Dinasti
Qing (1644-1911), sejak berdiri, para kaisarnya selalu mengundang baik praktisi
ajaran Konfusius, Ajaran Buddha maupun Tao, untuk memberi ceramah di istana. Kaisar
memimpin seluruh bangsawan dan pejabat istana untuk bersama-sama mendengarkan ceramah,
bagaimana cara menata pemerintahan dengan bijak dan bagaimana cara menciptakan
berkah bagi rakyat banyak.
Kegiatan
ini berjalan dari satu generasi ke generasi selanjutnya, hingga akhirnya ketika
Ibu Suri Cixi berkuasa, kegiatan ini dihentikan. Ibu Suri Cixi sebelumnya
adalah permaisuri Kaisar Xianfeng, Kaisar Qing ke-9. Setelah Kaisar Xianfeng
mangkat, tahta kekaisaran diserahkan kepada Kaisar Tongzhi yang masih berusia
kecil, alhasil Ibu Suri Cixi menjadi penguasa dibalik tirai.
Setelah
Ibu Suri Cixi menghapus kegiatan mendengar ceramah, segala urusan kekaisaran
juga tidak didiskusikan lagi dengan para insan bijak, tetapi ditanyakan kepada
para medium roh alias tatung atau orang yang bisa kesurupan. Ini namanya
menganut kepercayaan takhayul.
Maka itu
mengapa Dinasti Qing atau Dinasti Manchuria yang begitu kokohnya bisa runtuh, inilah
alasannya, segala urusan ditanyakan kepada medium roh, mendengar petunjuk dari
setan dan malaikat, tidak mendengar nasehat insan bijak.
Hal ini
disampaikan oleh Master Zhangjia kepada diriku. Waktu itu saya bertanya pada
beliau, para medium roh yang mengaku dirasuki makhluk halus, apakah boleh
dipercaya atau tidak? Kemudian Master Zhangjia menyampaikan padaku tentang
kejadian sejarah tersebut.
Ada pula
medium roh yang mengaku dirasuki Buddha dan Bodhisattva, ini pasti adalah setan
yang menyamar jadi Buddha atau Bodhisattva, setan dan malaikat juga memiliki
secuil kemampuan gaib, jadi kalau anda bertanya padanya tentang urusan
kecil-kecilan, kadang kala dia bisa memprediksi-nya dengan tepat. Atau kejadian
dalam waktu dekat, mungkin dia masih bisa mengetahuinya.
Tetapi
untuk urusan besar dan kurun waktu yang agak jauh, dia tidak mampu
memprediksinya, alhasil demi gengsi, dia pun asal tebak, pokoknya anda kan
percaya padanya, lagi pula kalau ramalannya meleset, anda juga tidak tahu harus
ke mana mencari dirinya.
Makanya
sekarang banyak orang yang buka tempat praktek medium roh, setan dan malaikat
juga banyak yang punya lowongan kerja. Lantas bagaimana kita menyikapinya?
Buddha
Sakyamuni telah membabarkan dengan jelas di dalam sutra, segala berkah dan
petaka tanyakan pada hati nurani sendiri, begini barulah betul, jangan tanya
pada orang lain, juga jangan tanyakan pada setan dan malaikat, juga jangan tanyakan
pada Buddha dan Bodhisattva, tapi tepuk dada tanyakan pada hati sendiri,
tanyakan pada niat pikiran sendiri, anda akan memperoleh jawaban yang paling
jitu dan akurat.
Apabila
niat pikiran kita yang timbul, ucapan dan tindakan kita adalah bajik dan terjalin
dengan kebenaran, terjalin dengan etika moral, terjalin dengan kesusilaan, maka
apa yang ditabur itulah yang dituai.
Benih
karma baik menghasilkan buah akibat yang baik, benih karma buruk menghasilkan
buah akibat yang buruk, bukankah anda sudah cukup jelas jawabannya? Jadi buat
apa ditanyakan pada orang lain? Terlebih-lebih lagi, tidak perlu ditanyakan
pada setan dan malaikat.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 11 November 2010
滿清開國這些帝王,經常邀請儒釋道專家學者到宮廷裡面講學,皇上帶著嬪妃、文武大臣聽課,真幹!這些講義都收在《四庫》裡頭。我以前好奇,他們在宮廷裡講些什麼?看看他們講的《四書》、講的《論語》,你看它的講義都還在。那是講給皇上聽的,當然偏重在政治,換句話說,儒釋道三家的學者教皇帝怎樣執政,教這些大臣們怎樣去治國,怎樣為人民謀福報,講這些東西。這個制度一直綿延下去,到慈禧太后執政的時候,同治年間,她的丈夫死了,丈夫咸豐皇帝,兒子很小,她垂簾聽政,她把這個制度廢掉了。廢掉之後,國家大事不找這些專家學者商量,找什麼?扶鸞的,這就迷信了。清朝亡國就亡在扶鸞,聽鬼神,不聽聖賢人,聽鬼神就亡國了。這些話是章嘉大師告訴我的。我是有一次向他老人家請教,就是扶鸞,扶鸞這個東西到底是真的還是假的?他就把這段歷史告訴我。
扶鸞小事,為什麼?他不是佛菩薩來的,是鬼神冒充的,鬼神也有小通,小神通,小事情他說得很準,近的事情他也講得很準。大事、時間久遠一點,幾年之後的事情,他就胡說八道,反正你也找不到他。所以扶鸞這些事情、鬼神這些事情現在很多,靈媒我們常常都遇到,外國也有。用什麼心態去對待他?佛經上有句話說,吉凶禍福問你的良心就行了,不要去問外人,也不要去問鬼神、不要去問佛菩薩,問自己的起心動念。我們的起心動念、言語造作是善的,與道德相應、與倫理相應、與因果相應,善因善果,惡因惡報,你不就都清楚了嗎?何必要去問人?更不必去問鬼神。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一九二集) 2010/11/11
Para
medium roh (orang yang bisa kesurupan) kadang kala juga mengeluarkan pernyataan
berupa ramalan-ramalan. Janganlah ditanggapi dengan serius.
Kadang
kala ramalan itu juga ada bagusnya, membuat kita melakukan introspeksi diri,
untuk lebih giat memupuk kebajikan dan menghapus kejahatan, lebih serius lagi
untuk memperbaiki diri, meluruskan niat pikiran, dengan demikian bencana pun
dapat terurai.
Musibah
yang bakal menimpa diri sendiri dan keluarga kita juga dapat terurai, apa
alasannya? Oleh karena segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran.
Kenapa
saya bisa jatuh sakit? Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita, apa penyebab
penyakit? Sumber penyakit adalah lima racun yakni keserakahan, kebencian,
kedunguan, keangkuhan dan kecurigaan.
Di
dalam dirimu sudah ada benih penyebab penyakit, benih ini bila bertemu dengan
faktor pendukung atau jodoh, akibatnya adalah jatuh sakit. Jodoh itu ada dua
jenis yakni jodoh eksternal dan jodoh internal.
Jodoh
internal adalah dendam, benci, gelisah, marah, jengkel, beragam perasaan
emosional yang mempengaruhi suasana hatimu. Jodoh eksternal adalah lima nafsu
keinginan yakni harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur.
Di
dalam dirimu sudah ada lima racun, ditambah lagi suasana hati yang buruk,
sementara di luar terdapat godaan lima nafsu keinginan, begitu semua ini
dicampur aduk, tubuh yang sehat pun mengalami masalah, rumah tangga jadi tidak
harmonis, petaka pun bermunculan.
Dampak
buruk yang lebih meluas adalah lingkungan hunian jadi bermasalah, ada bencana
air, bencana api, gempa, badai. Semua ini berkaitan dengan niat pikiranmu,
inilah yang disampaikan Buddha Sakyamuni kepada kita di dalam sutra.
Bencana
air berasal dari hati loba kita, bencana api berasal dari kebencian, termasuk
suhu permukaan Bumi yang kian meningkat, juga berasal dari kebencian. Bencana
angin atau badai berasal dari kedunguan, gempa diakibatkan oleh hati yang tidak
seimbang atau tidak setara.
Jadi
tidak perlu bertanya pada orang lain, segala sesuatu tepuk dada tanyakan pada
hati sendiri. Kini ancaman bencana menjadi fenomena umum, apabila kita
meluruskan niat pikiran, maka segala bencana akan reda.
Asalkan
senantiasa membangkitkan niat pikiran yang baik, maka penyakit pun akan sembuh,
kesehatan dapat pulih seperti sedia kala, hal ini nyata adanya.
Dokter
mengobati diri kita, peluang kesembuhan cuma 30 persen saja, sisanya 70 persen
adalah terpulang kembali pada niat pikiran diri sendiri. Apabila niat pikiran
kita “murni” bajik, maka tidak butuh obat-obatan juga bisa sembuh. Kasus begini
sangat banyak, tidaklah semu.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 11 November 2010
鬼神有些事情他透的一些信息,信息可以做參考,不必當真。而且有這些信息有個好處,讓我們認真反省,斷惡修善,改過自新,端正心念,災禍就可以化解。個人的災禍,我們自己一個人、一家的吉凶禍福很容易化解,為什麼?一切法從心想生。我為什麼會生病?佛給我們講,病的原因是什麼?真正的病因是貪瞋痴慢疑叫五毒,你裡頭有毒再加上不好的緣。不好的緣是什麼?怨恨惱怒煩,這是講你的情緒,不好的情緒。心是毒的,加上不好的情緒,外面誘惑你的外緣是財色名食睡,這一攪和,你身體健康有問題,你家庭不和睦,你災難來了。再大的影響是你居住的環境,有水災、有火災、有地震、有風災。這些是什麼?還是與你念頭有關係,這佛在經上告訴我們,水災從貪心起來的,火災從瞋恚起來的,地球溫度上升是瞋恚,風災是愚痴起來的,地震是傲慢不平起來的,都有原因。不要問別人,問自己。自然災害這麼多,端正心念,外面自然災害就會化解,自己內心裡有什麼毛病的話,病會好,這真的一點不假。醫生給我們治病,效果只有三分,自己的心態佔七分,心態如果純淨純善,不必用醫藥自然會好。這個例子很多,不是假的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一九二集) 2010/11/11