Saturday 3 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2010 (Bgn 1)


Yang paling harus dihindari oleh praktisi pelafal Amituofo adalah ketika mata melihat rupa, telinga mendengar suara, langsung muncul perbedaan dan kemelekatan, timbul khayalan atau bentuk-bentuk pikiran, sehingga merusak keterampilan melatih diri.

Apakah kita dapat terlahir ke Alam Sukhavati atau tidak, kuncinya terletak di sini. Maka itu hendaknya senantiasa teringat bahwa tujuan kita melafal Amituofo adalah untuk mencapai “Pikiran terfokus tak tergoyahkan”.

“Amitabha Sutra” menyebutkan, hendaknya menjadikan pikiran terfokus ini sebagai patokan, dengan patokan ini setiap hari kita mengukur keterampilan kita. Apakah hari ini keterampilan-ku mengalami kemajuan atau tidak? Semuanya terletak pada satu kalimat ini yakni “Pikiran terfokus tak tergoyahkan”.

Untuk memudahkan memahami makna dari “Pikiran terfokus tak tergoyahkan”, kita boleh menggunakan kalimat “Di dalam hati tidak ada bentuk  pikiran lainnya”.

Tak peduli apapun yang anda pikirkan, inilah bentuk-bentuk pikiran. Di dalam hati cuma boleh melafal Amituofo, selain sepatah Amituofo, segalanya adalah bentuk-bentuk pikiran atau khayalan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2010


念佛人最忌諱的,就是見色聞聲你會起分別執著,你會起妄想,把你的功夫完全破壞掉,我們能不能成就、能不能往生、能不能這一生成佛,關鍵就在此地。所以要常常想到,我們念佛目標是在一心不亂,《彌陀經》上說的,要把這個做為我們的標準,我們天天用這個標準來衡量,我今天有沒有功夫?得不得力?全在這一句。不知道什麼叫一心不亂,你用底下這一句也可以,「心無異念」,心無異念就是一心不亂。異念是妄想,想什麼都是妄想,只准想阿彌陀佛,想其他的統統叫妄想,《華嚴經.探玄記》賢首大師說的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一九0集)  2010/11/9



 

Semalam saya membaca sebuah artikel karya Tuan Zeng Guo-fan (pejabat Dinasti Qing), merupakan buah pena yang diperuntukkan buat sahabatnya, salah satu petikannya membahas tentang keadaan masyarakat waktu itu, dimana sebagian kaum pelajar bersaing untuk memperebutkan ketenaran dan keuntungan.

Tuan Zeng Guo-fan sungguh pilu hatinya, sahabatnya juga merupakan insan mulia, insan mulia yang tidak memiliki kedudukan, insan mulia yang bersabar menahan hidup miskin dan susah, bersabar menahan segala derita, tidak memiliki kesempatan berdedikasi untuk negara, memberikan kontribusi buat rakyat banyak.

Maka itu orang licik mempunyai kesempatan memperluas pengaruh dan kekuasaan, orang licik memiliki pahala, menikmati kedudukan tinggi dan kekayaan berlimpah, bahkan usia mereka juga sangat panjang.

Setelah membaca tulisan Tuan Zeng Guo-fan, kita jadi terpikir akan kondisi masyarakat masa kini, ketika Tuan Zeng Guo-fan masih hidup, era beliau terpisah dengan era kita sekitar 200 tahun, kondisi masyarakat waktu itu berjalan hingga masyarakat zaman modern ini, tetap saja tidak membaik, malah semakin bertambah parah, apakah kita dapat membantu memperbaiki keadaan ini? Tidak punya harapan lagi, kita sangat jelas akan hal ini.

Tempo dulu guruku, Upasaka Li Bing-nan sehari sebelum meninggal dunia,  memberitahukan pada murid-muridnya, “Dunia ini sudah kacau, meskipun Buddha, Bodhisattva, Dewa turun ke dunia juga tidak sanggup menyelamatkannya, kalian hanya memiliki jalan keluar satu-satunya, yakni melafal Amituofo membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati”.

Esok paginya beliau meninggal dunia pada usia 97 tahun. Ucapan beliau nyata adanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2010


我昨天晚上看到一篇曾國藩先生的文章,是他寫給朋友的書當中有一段,講到當時社會的狀況,一般讀書人都趨向名利,爭名逐利。曾國藩先生很痛心,他的朋友也是正人君子,君子不在位,君子受貧窮、冷落這些痛苦,沒有機會為國、為人民服務。所以小人當道,那些小人有福報,做大官發大財,還壽命很長。我們看到了,就想到現前的社會,曾國藩先生在世的時候,相去我們應該有兩百年了,兩百年累積下來的這種現象、這個病因,今天是非常非常嚴重,我們有沒有辦法幫助?沒有了,這個自己要知道、要清楚。過去我的老師李炳南老居士,往生的前一天下午,告訴身邊的同學,給大家說「這個世界亂了,佛菩薩、神仙下凡也救不了,你們大家唯一一條生路,就是念佛求生凈土」。第二天早晨他就走了,九十七歲。這話是真的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一九0集)  2010/11/9
 



 

Orang Tiongkok zaman dulu menuntut ilmu, tujuannya untuk menjadi  insan suci dan insan bijak. Mengapa belajar Ajaran Buddha? Tujuannya untuk menjadi Buddha.

Lihatlah Guru Sesepuh ke-6 aliran Zen, Master Huineng, ketika pertama kali bersua dengan Sesepuh ke-5, Sesepuh ke-5 bertanya padanya : “Untuk apa anda kemari?”. Master Huineng menjawab : “Saya datang untuk menjadi Buddha”.

Lihatlah Master Huineng menetapkan tujuannya dengan begitu tegas dan jelas, untuk apa saya datang ke vihara? Untuk menjadi Buddha, jadi anda mesti mengajarkan padaku, bagaimana caranya menjadi Buddha.

Akhirnya Master Huineng berhasil menjadi Buddha, Sesepuh ke-5 tidak menyia-nyiakan dirinya, kemudian mewariskan jubah dan patra kepadanya.

Setelah membaca kisah Master Huineng, kita pasti merasa begitu salut, lantas bagaimana dengan diri kita sendiri, apa tujuan kita ke vihara? Untuk memohon naik pangkat dan kaya raya.

Saya beri tahu padamu, Buddha dan Bodhisattva takkan mengabulkan permohonanmu supaya bisa naik pangkat dan kaya raya, anda sudah salah alamat.

Buddha Sakyamuni sendiri sepanjang hayatNya hidup dengan ber-pindapatra, makan sehari se-kali sebelum melewati tengah hari, malam hari istirahat di bawah sebatang pohon, esoknya pindah lagi, anda meminta kekayaan padaNya, bukankah anda salah alamat?

Sama halnya pula, anda memohon pada Konfusius supaya bisa naik pangkat dan kaya raya, bukankah ini namanya penghinaan?

Anda memohon pada Buddha Sakyamuni supaya bisa naik pangkat dan kaya raya, sementara Beliau sendiri yang merupakan putra mahkota malah melepaskan tahta-nya, memilih menjalani kehidupan yang bersahaja, inilah gaya hidup yang diajarkan Sang Buddha kepada kita semuanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 November 2010

Video Riwayat Master Huineng :


中國人讀書宗旨鮮明,為什麼要讀書?讀書志在聖賢,學聖人、學賢人。學佛志在作佛,你看看惠能大師見五祖的時候,這第一次見面五祖問他:你來想求什麼?他回答說:我來想作佛。宗旨清楚,我到寺廟裡來幹什麼?我來想作佛的,你得教我怎麼作佛。他真成佛了,忍和尚沒辜負他,衣缽傳給他,他真作佛了。那我們一般人學佛白學了,我到寺廟裡來幹什麼?求升官發財。與聖賢、與佛菩薩不相干,升官發財到這些地方求不到,我告訴你,佛菩薩不會保佑你升官發財的,找錯地方了。釋迦牟尼佛一生托缽,日中一食,樹下一宿,你求他發財,那不就錯了嗎?求他發財,跟他一樣出去托缽去。你說這麼深的誤會,到聖賢面前求升官發財,那對他是侮辱,那不是恭敬,你把他看成什麼人?他要是想升官發財,他自己王子出身,他不出家他做國王了,人家把王位捨棄掉,富裕的生活捨棄掉去托缽,這就是他教我們的。所以升官發財去找佛菩薩,那你可找錯了人。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一九0集)  2010/11/9