Monday 5 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 November 2010


Dalam waktu sehari, berapa banyak niat pikiranmu yang bermunculan? Berapa banyak benih karma tiga alam rendah yang anda ciptakan? Bila direnungkan dengan seksama, dalam waktu sehari saya melafal Amituofo, hal ini menciptakan benih karma suci guna terlahir ke Alam Sukhavati, hanya dapat bertahan untuk kurun waktu yang pendek, sementara itu niat pikiran buruk yang muncul lebih banyak!

Niat pikiran baik adalah ketika sedang melafal Amituofo, Amituofo, baru saja beberapa kali lafalan sudah hilang, entah kapan lupanya juga tidak tahu; sementara niat pikiran buruk yang timbul justru berkesinambungan, bayangkan, betapa lihainya hal ini, betapa mengerikannya! Renungkanlah dengan kepala dingin, amatilah dengan seksama, barulah tahu bahwa ini merupakan masalah besar.

Terutama berada dalam dunia masa kini dimana berbagai ancaman bencana berada di depan mata, kondisi masyarakat dunia yang labil, adakah maknanya hidup di dunia fana begini?

Jika masih mendambakan dunia ini, mana bisa keluar dari enam alam tumimbal lahir. Meskipun dari enam alam tumimbal lahir, Alam Manusia masih tergolong lumayan, namun masa hidupnya begitu singkat, walaupun mencapai usia seabad, itu juga hanya berupa satu petikan jari saja sudah berlalu, sampai ketika usiamu 70-80 tahun barulah memahaminya, sungguh tidak ada yang pantas didambakan.

Terlahir sebagai manusia, hendaknya baik-baik melatih diri, melampaui enam alam tumimbal lahir. Di dunia ini hanya ada satu kebajikan saja, yakni membantu para makhluk menghancurkan kesesatan dan mengembangkan pencerahan, hal ini merupakan kebajikan yang sesungguhnya, sedangkan melakukan kebajikan lainnya tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, makanya disebut sebagai karma tumimbal lahir.

Hanya melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati yang merupakan satu-satunya kebajikan sejati.  Setelah memahami kebenaran ini dengan jelas, maka kerahkan segenap tenaga dan pikiran guna melafal Amituofo.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 November 2010


你一天起多少念頭?你造多少三惡道的業因?我們冷靜思惟就知道了,我一天念阿彌陀佛,這是造西方極樂世界的淨業,時間少,惡的念頭多!善的念頭念著阿彌陀佛、阿彌陀佛,念幾句不見了,不知道什麼時候忘掉了;惡的念頭起來的時候念念相續,你說這個東西多厲害,這多可怕!冷靜去思惟、去觀察,才知道麻煩大了。

尤其現在災難在現前,社會動亂,活在這個世間有什麼意思?留戀世間就是不想出六道輪迴。六道裡面人天還算好一點,但是時間短暫,一百年這一彈指之間,到你七、八十歲的時候你就了解,不值得留戀。得人身應該修行,應該要超越六道輪迴。世間好事只有一樁,幫助眾生破迷開悟這一樁是真的好事,其他的好事都出不了六道輪迴,叫輪迴業,只有念佛求生淨土這一樁好事。真的搞清楚、明白了,全心全力去念佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一九八集)  2010/11/17