Tak peduli pintu Dharma manapun
yang dipelajari, minimal waktu yang dibutuhkan adalah 10 tahun, dengan demikian
pikirannya barulah bisa tenang dan terfokus. Saya percaya 4-5 tahun, dia sudah
bisa mencapai samadhi (konsentrasi), 6-7 tahun kebijaksanaannya sudah terbuka.
Tetapi dia harus dapat
melepaskan segala kemelekatan, terhadap kemelekatan yang paling mendasar,
minimal harus bisa merasa tawar atau hambar, harus dapat melepaskan jodoh
eksternal dan jodoh internal.
Jodoh eksternal adalah lima
nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur). Jika anda tidak
sanggup melepaskan lima nafsu keinginan, hatimu tidak dapat tenang dan
terfokus.
Jodoh internal adalah dendam,
benci, gelisah, marah, jengkel, semua ini mesti disingkirkan, tidak boleh ada
perasaan emosional begini, barulah hatimu dapat tenang dan terfokus.
Ketamakan, kebencian,
kedunguan, keangkuhan dan keraguan, mesti ditanggapi dengan sikap hambar atau
tawar, semua kekotoran batin ini tidak mudah dikikis hingga ke akar-akarnya,
tetapi minimal harus disikapi dengan hambar, semoga tahun demi tahun kian
tawar.
Mesti mengerahkan segenap upaya
untuk menghapus jodoh baik eksternal maupun internal. Jangan sampai timbul
dendam, benci, gelisah, marah, jengkel, jangan mendambakan harta, rupa,
popularitas, makanan dan tidur, begitu anda menyentuh kekotoran batin ini,
celakalah, keterampilan melatih diri-mu akan rusak.
Walaupun telah berdaya upaya
selama satu dasawarsa juga takkan berhasil, jangankan satu dekade, bahkan meskipun
sudah berdaya upaya seabad lamanya, juga takkan meraih keberhasilan.
Maka itu dalam menimba ilmu,
tujuannya adalah untuk menjadi insan suci dan bijak; belajar Ajaran Buddha
tujuannya adalah menjadi Buddha atau menjadi Bodhisattva, mesti menetapkan arah
sedemikian rupa.
Dengan menggunakan metode
Sukhavati maka hasilnya akan sungguh menakjubkan, serupa dengan yang dikatakan
Master Shandao sebagai “Sepuluh ribu orang yang melatihnya, sepuluh ribu pula
yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 9 November 2010
無論學哪一門,十年,他心定了,我相信一般來講四、五年就得三昧、就得定,六、七年開智慧,這肯定的。可是萬緣要放下,基本的東西先淡薄,決定要放下外緣。外緣是財色名食睡,因為你這個東西放不下,你的心定不下來。內裡面的緣,怨恨惱怒煩要放下,不能有這個情緒,你能夠定得下。貪瞋痴慢疑要淡薄,這個東西徹底放下不容易,放下他就證阿羅漢,所以非常不容易,但是要淡薄,希望一年比一年淡。要在緣上下真功夫,決定不許自己有怨恨惱怒煩,不許自己貪戀財色名食睡,那個東西一沾你就完了、你就毀掉,不但十年你不能成就,一百年也不會有成就。這是讀書志在聖賢,真正想作聖作賢,真正想成佛成菩薩,必須走這一條道路。用淨土宗的方法妙極了,真的是善導大師所說的「萬修萬人去」。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一九0集) 2010/11/9
Pada
satu masa kehidupan ini kita beruntung terlahir sebagai manusia, makanya setiap
butir niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakan hendaknya bermawas diri,
jangan sampai menciptakan karma buruk.
Setelah
meninggal dunia bukan berarti segalanya berakhir sudah, bukan berarti semuanya
sudah tamat dan tuntas, kalau memang begitu gampangnya, segala urusan sampai di
sini sudah usai, satu episode ini sudah tamat, takkan ada kelanjutannya lagi, buat
apa kita melatih diri lagi? Buat apa anda belajar lagi? Bukankah sia-sia saja?
Mana
ada hal yang begitu gampang? Kehidupan manusia bukan hanya episode sekarang ini
saja, masih ada kelanjutannya, jadi bukan sudah mati maka segalanya sudah usai
dan titik. Jadi kalau tidak melatih diri baik-baik, setelah mati maka masalah
pun jadi besar!
Oleh
karena setelah meninggal dunia, mungkin saja jatuh ke Alam Binatang, Alam Setan
Kelaparan dan Neraka. Manusia memiliki peluang besar untuk jatuh ke tiga alam
rendah, namun sulit sekali untuk terbebas darinya, makanya mengapa Pendidikan
Hukum Karma memegang peranan yang begitu pentingnya.
Tanpa
disertai peranan Pendidikan Hukum Karma, seseorang yang hanya mengecap
Pendidikan Kesusilaan, ketika godaan akan ketenaran dan keuntungan terpampang
di hadapannya, kedudukan tinggi, kekayaan berlimpah, kadang kala dia juga bisa
tergiur, dia tidak mampu mengalahkan godaan tersebut. Meskipun dia sangat
menyadari bahwa “Sudah tahu tidak boleh tapi masih saja melanggarnya”, apa
daya.
Apabila
dia pernah mengecap Pendidikan Hukum Karma, ketika godaan akan ketenaran dan
keuntungan terpampang di hadapannya, dia akan berpikir dua kali, kalau sekarang
saya menerimanya, akibatnya kelak pasti jatuh ke Neraka.
Walaupun
sekarang saya bisa hidup senang dan bergelimangan harta, tapi berapa lama saya
bisa hidup di dunia ini? Paling panjang usia manusia juga tak lebih dari
seabad. Tetapi kalau sudah jatuh ke Neraka, harus menjalani siksaan selama
beribu-ribu bahkan berpuluh-puluh ribu tahun!
Ini
namanya keuntungan yang diperoleh tidak dapat menutupi kerugian yang diderita, sungguh
tak sebanding, dengan berpikir demikian, anda pasti takkan berani melakukannya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 9 November 2010
我們在這一生當中做人,起心動念、言語造作要懂得,在古聖先賢教誨當中,哪些是善因善果,我要取,哪些是不善的,我要把它放下,我們在這一生當中提升來生的境界,這個一定要知道。人不是一生就了了,如果一生就了了,我們學這個幹什麼?死了一切都完了,那你不是白學了嗎?告訴你,人有來世,有前生有後世,你要不好好的學,死了就不得了!這是真話。死了之後你到哪裡去?餓鬼、地獄、畜生。那還能去嗎?那個地方很容易去,出來可難了,所以因果教育重要。倫理道德的教育,有時候遇到所謂是高名厚利,很高的職位、很厚的財力有時候還抵不住,明知故犯,擋不住。真正懂因果能擋住,你想想看,我現在得來了,不應該得的我得來了,我來生墮地獄怎麼辦?我在這個世間享富貴能享幾年?我將來到地獄受罪要受千萬年!你想到這裡,得不償失,你就不敢碰它了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一九0集) 2010/11/9