Friday, 26 July 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Oktober 2010 (Bgn 1)


Berbakti pada Ayahbunda dan menghormati guru adalah akar dari segala kebajikan, segala kebajikan tumbuh dari akar ini. Apabila seseorang itu melakukan kebajikan sebesar apapun, tetapi dia tidak berbakti pada Ayahbunda-nya, tidak menghormati guru dan senior-nya, maka kebajikan-nya ini tidak punya akar, cuma semu belaka.

Kebajikan yang diperbuatnya tersebut adalah ibarat bunga segar yang ditaruh ke dalam vas bunga, cuma beberapa hari saja sudah layu dan mati, dia takkan bermekaran dan menghasilkan buah, meskipun sempat bermekar namun juga takkan menghasilkan buah.  

Lain halnya apabila tanaman tersebut memiliki akar, walaupun kondisinya sekarang, bahkan sebatang ranting pun belum tumbuh, tetapi kelak pasti berbunga dan berbuah.

Lihatlah sebatang tunas pohon yang masih kecil, dia memiliki akar, lalu ditanam di sana. Belasan tahun kemudian dia akan tumbuh menjadi pohon besar, berbunga dan berbuah, anda bisa bayangkan bahwa dia adalah hidup.

Kebenaran ini tidak boleh tidak dipahami. Apabila anda tidak memahaminya, walaupun sepanjang hayat belajar Ajaran Buddha, hasilnya juga cuma menanam secuil akar kebajikan saja, hal ini disebutkan di dalam sutra Buddha, di dalam alayavijnana (gudang kesadaran)-nya tertanam benih-benih Buddha Dharma, pada satu masa kehidupan ini, dia takkan berbunga dan berbuah.

Lantas bagaimana caranya supaya dia bisa berbunga dan berbuah? Anda harus giat melatih diri, bibit sudah tersedia di dalam alayavijnana, tetapi apabila anda sendiri tidak serius melatih diri, maka juga takkan berdaya.

Bagaimana cara melatihnya? Yakni dengan tiga akar pendidikan kesusilaan  berikut ini, “Di Zi Gui”, “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal” dan “Sepuluh Kebajikan”.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Oktober 2010

Penjelasan “Di Zi Gui” baca di :

Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal :

Sepuluh Kebajikan :


孝親尊師是世出世間善法的根本,所有善法都從這個根生的。如果他做再大的善法,他不孝父母,不敬師長,他沒有根,他那個善法不是真的,沒有根。那個善法是什麼?像花瓶裡面插的花一樣,幾天就枯死,它不會開花結果,花是開了,不會結果的,幾天枯死了,這個道理是真的,一點都不假。如果有根有本,雖然它現在連枝葉都沒有,我們知道將來它一定花果茂盛。你看一個小的樹芽,它底下有根,它栽在那個地方,我們就想到,十幾年之後它長成大樹,開花結果,你就能預算得到,活的。這個道理不可以不懂。你要不懂的話,這一生學佛只是在佛法裡面種一點善根,這是佛經上說的,阿賴耶裡面落謝佛法種子,在這一生當中它不會開花結果。它要開花結果,你得要修,種子是有了,阿賴耶種子是有了,你不修不行,你得真幹。怎麼個修法?依照這個,這真正叫三個根,這是淨宗的三個根,我們常常講《弟子規》、《感應篇》、《十善業道》,那是中國傳統文化的三個根,儒釋道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七九集)  2010/10/29




 

Orang awam yang terlahir ke Alam Sukhavati, di sana tidak ada rintangan yang membuatmu mengalami kemerosotan batin. Di Alam Sukhavati, setiap hari bersua dengan para Buddha dan Bodhisattva, di sana tidak ada musuh kerabat penagih utang, tidak ada godaan lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran).

Lain halnya di dunia fana ini, di dalam diri terdapat kekotoran batin, keserakahan, kebencian, kedunguan, keangkuhan; di luar diri terdapat godaan harta, rupa, ketenaran, keuntungan, godaan yang amat kuat, alhasil hanya bisa  mengangkat bendera putih!

Berapa banyak praktisi senior, yang sudah melatih diri selama berpuluh-puluh tahun, masih juga tergoda dan mengalami kemerosotan batin. Berapa orang yang dapat menahan godaan, yang takkan mengalami kemerosotan batin, andaikata dapat melewati cobaan ini, maka dia telah berhasil.

Lantas kita bertanya, bagaimana caranya supaya dia tidak tergiur oleh godaan, sehingga tidak mengalami kemerosotan batin? Buddha Sakyamuni mengajarkan pada kita, dengan “Ketekunan” maka kita takkan mengalami kemunduran.

Ketekunan yang dimaksudkan di sini adalah serupa dengan apa yang dikatakan leluhur sebagai “Terfokus”. Di dalam Buddha Dharma dikatakan sebagai “Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang”, menekankan pada jangka panjang, andaikata anda dapat secara rutin, tiap hari meluangkan waktu empat jam untuk membaca sutra atau mendengar ceramah, mungkin dengan demikian anda takkan mengalami kemunduran.

Apabila masih juga tidak sanggup menahan godaan luar, godaan ketenaran dan keuntungan, lantas bagaimana? Maka waktu yang digunakan untuk membaca sutra atau mendengar ceramah mesti diperpanjang.

Kita melihat ada sebagian praktisi yang menggunakan waktu selama 10 jam perhari, kalau begini maka takkan ada masalah, tiap hari menggunakan waktu 10 jam untuk mendekati Buddha dan Bodhisattva.

Andaikata tiap hari dapat mempertahankan waktu 10 jam bersama Buddha dan Bodhisattva, maka dijamin takkan mengalami kemunduran, praktisi begini pasti terlahir ke Alam Sukhavati, kalau tidak tekun begini, maka sulit dikatakan!

Bayangkan, kalau tidak mendekati Buddha dan Bodhisattva, maka anda akan mendekati ketenaran dan keuntungan, di sisi sana banyak godaan yang sedang menanti, waktu berinteraksi dengannya juga panjang, sehingga menimbulkan kekuatan yang besar untuk menarikmu.

Fenomena begini, sejak zaman dulu hingga sekarang sudah sering dijumpai, bukan merupakan sesuatu yang langka. Mengapa praktisi yang begitu handal, yang telah melatih diri selama 10 tahun atau 20 tahun juga bisa mengalami kemerosotan batin? Alasannya terletak di sini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Oktober 2010


凡夫往生,極樂世界沒有叫你退轉的這些障緣,沒有。你在那裡面,你所看到的是諸佛菩薩,那個地方沒有冤親債主,沒有五欲六塵的誘惑,那邊沒有。在這個世界成就難,內有貪瞋痴慢的煩惱,外面有財色名利的誘惑,非常強大的誘惑,你能夠不動心談何容易!多少老修行,修行幾十年的,還被誘惑,還退轉了。幾個人能不退的,他成功了。那我們要問,他怎麼能保持不退?我們也想做到不退。佛教給我們的方法,精進,精進就能夠不退。精是精純,老祖宗教給我們的「貴以專」,佛法裡面教給我們「一門深入,長時薰修」,著重在長時,如果你每天能夠保持四小時以上讀經或者是聽經,也許你不會退轉。

如果還敵不住這些外面的誘惑,名聞利養的誘惑,那怎麼辦?時間加長。我們看到有些同學一天十個小時,這個沒有問題了,每天十個小時跟佛菩薩接近,親近佛菩薩。天天如是,真的保證不退,這個人決定往生,不能這樣精進那太難了!你看看,你不親近佛菩薩,你就會親近名聞利養,那邊在引誘你,哪一邊時間長,哪一邊就產生巨大的力量,就把你拉跑掉了。這種情形自古以來就很常見,不是少見。為什麼很好的修行人,十年、二十年他還會退轉?原因就在此地。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七九集)  2010/10/29

 


 

Buddha dan Bodhisattva ber-Maitri Karuna, menyelamatkan para makhluk yang kesusahan. Untuk menyelamatkan para makhluk, caranya adalah harus membantunya supaya tercerahkan, setelah tercerahkan barulah dia bisa kembali ke jalan yang benar. Cara untuk tercerahkan adalah dengan mengandalkan pendidikan kesusilaan, pendidikan etika moral dan pendidikan Hukum Sebab Akibat, ajaran insan suci dan bijak, dengan mempelajari pendidikan begini barulah dia dapat kembali ke jalan yang benar.

Apa yang diajarkan pendidikan masa kini? Mengejar ketenaran dan keuntungan, bersaing memperebutkan laba dan popularitas. Boleh dikatakan sejak Taman Kanak-kanak hingga jenjang Srata-3, yang diajarkan adalah bagaimana caranya bersaing memperebutkan ketenaran dan keuntungan.

Niat pikiran yang timbul bukanlah demi kepentingan orang banyak, tetapi adalah demi kepentingan pribadi, bagaimana cara merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri, sungguh menakutkan! Semua niat pikiran jelek begini mengantar dunia ini pada kemusnahan, seperti banyak versi isu kiamat yang beredar akhir-akhir ini.

Para ilmuwan menyimpulkan ada beberapa faktor yang menyebabkan Bumi ini musnah, yang pertama adalah bencana akibat ulah manusia, contohnya Perang Dunia Ketiga, perang kimia, perang biologi (menggunakan senjata virus, bakteri dan sebagainya), yang akan mengantar umat manusia pada kemusnahan massal.

Ini adalah bentuk bencana akibat ulah manusia, manusia sudah bosan hidup, makanya bersama-sama menuju pada kemusnahan. Hal ini sangat mungkin terjadi, oleh karena sekarang banyak negara yang mengembangkan  senjata nuklir, cukup untuk menghancurkan dunia ini.

Yang kedua adalah bencana alam, sekarang yang paling menakutkan adalah kenaikan permukaan air laut, es di kutub utara dan kutub selatan mencair, ini merupakan bencana besar, cuaca di seluruh dunia mengalami perubahan besar, sehingga mempengaruhi eksistensi tanaman dan tumbuh-tumbuhan, akibatnya produksi bahan pangan berkurang drastis, manusia terancam mati kelaparan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Oktober 2010


佛菩薩慈悲,救苦救難,救度一切眾生的方法就是要幫助他覺悟,真正覺悟了他就回頭,他才能改邪歸正。覺悟的方法就是要靠教育,人要能夠真正通過學習倫理的教育、道德的教育、因果的教育、聖賢的教育,就會回頭。如果沒有這些教育,像現代全世界的教育是什麼教育?名利的教育,爭名奪利,可以說從幼兒園起到研究院、到博士班,研究什麼東西?如何爭名奪利。起心動念不是為別人,是為自己,起心動念是損人利己,這太可怕了!我們這個經上講感應,這種念頭、這種行為,所感得的是什麼?不是極樂世界,是悲慘世界,也就是許多預言來講的世界末日,地球的毀滅。科學家也告訴我們,他說可能造成地球的毀滅有好幾種原因,裡面第一種原因就是第三次世界大戰,核武、生化的戰爭,會造成人類在地球上毀滅。這是人禍,這不是天災,大家活得不耐煩了,同歸於盡。這個非常有可能,因為現在核武有這麼多,足夠毀滅全世界,不是不可能。第二種這就講自然災害,現在最怕的,地球的溫度不斷上升,南北極的冰融化了,這是大災難,整個地球溫度改變了。這一改變影響什麼?影響動植物的生存,這裡頭最嚴重的是糧食大量的減產,人會餓死。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一七九集)  2010/10/29