Andaikata malam ini ada kegiatan ceramah Dharma di vihara, dan kebetulan
malam ini pula ada sebuah transaksi bisnis yang bisa meraup keuntungan sebesar
satu juta dolar, mana yang akan anda pilih?
Anda tentunya berpikir yang namanya ceramah itu kapan saja bisa
didengar, sedangkan kesempatan untuk meraup satu juta dolar, sungguh langka
adanya. Dengan demikian jelas sudah sampai dimana tingkat keyakinan diri
sendiri.
Padahal Buddha Sakyamuni telah menyampaikan di dalam “Sutra Intan” bahwa
walaupun anda memenuhi tiga ribu maha ribu dunia dengan tujuh mustika, untuk
didanakan, namun juga tak sebanding dengan jasa kebajikan dari menyampaikan
empat baris kalimat gatha yang tercantum di dalam sutra, siapa yang percaya?
Jangankan bilang satu juta dolar, mungkin seratus ribu dolar saja sudah
cukup membuat hatinya goyah, dia akan membatalkan niatnya mendengar ceramah dan
lebih memilih meraup keuntungan seratus ribu dolar. Uang lebih penting.
Dari sini kita dapat mengamati dengan seksama, insan yang benar-benar
yakin itu jumlahnya tidak banyak. Lantas buat apa orang-orang yang tak percaya
itu datang kemari mendengar ceramah?
Guru Li mengatakannya dengan cukup beralasan, mereka datang untuk
menghabiskan waktu. Ternyata orang-orang ini datang ke vihara belajar Ajaran
Buddha untuk menghabiskan waktu, dia tidak punya kegiatan di rumah, makanya
datang ke vihara buat jalan-jalan.
Di rumah rasanya bosan, makanya jalan-jalan ke vihara, melihat
keramaian, jadi tujuannya bukan untuk belajar Buddha Dharma.
Selama bertahun-tahun kami mengamati hal ini, ternyata memang beginilah adanya,
makanya kami tidak merasa heran sama sekali, mengetahui bahwa Pintu Dharma
Tanah Suci memang tidak gampang dipercaya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 September 2010
今天這個地方法師在這裡講經,你今天晚上去做一筆生意可以賺一百萬,你是來聽經放棄那一百萬,還是去賺一百萬,今天經缺一堂就無所謂。肯定是去賺一百萬,他就不來了。這不都是假的嗎?這叫難信之法。有幾個人真正認真把佛所說的話當話,佛所說的大千世界七寶布施,不如經裡面的四句偈功德大,誰相信?別說一百萬,恐怕賺十萬塊錢,他就不聽了,捨棄了,十萬塊錢重要。這是我們從這些地方細心去觀察,真正相信的人不多。不相信他也常常到這裡來聽經,這是為什麼?李老師說一句話很有味道,他說是什麼?來消遣消遣。原來這些人到佛堂來學佛是消遣,他沒事幹,到這裡來玩玩的,是這麼一個心態。坐在家裡感到無聊,佛堂去走走,熱鬧熱鬧,不是真學。真學還得了,真學不個個都成佛了?聽了過去老人的話,我們這麼多年細心觀察,一點都不錯,所以我們就見怪不怪,知道這個法門不容易。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五三集) 2010/9/30
Buddha dan Bodhisattva mengajarkan kita, insan suci dan bijak zaman
dulu juga mengajarkan kita, “Menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan
mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang”, mengapa
demikian? Untuk menghapus kekotoran batin.
Oleh karena anda menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma, hatimu jadi
tenang; kalau belajar beraneka ragam, hatimu jadi kalut, hendaknya memahami
aturan ini!
Dengan belajar satu metode saja barulah dapat menghapus kekotoran
batin, sebaliknya belajar beraneka ragam malah tidak dapat melenyapkan
kekotoran batin.
Dari sini dapat diketahui bahwa belajar satu Pintu Dharma adalah
mewujudkan sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan), sebaliknya
kalau belajar banyak metode, maka sila, samadhi dan prajna takkan terwujud,
sehingga ajaran yang dipelajari hanya akan menjadi pengetahuan duniawi.
Orang begini kaya ilmu, kenyang akan pengetahuan, serba tahu, ini
adalah kata pemanis buat memuji dirinya. Lantas apakah benar dia itu serba
tahu? Hal yang tidak pernah dipelajarinya takkan diketahuinya, jadi yang dia
ketahui cuma sebatas yang pernah dipelajarinya saja.
Kalau memang serba tahu, seperti Sang Buddha yang maha tahu, walaupun
belum pernah dipelajari juga bisa, tidak perlu belajar juga bisa. Kenapa tidak
perlu belajar? Oleh karena telah menemukan kembali jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).
Makanya segala Dharma (baik Buddha Dharma maupun Dharma duniawi), tak
terpisahkan dari jiwa sejati, asalkan menemukan kembali jiwa sejati, maka
takkan ada satu pun yang tidak diketahui.
Maka itu 84 ribu pintu Dharma, termasuk di dalamnya Pintu Dharma
Pelafalan Amituofo, tujuan akhirnya adalah menemukan kembali jiwa sejati (mencapai
KeBuddhaan).
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 September 2010
佛菩薩教導我們、古聖先賢教導我們,「一門深入,長時薰修」,是為什麼?為斷煩惱。因為你一門,你心是定的;你太多了,你心就亂了,得懂這個道理!一門才能斷煩惱,門多了煩惱斷不掉。所以我們知道,一門是戒定慧,多門戒定慧就沒有了,沒有了就變成世間的知識,廣學多聞,這是世間的知識。某人讀書多,知識豐富,通家,樣樣都通,通家,這是讚歎別人的。他是不是真通?他沒學過他都不知道,學過了才曉得,沒有學過他不知道。如果真通了,像佛這是真通,沒學都知道,不用學。為什麼不用學?他見性了。所以一切法不離自性,只要見性,沒有一樣不知道;有一樣不知道,你沒見性。所以佛法修學,八萬四千法門,包括我們念佛求生淨土,終極的目標是什麼?明心見性。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五三集) 2010/9/30
Tempo dulu, ketika saya memberi ceramah tentang Pintu
Dharma Tanah Suci, saya hanya membahasnya sampai terlahir ke Alam Sukhavati
maka sudah dianggap selesai.
Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) memberitahukan padaku
bahwa ceramahku masih belum lengkap, masih kurang satu kalimat yakni menemukan
kembali jiwa sejati. Dengan demikian barulah menyadari bahwa terlahir ke Alam
Sukhavati menemukan kembali jiwa sejati, begini barulah sempurna!
Di dunia fana ini, kita tidak dapat menemukan kembali
jiwa sejati, sesampainya di Alam Sukhavati barulah dapat menemukan kembali jiwa
sejati mencapai KeBuddhaan.
Buddha Sakyamuni berdiam di dunia ini 80 tahun
lamanya, membabarkan Dharma selama 49 tahun, apa manfaat yang sesungguhnya? Manfaat
yang sesungguhnya adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”.
Master Shandao berkata, “Tathagata bersukacita lahir
ke dunia ini, hanya demi membabarkan tekad Buddha Amitabha”, hanya demi tujuan
ini, demi membabarkan Pintu Dharma Tanah Suci, lantas bagaimana dengan metode
lainnya?
Membabarkan metode lainnya karena ada yang menyukainya,
Sang Buddha menuruti kehendak para makhluk, anda suka metode apa maka Saya
jelaskan padamu.
Tetapi terus terang saja, bila anda ingin dalam satu kelahiran
mencapai kesempurnaan, maka harus menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma ini (Ajaran
Sukhavati), yang merupakan metode yang aman, praktis, gampang dan cepat meraih
keberhasilan, takkan ada pintu Dharma lainnya yang lebih unggul lagi, menjamin
dirimu pasti berhasil.
Kita berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, boleh
dikatakan “Sutra Usia Tanpa Batas” adalah surat jaminan yang dianugerahkan
Buddha kepada kita semuanya.
Asalkan menuruti ajaran yang tercantum di dalam sutra,
maka takkan ada seorang pun yang tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, benar-benar
merupakan sepuluh ribu orang yang melatihnya, sepuluh ribu pula yang berhasil!
Kebenaran ini tidak boleh tidak dipahami, jika tidak
dipahami, kita telah menyia-nyiakan jerih payah Buddha Sakyamuni,
menyia-nyiakan jerih payah Buddha Amitabha.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 September 2010
我在早年的時候,對於淨土往生西方極樂世界以為就可以了,我只講到此地。老師告訴我,不行,你還差一句。我說差什麼一句?明心見性。這才曉得到極樂世界明心見性,這才圓滿!此地見不了性,到極樂世界去,見性成佛,真正圓滿。釋迦牟尼佛住世八十年,講經教學四十九年,真實之利是什麼?真實之利就是這一部《無量壽經》。所以善導大師講得好,「如來所以興出世,唯說彌陀本願海」,就是為了這樁事情,唯獨就是要傳這個法門,其他的?其他的那都是有些人喜歡,佛恆順眾生,你喜歡什麼我就給你講什麼。但是真正告訴你,你真的想一生當中證得究竟圓滿,那就這一門,穩當、簡單、容易、快速,再找不到這樣殊勝法門,保證你成就;你學其他的法門,不能保證你。
我們往生西方極樂,到極樂世界成佛,換句話說,《無量壽經》是保證書,佛給我們保證書。真要依照經典裡面所說的,沒有一個不往生,真正是萬修萬人去,這還得了!這個道理不能不懂,不懂,我們辜負了釋迦牟尼佛、辜負了阿彌陀佛。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一五三集) 2010/9/30