Penduduk
Alam Sukhavati takkan mengalami proses penuaan, memiliki usia tanpa batas, tetap
awet tak berubah, sungguh tak terbayangkan. Kami percaya setiap insan
menginginkan usia panjang, terkecuali orang-orang “tertentu” yang suka pada
usia pendek, jadi ternyata ada juga yang tidak suka usia panjang. Namun orang
yang suka pada usia panjang, jumlahnya lebih banyak dan mereka akan mencapai
Alam Sukhavati.
Di
Planet Bumi ini, hampir setiap harinya kita dapat menjumpai berita kasus bunuh
diri, bahkan murid Sekolah Dasar juga sudah berpikiran pendek, mengapa
demikian? Sudah bosan hidup, dunia ini sudah terlampau sengsara, tidak ada
maknanya lagi.
Apakah
bunuh diri bisa menuntaskan masalah? Jika bunuh diri bisa menuntaskan semua
problema, maka segalanya sudah jadi terlampau gampang; namun sayangnya bukan
menuntaskan masalah, malah akan menimbulkan lebih banyak lagi persoalan yang
rumit.
Buddha
Sakyamuni menyampaikan pada kita di dalam sutra, pelaku bunuh diri kondisinya
sungguh memprihatinkan, setiap kurun waktu tujuh hari akan mengulangi adegan
bunuh dirinya, yang berarti bahwa arwahnya berada di dalam periode Antarabhava tak
berdaya pergi bertumimbal lahir, dia
akan terjebak di dalam periode Antarabhava, setiap kurun waktu tujuh hari dia
akan mengulangi adegan bunuh dirinya.
Sampai
dia berhasil mencari penggantinya, barulah dia memiliki peluang pergi bertumimbal lahir, kadang kala sudah
menunggu hingga bertahun-tahun lamanya, juga tidak menemukan pengganti, sungguh
menyengsarakan! Andaikata dia mengetahui bahwa tindakan bunuh diri akan
menyengsarakan, dia pasti takkan memilih jalan pintas.
Kalau
merasa hidup di dunia ini tidak ada maknanya, janganlah berpikiran pendek,
sesungguhnya Alam Sukhavati sangat bagus, di Alam Sukhavati segala sesuatu
terpenuhi sesuai dengan harapan, mengapa tidak menggunakan waktu hidup di dunia
untuk baik-baik melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati?
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 28 November 2010
Catatan :
Periode Antarabhava adalah periode peralihan antara selesainya
satu masa kehidupan ke masa kehidupan berikutnya, umumnya adalah 49 hari.
西方極樂世界的人不老,你看無量壽,他人不老,他沒有變化,這個不可思議。我們相信很多很多人都喜歡長壽,喜歡短命的人很少,不能說沒有,也有,但是喜歡長壽的多,歡喜長壽的人都到極樂世界去。這個地球上每天我們能想像得到,每天自殺的人不少,現在連小學生都自殺,為什麼?活得不耐煩,這世界太苦了沒有意思。自殺解決不了問題,如果自殺能解決問題,那事情太簡單了;解決不了問題,自殺不但不能解決問題,還帶來更多的麻煩。佛在經裡面告訴我們,凡是自殺的人他很可憐,每七天它要重複表演一次,就是說它中陰身沒有法子去投胎,六道輪迴它就止於這個地方,每七天要受一次罪。要到找到替身它才能離開,要找不到替身,有時候好多年都找不到替身,很苦!如果他知道自殺這麼苦,他就不會自殺。覺得這個世界活得沒有意思,極樂世界好,極樂世界樣樣稱心如意,為什麼不到極樂世界去?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二0八集) 2010/11/28
Alam
Sukhavati memiliki “Tiga Faktor Tanpa Batas” yakni “cahaya tanpa batas, usia
tanpa batas, sahabat belajar tanpa batas”. Buddha Amitabha adalah guru
merangkap sekaligus kepala sekolah.
Teman
sekolahmu terdiri dari Bodhisattva, Pratyekabuddha, Arahat dan para Dewa,
teman-teman sekolahmu semuanya hidup berdampingan secara harmonis, takkan
bertengkar, takkan memaksakan pendapat dan pandangan sendiri, takkan berselisih
paham, mengapa demikian?
Apabila
hatimu tidak suci, Buddha Amitabha takkan datang menjemputmu. Patut diketahui
bahwa Buddha Amitabha juga menyeleksi calon muridNya, apabila anda masih belum
menyingkirkan kekotoran batin dan tabiat jelek, umpamanya orang ini telah
menyakiti-ku, aku akan menyimpan dendam ini di hati, tunggulah pembalasanku
suatu hari nanti.
Tapi
sayangnya anda belum sempat balas dendam, namun ajal sudah keburu tiba, bagaimana anda bisa terlahir ke Alam
Sukhavati? Bukankah nantinya sampai di Alam Sukhavati, anda akan bertengkar
dengan musuhmu, kalau sudah begini
bukankah Alam Sukhavati akan jadi gaduh nantinya?
Atas
dasar pertimbangan inilah, Buddha Amitabha takkan menjemput dirinya, hal ini
mesti dipahami. Kalau tidak dipahami, maka sepanjang hayat kita bersusah payah
melafal Amituofo, alhasil malah gagal ke sana, sudah gagal malah tidak tahu
penyebabnya, cuma bisa memaki-maki Buddha Amitabha tidak sakti, menelantarkan
diriku, sia-sia saja tiap hari melafal namaMu, tega-teganya tidak menjemput
diriku.
Tidak
menyadari kekotoran batin dan tabiat diri sendiri yang begitu beratnya, sampai
di Alam Sukhavati malah membuat keributan, bisa-bisanya mengacaukan kondisi
masyarakat di Alam Sukhavati, jadi bukanlah Buddha Amitabha yang tidak
ber-Maitri Karuna, kebenaran ini mesti dipahami dengan jelas.
Maka
itu dengan melafal sepatah Amituofo ini, tujuannya yang pertama adalah sebagai
sinyal komunikasi antara diri kita dengan Buddha Amitabha; yang kedua adalah
untuk meredam kekotoran batin dan tabiat kita. Dengan demikian untuk menuju ke
Alam Sukhavati, tidak sulit lagi.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 28 November 2010
底下一句說得很好,「三無量者」,極樂世界三種無量,「光明無量、壽命無量、眷屬無量」,眷屬是同學,阿彌陀佛是老師,是我們的校長。同學裡面你看有菩薩、有二乘、有天人,這些同學在極樂世界都是和睦相處,都不會有鬧意見的,不會起糾紛的,為什麼?他心不清淨,阿彌陀佛不會來接引他。要知道我們平時起心動念、言語造作,阿彌陀佛看得清清楚楚,你想到我這裡來,我要不要你來,他看得很清楚。如果你煩惱習氣還沒有放下,這個人跟我有怨,我都還沒報復他,我到極樂世界,他怎麼可以去?那到極樂世界兩個還吵架,那不是把極樂世界的社會擾亂了嗎?所以這樣情形阿彌陀佛不會接引他的,這都得要懂。否則的話,我們念了一輩子阿彌陀佛,最後去不了,不知道自己過失,還罵阿彌陀佛不靈,你看我天天念你,你都不來接我。不知道自己煩惱習氣太重,你到極樂世界會出亂子,會攪亂那邊社會,不是他不慈悲,這個道理一定要明白。所以我們在此地念這句佛號,一個是跟阿彌陀佛這個世界聯繫、溝通;另外一個,用這句阿彌陀佛把我們的煩惱習氣把它壓住,這是有這麼一個作用在裡頭。取西方極樂世界就很容易,就不難了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二0八集) 2010/11/28
Penduduk
Alam Sukhavati memiliki kemampuan berjelajah ke negeri para Buddha yang tak
terhingga, untuk memberi persembahan kepada para Buddha dan mendengarkan
pembabaran Dharma dari para Buddha.
Bersamaan
itu pula menyelamatkan para makhluk yang tanpa batas, yang membutuhkan
pertolongan. Para makhluk yang menjalin jodoh dengan kita selama kalpa yang tak
terhingga, jumlahnya banyak sekali, mereka masih berada di dalam enam alam
tumimbal lahir, masih berada di dalam Dasa Dharmadhatu, dia membutuhkan
pertolongan, meskipun pelatihan diri kita belum berhasil, tetapi dengan
mengandalkan pemberkatan kewibawaan tekad Buddha Amitabha, sehingga kita tidak
ada bedanya lagi dengan Bodhisattva Avaivartika.
Bodhisattva
Avaivartika ketika berada di dalam Dasa Dharmadhatu, para makhluk memohon
pertolongan, Bodhisattva segera meresponnya. Dengan perkataan lain, sekarang
anda telah memiliki kemampuan untuk menyelamatkan para makhluk yang tanpa
batas.
Bukan
hanya beberapa orang saja yang dapat anda selamatkan, juga bukan kerabatmu
semasa hidup ini saja, namun para makhluk yang berjodoh denganmu selama
kelahiran demi kelahiran, mereka jatuh ke alam mana, anda langsung bisa
mengetahuinya.
Baik
musuh maupun kerabat, sama-sama merupakan orang yang berjodoh denganmu,
termasuk sebelum anda belajar Ajaran Buddha, daging hewani yang anda lahap,
yang anda habisi nyawanya, semuanya merupakan musuh kerabat penagih utang, yang
berjodoh denganmu.
Sesampainya
di Alam Sukhavati, anda telah menjadi Bodhisattva Avaivartika, anda telah memiliki
kemampuan guna menyelamatkan baik lawan maupun kawan. Semua musuh dan
kerabatmu, sama-sama memperoleh manfaat.
Jadi
semua ini dapat membantu mereka mencapai KeBuddhaan, menuntun mereka menuju ke
Alam Sukhavati, terlahir ke Alam Sukhavati adalah serupa dengan mencapai KeBuddhaan, sungguh merupakan
pelaksanaan Jalan Bodhisattva.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 28 November 2010
Dasa Dharmadhatu baca di :
今天極樂世界人民,所謂人民稱為聲聞,你看他能夠到無數佛國作無量佛事,這個佛事就是聽經、供養,這就佛事。對老師的尊敬供養修福,跟同學們結緣,這都是福慧雙修,聽老師教誨,同學切磋琢磨,進步就太快了。
同時度無邊眾生,這一句是怎麼說?眾生有感,我們自己無量劫來與我們有緣的眾生太多了,他們還在六道、還在十法界,他有感,我們雖然道業沒有成就,但是有阿彌陀佛本願威神加持,跟阿惟越致菩薩一樣,阿惟越致菩薩在十法界,眾生有感他就應。換句話,你也就有這個能力應眾生之感,那你就去幫助他,這就是度無邊眾生。不是幾個人,不是我這一生當中遇到幾個,生生世世家親眷屬你全都知道了。對你有親的是你的有緣人,跟你結怨的也是有緣人,乃至於你在沒有學佛之前,你所吃的這些眾生的肉、你所殺害的這些眾生,統統都是你的冤親債主,都是有緣人,你到極樂世界就有能力去幫助他們,度他們,這些冤親債主都得好處。所以這是都能幫助他們成佛,接引他們到西方極樂世界,到極樂世界就算是成佛。正是大菩薩的行徑,豈能視為一般聲聞,這是一般聲聞決定做不到的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二0八集) 2010/11/28