Thursday 11 July 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Oktober 2010


Asalkan kita dapat memutuskan kejahatan memupuk kebajikan, manfaat pertama yang diperoleh adalah tubuh yang sehat, meskipun usia telah lanjut, namun takkan mengalami proses penuaan dengan cepat.

Mengapa manusia mengalami proses penuaan? Ucapan orang Tiongkok zaman dulu cukup beralasan, “Kecemasan dapat membuat orang jadi cepat tua”. Beban pikiran yang menumpuk, tekanan batin, kerisauan dan kekhawatiran membuat manusia cepat menua.

Sebaliknya jika setiap hari hidup dengan gembira, bersukacita dalam Dharma, bagaimana bisa menua! Tidak memiliki kekhawatiran, beban pikiran, tekanan batin, tidak ada beban yang perlu dipikul, alangkah bahagianya, melepaskan segala kemelekatan.

Di dunia ini, selain belajar Ajaran Buddha, tanpa henti meningkatkan kualitas batin, kian hari kian bahagia, makanya tidak gampang menua. Setiap butir niat pikiran yang timbul, bukanlah demi kepentingan diri sendiri, tiada lagi keakuan, diri sendiri tidak ada lagi yang perlu dipikirkan.

Yang ada di dalam pikiran hanyalah mengasihi para makhluk yang berada dalam penderitaan, yang sesat dan tidak tercerahkan, yang melakukan berbagai karma buruk, yang sedang menerima akibat perbuatannya, mereka inilah yang patut dikasihani.

Makanya terhadap para makhluk yang berada di dalam enam alam tumimbal lahir, di dalam sutra, Sang Buddha selalu menyebut mereka sebagai yang patut dikasihani, oleh karena mereka sesungguhnya adalah Buddha, tetapi hari ini batinnya malah merosot hingga sedemikian rupa.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Oktober 2010

只要我們能夠斷惡修善,第一個得到的好處,身體健康,年歲雖然大,體力、精神不會比年輕人差,這是真的。人為什麼會衰老?中國古人說的話很有道理,「憂能使人老」,人的雜念多、憂慮多、煩惱多,這很容易老。你天天快快樂樂的,法喜充滿,你怎麼會衰老!你沒有憂慮、沒有煩惱、沒有壓力,沒有任何負擔,你多快樂,什麼都放下了。在這個世間,除了學佛,把自己境界不斷向上提升,愈往上提升愈快樂,所以很不容易老化。你沒有這些妄念,念念沒有為自己想什麼,自己沒了,自己沒東西好想了;真正想的,想可憐的眾生、苦難的眾生,迷惑顛倒,造作這些惡業,感受的苦報,真是可憐。所以佛對六道眾生,經上常常看到一句話說,可憐憫者,真的,不是假的,那是從內心裡頭發出來的,他本來是佛,淪落到這個樣子。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六三集)  2010/10/11