Thursday 8 August 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 November 2010


 Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas Bab 12, tercantum : “Seberat apapun siksaan yang dijalani para makhluk di tiga alam penderitaan, ketika melihat cahaya Buddha, penderitaannya segera berhenti, takkan merasakan penderitaan lagi, menjelang ajalnya juga dapat memperoleh pembebasan (terlepas dari alam penderitaan)”.

Tiga alam penderitaan menunjuk pada Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan dan Neraka. Cahaya Buddha juga menyinari hingga ke tiga alam rendah, tetapi para makhluk alam sengsara yang dapat melihat cahaya Buddha sangat langka, mengapa demikian? Rintangan karma mereka lebih berat daripada manusia.

Para makhluk di alam penderitaan ketika melihat cahaya Buddha, cahaya Buddha akan memberkatinya, penderitaannya segera berhenti, saat menjelang ajal memperoleh pembebasan, yakni terbebas dari alam penderitaan, terlahir di Alam Manusia atau Alam Dewa (Surga).

Pada masa kehidupan lampau, jika berjodoh belajar Ajaran Sukhavati, maka para makhluk yang berada di tiga alam rendah juga dapat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, cahaya Buddha bisa membantumu membangkitkan akar kebajikan-mu, anda akan teringat kembali melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati.

Ini serupa dengan makna dari Tekad Agung Buddha Amitabha ke-14 yakni “Damai oleh sentuhan cahaya”.  Ketika Saya mencapai KeBuddhaan, bila ada makhluk, merasakan sentuhan cahaya Buddha, cahaya menyentuh dirinya, tiada yang tidak memperoleh kedamaian, dengan sendirinya akan membangkitkan pikiran maitri karuna untuk melakukan kebajikan, dikemudian hari pasti akan terlahir ke Alam Sukhavati. Bila tekadKu tak terwujud maka Saya takkan mencapai KeBuddhaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 November 2010

Catatan :
Yang dimaksud dengan “kebajikan” di sini adalah membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo.


底下一句,「若在三途極苦之處」,這是講地獄,三途極苦是指地獄,三途是畜生、餓鬼、地獄,極苦是地獄,「見此光明,皆得休息,命終皆得解脫」。這是講三惡道,佛光也照,可是三惡道能見到佛光就更稀有了,為什麼?他們的業障比人道嚴重。惡道眾生見到佛光,佛光對他的加持有這麼多的好處,他的痛苦就可以休息,命終能夠得到解脫,這個解脫是能夠脫離惡道,到人道、到天道,生到一切善處。過去生中如果與佛有緣的,畜生也能夠念佛往生淨土,畜生、餓鬼、地獄都有可能,佛光能幫助你把宿世的善根引發起來,你會念佛求生淨土。「是即『莫不安樂,慈心作善』之意」,這是經文裡面的意思。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二0七集)  2010/11/27




 

“Buddha Amitabha mengikrarkan tekad nan mendalam, dengan cahaya dan namaNya menuntun para makhluk di sepuluh penjuru”. Ini merupakan salah satu cara yang digunakan Buddha Amitabha guna membantu para makhluk, cara ini sungguh menakjubkan.

Cahaya menyinari secara menyeluruh (tiada satu sudut pun di jagat raya  yang tidak terjangkau cahayaNya), menuntun para makhluk, lalu dengan menggunakan sepatah Amituofo guna menyelamatkan semua makhluk.

Lihatlah, betapa gampangnya, hanya dengan mengulang “Namo Amituofo”, anda akan dituntun oleh cahaya Buddha, saat menjelang ajal, Buddha Amitabha datang menjemputmu, jasa kebajikan dari nama Buddha sungguh tak terbayangkan!

Kita tidak melihat cahaya Buddha, tetapi makna-nya sama dengan cahaya Buddha, di mana tempat sutra berada, di sanalah tempat cahaya Buddha menyinari, di mana tempat nama Buddha bergaung, di sanalah tempat cahaya Buddha menyinari.

Di mana rupang Buddha Amitabha berada, tak peduli rupang ukiran ataupun poster lukisan, juga sama, atau melihat aksara “Amituofo”, semua ini juga merupakan cahaya Buddha sedang menyinari. Hal ini mesti dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 November 2010
 

「又《禮讚》云:彌陀世尊本發深重誓願,以光明名號攝化十方。」這是阿彌陀佛了不起的幫助眾生一種方法,這個方法太巧妙了。光明遍照,普攝一切眾生,然後用這一句名號。你看多簡單,只要能念「南無阿彌陀佛」,你就能被佛光攝取,臨命終時佛來接你,佛號功德不可思議!我們沒有見到佛光,但是跟佛光意義完全相同,經本所在之處就是佛光遍照之處,阿彌陀佛名號所在之處就是彌陀光明所在之處。阿彌陀佛塑像所在之處,無論是泥塑、木雕或者是畫的像,都一樣,你看到阿彌陀佛,看到「阿彌陀佛」這四個字,都是佛光在遍照。這個要懂,不能不懂。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二0七集)  2010/11/27