Saturday 17 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Desember 2010


Mari kita lihat kalimat berikutnya. “Kini kalangan Buddhis di luar negeri terhadap maksud dari membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, ada beberapa orang yang melontarkan kritikan”.

Setelah membaca kalimat ini, praktisi sekalian mungkin tidak mengetahuinya, tetapi saya sangat jelas akan hal ini. Ketika beliau (Upasaka Huang Nian-zu) menulis buku berjudul “Penjelasan Usia Tanpa Batas”, saya sedang berada di Amerika, waktu itu memang benar ada kelompok kecil di California, mereka bilang bahwa untuk terlahir ke Alam Sukhavati mesti melenyapkan rintangan karma hingga tuntas, mustahil dapat membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati.

Ketika saya berada di Amerika waktu itu, kebetulan kelompok kecil ini lagi jaya-jayanya, tentu saja pernyataan mereka mengundang reaksi dari praktisi Aliran Sukhavati.

Bahkan praktisi senior seperti Upasaka Zhou Xuan-de, dosen Universitas Nasional Taiwan, setelah pensiun menetap di Los Angeles, California, kebetulan bersua denganku.

Ketika saya turun dari pesawat, beliau datang menjemputku di bandara, di dalam mobil kami bercengkerama, “Master Chin Kung, sekarang ada orang yang bilang mustahil bisa membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, jadi harus menghapusnya sampai bersih dulu, bagaimana sih yang benar?”

Sesungguhnya sejak di Taiwan, saya dan Upasaka Zhou Xuan-de sudah saling mengenal, beliau merupakan sahabat Upasaka Li Bing-nan.

Saya memberitahukan padanya : Apa yang dibilang oleh orang itu, bukanlah wejangan dari Buddha, sekarang anda mau percaya pada perkataan Buddha atau omongan orang (Bhiksu) itu? Siapa yang anda percaya? Jika anda percaya pada ucapan Buddha, maka janganlah taruh rumor tersebut di hati, fokuskan pikiran melafal Amituofo, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Terus terang saja, rumor ini muncul karena tidak memahami ajaran sutra, tidak menyelami ajaran sutra.

Di California, saya memberi ceramah di hadapan khalayak ramai, saat itu kelompok kecil ini lagi jaya-jayanya, pengaruh mereka juga sangat kuat, lantas apa yang harus kukatakan?

Saya katakan bahwa membawa karma serta terlahir ke Alam Sukhavati adalah hati Karuna Buddha Amitabha, tekad Karuna, sedangkan yang mengatakan harus membersihkan rintangan karma hingga tuntas, itu adalah omongan orang itu, saya dan dia tidak pernah bertatap muka, jadi ini juga merupakan maha maitri maha karuna-nya agar kalian berupaya mengeliminasi lebih banyak rintangan karma, supaya nantinya beban karma yang dibawa serta itu lebih ringan. Jadi bagus juga, bukan hal buruk.

Semakin ringan beban karma yang anda bawa, maka sesampainya di Alam Sukhavati, tingkatan Bunga Teratai yang dicapai akan lebih tinggi, jadi orang itu juga berniat baik.

Pertama kali menginjakkan kaki di Amerika, jangan sampai menyinggung perasaan orang lain, kalau sempat berseteru, hari-hari berikutnya tentu saja sulit dilewati. Makanya saya berusaha mengurai masalah ini, saya bilang bahwa membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati adalah ucapan Guru Sesepuh dan praktisi senior, sedangkan yang bilang mustahil adalah kelompok kecil yang sedang naik daun itu, kami juga memuji mereka, gara-gara isu yang mereka hembuskan, sehingga praktisi Aliran Sukhavati lebih giat mengeliminasi rintangan karma, kelak membawa beban karma yang lebih ringan ke Alam Sukhavati.

Kita membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, sedangkan kelompok kecil itu, mau membersihkan karmanya hingga tuntas. Meskipun beda asumsi, namun tujuan akhirnya, bukankah sama-sama juga terlahir ke Alam Sukhavati bukan? Jadi buat apa dipermasalahkan?

“Menurut apa yang tercantum di dalam Sutra Usia Tanpa Batas, membawa karma serta terlahir ke Alam Sukhavati adalah berlandaskan pada tekad agung Buddha Amitabha”, jadi ini adalah tekad ke-21 dari 48 tekad Buddha Amitabha.

Di dalam tekad ke-21 ini disebutkan dengan sangat jelas bahwa membawa serta karma adalah karma dari masa kelahiran lampau. Setelah memahami kebenaran ini, kembali ke jalan yang benar, membangkitkan keyakinan benar dan tekad menyeluruh, memperbaiki diri dan takkan mengulangi melakukan kesalahan lagi.

Yang namanya memperbaiki diri itu, tak lain adalah melepaskan kemelekatan, melepaskan kemelekatan adalah memperbaiki diri, kesalahan terbesar tak lain adalah tidak sanggup melepaskan kemelekatan, yaitu keraguan.

Menyingkirkan keraguan, melepaskan kemelekatan, inilah yang dimaksud dengan memperbaiki diri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Desember 2010


我們再看末後這一段。「當前海外佛教界於帶業往生之旨,頗有諍議」,這句話同學們讀起來可能不知道,我知道。他寫這本書的時候我在美國,美國那個時候確實加州有一派,他們說往生西方極樂世界要消業才能往生,帶業不能往生。我到美國去,正好碰到這一派還在最興旺的時候,我到美國,當然跟他們碰到了。修淨土的同學茫然無所措,連老居士,周宣德老居士,台灣大學的教授,退休之後住在洛杉磯,碰到我。我下飛機他到機場去接我,坐在車子裡就跟我說,「淨空法師,現在有大德說帶業不能往生,要消業,那怎麼辦?」提出這個問題問我。我就告訴這個老居士,老居士早年在台灣我們都認識,他也是李老師的好朋友。我說:帶業不能往生,要消業才能往生,這話不是佛說的,你相信佛還是相信這位法師?你看看你到底相信哪一個?相信佛,你就不要把這個事情放在心上,你就一心念佛,求生淨土。實在說,都是對於教理沒有搞清楚,沒有真正通達。我在那邊講經,面對大眾,而且他們勢力很強,我怎麼說?我說帶業往生是阿彌陀佛的悲心、悲願,消業往生是這位法師,我跟他沒見過面,我知道他,是他的大慈大悲,讓你們多消一點,不就少帶一點,是好事不是壞事。你能夠少帶一點,到極樂世界品位就增高一點,他也是好心。初到美國,不可以得罪人,得罪人,以後日子不好過。所以我給他化解這個問題,我說帶業是祖師大德說的,這是他們新的一派說的,我們也讚歎他,勸大家多消一點業,消就更好!消不了的,你就跟佛,佛叫帶業往生,能消得了的,那就他。一樣都是往生,消業也可以,帶業也可以,我們折衷兩種說法。

「今據本經」,現在根據這部經,根據這一願,「則知帶業往生之說,實據佛願」,這是佛的願,阿彌陀佛的本願,第二十一願,本願。「且所帶之業,正指惡業也」,這一願裡頭講得非常清楚,是帶過去生中造作的惡業。所以,這是我們經文上一定要記熟。我們知道了,回頭是岸,真信切願,改過自新。改過沒有別的,就是放下,放下就是改過,最大的過就是放不下,就是懷疑,不懷疑,能放下,那就是改過自新。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二二三集)  2010/12/16