Sunday, 4 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 November 2010


Dinasti Qing (1644-1911), sejak berdiri, para kaisarnya selalu mengundang baik praktisi ajaran Konfusius, Ajaran Buddha maupun Tao, untuk memberi ceramah di istana. Kaisar memimpin seluruh bangsawan dan pejabat istana untuk bersama-sama mendengarkan ceramah, bagaimana cara menata pemerintahan dengan bijak dan bagaimana cara menciptakan berkah bagi rakyat banyak.

Kegiatan ini berjalan dari satu generasi ke generasi selanjutnya, hingga akhirnya ketika Ibu Suri Cixi berkuasa, kegiatan ini dihentikan. Ibu Suri Cixi sebelumnya adalah permaisuri Kaisar Xianfeng, Kaisar Qing ke-9. Setelah Kaisar Xianfeng mangkat, tahta kekaisaran diserahkan kepada Kaisar Tongzhi yang masih berusia kecil, alhasil Ibu Suri Cixi menjadi penguasa dibalik tirai.

Setelah Ibu Suri Cixi menghapus kegiatan mendengar ceramah, segala urusan kekaisaran juga tidak didiskusikan lagi dengan para insan bijak, tetapi ditanyakan kepada para medium roh alias tatung atau orang yang bisa kesurupan. Ini namanya menganut kepercayaan takhayul.

Maka itu mengapa Dinasti Qing atau Dinasti Manchuria yang begitu kokohnya bisa runtuh, inilah alasannya, segala urusan ditanyakan kepada medium roh, mendengar petunjuk dari setan dan malaikat, tidak mendengar nasehat insan bijak.

Hal ini disampaikan oleh Master Zhangjia kepada diriku. Waktu itu saya bertanya pada beliau, para medium roh yang mengaku dirasuki makhluk halus, apakah boleh dipercaya atau tidak? Kemudian Master Zhangjia menyampaikan padaku tentang kejadian sejarah tersebut.

Ada pula medium roh yang mengaku dirasuki Buddha dan Bodhisattva, ini pasti adalah setan yang menyamar jadi Buddha atau Bodhisattva, setan dan malaikat juga memiliki secuil kemampuan gaib, jadi kalau anda bertanya padanya tentang urusan kecil-kecilan, kadang kala dia bisa memprediksi-nya dengan tepat. Atau kejadian dalam waktu dekat, mungkin dia masih bisa mengetahuinya.

Tetapi untuk urusan besar dan kurun waktu yang agak jauh, dia tidak mampu memprediksinya, alhasil demi gengsi, dia pun asal tebak, pokoknya anda kan percaya padanya, lagi pula kalau ramalannya meleset, anda juga tidak tahu harus ke mana mencari dirinya.

Makanya sekarang banyak orang yang buka tempat praktek medium roh, setan dan malaikat juga banyak yang punya lowongan kerja. Lantas bagaimana kita menyikapinya?

Buddha Sakyamuni telah membabarkan dengan jelas di dalam sutra, segala berkah dan petaka tanyakan pada hati nurani sendiri, begini barulah betul, jangan tanya pada orang lain, juga jangan tanyakan pada setan dan malaikat, juga jangan tanyakan pada Buddha dan Bodhisattva, tapi tepuk dada tanyakan pada hati sendiri, tanyakan pada niat pikiran sendiri, anda akan memperoleh jawaban yang paling jitu dan akurat.

Apabila niat pikiran kita yang timbul, ucapan dan tindakan kita adalah bajik dan terjalin dengan kebenaran, terjalin dengan etika moral, terjalin dengan kesusilaan, maka apa yang ditabur itulah yang dituai.

Benih karma baik menghasilkan buah akibat yang baik, benih karma buruk menghasilkan buah akibat yang buruk, bukankah anda sudah cukup jelas jawabannya? Jadi buat apa ditanyakan pada orang lain? Terlebih-lebih lagi, tidak perlu ditanyakan pada setan dan malaikat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 November 2010


滿清開國這些帝王,經常邀請儒釋道專家學者到宮廷裡面講學,皇上帶著嬪妃、文武大臣聽課,真幹!這些講義都收在《四庫》裡頭。我以前好奇,他們在宮廷裡講些什麼?看看他們講的《四書》、講的《論語》,你看它的講義都還在。那是講給皇上聽的,當然偏重在政治,換句話說,儒釋道三家的學者教皇帝怎樣執政,教這些大臣們怎樣去治國,怎樣為人民謀福報,講這些東西。這個制度一直綿延下去,到慈禧太后執政的時候,同治年間,她的丈夫死了,丈夫咸豐皇帝,兒子很小,她垂簾聽政,她把這個制度廢掉了。廢掉之後,國家大事不找這些專家學者商量,找什麼?扶鸞的,這就迷信了。清朝亡國就亡在扶鸞,聽鬼神,不聽聖賢人,聽鬼神就亡國了。這些話是章嘉大師告訴我的。我是有一次向他老人家請教,就是扶鸞,扶鸞這個東西到底是真的還是假的?他就把這段歷史告訴我。

扶鸞小事,為什麼?他不是佛菩薩來的,是鬼神冒充的,鬼神也有小通,小神通,小事情他說得很準,近的事情他也講得很準。大事、時間久遠一點,幾年之後的事情,他就胡說八道,反正你也找不到他。所以扶鸞這些事情、鬼神這些事情現在很多,靈媒我們常常都遇到,外國也有。用什麼心態去對待他?佛經上有句話說,吉凶禍福問你的良心就行了,不要去問外人,也不要去問鬼神、不要去問佛菩薩,問自己的起心動念。我們的起心動念、言語造作是善的,與道德相應、與倫理相應、與因果相應,善因善果,惡因惡報,你不就都清楚了嗎?何必要去問人?更不必去問鬼神。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一九二集)  2010/11/11




 

Para medium roh (orang yang bisa kesurupan) kadang kala juga mengeluarkan pernyataan berupa ramalan-ramalan. Janganlah ditanggapi dengan serius.

Kadang kala ramalan itu juga ada bagusnya, membuat kita melakukan introspeksi diri, untuk lebih giat memupuk kebajikan dan menghapus kejahatan, lebih serius lagi untuk memperbaiki diri, meluruskan niat pikiran, dengan demikian bencana pun dapat terurai.

Musibah yang bakal menimpa diri sendiri dan keluarga kita juga dapat terurai, apa alasannya? Oleh karena segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran.

Kenapa saya bisa jatuh sakit? Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita, apa penyebab penyakit? Sumber penyakit adalah lima racun yakni keserakahan, kebencian, kedunguan, keangkuhan dan kecurigaan.

Di dalam dirimu sudah ada benih penyebab penyakit, benih ini bila bertemu dengan faktor pendukung atau jodoh, akibatnya adalah jatuh sakit. Jodoh itu ada dua jenis yakni jodoh eksternal dan jodoh internal.

Jodoh internal adalah dendam, benci, gelisah, marah, jengkel, beragam perasaan emosional yang mempengaruhi suasana hatimu. Jodoh eksternal adalah lima nafsu keinginan yakni harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur.

Di dalam dirimu sudah ada lima racun, ditambah lagi suasana hati yang buruk, sementara di luar terdapat godaan lima nafsu keinginan, begitu semua ini dicampur aduk, tubuh yang sehat pun mengalami masalah, rumah tangga jadi tidak harmonis, petaka pun bermunculan.

Dampak buruk yang lebih meluas adalah lingkungan hunian jadi bermasalah, ada bencana air, bencana api, gempa, badai. Semua ini berkaitan dengan niat pikiranmu, inilah yang disampaikan Buddha Sakyamuni kepada kita di dalam sutra.

Bencana air berasal dari hati loba kita, bencana api berasal dari kebencian, termasuk suhu permukaan Bumi yang kian meningkat, juga berasal dari kebencian. Bencana angin atau badai berasal dari kedunguan, gempa diakibatkan oleh hati yang tidak seimbang atau tidak setara.

Jadi tidak perlu bertanya pada orang lain, segala sesuatu tepuk dada tanyakan pada hati sendiri. Kini ancaman bencana menjadi fenomena umum, apabila kita meluruskan niat pikiran, maka segala bencana akan reda.

Asalkan senantiasa membangkitkan niat pikiran yang baik, maka penyakit pun akan sembuh, kesehatan dapat pulih seperti sedia kala, hal ini nyata adanya.

Dokter mengobati diri kita, peluang kesembuhan cuma 30 persen saja, sisanya 70 persen adalah terpulang kembali pada niat pikiran diri sendiri. Apabila niat pikiran kita “murni” bajik, maka tidak butuh obat-obatan juga bisa sembuh. Kasus begini sangat banyak, tidaklah semu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 November 2010


鬼神有些事情他透的一些信息,信息可以做參考,不必當真。而且有這些信息有個好處,讓我們認真反省,斷惡修善,改過自新,端正心念,災禍就可以化解。個人的災禍,我們自己一個人、一家的吉凶禍福很容易化解,為什麼?一切法從心想生。我為什麼會生病?佛給我們講,病的原因是什麼?真正的病因是貪瞋痴慢疑叫五毒,你裡頭有毒再加上不好的緣。不好的緣是什麼?怨恨惱怒煩,這是講你的情緒,不好的情緒。心是毒的,加上不好的情緒,外面誘惑你的外緣是財色名食睡,這一攪和,你身體健康有問題,你家庭不和睦,你災難來了。再大的影響是你居住的環境,有水災、有火災、有地震、有風災。這些是什麼?還是與你念頭有關係,這佛在經上告訴我們,水災從貪心起來的,火災從瞋恚起來的,地球溫度上升是瞋恚,風災是愚痴起來的,地震是傲慢不平起來的,都有原因。不要問別人,問自己。自然災害這麼多,端正心念,外面自然災害就會化解,自己內心裡有什麼毛病的話,病會好,這真的一點不假。醫生給我們治病,效果只有三分,自己的心態佔七分,心態如果純淨純善,不必用醫藥自然會好。這個例子很多,不是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一九二集)  2010/11/11