra ini, Sang Buddha memberi pujian padanya, jasa kebajikan
dari pertanyaanmu ini sungguh terlampau besar.
Andaikata orang masa kini dapat memahami makna ini, maka anda dapat
mengetahui cara menanam berkah, bagaimana cara untuk menanam pahala terbesar?
“Memohon pemutaran roda Dharma, mengundang Buddha berdiam di dunia”, dua
butir dari Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra merupakan jasa kebajikan
terbesar.
Sekarang Sang Buddha telah tiada, tetapi kita dapat mengundang
anggota Sangha atau praktisi senior, termasuk Upasaka-Upasika, untuk memberi
ceramah Dharma, jasa kebajikan ini sungguh besar!
Jasa kebajikan dari menceramahkan satu judul sutra adalah melampaui
jasa kebajikan dari menimbun tiga ribu maha ribu dunia dengan tujuh mustika
untuk dijadikan persembahan dana, tidak dapat dibandingkan!
Jangankan
bilang seluruh tujuh mustika dari Planet Bumi saja, namun yang dikatakan Sang
Buddha adalah mendanakan tujuh mustika yang memenuhi tiga ribu maha ribu dunia,
juga tak sebanding dengan jasa kebajikan mengundang anggota Sangha untuk
menceramahkan satu judul sutra. Mengapa demikian?
Setelah
mendengar satu judul sutra ini, mungkin saja ada hadirin yang tercerahkan lalu
menuruti ajaran sutra melatih diri mencapai KeBuddhaan. Mendanakan tujuh
mustika sebanyak tiga ribu maha ribu dunia, juga tak berdaya membantu seseorang
mencapai KeBuddhaan, juga tak berdaya membantu seseorang untuk tercerahkan,
inilah alasannya.
Jika
tidak ada tenaga penceramah, maka boleh mencetak buku sutra, jasa kebajikan ini
ada di urutan kedua, agar Buddha Dharma dapat tersebar luas dan berlangsung
dari generasi ke generasi.
Harus
melihat jodoh, apakah ada orang yang bakal tercerahkan dari ajaran sutra, jika
ada, maka pahala ini sungguh tak terbayangkan; walaupun tidak ada, namun
sebutir hati bajikmu patut memperoleh pujian, hal ini mesti dipahami.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 23 September 2010
《無量壽經》的不可思議。萬善同歸,永明延壽大師讚歎的,他是淨土宗第六代祖師。「當來一切眾生,皆以此法而得度脫」,所以阿難請這部經,請佛說,佛給他讚歎,你這一問,這功德太大了。
如果我們現在的人要明白這個意思,你就曉得在佛門裡種福,如何在佛門裡面種最大的福報?「請轉法輪,請佛住世」,普賢菩薩這兩願的功德最大。佛不在世了,高僧大德,包括居士,請他們來講經教學,這個功德大!講一部經的功德,決定超過以大千世界七寶布施,不能比!別說是一個地球上的七寶,佛講的是大千世界七寶布施,不如請法師講一部經的功德。為什麼?這一部經,可能有人聽了,依教修行成佛了。大千世界七寶布施,沒有辦法幫助人成佛,沒有辦法幫助人開悟,道理在此地。實在沒有人講經,印經布施,功德是其次,把佛法流傳下去。得看緣分,有沒有人得道,有沒有人從經典上開悟,如果有,那個福報不得了;沒有,你這個善心可嘉,這要懂。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一四六集) 2010/9/23
Membangun vihara, vihara ini haruslah didayagunakan, mendirikan vihara
adalah sama dengan mendirikan sekolah, di dalamnya harus ada kegiatan belajar
mengajar, ada murid yang datang kemari menuntut ilmu, jasa kebajikan vihara ini
akan sangat besar.
Andaikata vihara ini sudah selesai dibangun, tetapi di dalamnya tidak
ada kegiatan belajar mengajar, hanya dapat membantu para makhluk menanam benih
KeBuddhaan di Alaya-vijnana (gudang kesadaran) mereka. Selain ini, tidak ada
kegunaannya lagi. Kesimpulannya lebih baik ada daripada tidak ada sama sekali.
Semasa hidupnya, Upasaka Li Bing-nan pernah mengatakan “Membangun vihara
tanpa disertai kegiatan ceramah dan melatih diri, tidak dapat menjayakan Buddha
Dharma”.
Dengan menyebarluaskan Ajaran Buddha, jasa kebajikan dan manfaat ini
sangat unggul tiada bandingnya, hendaknya membangkitkan niat mulia guna
melestarikannya, meneruskan karir Buddha menyebarluaskan Buddha Dharma dan
menyelamatkan para makhluk, jasa kebajikan ini tiada bandingnya!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 23 September 2010
建寺,這個寺要發揮作用,建寺是建學校,得有老師教學,有學生到這裡求學,這個寺的功德就很大。如果這個寺建好了,沒有教的,也沒有學的,只能給眾生阿賴耶裡種一個佛的種子,除這個之外它不起作用。做比不做好。李老師當年在世常說,「有廟無道,不能興教」。只有教興旺起來,教是教化,特別是佛教,真的世出世間法裡頭最重要的教育,主要的教學,無與倫比的教化,因為它能夠凡聖齊收,利鈍悉被。承傳佛教,無比殊勝的功德利益,發心承傳。要發心承傳,續佛慧命,這個功德哪裡比!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一四六集) 2010/9/23