Sutra
Mahayana menyebutkan, “Harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur merupakan lima
jenis akar Neraka”, jika anda rakus salah satunya, maka berpeluang jatuh ke
Neraka. Kalau rakus pada lima-limanya, maka bisa dipastikan melaporkan diri ke
Neraka.
Tetapi
masalahnya diri kita masih hidup di dunia fana ini, masih butuh makan dan tidur,
mustahil bisa memisahkan diri dari lima nafsu keinginan tersebut. Makanya
Buddha mengajarkan pada kita, asalkan cukup maka harus tahu berhenti, jangan
sampai mengundang keserakahan, kebencian dan kedunguan.
Saat
berhasil memperolehnya timbul kerakusan, saat tidak berhasil mendapatkannya
timbul kemurkaan, inilah kebodohan.
Anda
mesti melenyapkan ketamakan, kebencian dan kedunguan, untuk melenyapkan tiga
racun ini maka anda mesti menjauhi lima nafsu keinginan tersebut.
Buddha
Sakyamuni memperlihatkan teladan kepada kita semuanya, menjalani hidup tanpa harta
kekayaan.
Mata uang
Tiongkok zaman dulu masih berbentuk koin, di tengah-tengahnya ada lubang
persegi empat, lubang ini menyerupai
alat penyiksaan, yakni sebilah papan untuk memborgol terpidana.
Lihatlah aksara Mandarin “Uang (錢)”, di sisi
kirinya adalah aksara “Emas (金)”, di sisi
kanannya adalah dua bilah pedang, artinya dua orang sedang berebutan, melihat
aksara ini, anda harus meningkatkan mawas diri, uang bukan benda yang baik.
Maka itu aksara Mandarin merupakan simbol dari
kebijaksanaan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 19 Desember 2010
大乘經裡說,「財色名食睡,地獄五條根」,有一個你就可能墮地獄,這五個都有,那就墮地獄墮定了。這個東西是好東西嗎?不是好東西。所以佛教弟子,這個東西又離不開,你生活,你活在這個世間,你不能沒有,佛教我們提高警覺,適可而止,決定不能在這裡面起貪瞋痴。得到就起貪心,得不到就瞋恚,這是愚痴。你得要斷貪瞋痴,要斷貪瞋痴,就要對這五樣事情要遠離。世尊當年在世,你看他老人家一生的行誼,他做出榜樣來給我們看,財可以不要,他出家了,托缽,所以一生不需要財。
這個財是身外之物,不是好東西!中國古時候造錢,現在都沒有了,民國初年還有,我這種年齡,三歲記的事,那個時候剛剛把銅錢淘汰掉,用銅板,當中沒有洞的。以前銅錢當中有個方方的洞,清朝時候用的,民國時間就沒有了,這個洞沒有了。那個洞存在,它像什麼?像從前的刑具枷鎖,讓你看到這個東西,你就曉得,這不是個好東西,這是枷,就是犯罪的人戴的枷,它都有表法的意思在。你看文字上,「錢」你看看,這一邊是個金字,那一邊是兩把刀,那是什麼?在搶、爭!你看中國人文字的會意,就是告訴你,這不是個好東西,要小心。外國文字沒有這個智慧,所以中國文字是智慧的符號,不能不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二六集) 2010/12/19
Setiap
niat pikiran tak terpisahkan dari Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa, ketenaran,
makanan, tidur) dan Enam Objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan,
bentuk-bentuk pikiran), inilah yang dipikirkan tiap hari, sementara itu waktu
untuk memikirkan (melafal) Amituofo malah sangat minim, bahkan juga tidak
terfokus, maka hasilnya tidak efektif.
Cuma
sedikit orang yang menfokuskan pikiran melafal Amituofo, sebagian besar adalah
pada momen yang bagaimana? Setelah divonis menderita penyakit kritis, dokter menyatakan
penyakit pasien tidak berdaya disembuhkan lagi, mengetahui ajal akan segera
tiba, mungkin pada momen beginilah pasien melepaskan segala kemelekatan dan
menfokuskan pikiran melafal Amituofo.
Di
luar dugaan, setelah mereka melafal Amituofo untuk setengah bulan, atau satu
bulan kemudian, penyakitnya sembuh, mengapa demikian? Oleh karena ajalnya belum
tiba, dia masih memiliki masa hidup di dunia ini, penyakit kritis yang dia
derita merupakan rintangan karma.
Jadi
yang namanya penyakit itu ada yang dikarenakan rintangan karma, ada pula yang
dikarenakan ulah musuh kerabat penagih utang.
Lafalan
Amituofo dapat mengurai kedua jenis penyakit di atas, mengeliminasi rintangan
karma dan ikatan permusuhan. Meskipun anda tidak berkomunikasi lagi dengan
musuhmu, tetapi asalkan anda bersungguh-sungguh belajar Ajaran Buddha, bersungguh-sungguh
melafal Amituofo, jasa kebajikan ini, dia juga dapat menikmatinya sebanyak satu
bagian, meskipun anda tidak harus sengaja melimpahkan jasa kebajikan ini
padanya, dia juga bisa memperolehnya sebanyak satu bagian.
Mengapa
demikian? Oleh karena dia berjodoh dengan dirimu, setiap kebajikan yang anda
lakukan, dia juga bisa memperoleh satu bagian! Beginilah aturannya, makanya
penyakitnya pun jadi sembuh.
Kasus
seperti ini, sepanjang kami belajar Ajaran Buddha selama beberapa dasawarsa,
kami sudah melihat ada sekitar 60-70 kasus. Maka itu kejadian begini nyata
adanya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 19 Desember 2010
念念沒有離開世間五欲六塵,天天想這些,想念佛菩薩的時間太少了,而且不專,所以念佛的效果不彰。只有少數人,很少數,專一念佛,多半在什麼時候?得了重病,醫生宣布不能救了,知道自己快要死了,大概這個時候把萬緣放下,一心專念。沒想到念到半個月、一個月,他的病念好了,這是什麼?他還有壽命,他得的那個重病是業障,一種是宿業,一種是冤親債主,佛號功德都能夠把這個問題化解,能消你的宿業,能化解冤親債主。你雖然沒有跟他往來,你真學佛、真念佛了,這個功德他也有一分,雖然你沒有刻意迴向給他,他也得一分。為什麼?他跟你有緣,你有好處他沾光,是這麼個道理!他病好了。
像這樁事情,我們在學佛這幾十年當中,所看到的例子不到一百,至少也有六、七十個例子,我看得很多,這真的不是假的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二六集) 2010/12/19
Mengapa
dia bisa menderita penyakit yang begitu beratnya? Oleh karena pada masa
kehidupan lampau, dia menciptakan karma yang terlampau berat.
Atau
dikarenakan musuh kerabat penagih utang datang cari gara-gara, menagih utang
nyawa, lantas kenapa dia bersedia mengampuni dan melepaskan dirimu? Oleh karena
kekuatan tekad Buddha Amitabha memberkati dirimu, anda telah melafal Amituofo
dengan kesungguhan hati, 48 tekad agung memberkati dirimu.
Asalkan
memiliki keyakinan hati dan tekad bulat, dalam satu masa kehidupan ini juga,
saya mesti terlahir ke Alam Sukhavati. Sepanjang hidupku cuma ada satu tujuan
dan satu arah, satu arah yakni Alam Sukhavati di penjuru barat; satu tujuan
yakni mendekatkan diri dan belajar pada Buddha Amitabha.
Setelah
mencapai KeBuddhaan di Alam Sukhavati, anda kembali lagi guna menyelamatkan
para makhluk, gelarmu kini adalah Buddha, semua makhluk yang berjodoh denganmu,
bagaimana tidak menghormati dirimu? Bagaimana tidak salut padamu? Apakah mereka
masih berminat mencelakaimu? Mustahil!
Oleh
karena keberhasilan-mu juga merupakan keberhasilan mereka. Anda pasti akan
menyelamatkan mereka terlebih dulu, inilah yang disebut dengan Buddha
menyelamatkan makhluk yang berjodoh, tak peduli dia memiliki budi atau dendam
dengan dirimu, musuh dan kerabat adalah setara, anda akan menyelamatkan
semuanya.
Meskipun
kembali lagi ke dunia ini, namun tak ternoda oleh setitik debu batin pun,
melepaskan segala kemelekatan, hanya menekuni satu bidang pekerjaan, memperkenalkan
Buddha Dharma Mahayana dan Ajaran Sukhavati kepada khalayak ramai, ini merupakan
misi utamaNya!
Agar
semua orang memahami Buddha Dharma, mengenal Buddha Dharma, memahami Buddha
Dharma, melatih diri sesuai dengan ajaran yang tercantum di dalam sutra, maka
sepanjang hayat kita, tak terlewatkan dengan sia-sia.
Begitu
banyak orang yang bisa memperoleh manfaat, apakah diri sendiri takkan terlahir
ke Tanah Suci Sukhavati? Mana ada aturan begini! Diri sendiri pasti terlahir ke
Negeri Buddha Amitabha, tiada keraguan sama sekali. Inilah maksud dari “Jasa
kebajikan dari mendengar sepatah Amituofo, sungguh menakjubkan tak terbayangkan”.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 19 Desember 2010
為什麼那麼重的病?這兩種業一個是宿業,你過去今生自己造的罪太重;另一種是冤親債主,來找你麻煩的,來要你命的,他為什麼會饒過你,他走了,阿彌陀佛本願威神加持你,你真念佛,四十八願加持。真正有信心,堅定的信心;有願心,我這一生當中一個目標、一個方向。一個方向,西方極樂世界;一個目標,親近阿彌陀佛。極樂世界成佛之後,像佛一樣倒駕慈航普度眾生,凡是跟你有緣的眾生,能不尊重你嗎?能不佩服你嗎?還會傷害你嗎?不可能!為什麼?你成就了就是他們成就,你肯定頭一個去度他們,叫佛度有緣人,無論跟你是有恩、是有怨,或者是有債務,統統得度。在這個世間可以做到一塵不染,徹底放下,只做好一樁事情,把大乘佛法極樂世界介紹給大眾,這是大好事!讓大家明瞭佛法、認識佛法、理解佛法,依教修行,我們這一生就沒有空過。那麼多人得利益,自己還能不生淨土嗎?沒這個道理!自己決定得生,一點疑惑都沒有。這是「聞名功德,微妙難思」。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二二六集) 2010/12/19